Ini Dia 9 Gejala Kerusakan Transmisi Matik Pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

15/10/2018 | Arfian Alamsyah

Kita semua tahu jika Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia merupakan mobil bak pinang dibelah dua yang menyandang predikat mobil terlaris setanah air yang lahir sejak tahun 2004 dengan satu varian matic yaitu Avanza S 1300 cc. 7 tahun setelahnya tepatnya 2010 baik Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia sama-sama lahir varian yang menggunakan transmisi bebas repot dan pegal tersebut. Makanya kami dari Mobilmo.com memberitahukan 9 gejala kerusakan transmisi matik pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Tampak Sebuah Daihatsu Xenia Matik DI Launching

Daihatsu Xenia bertransmisi otomatis pertama kali muncul tahun 2010

Ada peribahasa mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Nah, lalu apa saja gejala transmisi matik Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia menjelang bermasalah atau rusak? “Sedikitnya ada 9 gejala pada  Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia menjelang transmisi matiknya rusak alias bermasalah,” papar Hermas Efendi Prabowo, Diagnostiq and Repair Specialist dari bengkel spesialis otomatis Worner Matic. Jadi, ketika sudah terdekteksi tanda-tanda kerusakan Anda bisa segera antisipasi.

>>> Baca juga: Waspada! Ini Bahaya AC Mobil Tidak Dingin Yang Perlu Diketahui

Tampak Shifter Gate Toyota Avanza

Gejala kerusakan transmisi matik bisa diketahui dari keanehan saat mengendarai mobil

Masih menurut pria yang sehari-hari buka workshop di Jl. Tegal Rotan Raya Bintaro, Pondok Aren, Selatan Jakarta (tepatnya samping pasar Modern Bintaro), berikut ini rincian hasil pengalaman kerjanya bersama tim dari bengkel Worner Matic, bengkel spesialis transmisi otomatis dan mobil matic yang kali ini jadi narasumber tim Mobilmo.com. “Ini bukan berdasarkan katanya-katanya atau informasi yang tidak valid dan tidak jelas sumbernya, tapi berdasarkan pengalaman,” tukasnya lagi. 

>>> Tips merawat mobil lainnya bisa Anda dapatkan di sini

Adapun ke-9 gejala transmisi matik Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang rusak atau bermasalah ini semua tuntas diperbaiki di bengkelnya :

1. Akselerasi berat

2. Mesin detonasi alias ngelitik / knocking

3. Boros bahan bakar

4. Tenaga kerasa kurang

5. Mesin terasa bergetar

6. RPM naik turun

7. Saat melakukan akselerasi indikator Check Engine Nyala dan D berkedip

8. Gangguan pada gigi mundur

9. Gangguan pada gigi Maju

>>> Membeli mobil baru? Cek daftar harga mobil terupdate dan terlengkap di Mobilmo.com

Aisin Warner Toyota Avanza

Kerusakan parah pada transmisi mengharuskan tindakan overhaul

Selain itu ada 16 gejala menyertainya: respon transmisi menjadi lambat, hilang tenaga secara mendadak, perpindahan gigi terasa menghentak, kasar, bunyi, bahkan loss total, jalan anjrut-anjrutan, mendadak ngelos, indikator matik berkedip, indikator matic mati, overdrive/off atau berkedip, indikator check engine menyala, akselerasi tersendat, gangguan perpindahan otomatis, berat, dan saat jalan bunyi jedak-jedug.

Itulah 9 gejala umum transmisi matic dan mobil matic Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang rusak atau bermasalah. Pada artikel berikutnya kami akan paparkan secara gamblang mengenai tips lainnya seputar transmisi dan dunia teknik lainnya, hanya di Mobilmo.com.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 10/10/2019 | Abdul

    Beresiko Putus, Begini Cara Merawat Fan Belt Agar Lebih Awet

    Mobil terdiri dari beberapa komponen yang sangat penting pada kendaraan. Salah satunya adalah fan belt yang mempunyai fungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju ke komponen pendukung lain seperti misalnya adalah kompresor AC mobil. Agar dapat bekerja dengan baik maka perlu dilakukan perawatan. Lantas bagaimana cara merawat fan belt pada mobil.

  • 08/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Masih Banyak Beredar, Begini Cara Mengenali Pelek Palsu Atau Asli

    Mengganti pelek merupakan cara termudah untuk mempercantik tampilan mobil. Para penjual pelek pun bisa ditemui dengan mudah, lengkap dengan berbagai model serta jenis peleknya. Namun hati-hati, masih ada pelek palsu beredar di pasaran. Berikut cara mengenali pelek palsu atau asli.

  • 07/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Ada 5 Kebiasaan Buruk Membuat Kopling Cepat Rusak

    Harga yang lebih murah, dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit menjadi beberapa alasan mobil manual tetap digemari. Bagi Anda pengemudi yang masih menggunakan mobil manual, keberadaan kopling tentu saja sangat penting. Ada 5 kebiasaan buruk yang kerap membuat kopling cepat rusak. Tentunya kelima kebiasaan ini harus ditinggalkan. Apa saja?