Review Toyota Voxy 2018

20/12/2018| Arfian Alamsyah

1. PENGANTAR TOYOTA VOXY 2018

Review Toyota Voxy 2018 - Ada alasan khusus mengapa PT Toyota Astra Motor memasukkan Toyota Voxy pada pertengahan tahun 2017 ke Indonesia. Diantaranya adalah ada tipikal konsumen di Indonesia yang hari-hari weekdays suka disetirin oleh driver, namun pada weekend masih suka mengemudi sendiri. Dan juga, MPV Premium dengan bentuk boxy memiliki pasar tersendiri di Indonesia. Dahulu kala, Nissan Serena seakan melenggang sendirian di kelas ini, sebelum para pemain kuat seperti Mazda, Mitsubishi, dan Toyota bermain dikelas ini.

Gambar mobil Toyota Voxy 2018 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Toyota Voxy hadir di Indonesia menggantikan Toyota Nav1

Toyota Voxy sebenarnya menggantikan posisi Toyota Nav1 yang hadir pada tahun 2013. Di Jepang sana, Toyota Voxy memiliki nama lain yaitu Toyota NOAH. Ya NOAH, yang merupakan nama dari sebuah grup band terkenal yang begitu digandrungi kawula muda di Indonesia hingga hari ini dengan vokalisnya yang begitu karismatik yaitu Ariel. Sayangnya, sepertinya PT TAM tidak ingin image MPV Premium kompaknya ini rusak, maka ketika masuk Indonesia diberi nama Nav1, dan akhirnya pada tahun 2017 digantikan oleh Voxy.

Lalu bagaimana pendapat kami dari Mobilmo.com yang punya kacamata kuat akan teknis kendaraan ketika diminta melakukan review atas Toyota Voxy? Ini pendapat kami mengenai Toyota Voxy 2018.

2. EKSTERIOR TOYOTA VOXY 2018

Jika Anda adalah pembaca setia website nomor satu seputar teknik kendaraan yakni Mobilmo.com, pasti Anda akan hafal bagaimana gaya kami dalam melakukan ulasan akan kendaraan. Mari kita melakukan in depth tour 360 degrees dari Toyota Voxy 2018 ini.

Review Toyota Voxy 2018 : Tampilan Depan

Gambar mobil Toyota Voxy 2018 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Mobil ini layak menyandang gelar Baby Vellfire

Enggak bisa dipungkiri, salah satu bagian yang paling keren dari Toyota Voxy 2018 ini adalah tamilan depannya yang begitu mirip dengan Toyota Vellfire. Itu lho, Toyota Vellfire yang juga saudaraan dengan Toyota Alphard. Lampu depannya jelas sekali terilhami dari Toyota Vellfire itu. Aerokit pada mobil ini juga membuat tampilannya makin sporti namun tidak meninggalkan kesan elegan.

Review Toyota Voxy 2018 : Tampilan Samping

Gambar mobil Toyota Voxy 2018 berwarna putih dilihat dari sisi samping

Masih terlihat jelas basis Toyota Nav1 pada Toyota voxy ini

Beralih ke bagian samping, jika Anda jeli Anda akan bisa menebak jika mobil ini masih menggunakan basis yang sama dengan Toyota Nav1 yang ia gantikan. Bedanya, jika bahasa desain Toyota Nav1 lebih cenderung membulat, Toyota Voxy 2018 yang sedang Anda lihat kali ini lebih mengkotak. Desain kotak seperti ini seakan memberi karakter tersendiri bagi Toyota Voxy. Kesan gagah, sporti sekaligus mewah begitu terpancar dari mobil ini. Secara umum kami menyukai desain tampilan samping Toyota Voxy 2018 ini meski tidak aerodinamis.

Review Toyota Voxy 2018 : Tampilan Belakang

Gambar mobil Toyota Voxy 2018 berwarna putih dilihat dari sisi belakang

Lampu pada pilar C mengingatkan kepada lawan-lawannya mobil ini

Lanjut ke bagian belakang Toyota Voxy 2018 ini. Mobil ini menggunakan desain stoplamp yang memanjang ke bawah dan diletakkan di pilar C. Desain lampu LED seperti ini seakan memaksa kita untuk mengingat lawan-lawannya mobil ini yang sebelumnya sudah lebih dahulu berada di pasar. Untunglah, desain seperti ini lagi-lagi membuat mobil terlihat anggun dan mewah. Kami menyukai desain tampilan belakang Toyota Voxy 2018 ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA VOXY 2018

Setelah puas membahas tampilan eksterior Toyota Voxy 2018 ini, kini saatnya Anda kami ajak melihat bagian dalam alias interior dari mobil ini. Apakah bagian dalam dari mobil ini sama menariknya dengan tampilan eksteriornya? Mari kita lihat lebih dalam.

Review Toyota Voxy 2018 : Layout Dashboard

Gambar bagian interior mobil Toyota Voxy 2018 dengan warna utama yaitu hitam

Layout dasbor Toyota Voxy 2018 ini begitu fungsional sekaligus mewah

Dasbor dari Toyota Voxy 2018 ini menggunakan konsep dual layer yang begitu elegan dan juga bergaya. Seperti halnya Toyota Nav1 yang digantikannya, bagiann tengah dasbor di isi dengan fitur hiburan seperti head unit layar sentuh yang mampu memutar format MP3 Player, Radio AM/FM, dan DVD Player yang akan menghibur anda selama dalam perjalanan.

Review Toyota Voxy 2018 : Layout Kursi

Gambar bagian kursi mobil Toyota Voxy 2018 ddengan jok berwarna hitam

Kursi Toyota Voxy nyaman dan juga fleksibel

7 orang penumpang dewasa dapat dengan nyaman duduk di kursi Toyota Voxy 2018 ini. Karena jok mobil ini nyaman, empuk diduduki dan juga empuk. Asyiknya kursi baris kedua dapat secara fleksibel di maju dan mundurkan serta diputar menghadap kebelakang. Kami yakin, Anda yang family man akan dengan mudah menyukai layout kursi dari mobil yang dijual tidak sampai Rp 600 juta ini.

Review Toyota Voxy 2018: Bagasi

Kami dari Mobilmo.com berharap Anda tidak membandingkan kapasitas bagasi Toyota Voxy 2018 ini dengan kakaknya yaitu Toyota Vellfire maupun Toyota Alphard. Meski demikian ruang bagasi Toyota Voxy 2018 ini tetap dapat diandalkan, karena mekanisme pelipatan bangku mobil ini praktis sehingga dapat memaksimalkan kapasitas bagasinya. Apalagi lantai bagasinya rata dan bibir bagasinya tidak tinggi sehingga Anda dengan mudah dapat mengangkat barang bawaan dan memasukkannya ke bagasi mobil ini.

>>> Baca juga:

4. FITUR TOYOTA VOXY 2018

Gambar menunjukkan fitur-fitur pada mobil Toyota Voxy 2018

Banyak fitur pada Toyota Voxy 2018 yang dapat dioperasikan dari sini, salah satunya adalah pintu geser elektrik

Karena didatangkan utuh bulat-bulat dari Jepang, maka Anda enggak perlu takut atas kualitas buatan dan juga fitur yang diusungnya. Mulai dari fitur keamanan, setidaknya 7 buah airbag siap melindungi Anda dan keluarga di dalam mobil ini jika terjadi kecelakaan. Untuk fitur keamanan aktifnya juga patut dibanggakan, Vehicle Stability Control yang mampu menjaga mobil agar tidak kehilangan traksi dan tetap stabil saat melakukan manuver mendadak, Hill Start Assist yang mampu menjaga mobil tidak mundur secara tidak sengaja di tanjakan, serta peranti pengereman yang sudah dilengkapi ABS, EBD, dan Brake Assist sudah menjadi standar di mobil yang masuk kelas MPV High Roof Premium ini.

>>> Ada Varian Baru Sienta 5 Seater, Apa Istimewanya?

5. OPERASI TOYOTA VOXY 2018

Toyota Voxy 2018 diam-diam menggunakan mesin normally aspirated yang paling mutakhir di deretan line up produk Toyota yang dijual ditanah air. Karena sudah menggunakan sistem valve matic. Valve matic adalah teknologi katup variabel yang dalam proses bukaan klepnya diatur oleh komputer, sesuai dengan berbagai parameter yang ada seperti beban mesin, kondisi cuaca, hingga bukaan gas dapat dibaca oleh komputer. Komputer kemudian mengirim sinyal sensor ke aktuator untuk mengatur bukaan katup dari 1 mm hingga 11 mm tergantung dari kebutuhan mesin.

Toyota Voxy 2018 Indonesia menggunakan mesin 3ZR-FAE 4 silinder segaris 16 katup DOHC dengan kapasitas sebesar 1.987 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesa 152 Ps atau sekitar 149,5 Hp pada putaran mesin 6.100 rpm dan torsi maksimum sebesar 194 Nm pada putaran mesin 3.800 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini akan disalurkan melalui transmisi otomatis bertipe CVT. Dengan operasi mesin Toyota Voxy 2018, Anda dapat merasakan sensasi berkendara yang nyaman untuk mengelilingi kota.

6. SPESIFIKASI TOYOTA VOXY 2018

Spesifikasi Toyota Voxy 2018 ini bisa dilihat di tabel berikut.

Mesin Toyota Voxy 2018

Tipe Mesin

3ZR-FAE, VALVETRONIC 4 silinder segaris 16 katup DOHC

Isi Silinder

1.987 cc

Diameter x Langkah

80.5 x 97.6 mm

Daya Maksimum

149,5 Hp @ 6.100 rpm

Torsi Maksimum

194 Nm @ 3.800 rpm

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Bahan Bakar

Gasoline

Kapasitas Tangki

55 Liter

Dimensi Toyota Voxy 2018

Panjang

4.710 mm

Lebar

1.735 mm

Tinggi

1.835 mm

Jarak Sumbu Roda

2.850 mm

Jarak Terendah

165 mm

Kaki-kaki Toyota Voxy 2018

Transmisi

CVT

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Pegas Koil dan Stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Pegas Koil dan Stabilizer

Rem Depan

15″ Ventilated Disc

Rem Belakang

15″ Solid Disc

Ukuran Ban

205/60 R16 Machining Alloy

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA VOXY 2018

Kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Voxy 2017 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior dan interior yang elegan

Hanya menggunakan transmisi otomatis CVT

Bagasi cukup lega walaupun semua kursi terisi penuh

Beberapa fitur penunjang belum disertakan pada mobil ini

Hemat bahan bakar

Harganya menjadi lebih mahal karena didatangkan dalam bentuk CBU

Mampu menampung hingga 7-8 orang

Hanya tersedia dalam dua warna

Performa mesin yang sangat mumpuni

Bentuk bukan selera semua orang

>>> Klik sini untuk tahu kelebihan dan kekurangan mobil Toyota lainnya

8. DAFTAR HARGA TOYOTA VOXY 2018

Karena mobil ini didatangkan dalam bentuk CBU dari Jepang, maka harga mobil Toyota Voxy 2018 berkisar kurang lebih Rp 458.250.000.

9. VIDEO TOYOTA VOXY 2018

10. KESIMPULAN TOYOTA VOXY 2018

Gambar memperkenalkan mobil Toyota Voxy 2018 yang resmi luncurkan di Indonesia

Toyota Voxy 2018 Indonesia

So, is this car for you? Well, jika Anda seorang family man, maka Anda harus punya mobil ini. Karena mesinnya kencang, irit, tidak akan membuat anggaran liburan Anda dan keluarga jebol.

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

  • Review Toyota Vios 2019 Versi Ekspor

    24/12/2018| Arfian Alamsyah

    Review Toyota Vios 2019 Versi Ekspor

    Akibat pajak sedan yang tinggi, kini mobil ini menjadi kurang diminati oleh konsumen di Indonesia. Padahal Toyota Vios adalah mobil sedan kecil yang kompak dan juga berperforma baik. Kini kami persembahkan review Toyota Vios 2019 versi ekspor hanya untuk Anda.

  • Review Toyota Voxy 2018

    20/12/2018| Arfian Alamsyah

    Review Toyota Voxy 2018

    Toyota Voxy 2018 adalah jawaban Toyota atas hegemoni Nissan Serena, bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini?

  • Review Toyota Camry 2019

    06/12/2018| Arfian Alamsyah

    Review Toyota Camry 2019

    Berselang bertahun lamanya, kini Camry memasuki usia 38 tahun. Banyak ubahan yang terjadi dan kini kami akan mengulas Toyota Camry 2019 yang konon akan masuk Indonesia dalam waktu dekat. Bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini? Kami sajikan dalam review Toyota Camry 2019.

International