Review Toyota Vellfire 2018, Saudara Kembar Alphard Nan Sporty

11/06/2018 | Ryan Sugandy

1. PENGANTAR

Review Toyota Vellfire 2018 - Dibuat sebagai varian yang lebih sporty dari Alphard, rupanya Toyota Vellfire mendapatkan tempat tersendiri di hati para peminatnya. Desainnya yang lebih sporty dengan fitur yang tidak kalah mewah membuat Vellfire tidak kekurangan peminat ketika dilucurkan.

Mobil ini sebenarnya hanya bisa didapatkan melalui importir umum, tetapi untuk versi tahun 2018 rupanya Anda sudah bisa membelinya melalui dealer lokal. Seperti apa tampilan dari mobil yang berharga satu miliar ini? Berikut adalah review Toyota Vellfire 2018!

2. EKSTERIOR

  • Desain Sporty Toyota Vellfire 2018

Toyota Vellfire 2018

Tampilan sisi depan Toyota Vellfire 2018

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Vellfire memang didesain sebagai varian mobil yang lebih sporty dibandinkan Toyota Alphard. Tetapi, tentunya tidak seluruhnya dibuat menjadi tampilan yang sporty.

Beberapa bagian dari mobil ini tidak jauh berbeda bahkan masih sama seperti dengan tampilan Toyota Alphard. Perbedaan terbesar terdapat di bagian wajah dan juga bagian belakang mobil ini yang memang nampak lebih dinamis dibandingkan dengan Toyota Alphard.

  • Desain bagian depan Toyota Vellfire 2018

Gambar mobil Toyota Vellfire 2018 berwarna coklat đilihat dari sisi depan

Tampilan depan terlihat dinamis

Bagian depan mobil ini terlihat dinamis dibandingkan dengan desain wajah Toyota Alphard yang hampir sleuruh bagian depannya tertutup grill yang sangat besar. Toyota Vellfire 2018 tampil dengan konsep garis yang berlapis bahkan membuat headlampnya pun menjadi terbagi. Dengan menggunakan desain ini, membuat Vellfire nampak lebih dinamis dan juga nampak lebih futuristik.

  • Desain bagian samping Toyota Vellfire 2018

Gambar sisi samping mobil Toyota Vellfire 2018 berwarna coklat

Sisi samping tidak ada perubahan dari versi dahulu

Untuk bagian samping tidak ada perbedaan sama sekali dibandingkan dengan Toyota Alphard. Dimensi yang besar dengan tarikan body yang cukup halus menjadikan mobil ini terlihat tidak terlalu kaku.

  • Desain Bagian belakang Toyota Vellfire 2018

Gambar bagian belakang mobil Toyota Vellfire 2018 berwarna hitam

Sisi belakang Toyota Vellfire 2018

Untuk bagian belakang, perbedaan Vellfire dengan terdapat pada penggunaan rear lamp yang dimiliki oleh Vellfire. Lampu Vellfire terlihat lebih dinamis yang tidak terlalu berlebihan dengan palang chrome yang cukup besar menutupi hingga kebagian samping kendaraan ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

  • Ruang kabin mewah dan lega Toyota Vellfire 2018

Gambar ruang kabin mobil Toyota Vellfire 2018 dengan jok berwarna hitam

Ruang kabin mobil Toyota Vellfire 2018

Mengingat ini adalah sebuah kendaraan MPV mewah, tentunya Anda akan mendapatkan berbagai macam kenyamanan dengan teknologi tercanggih. Pada dasarnya di bagian interior ini tidak ada perbedaan sama sekali dengan bagian interior dari Toyota Alphard.

Anda masih bisa menemukan kursi super nyaman dengan material mewah serta teknologi hiburan mumpuni di bagian dalam mobil ini. Perbedaan terbesar dari bagian interior ini hanya terdapat pada bagian warnanya saja. Bila Alphard didominasi dengan warna beige untuk membuat kesan mewah, maka Vellfire menggunakan warna hitam yang lebih maskulin.

  • Desain bagian dashboard Toyota Vellfire 2018

Gambar bagian dashboard mobil Toyota Vellfire 2018 dengan kelengkapan fitur di dalamnya

Sisi dashboard cukup elegan

Desain dashboard dibuat cukup elegan dengan menggunakan warna hitam yang dipadukan dengan beberapa panel berwarna silver dan juga dark wood panel. Sangat terlihat mewah dan elegan. Tetapi bila dilihat secara bentuk, dashboard ini sama sekali tidak ada perbedaan dengan bentuk dashboard dari Toyota Alphard.

  • Desain bagian setir Toyota Vellfire 2018

Gambar bagian setir mobil Toyota Vellfire 2018

Bagian setir dilapisi oleh material kulit

Bagian setir dilapisi oleh material kulit yang cukup mewah dengan dark wood panel sehingga kesan mewahnya tetap terasa. Lagi-lagi bentuk setir ini sama dengan bentuk setir dari Toyota Alphard.

  • Desain kursi Toyota Vellfire 2018

Gambar bagian kursi mobil Toyota Vellfire 2018 dengan jok berwarna hitam

Kursi sudah elektrik

Untuk bagian kursi, mobil ini menggunakan kursi elektrik yang bisa disesuaikan tingkat kenyamanannya dengan mudah. Bahkan kursi ini juga memiliki penghangat dua level untuk kenyamanan Anda.

  • Ruang bagasi Toyota Vellfire 2018

Ruang bagasi mobil Toyota Vellfire 2018 dengna sebuah ruang yang cukup besar

Ruang bagasi cukup besar

Bagian bagasi mobil ini cukup untuk membawa beberapa koper berukuran sedang, tetapi bila Anda membutuhkan ruang lebih besar maka Anda bisa melipat kursi baris ketiga dengan mudah.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR

Kalau review Toyota Vellfire 2018 tanpa sebutkan fitur itu tidak bagus ya. Dari sisi fitur sebuah mobil,  Toyota Vellfire 2018 memiliki fitur keamanan dan keselamatan sebagai berikut:

  • Fitur keselamatan Toyota Vellfire 2018

Untuk bagian keselamatan, Anda tidak perlu khawatir karena mobil ini sudah memiliki fitur-fitur keselamatan terbaik untuk menjaga Anda. Mobil ini sudan dilengkapi oleh 7 buah safety airbag, sistem pengereman ABS + EBD, Vehicle Stability Control, Crash Sensor, Kamera Parkir, 3 Point Seatbelt.

  • Fitur hiburan Toyota Vellfire 2018

Untuk bagian hiburan, mobil ini mengandalkan headunit 2din yang sangat canggih yang tersambung dengan 17 buah speaker. Headunit ini sudah bisa terkoneski dengan smartphone dan memainkan hiburan dari CD, DVD, Radio, dan Aux.

>>> Klik sini untuk simak harga mobil lainnya

5. OPERASI

Gambar bagian mesin mobil Toyota Vellfire 2018

Mesin Toyota Vellfire 2018

Untuk bagian mesin, mobil ini menggunakan mesin yang sama dengan dengan Toyota Alphard 2.5G yaitu mesin 2AR-FE berkapasitas 2.500 cc. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 180 PS dengan torsi maksimal 23.0 Nm.   

Di bagian kaki-kakinya, menggunakan sistem suspensi McPherson Strut dan juga Double Wishbone. Untuk bagian velg, mobil ini menggunakan velg berukuran 18 inci untuk mengimbangi body mobil ini yang sangat besar. 

>>> Lengkapi informasi Anda tentang mobil-mobil lainnya dengan klik sini

6. SPESIFIKASI

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari  Toyota Vellfire 2018.

Spesifikasi Toyota Vellfire 2018

Mesin

Seri Mesin

2AR-FE

Tipe Mesin

2AR-FE, In-Line 4 Cylinders, 16-valve, DOHC, Dual VVT-i

Isi Silinder (Cc)

2,494

Diameter X Langkah (Mm)

90.0 x 98.0

Daya Maksimum (Ps/Rpm)

180/6,000

Torsi Maksimum

23.9/4,100 (Kgm/Rpm)

Sistem Pemasukan Bahan Bakar

EFI

Kapasitas Tangki (Liter)

75

Dimensi

Panjang

4,93

Lebar

1850

Tinggi

1895

Jarak Poros Roda

3000

Jarak Pijak Depan

1575

Jarak Pijak Belakang

1570

Jarak Terendah

160

Kaki-kaki

Transmisi

CVT

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Torsion Bar

Suspensi Belakang

Double Wishbone with Torsion Bar

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Ventilated Disc

Steering Gear

Rack and Pinion with EPS

Ukuran Ban

235/50/R18

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Vellfire 2018  yang bisa Anda perhatikan sebelum Anda membeli kendaraan ini.

Kelebihan

Kekurangan

Interior Mewah

Hanya ada satu varian saja

Tampilan Lebih Sporty

Tidak ada perbedaan signifikan dengan Alphard

Sudah ada versi lokal

 

8. DAFTAR HARGA

Berikut ini adalah daftar harga Toyota Vellfire 2018 untuk wilayah Jakarta dan Sekitarnya.

Tipe mobil

Harga Toyota Vellfire 2018

Toyota Vellfire 2.5G A/T

Rp. 1.077.600.000,00

*) Harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu, harga bekas akan lebih murah dan sesuai dengan kondisi kendaraan

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Toyota Velfire merupakan pilihan mobil mewah yang bisa Anda piliha jika Anda menginginkan sebuah mobil yang mewah, elegan tapi tetap terlihat sporty. Walaupun perbedaannya hanya terletak pada bagian eksterior dan warna interior, setidaknya Anda memiliki pilihan lain yang cukup memadai.

Salah satu keuntungan lainnya adalah mobil ini sekarang sudah bisa dibeli tidak melalui importir umum sehingga harganya sudah cukup ramah di kantong. Nah, mana kira-kira yang akan Anda pilih Toyota Vellfire atau Toyota Aphard?  

Review mobil serupa

  • 14/12/2017 | Mobilmo.com

    Review Toyota Vellfire 2017, Spesifikasi dan Harga Lengkap

    Toyota Vellfire 2017 adalah Mobil MPV  terbaru dari Toyota Astra Motor dengan konsep mobil kelas atas dan menyajikan fitur-fitur yang lengkap serta modern. Meskipun diluncurkan tak lama tetapi  mobil dengan tampil elegant dan premium ini telah  memberikan kontribusi terbesar pada  total penjualan Toyota yang mencapai hingga 3.

  • 05/08/2017 | Mobilmo.com

    Detail Spesifikasi Toyota Vellfire, Harga Dan Keunggulanya

    Toyota Vellfire merupakan mobil MPV kelas premium yang diciptakan oleh produsen Otomotif Toyota Corp. mobil ini mulai diperkenalkan ke pasar otomotif dalam negeri sekitar satu tahun terakhir (2014-2015).

  • 22/05/2020 | Abdul

    Review Mobil Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 : Mobil Sedan Harga Terjangkau

    Sebuah mobil sedan dengan harga terjangkau dan dapat digunakan di perkotaan ataupun luar kota. Disamping itu, mobil yang akan kita bahas kali ini besutan Toyota yang merupakan sebuah produsen mobil ternama terutama di Indonesia. Berikut ulasan spesifikasi Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013.