Review Toyota C-HR 2018: SUV Kompak Dengan Sentuhan Ala Coupe

31/07/2018 Metodius Getan Review Toyota

Siapapun bebas berkomentar, jika di awal kemunculannya, Toyota C-HR langsung mendapat kritik “harga mahal”, lantas apakah benar mobil ini mahal atau hanya kita yang belum mengetahuinya lebih dalam? Simak review khas dari Mobilmo.com berikut ini. Tidak bisa dipungkiri, Toyota C-HR memberikan warna tersendiri bagi pasar otomotif tanah air.

1. PENGANTAR

Review Toyota C-HR 2018 - Penampilannya yang begitu unik, modern dan futuristik membuat banyak pasang mata membicarakannya. Mobil ini merupakan “emotional product” karena memiliki konsep desain dan kaya fitur dan sangat cocok bagi mereka yang ingin tampil beda. C-HR akan mendapat tantangan dari Mazda CX-3 dan Honda H-RV. C-HR hanya tersedia dalam satu varian, namun diberikan dua tipe warna, ada single tone dan juga dual tone. Arahan desain dalam balutan Against Stereotype menghasilkan penampilan yang begitu menantang. Meskipun di awal kemunculannya mendapat sedikit kritik dengan harganya yang tidak sesuai, mobil ini masih berpeluang untuk menuai penjualan yang lebih baik. Toyota memang menargetkan pembeli yang senang sekali menyetir sendiri, ingin tampil beda dari mobil kebanyakan. Lantas apa yang membuat mobil ini masih berpeluang besar di pasar otomotif tanah air? Simak review khas dari Mobilmo.com berikut.

2. EKSTERIOR

Mobil konsepnya secara global pertama kali diperkenalkan pada pameran otomotif Paris Motor Show 2014, lalu di Indonesia pun pernah di datangi C-HR pada tahun 2016 dalam acara GIIAS. Desain body yang tegas dan memikat kami rasa mobil ini memang tidak salah dihargai cukup mahal.

  • Review Toyota C-HR 2018: Sisi Depan

Toyota C-HR 2018 Memiliki Lampu Utama Projector Bi-Beam

Sisi Depan Toyota C-HR 

Mirip Nissan Juke? Ya memang ada kemiripan sedikit dari bagian eksteriornya, terutama bagian depan. Perbedaannya adalah C-HR memiliki lekukan dinamis yang nyaris sempurnya, pada sektor pencahayaan memang masih menggunakan lampu halogen bukan LED pada bagian fog lamp dan lampu utama, dan pada lampu utama sudah di support oleh Projector Bi-Beam, LED tetap ada namun hanya pada DRLnya saja. Grille terbaru dengan Diamond Design yang berukuran besar pun disematkan.

  • Review Toyota C-HR 2018: Sisi Samping

Desain Eksterior Iconic Diamond Shape Body Toyota C-HR 2018

Desain Samping Iconic Diamond Shape Body

Pada sisi sampingnya, Toyota C-HR 2018 memiliki desain yang begitu futuristik dan modern. Gaya modern terlihat dari Iconic Diamond Shape body, dan juga handle pintu yang simple namun tetap mudah digunakan. Adapun lekukan garis tegas dari pintu depan hingga belakang yang membuat C-HR lebih berkarakter. Kaca spion yang dilengkapi dengan turning signal lamps, lalu pelek Alloy dengan desain baru juga tidak begitu buruk, pelek ini memiliki ukuran 17 inci dan ban berukuran 215/60.

  • Review Toyota C-HR 2018: Sisi belakang

Toyota C-HR 2018 Dengan Desain Bold Cabin Di Belakangnya

Bagian Belakang Toyota C-HR

Melihat pada bagian belakang C-HR, kita disuguhkan dengan desain Bold Cabin yang tebal dan meruncing ke bagian bawah yang menonjol serta memberikan kesan yang khas dan juga berbeda dari SUV kebanyakan. Adapula Rear Fog Lamp, Rear Spoiler yang dilengkapi dengan High Mount Stop Lamp, dan juga Shark Fin antenna. Rear combination lamps di sisi belakang cukup enak dilihat dan Rear Spoiler ini cukup iconic dimana memiliki ukuran yang besar dengan desain yang menyatu pada desain bodi mobil. Toyota CC-HR hadir dalam 5 pilihan warna, 3 untuk Single Tone, 2 untuk Two Tone, untuk single tone ada Black Attitude, White Pearl, dan Metal Stream, sedangkan untuk Two Tone ada warna kombinasi seperti Red Mica Metallic + Black Roof, dan Blue Metallic + Black Roof.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

  • Review Toyota C-HR 2018: Kabin & Kursi

Toyota C-HR 2018 Memiliki Kabin Dengan Warna Licorice Brown

Kabin dan Kursi Toyota C-HR

Memasuki kabinnya, kita disuguhkan dengan tampilan yang tidak biasa, begitu sporty namun tetap elegan dari warna gelap yang ada dalam kabinnya. Ruang kabin dengan aksen warna Licorice Brown sangat menunjang kenyamanan bagi pengemudi dan juga penumpangnya. Memang tepat Toyota membuat mobil ini bagi mereka yang suka menyetir sendiri, kursi bagian depan begitu proporsional bagi mereka yang ada di bagian baris pertama. Pada baris kedua, memang agak membuat Anda yang memiliki tinggi badan lebih dari 170 cm untuk menyesuaikan diri lebih lama, pasalnya atap dari C-HR memang sengaja dibuat landai dari sisi tengah ke belakang seperi ala Coupe yang membuat headroom bagi mereka yang tinggi kurang cocok dan membuat pengemudi harus beradaptasi dengan visibilitasnya yang tergolong tidak begitu luas.

  • Review Toyota C-HR 2018: Dashboard

Dashboard Toyota C-HR 2018 Memiliki Banyak Material Soft

Dashboard Toyota C-HR

Toyota memberikan kualitas dashboard yang cukup baik pada C-HRnya, pada sisi dashboard dapat kami rasakan material empuk disanya. Pada bagian tengah terdapat Head Unit AVX berukuran 7 inci, yang sudah support untuk beberapa format audio seperti DVD, Bluetooth, USB, AUX, Weblink Application dengan Multi-Tasking Window). Tidak lupa juga kami menemukan ada fitur Dual Zone Auto AC yang tampil dengan display dan desain yang sporty.

  • Review Toyota C-HR 2018: Setir

Lanjut ke bagian kemudinya, kami merasakan perbedaan baik dari pandangan maupun ketika menggenggam. Terlihat desain kemudinya sangat berbeda jauh dari kemudi mobil kebanyakan, begitu modern dan stylish. Sistem kemudi C-HR yaitu Power Assited Rack & Pinion, di sisi kiri terdapat tombol untuk pengaturan audio, lalu di kanan ada tombol Cruise Control.

  • Review Toyota C-HR 2018: Bagasi

Bagasi Yang Dimiliki Toyota C-HR 2018 Cukup Besar

Bagasi Toyota C-HR

Kami menilai bahwa bagasi C-HR tidak terlalu buruk dan masih cukup luas untuk menampung satu koper besar dan beberapa barang lainnya. Sayang pintu bagasi masih belum elektrik, dan jika masih kurang ukuran akomodasinya, Anda bisa melipat kursi baris kedua, tetapi tidak ada tuas di bagasinya sehingga Anda harus melipatnya secara manual.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

  • Review Toyota C-HR 2018: Fitur Berkendara

Toyota memang mengklaim bahwa mobil ini disarankan bagi mereka yang senang berkendara sendiri dari pada menggunakan jasa pengemudi. Nampaknya itu memang benar, C-HR cukup asyik dikendarai, apalagi C-HR didukung dengan beberapa fitur yang cukup mendukung diantaranya, G-Force Indicator, Cruise Control hingga Driving Mode (ECO dan SPORT) yang dapat diatur dengan mudah melalui TFT MID dengan ukuran 4,2 inci.

  • Review Toyota C-HR 2018: Fitur Keselamatan

Toyota C-HR 2018 Dibekali Banyak Fitur Safety

Safety Toyota C-HR

Untuk harga yang katanya “mahal”, Toyota pun tidak ingin main-main dalam  meluncurkan C-HR, pasalnya mobil ini selain asyik dikendarai, tetapi juga fitur keselamtannya mendukung. Beberapa fitur keselamatannya adalah 7 SRS Airbags (D+P+CSA+D-Knee), Anti-lock Breaking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Braking Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Assist Control (HAC), Traction Control, Auto-Brake-Hold, Impact Absorbing Structure, Blind Spot Monitoring, dan juga Rear Cross Traffic Allert.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang mobol-mobil lainnya, silakan klik sini

5. OPERASI

Toyota C-HR 2018 Dibekali Mesin 1.8L

Mesin Toyota C-HR 1.8L

Toyota C-HR memang perpaduan antara Coupe dengan karakter yang sleek dan lincah seperti yang terlihat pada bagian atas kendaraan dan karakter mobil SUV tangguh pada desain bawahnya. Untuk menunjang itu semua, Toyota membekali C-HR dengan mesin 1.8L 2ZR-FBE dengan teknologi Dual VVT-I yang mampu mencapai power maksimal 141 PS pada puntiran 6400 rpm, dan torsi 17,4 kgm pada raungan 4000rpm. Tenaga tersebut dikombinasikan dengan sensasi berkendara yang cukup baik dengan adanya transmisi 7 speed CVT dengan sequential shiftmatic yang membuat C-HR akan semakin baik dikendarai.

>>> Daftar Harga Toyota C-HR 2018: Tawarkan DP Ringan Mulai 23 Jutaan

6. SPESIFIKASI

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota C-HR 2018.

 

Spesifikasi Toyota C-HR 2018

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4.360 mm x 1.795 mm x 1.565 mm

Jarak Poros Roda

2..640 mm

Jarak Pijak Depan

1.550

Jarak Pijak Belakang

1.570

Mesin

Tipe Mesin

2ZR-FBE

Isi Silinder

1.798 cc

Rasio Kompresi

10,0:1

Daya Maksimum

141 PS @6.400 rpm

Torsi Maksimum

17,4 Kgm @4.000 rpm

Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tanki

50 liter

Chassis

Transmisi

7-speed CVT

Sistem Kemudi

Power Assisted Rack & Pinion

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Double Wishbone

Sistem Rem Depan

Ventilated Disc

Sistem Rem Belakang

Solid Disc

Ukuran Ban

215/60 R17

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Inilah kelebihan dan kekurangan Toyota C-HR 2018 yang Mobilmo.com dapat saat lakukan reviewnya.

 

Kelebihan

Kekurangan

Desain cukup menarik penggabungan konsep SUV dan Coupe

Belum ada pengaturan jok pengemudi secara elektrik

Mesin cukup bertenaga

Pintu bagasi belum elektrik

Banyak fitur penunjang dalam berkendara seperti Cruise Control

Tidak ada tuas untuk melipat kursi baris kedua pada bagasi

Interior sangat sporty dan elegan

 

Fitur keselamatan lengkap

 

8. DAFTAR HARGA

Dibawah ini adalah harga Toyota C-HR terbaru tahun 2018.

 

Type

Harga Toyota C-HR 2018

Toyota C-HR Single Tone

Rp 488.650.000

Toyota C-HR Dual Tone

Rp 490.150.000

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Meskipun dihujani kritik karena harganya yang mahal, tetapi bagi yang menyukai desain dan fiturnya, akan tetap membeli mobil ini. Kami menilai usaha Toyota sudah sangat baik menghadirkan mobil yang tidak sama dari SUV kebanayakan, bisa saja mobil ini adalah sebagai pembuka dari C-HR versi hybrid yang akan masuk pada tahun-tahun selanjutnya. Tidak elok nampaknya jika hanya memberi komentar jika belum melihat secara langsung Toyota C-HR, bagi yang tertarik, kami menyarankan Anda untuk melihatnya secara langsung dan lakukan test drive C-HR.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Mungkin anda ingin baca

  • Review Honda HR-V 2018 Facelift: Semakin Menggiurkan dan Mewah
    Review Honda Metodius

    Review Honda HR-V 2018 Facelift: Semakin Menggiurkan dan Mewah

    16/08/2018

    Pasar otomotif di tanah air begitu menggiurkan bagi banyak produsen otomotif di dunia. Kini Honda pun tidak ingin ketinggalan dalam menjangkau pasar potensialnya di Indonesia. Honda memang memiliki beragam segmen, salah satunya SUV. Honda memiliki HR-V yang merupakan SUV dengan kapasitas 5 orang penumpang. HR-V pertama kali hadir di Tokyo Motor Show 2013, mobil ini pertama kali muncul dengan nama Honda Vezel.

  • Review Honda All New Brio RS 2018
    Review Honda Metodius Getan Plue

    Review Honda All New Brio RS 2018

    15/08/2018

    Honda selain melahirkan banyak mobil diberagam segmen, ada satu segmen yang menjadi andalannya yaitu city car atau hacthback. Di kelas ini, ada dua jagoan Honda yaitu Jazz dan Brio, special untuk kali ini, Mobilmo.com akan membahas lebih jauh seputar Honda All New Brio 1.2L 2018. Di 2018 ini Honda All New Brio hadir dengan percaya diri, kepercayaan diri tersebut disambut baik oleh konsumen di Indonesia. Jadi bagi Anda yang ingin membeli Brio dalam waktu dekat, simak ulasannya.

  • Review Wuling Cortez 1.5L 2018: Varian Terjangkau Dari Seri Cortez
    Review Wuling Metodius

    Review Wuling Cortez 1.5L 2018: Varian Terjangkau Dari Seri Cortez

    14/08/2018

    Siapa tak mengenal Wuling, pabrikan asal Tiongkok ini menggebrak dengan MPV murahnya. Wuling Cortez adalah model kedua yang diluncurkan oleh pabrikan negeri tirai bambu. Setelah Confero, seri Cortez hadir disegmen yang sama untuk mendongkrak nama Wuling di tanah air. Pada tahap awal, Wuling memang fokus ke segmen MPV, Wuling Cortez hadir sebagai MPV premium dari Wuling, seri Cortez ini hadir di Indonesia pada desember 2017.