Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018

05/05/2019 Fatchur Sag Review Daihatsu

Salah satu mobil SUV yang populer dan diminati oleh para pecinta mobil di Indonesia adalah Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018. Lalu apa yang Anda pikirkan ketika melihat mobil Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 di jalanan? Anda pasti berpikir mobil ini memiliki kesan lebar, gagah, dan luas serta mendominasi benak Anda. Untuk lebih jelasnya, mari simak review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 berikut ini.

1. PENGANTAR DAIHATSU TERIOS R AT DELUXE 2018

Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 - Indonesia tampaknya menjadi surganya para vendor mobil berjenis SUV. Bagaimana tidak, hampir semua jenis mobil SUV laris manis di negara ini. Sebagai produsen, Daihatsu sangat cerdik merilis mobil yang menyasar pengguna mobil harian berbujet terbatas, tapi ingin memiliki mobil dengan fitur yang bagus. Lebih-lebih, Daihatsu sangat menggoda para pengguna mobil di Indonesia dengan beragam produknya. Salah satunya adalah All New Terios atau lebih mudah disebut Daihatsu Terios. Generasi terkini Daihatsu Terios yang diperkenalkan pada 23 November 2017 dan resmi diluncurkan pada 3 Januari 2018 ini sangat direspons pasar Indonesia, karena dinilai cukup cocok digunakan.

Seorang sales girl berpose bersama Tampilan Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018

Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 lebih cantik dan lebih menarik

Daihatsu Terios memiliki banyak varian seperti Terios X, Terios X Deluxe, Terios R MT, dan Terios R AT Deluxe, dan Terios R Custom. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, khususnya dari sisi harga dan fitur yang ditawarkan. Daihatsu Terios R AT Deluxe merupakan varian tertinggi kedua di bawah Daihatsu Terios R AT Custom. Inilah review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018.

2. EKSTERIOR DAIHATSU TERIOS R AT DELUXE 2018

Desain eksterior Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 mengalami perubahan besar yang lebih keren. Untuk mengapresiasi kinerja para desainer, kami berikan dua jempol kepada mereka. Desain eksterior ini banyak mendapat respon positif dari para pengguna, bahkan mendapat penghargaan dari Good Design Indonesia 2018 – Kementerian Perdagangan Indonesia.

Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 : Bagian Depan

Tampilan bagian depanDaihatsu Terios R AT Deluxe 2018, lebih modern dibanding Terios lama

Tampilan depan Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 benar-benar beda dari pendahulunya

Penggunaan gril tampilan depan mobil Daihatsu Terios R AT Deluxe, dan Daihatsu Terios R MT Deluxe, lebih mewah dibandingkan Terios X MT dan X Deluxe. Anda akan menemukan frame berwarna krom. Tidak hanya gril yang memiliki warna krom, melainkan lampu depan LED – head lamp dan position lamp – dan fog lamp juga diberi sentuhan krom.

Untuk mempermudah pemarkiran, Daihatsu Terios R AT Deluxe telah dibekali dua sensor parkir depan yang terletak di dekat skid plate silver. Daihatsu Terios R AT Deluxe juga memiliki aerokit yang menambah kesan macho plus kokoh mobil yang masuk ke dalam kategori segmen pasar SUV menengah ke bawah.

Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 : Bagian Samping

Foto Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 dari arah samping, terlihat dimensinya yang besar

Dari arah samping Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 terlihat gagah namun anggun

Tampilan samping dari Daihatsu Terios R AT Deluxe memiliki garis bodi mobil yang halus, sehingga membuatnya menjadi semakin aerodinamis. Untuk sektor velg dan ban, Terios R memiliki bentuk dan ukuran yang sama dengan Terios R MT dan Daihatsu Terios R AT Deluxe, yaitu: velg alloy 17 inchi dan ban 215/60 R17. Antena mobil yang dibenamkan di mobil ini juga didesain dengan sangat cantik, mirip sirip atas hiu, membuatnya makin tampil mewah.

Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 : Bagian Belakang

FotoDaihatsu Terios R AT Deluxe 2018 dari arah belakang, lebih modern tanpa konde

Tanpa ban serep di bagian pintu, Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 lebih kekinian

Kesan kekar dan lebar bisa Anda lihat pada bagian belakang Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018. Tidak ada lagi penempatan ban serep di pintu bagasi. Posisi ban serep dipindah di bagian kolong mobil belakang (di bawah bagasi) dan dilindungi penutup plastik – khusus tipe X Deluxe, R MT, dan R Deluxe.

Desain lampu belakang juga tidak berlebihan, dan malah menambah kesan kekar dan lebar itu, karena memang bentuknya pipih memanjang. Apalagi terdapat beberapa tonjolan yang makin meningkatkan kesan sporty.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

3. INTERIOR DAIHATSU TERIOS R AT DELUXE 2018

Jika ditilik dari sektor eksterior, Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 memiliki kegaharan dan ketangguhan melibas medan apapun. Namun, sayang, sektor interior tidak segahar sektor eksteriornya.

Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 : Ruang Kabin

Sejak pertama kali masuk ke ruang kabin, Anda akan disuguhkan desain interior yang dimiliki Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 bisa dibilang besar. Sebab ruang kabin mobil ini mampu menampung 7 orang (6 penumpang, 1 pengemudi), sehingga penumpang bisa duduk nyaman dengan posisi yang bisa disetel sesuai kenyamanan.

Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 : Dashboard dan Setir

Foto Dashboard Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 dengan fitur headunit layar sentuh

Warna kombinasi dashboard Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 hadirkan kemewahan

Kualitas bagian dashboard Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 sangat standar. Anda takkan menemukan kemewahan disini. Bahan dashboard dibuat dari material plastik keras ditambah aksen alur jahitan di panel dashboard. Di bagian tengah dashboard, Anda menemukan head unit 2DIN yang memiliki layar sentuh dan pengaturan digital auto AC dengan berbagai temannya seperti port USB, jack audio, dan soket listrik 12V.

Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 : Kursi atau Jok

Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 berkapasitas penumpang yang jumlahnya mencapai sekitar 7 orang (6 penumpang, 1 pengemudi). Untuk memberikan kenyamanan, Daihatsu meletakkan tiga baris kursi – dua di depan, dua di tengah, dan tiga di belakang. Material fabrik dan busa yang lebih tebal diciptakan untuk memberikan kenyamanan selama dalam perjalanan.

Konfigurasi kursi Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018

Dimensi lebih panjang, kabin terasa lebih lega

Penumpang yang ingin duduk di belakang bisa mengakses melalui kursi bagian tengah dengan cara ditekuk. Kadang kala kursi bagian belakang terasa sesak untuk bagian kakinya, sehingga kursi bagian tengah bisa dimajukan maupun dimundurkan.

Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 : Bagasi

Karena jumlah orang yang bisa ditampung Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 ini banyak, maka bagian bagasi dikorbankan. Efeknya, ruang bagasi yang dimiliki menjadi minim. Namun, varian Terios R telah dilengkapi dengan fitur roof rack yang berguna untuk meletakkan barang-barang besar, tapi tidak muat di dalam karena sudah penuh diisi orang. Bagaimana menarik bukan? Cocok untuk dibawa mudik atau jalan-jalan ke tempat wisata dengan jumlah penumpang maksimal bukan?

>>> Baca juga:

4. FITUR DAIHATSU TERIOS R AT DELUXE 2018

Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 : Fitur Keselamatan dan Keamanan

Gambaran fitur keselamatan HSA pada Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018

Fitur keselamatan maksimal berikan kenyamanan maksimal

Pihak Daihatsu tampaknya memberikan fitur keselamatan yang cukup baik untuk Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 ini. Kamera yang mampu melihat 360 derajat sekitar mobil menjadi satu-satunya fitur keselamatan yang hanya tersemat di seri Daihatsu Terios R AT Deluxe ini. Sisanya, fitur keselamatan yang dimiliki mobil ini juga dimiliki oleh seri Terios lainnya, baik X maupun R. Fitur-fitur keselamatan ini antara lain: sistem ABS (Anti-lock Braking System), seat belt, airbags, kamera belakang, sensor parkir, EBD (Electronic Brake Distribution), pelindung benturan samping dan depan, crash sensor, sistem kontrol stabilitas, dan lain-lain.

Disamping itu, keamanan mobil juga menjadi perhatian pihak Daihatsu dengan membenamkan fitur alarm dan immobilizer. Kedua fitur tersebut berfungsi untuk mencegah pembobolan mobil yang dilakukan orang-orang jahat.

Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Fitur kenyamanan camera 360 derajat Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018

Ada kamera 360 derajat, parkir jadi lebih mudah

Fitur terpenting untuk kenyamanan mobil adalah fitur AC / penyejuk udara. Tanpa ini, apalah artinya sebuah mobil. Nah, Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 sudah dilengkapi dengan fitur standar ini. Untuk membuat suasana perjalanan semakin ceria, pihak Daihatsu memberikan sistem audio yang dipadukan dengan speaker, yang cukuplah untuk memaksimalkan sistem audio yang ada di bagian dashboard.

Sistem audio ini telah terintegrasi dengan penyetel radio AM/FM, musik yang terhubung dengan konektor USB dan bluetooth ke gawai smartphone. Fitur power steering dan tilt steering (penyesuaian setir) akan memberikan kenyamanan bagi pengemudi saat menjalankan mobil Terios R ini.

>>> Pesanan All New Terios Melonjak Capai 4.000 Unit

5. OPERASI DAIHATSU TERIOS R AT DELUXE 2018

Foto Mesin Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018

Mesin 1500 cc Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 menghasilkan tenaga lebih dari 100 Hp

Bagian performa mobil akan terdongkrak dengan adanya mesin berkapasitas 4 silinder dengan kapasitas 1496 cc. Mesin bertipe 2NR VE - DOHC Dual VVTI dengan daya maksimal 102 Hp @6000 rpm dan torsi maksimal 136 Nm @4200 rpm .

Sistem bahan bakar yang digunakan untuk menyokong mesin Daihatsu Terios R AT Deluxe ini adalah electronic fuel injection dengan kapasitas 45 liter. Electronic fuel injection yang dimiliki Terios R cukup irit. Perbandingannya adalah 1:10 untuk konsumsi bensin dalam kota dan 1:14 untuk konsumsi lewat tol.

>>> All New Terios Pilih Irit Bensin Daripada Sekedar Powerful

6. SPESIFIKASI DAIHATSU TERIOS R AT DELUXE 2018

DIMENSI

Panjang

4435 mm

Lebar

1695 mm

Tinggi

1705  mm

Wheelbase

2685 mm

Ground Clearance

220 mm

MESIN

Jenis

2NR VE - DOHC Dual VVTi

Isi silinder

1496 cc

Daya maksimum

102 Hp @6000 rpm

Torsi maksimum

136 Nm @4200 rpm

Bahan Bakar

Bensin tanpa timbal

Sistem bahan bakar

Electronic Fuel Injection (EFI)

Transmisi

Otomatis 4 percepatan

SASIS DAN KAKI-KAKI

Sistem kemudi

Rack & Pinion dengan Electric Power Steering

Suspensi depan

McPherson Strut dengan Per Keong dan Stabilizer

Suspensi belakang

5 link, Rigid Axe dengan Per Keong dan Stabilizer

Rem depan

Ventilated Dick

Rem belakang

Drum

Ukuran ban

215/60 R17 Velg Alloy 17" (Black Polished)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU TERIOS R AT DELUXE 2018

Sebelum memutuskan membeli sebaiknya Anda memahami kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh mobil Daihatsu Terios R AT Deluxe, antara lain.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Memiliki kamera yang mampu memantau sudut 360 derajat ke sekeliling mobil.

Desain eksterior memiliki kemiripan dengan desain eksterior pesaingnya.

Setimpal antara harga dan semua kebaikan mobil.

Kapasitas dan tenaga yang dihasilkan mesin justru lebih rendah dibanding pendahulunya.

Ruang kabin lebih lega, maklum bisa dimasuki 7 orang – jika ingin berjejalan sedikit bisa masuk 8 orang.

Pelayanan after sales yang dimiliki Daihatsu secara keseluruhan belum sebaik Toyota secara keseluruhan.

Sektor setir sudah mengalami perbaikan, sehingga memberi kenyamanan bagi pengendara.

Bagi penggemar mobil petualang pasti lebih suka desain Daihatsu Terios versi sebelumnya yang memiliki ban cadangan di pintu belakang

Hemat bensin – 1:10 (dalam kota) dan 1:14 (luar kota lewat tol).

 

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU TERIOS R AT DELUXE 2018

Foto Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 tampak dari depan samping, benar-benar keren

Overall tampilan Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 benar-benar menarik

Saat review ini ditulis, harga Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 yang tertera di situs resmi Astra Daihatsu Motor (ADM) adalah Rp 255.000.000 On The Road DKI Jakarta. Untuk daerah lain atau pada waktu yang berbeda harga kemungkinan besar berbeda. Anda bisa datang langsung ke dealer Daihatsu terdekat atau melihat melalui situs resmi ADM.

9. VIDEO DAIHATSU TERIOS R AT DELUXE 2018 

 10. KESIMPULAN DAIHATSU TERIOS R AT DELUXE 2018

Anda tertarik memboyong pulang Daihatsu Terios R AT Deluxe ke garasi rumah? Tunggu sebentar, sebelum mengakhiri tulisan ini, kami berikan kesimpulan dari hasil review mobil satu ini.

Daihatsu Terios R AT Deluxe memiliki kelebihan yang lebih lengkap dibandingkan Terios tipe lainnya – X MT, X Deluxe, dan R MT. Selain itu, Daihatsu Terios R AT Deluxe memiliki transmisi otomatis dengan empat girboks. Hal ini tentu memberikan kenyamanan, khususnya bagi para pecinta mobil dengan sistem transmisi otomatis. Namun perbedaan fitur yang dimiliki varian R AT Deluxe ini tidak terlalu signifikan dibandingkan versi R MT.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Mungkin anda ingin baca

  • Review Honda Amaze 2019
    Review Honda Arfian Alamsyah

    Review Honda Amaze 2019

    10/07/2019

    Bagaimana jika sebuah Honda Brio diberi tambahan buntut demi bagasi yang lebih luas? Inilah mobil yang kemungkinannya kecil untuk masuk Indonesia namun cukup sukses menggaet pasar pembeli muda di India. Berikut ini adalah ulasan kami mengenai Honda Amaze 2019.

  • Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019
    Review Toyota Arfian Alamsyah

    Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019

    08/07/2019

    Meski masih mengandalkan dapur pacu lawas bawaan Camry generasi sebelumnya, namun dengan konsep rancang bangun anyar TNGA, mampukah mobil ini memikat hati kami? Inilah Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019

  • Review Mitsubishi New Triton 2019 : Mobil Double Cabin Tampil Semakin Menarik

    Review Mitsubishi New Triton 2019 : Mobil Double Cabin Tampil Semakin Menarik

    04/07/2019

    Kabar baik yang datang dari pihak Mitsubishi, yang mana mobil terbarunya New Triton 2019 baru saja dihadirkan di Indonesia pada tanggal 2 Juli 2019. Tentunya hal ini membuat para konsumen dan masyarakat yang menantikannya merasa bahagia dan ingin segera melihatnya secara langsung. Untuk mengurangi sedikit rasa penasaran sobat semua, kali ini kami berikan informasi tentang Review Mitsubishi New Triton 2019.