Review Wuling Cortez 2018: Ingin Buktikan Jika Kualitas Baik Tidak Butuh Harga Mahal

06/08/2018 Metodius Review Wuling

Salah satu pabrikan yang cukup menggebrak pasar otomotif tanah air adalah Wuling. Pabrikan ini berani mengeluarkan mobil di segmen MPV dengan begitu berani, setelah sukses dengan Wuling Conferonya, Wuling mengeluarkan varian selanjutnya yaitu Wuling Cortez.

1. PENGANTAR

Review Wuling Cortez 2018 - Seolah tak ingin kalah saing di segmen MPV tanah air, Wuling Motors Indonesia meluncurkan MPV kelas menengahnya.  Wuling Cortez tidak bisa dianggap remeh, selain banyak fitur penunjang kenyamanan, mobil ini dirasa cukup baik untuk meladeni sang rival seperti Toyota Innova. Wuling memang tergolong masih sangat baru, tetapi di awal kemunculannya dengan Confero S langsung mencuri banyak pasang mata di tanah air yang terhipnotis dengan harganya sangat murah untuk kelas MPV. Wuling Cortez menjadi pionir pencatatan angka penjualan wuling saat ini. Wuling pun yakin Corteznya akan menjadi lawan yang cukup berat bagi para kompetitornya, mengingat Cortez juga dibekali banyak fitur. Selain sudah mengeluarkan varian mesin 1.8L, Wuling juga memberikan varian keduanya yaitu Cortez 1.5L yang diluncurkan pada ajang IIMS 2018. Lalu apa saja yang dapat ditelusuri dari Wuling Cortez 2018? Mari simak ulasan Mobilmo.com berikut.

2. EKSTERIOR

  • Review Wuling Cortez 2018: Sisi Depan

Tampak Depan Wuling Cortez 2018 Sangat Elegan dan Besar

Sisi Depan New Choice MPV

Tampilan desain dengan lekuk elegan penuh gaya mengisyaratkan ketegasan dan ketangguhan Wuling Cortez. Kita mulai dari eksteriornya yang cukup mengagumkan, lampu di depan sudah menggunakan full LED dilengkapi Projector, serta ada fitur follow me home dan sensor parkir didepannya. Penampilan fog lamp memang terlihat berbeda, LED pada DRL sudah menjadi standar. Grill depan berselimut krom menjadi senjata bagi Cortez, sekaligus memberi kesan elegan bagi pendatang baru ini.

  • Review Wuling Cortez 2018: Sisi Samping

Keluasan Kabin Tercermin Dari Bagian Samping Wuling Cortez  2018

Bagian Samping Cortez Sekilas Mirip Innova

Dari samping, Cortez tampak begitu besar, dan sekilas mirip seperti Toyota Innova. Ukuran yang besar ini karena wuling ingin memberikan kualitas yang total dari luar hingga dalamnya. Konstruksi rangka mobil monokok atau body dan sasis sudah menjadi satu. Ditambah dengan desain pelek two tone yang menarik dengan ukuran pelek 16 inci. Kesan elegan masih ditampilkan pada sisi sampingnya, karena lampu sein juga dilengkapi dengan LED.

  • Review Wuling Cortez 2018: Sisi Belakang

Wuling Cortez 2018 Menggunakan Full LED Pada Lampu Belakangnya

Bentuk Belakang Wuling Cortez

Mari lihat kebagian belakang, fitur lampu belakang juga sama seperti depan, sudah full LED. Bukan hanya itu, sudah ada sensor parkir di bagian belakangnya. Selain itu masih ada lagi lampu kabut di bagian belakang ini, dan lampu tambahan yang akan otomatis menyala ketika pintu bagasi di angkat. Selain 4 sensor parkir masih ditambah dengan kamera parkir yang terhubung langsung dengan head unit di dashboard.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

  • Review Wuling Cortez 2018: Dasbor

Wuling Cortez 2018 Memiliki Cukup Banyak Material Lembut Di Dashbiardnya

Dashboard Wuling Cortez

Ketika membuka pintu dan masuk kedalam kabin, interior cukup mewah langsung dapat kita nikmati. Hebatnya, dasbor bagian atasnya meskipun plastik tetapi dilapisi kulit sintetis dengan jahitan asli, serta bagian tengahnya terdapat lapisan kayu artifisial dan sedikit di berikan panel black piano. Bahan cukup baik ini masih dapat ditemui pada trimnya, sejauh ini Wuling dirasa mengerti keinginan calon konsumennya. Pada sisi tengah dasbornya diberikan head unit seperti tablet, dan mengingatkan kami pada head unit mobil eropa seperti Jerman. Tampilan menu head unit mobil ini terlihat standar namun sudah cukup untuk support ke beberapa fitur, seperti mirroring, USB, SD CARD, Bluetooth dan AUX.

  • Review Wuling Cortez 2018: Kursi

Wuling Cortez 2018 Dengan Kapasitas 7 Penumpang

Kabin Wuling Cortez

Kursi Wuling Cortez 2018 tidak terlalu keras, dan cenderung nyaman, apalagi pengemudi dan penumpang depan mendapatkan kursi elektrik. Jadi Anda dapat mengatur ketinggian kursi dengan mudah, mengatur untuk sliding dan reclining. Pada baris kedua, Wuling Cortez sangat nyaman, terlebih kursinya sudah dilapisi kulit dengan desain kursi Captain Seat, dan kami merasa tidak ada masalah dengan legroom dan headroomnya.

  • Review Wuling Cortez 2018: Setir

Wuling Cortez 2018 Dengan Kemudi Yang Sudah Power Steering

Kemudi Wuling Cortez

Kesan kami terhadap setir Contez ini memang nyaris sempurna, mulai dari tampilannya dan penggunaan material yang juga berkualitas. Ada sedikit yang kurang, setirnya belum bisa telescopic, hanya tilt saja, tetapi kami mengapresiasi Cortez dalam hal ini. Terdapat beberapa tombol di sisi kanan dan kiri kemudinya, pada sisi kiri terdapat tombol untuk mengatur audio dari head unit, pada sisi kanannya untuk mengatur MID dan juga fungsi telepon.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

  • Review Wuling Cortez 2018: Safety

Wuling Cortez 2018 Memiliki Banyak FItur Keselamatan

Salah Satu Fitur Safety Cortez

Meskipun hadir sebagai pendatang baru dan tergolong diremehkan oleh pabrikan senior yang lebih dulu di Indonesia, Wuling tidak mau kalah. Bahkan dalam hal fitur keselamatan Cortez dibekali cukup banyak, yaitu, Adjustable Height Seat, Electric Parking Brake, Parking Sensor Switch, Rear Camera, Rear Parking Monitor, Anti-lock Breaking System (ABS), Electric Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Dual SRS Airbag, Electronic Stability Control (ESC), Hill Hold Control (HHC), Automatic Vehicle Holding (AVH), dan ISOFIX.

>>> Dapatkan informasi lebih jelas tentang mobil lainnya dengan klik sini

5. OPERASI

Wuling Cortez 2018 Dibekali Mesin 1.800 dan 1.500 cc

Mesin Cortez Terbaru

Selain desain interior yang mewah, Wuling pun tahu harus membekali Cortez dengan mesin apa. Wuling Cortez dibekali mesin 1.500 cc dan 1.800 cc. Pada mesin 1.800 cc, 4 silinder ini mampu memberikan tenaga hingga 129 HP pada puntiran 5.600 rpm, serta torsi sebesar 174 NM pada raungan 4.600 rpm. Tenaga mesin sebesar itu disalurkan melalui dua pilihan transmisi yang bebas Anda pilih ketika membeli Cortez, ada 6-speed Manual dan 5-speed i-AMT.

>>> All New Brio Bisa Dipesan, Berapa Tanda Jadinya?

6. SPESIFIKASI

Varian

1.8 (1798 cc)

1.5 (1485 cc)

Mesin

Tipe mesin

4 Cyl in-Line DOHC

4 Cyl in-Line DOHC, DVVT

Output maksimal

129 Hp @5600 rpm

110 Hp @5800 rpm

Torsi maksimum

174 Nm @3600-4600 rpm

142 Nm @3800-4400

Dimensi

P x L x T

4780 mm x 1816 mm x 1755 mm

4780 mm x 1816 mm x 1755 mm

Jarak sumbu roda

2750 mm

2750 mm

Radius putar

5600 mm

5600 mm

Kapasitas tanki

52 liter

52 liter

Suspensi dan Kaki-kaki

Suspensi (depan / belakang)

McPherson Strut with Coil Spring, Independet Suspension / Coil Spring, Semi-Independent Suspension

McPherson Strut with Coil Spring, Independet Suspension / Coil Spring, Semi-Independent Suspension

Ban

205/55 R16

205/55 R16

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan

Kekurangan

Kaya fitur terutama interior

Build quality masih belum terlalu rapi

Mesin cukup bertenaga

Merek masih sangat diragukan bagi sebagian masyarakat

Visibilitas luas dari depan hingga belakang

 

Harganya cukup terjangkau

 

Safety diluar dugaan sangat lengkap

 

8. DAFTAR HARGA

Varian

HARGA WULING CORTEZ

WULING CORTEZ 1.8C 6 MT

Rp. 218.000.000

WULING CORTEZ 1.8C AMT

Rp. 228.000.000

WULING CORTEZ 1.8C Lux + AMT

Rp. 233.000.000

WULING CORTEZ 1.8L Lux+ 6 MT

Rp. 254.000.000

WULING CORTEZ 1.8L Lux+ AMT

Rp. 264.000.000

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Sebagai pendatang baru, Wuling Cortez kami rasa sudah cukup serius inign berbisnis di tanah air. Pasar otomotif seperti di Indonesia memang lebih mencari mobil yang memiliki daya angkut besar, kaya fitur, tenaga besar dan yang terpenting adalah harganya sangat terjangkau. Diluar dugaan, Wuling memberikan semuanya bahkan lebih, terlihat dari kualitas fitur keselamatannya yang banyak membuktikan bahwa MPV ini siap menjadi ancaman terbesar pabrikan senior di tanah air.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Mungkin anda ingin baca

  • Review Jeep Gladiator 2019
    Review Jeep Padli Nurdin

    Review Jeep Gladiator 2019

    12/12/2018

    Tepat pada gelaran Los Angeles Auto Show 2018, Jeep membawa kembali Gladiator dari kematian. Setelah dimatikan selama 30 tahun, Jeep Gladiator 2019 akhirnya menyapa penggila off-road dengan berbagai peningkatan dan tampilan yang membuat mobil ini lebih modern.

  • Review Nissan Leaf Nismo RC 2019
    Review Nissan Padli Nurdin

    Review Nissan Leaf Nismo RC 2019

    10/12/2018

    Pada tahun 2011, Nissan meluncurkan apa yang disebut dengan Nissan Leaf Nismo RC, pembalap listrik yang terbuat dari serat karbon. Dengan sistem propulsi yang sebagian dipinjam dari produksi Nissan Leaf dan sentuhan eksterior mobil listrik Nissan, melaju cepat hingga hari ini, Nissan Leaf Nismo RC 2019 diperkenalkan di Jepang.

  • Review Chevrolet Blazer 2019
    Review Chevrolet Arfian Alamsyah

    Review Chevrolet Blazer 2019

    08/12/2018

    Nama Blazer bukan hanya besar di Indonesia saja, namun di berbagai belahan negara di dunia, nama Blazer memiliki reputasi yang harum. Dan inilah versi terbaru dari Chevrolet Blazer yang kami bungkus dalam bentuk sebuah review Chevrolet Blazer 2019.