Hebat, Toyota Sudah Jual Lebih 10 Juta Mobil Hybrid Selama 21 Tahun

17/09/2018 Fatchur Sag Pasar Mobil

Industri otomotif dunia boleh ramai dengan pergeseran para produsen dari mobil berbahan bakar konvensional ke mobil ramah lingkungan dalam beberapa tahun terakhir. Bagi Toyota, adalah sebuah kebanggaan tersendiri karena mobil-mobil ciptaannya sudah lebih dari 10 juta unit beredar selama kurun waktu 21 tahun.

Toyota CH-R Hybrid Badge

Toyota telah lebih dulu menciptakan mobil hybrid sebelum yang lain bermunculan (foto: carwitter.com)

Dalam beberapa tahun terakhir tren industri otomotif dunia mengarah pada kendaraan ramah lingkungan. Berawal dari kesadaran para produsen, berbagai produk green car pun bermunculan mulai dari mobil plug-in hybrid, mobil hybrid, mobil listrik sampai yang hanya sekedar meningkatkan standar emisi gas buang ke level yang lebih tinggi.

Toyota merupakan salah satu produsen yang mengawali pembuatan mobil hybrid di dunia pada tahun 1997 dengan produknya yang dikenal hingga saat ini, Toyota Prius. Tak hanya jadi yang pertama meluncurkan mobil hybrid, Toyota juga jadi pionir pengembangan teknologi ramah lingkungan seperti mobil plug-in hybrid, mobil otonom, human robot dan fuel cell technologi.

Hingga 2018 ini, akumulasi penjualan mobil Toyota hybrid tercatat lebih dari 10 juta unit di seluruh dunia. Sebuah angka yang sangat besar mengingat belum ada pabrikan lain yang mampu menjual mobil hybrid-nya lebih dari angka 10 juta unit.

>>> Berpotensi Terbakar, 1 Juta Unit Toyota Hybrid Kena Recall

Foto Toyota Prius Hybrid warna biru tampak dari samping belakang

Toyota Prius Hybrid, mobil Toyota ramah lingkungan yang mendunia (foto: Toyota Global)

Dalam paparannya di acara 'kick off start your impossible Asia Pasific', di Singapura, Kamis (13/9/2018) lalu, Presiden Toyota Motor Asia Pasific (TMAP), Susumu Matsuda menjelaskan Toyota saat ini tengah menunju ke level yang lebih tinggi, yaitu memproduksi massal mobil dengan teknologi fuel cell vehicle (FCV) yang dimulai sejak 2014 lalu dengan Toyota Mirai sebagai produk pertama. Bukan tanpa alasan mobil ini bakal dikembangkan dan dipromosikan secara besar-besaran. Dari sejak peluncurannya pertama kali Toyota Mirai mendapat sambutan positif dari konsumen di berbagai negara.

"Mobil ini mendapat sambutan positif, dan penjualannya diproyeksikan bisa mencapai 300 ribu unit pada 2020 mendatang," jelas Matsuda di Singapura, Kamis (13/9/2018).

Matsuda optimis, dengan hadirnya mobil-mobil baru Toyota berteknologi FCV bakal menjadi hadiah besar dalam rangka pencapaian target mengurangi emisi CO2 hingga 90 persen di tahun 2050. Tantangan bertajuk Toyota Enviromental Challenge 2050 ini sudah dimulai sejak 2010 silam.

>>> Baca juga: Test Drive Toyota C-HR 2018, Crossover Dengan Sensasi Yang Berbeda​

Foto Toyota Mirai FCV 2016 sedang isi tenaga

Toyota Mirai, pelopor mobil berbahan bakar hydrogen (foto: spectrum.ieee.org)

>>> Intip informasi terkini dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca