Review Toyota Vios G CVT 2018, Varian Otomatis Dari Tipe Tertinggi Vios

01/10/2018 Handy Goeyana Review Toyota

Meskipun ada ajang berskala besar seperti IIMS pada bulan April kemarin, namun Toyota Astra Motor lebih memilih merilis Toyota Vios 2018 tanpa selebrasi besar-besaran. Penyegaran ringan pada Vios ini diharapkan mampu mendongkrak penjualan sedan yang saat ini begitu lesu.

1. PENGANTAR

Review Toyota Vios G CVT 2018 - Pada akhir 2016 silam, Vios sudah menggunakan mesin 2NR-FE Dual VVT-i yang serupa All New Sienta dan New Yaris. Transmisi otomatis baru berbasis CVT siap memberikan perpindahan gigi secara halus.

Sebelumnya Toyota Vios 2018 sudah diperkenalkan dan diluncurkan di luar Indonesia. Meskipun begitu terdapat perbedaan yang cukup kental, dimana penggunaan material pada seluruh elemen terutama elemen interior mobil jauh lebih baik. Berbeda dengan Indonesia yang menggunakan material biasa saja, mungkin dikarenakan mobil sedan yang selalu diberi pajak yang cukup tinggi, sehingga dengan penggunaan material yang biasa saja mampu menekan harga agar tidak terlalu mahal dan mampu mendongkrak penjualan sedan di Tanah Air.

Toyota Vios 2018 tipe G yang dipamerkan di ajang GIIAS 2018

Toyota Vios edisi 2018 yang dipamerkan di ajang GIIAS 2018 (youtube.com)

Tidak hanya itu, fitur-fitur penunjangnya pun jauh lebih lengkap. Contohnya saja di Malaysia, sedan kompak ini mendapatkan sensor parkir di bagian depan. Meskipun tidak selengkap luar negeri, namun paling tidak Vios versi Indonesia sudah lulus uji ASEAN NCAP bintang lima. Review Toyota Vios G CVT 2018 yang merupakan tipe tertingginya akan kami jabarkan di bawah ini.

2. EKSTERIOR

Secara dimensi tidak ada yang berubah, namun penyegaran ringan pada eksterior Toyota Vios G CVT 2018 membuatnya terlihat hampir mirip dengan Toyota Yaris.

Review Toyota Vios G CVT 2018: Desain Bagian Depan

bagian depan Toyota Vios G CVT 2018 dengan lampu depan berproyektor dan air intake yang besar

Bagian depan Toyota Vios G CVT 2018 yang terlihat lebih sporty (toyota.astra.co.i

Bagian depan Toyota Vios G CVT 2018 menggunakan lampu depan Dynamic berproyektor yang sayangnya masih belum menggunakan LED. Meskipun begitu fog lamp dan DRL-nya sudah menggunakan LED. Gril radiator memang berukuran kecil namun di bagian bemper depan diberikan air intake yang cukup besar dengan bumper guard terpasang pada bagian bawah air intake.

Review Toyota Vios G CVT 2018: Desain Bagian Samping

bagian samping Toyota Vios G CVT 2018 dengan lekukan bodi di sekujur pintu dan pelek alloy berukuran 16 inci

Bagian samping Toyota Vios G CVT 2018 yang begitu dinamis dan sporty (toyota.astra.co.id)

Sebagai small sedan, Toyota Vios G CVT 2018 terlihat kompak, hampir mirip dengan Yaris, serta terlihat dinamis berkat lekukan bodi di sekujur pintu mobil. Tidak lupa penggunaan pelek alloy berukuran 16 inci untuk menguatkan kesan sporty pada mobil ini.

Review Toyota Vios G CVT 2018: Desain Bagian Belakang

bagian belakang Toyota Vios G CVT 2018 dengan stop lamp LED dan spoiler berbentuk ekor bebek

Bagian belakang Toyota Vios G CVT 2018 yang terlihat lebih elegan dan dinamis (toyota.astra.co.id)

Bagian belakang Toyota Vios G CVT 2018 memiliki bemper belakang yang dilengkapi dengan reflektor sipit. Khusus tipe G, rear combination stop lamp yang didesain menyipit sudah menggunakan LED. Spoiler berbentuk ekor bebek memberikan kesan dinamis pada mobil ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Desain interior Toyota Vios G CVT 2018 menampilkan kesan sederhana namun tetap terlihat stylish dan sporty serta dilengkapi dengan fitur-fitur penunjang yang akan memberikan kenyamanan dalam ruang kabin mobil.

Review Toyota Vios G CVT 2018: Dashboard

bagian dashboard Toyota Vios G CVT 2018 dengan kombinasi warna hitam dan beige serta dipadukan dengan lining silver

Dashboard Toyota Vios G CVT 2018 yang terlihat elegan dan stylish (toyota.astra.co.id)

Desain dashboard Toyota Vios G CVT 2018 memberikan kenyamanan yang lebih berkat desain 'cutting edge' dengan perpaduan balutan warna hitam dan warna beige, serta lining berwarna silver di sisi head unit dan blower AC. Kontrol AC yang sudah dilengkapi dengan Auto Climate Control ditampilkan secara digital yang menambah kesan mewah. Bahkan di bawah kontrol AC terdapat persneling gigi yang juga dibalut dengan kulit. Khusus varian ini diberikan ECO Mode yang akan membuat kendaraan menjadi lebih irit bahan bakar, dan Sporty Mode untuk sensasi berkendara yang sporty. Tombol Start/Stop juga disertakan untuk memudahkan pengoperasian mobil ini dengan satu sentuhan saja.

Review Toyota Vios G CVT 2018: Setir

bagian setir Toyota Vios G CVT 2018 dengan audio steering switch dan paddle shift

Setir Toyota Vios G CVT 2018 yang begitu elegan dan fungsional (toyota.astra.co.id)

Setir Toyota Vios G CVT 2018 terlihat fungsional dengan adanya Audio Steering Wheel yang akan memudahkan pengemudi untuk mengatur sistem audio tanpa harus melepas setir kemudi. Diberikan kulit pada bagian setir kemudi untuk menambah kesan mewah dan Paddle Shift untuk melengkapi sensasi berkendara.

Review Toyota Vios G CVT 2018: Kursi

susunan kursi dua baris pada Toyota Vios G CVT 2018

Susunan kursi Toyota Vios G CVT 2018 (seatinauto.com)

Kursi Toyota Vios G CVT 2018 didesain 2 baris dan mampu menampung hingga 5 orang penumpang. Meskipun sudah menggunakan material berkualitas, namun di Indonesia hanya menggunakan fabric berwarna beige, berbeda dengan negara lain yang menggunakan fabric berwarna hitam dengan jahitan benang merah.

Review Toyota Vios G CVT 2018: Bagasi

bagian bagasi Toyota Vios G CVT 2018 berkapasitas 506 liter

Bagasi Toyota Vios G CVT 2018 yang berkapasitas cukup luas (klcbs.net)

Bagasi Toyota Vios G CVT 2018 baik tipe E maupun G memiliki kapasitas yang luas, yakni 506 liter yang mampu menampung tiga koper berukuran besar.

>>> Mungkin Anda ingin membaca :

4. FITUR

Review Toyota Vios G CVT 2018: Fitur Keselamatan dan Keamanan

fitur keselamatan berupa airbag lengkap pada Toyota Vios G CVT 2018

Fitur airbag lengkap pada Toyota Vios G CVT 2018 (toyota.astra.co.id)

Untuk fitur keselamatan baik Toyota Vios tipe E dan tipe G tidak ada yang disunat sama sekali dan lulus dengan predikat bintang lima oleh ASEAN NCAP. Mulai saja dari sistem pengereman pada mobil yang menggunakan sistem ABS, EBD, dan BA sehingga akan memberikan performa pengereman secara maksimal. Tidak lupa ada fitur Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control untuk menjaga kontrol mobil tetap terkendali ketika melewati jalanan tertentu. Selain itu ada Complete SRS Airbag dipadukan dengan seat belt 3 titik dan ISOFIX khusus bayi yang siap menjaga pengemudi dan penumpang terhindar dari resiko cedera serius ketika terjadi benturan.

Review Toyota Vios G CVT 2018: Fitur Hiburan

Melalui head unit layar sentuh berukuran 6.1 inci yang berada di tengah dashboard, head unit mobil ini siap memberikan hiburan terbaik melalui CD/DVD Player, Radio AM/FM, USB Port, iPod ready, yang dipadukan dengan 6 speaker. Head unit ini juga memiliki fitur-fitur penunjang seperti  konektivitas internet, Miracast, Weblink, serta Multitasking Window dan Remote Apps melalui smartphone.

>>> Review mobil-mobil Toyota lainnya bisa Anda lihat di sini

5. OPERASI

bagian mesin Toyota Vios G CVT 2018 berkapasitas 1.496 cc

Mesin Toyota Vios G CVT 2018 (youtube.com)

Mesin yang digunakan Toyota Vios G CVT 2018 sama dengan semua varian lainnya karena menggunakan mesin Toyota Yaris berkode 2NR-FE 4 silinder segaris 16 katup DOHC, Dual VVT-i. Dengan kapasitas sebesar 1.496 cc mesin mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 107 daya kuda pada kitiran 6.000 rpm serta torsi maksimal sebesar 140 Nm pada kitiran 4.200 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini akan disalurkan melalui tranmisi otomatis CVT 7 percepatan.

>>> Anda bisa cek harga mobil-mobil lainnya dengan klik di sini

6. SPESIFIKASI

Spesifikasi Toyota Vios G CVT 2018 bisa dilihat di bawah ini.

 

Mesin Toyota Vios G CVT 2018

Tipe Mesin

2NR-FE 4 silinder segaris 16 katup DOHC, Dual VVT-i

Kapasitas

1.496 cc

Diameter x Langkah

72,5 x 90,6 mm

Tenaga Maksimum

107 dk / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

140 Nm / 4.200 rpm

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Dimensi Toyota Vios G CVT 2018

Panjang

4.425 mm

Lebar

1.730 mm

Tinggi

1.500 mm

Jarak Poros Roda

2.550 mm

Suspensi dan Kaki-Kaki Dimensi Toyota Vios G CVT 2018

Power Steering

Rack and Pinion, Electric Power Steering With Tilt

Transmisi

7-Speed CVT

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

15" Ventilated Disc

Rem Belakang

15" Solid Disc

Ukuran Ban

195/50 R16

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios G CVT 2018 bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Kelebihan

Kekurangan

Elemen eksterior lebih mentereng

Harganya lebih tinggi

Elemen interior juga lebih elegan

Kelengkapan tidak selengkap varian luar negeri

Fitur penunjang lebih lengkap

Meskipun cukup elegan, tetapi interior tidak semewah varian luar negeri

Dapur pacu yang bertenaga dan irit bahan bakar

 

8. DAFTAR HARGA

Sebagai tipe tertinggi dan terlengkap dengan transmisi otomatis CVT, maka harga Toyota Vios G CVT 2018 dibanderol dengan harga Rp 326.150.000,- sudah on the road tahun 2018. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

9. VIDEO

Sebagai penutup ulasan, kami sertakan video tentang Toyota Vios G CVT 2018 dibawah ini.

10. KESIMPULAN

Berukuran cukup kompak dan pemangkasan beberapa fitur bukan berarti menghilangkan esensi kemewahan sebuah mobil sedan. Toyota Vios yang mendapat penyegaran ringan ini sudah cukup baik bagi yang menginginkan sebuah mobil sedan yang tidak terlalu mahal namun sudah dibekali dengan fitur-fitur penunjang yang cukup baik, terutama fitur-fitur keselamatan.

Mungkin anda ingin baca

  • Review BMW X6 M 2018
    Review BMW Fatchur Sag

    Review BMW X6 M 2018

    23/04/2019

    BMW X6 M 2018 adalah mobil sport generasi kedua yang dirilis BMW, dimana mobil ini mengambil desain dari dua kombinasi jenis mobil – coupe dan SUV. Mobil ini berhasil mencetak hit penjualan sebanyak 500 ribuan unit di pasar otomotif seluruh dunia. Menjelang berakhirnya tahun 2015, mobil ini masuk ke pasar otomotif Indonesia. Mengapa mobil yang dibanderol dengan harga mahal ini sangat diminati? Untuk mengetahuinya, Anda sebaiknya membaca review BMW X6 M 2018 berikut ini.

  • Review All New Honda Odyssey 2017
    Review Honda Fatchur Sag

    Review All New Honda Odyssey 2017

    22/04/2019

    Honda Odyssey generasi keempat pertama kali masuk ke Indonesia tahun 2010, walaupun telah dirilis sejak 2008. Generasi kelima hadir menggantikan generasi keempat yang dihentikan produksinya tahun 2013. Tahun 2014 Honda merilis mobil berjenis MPV ini dengan nama All New Honda Odyssey. Untuk menyegarkan Honda Odyssey generasi kelima, tahun 2017 kembali dirilis Facelift Honda Odyssey untuk mempertegas penampilan premium di mobil ini. Berikut review All New Honda Odyssey 2017!

  • Review All New Chevrolet Captiva 2019: Mobil SUV Dengan Desain Menarik

    Review All New Chevrolet Captiva 2019: Mobil SUV Dengan Desain Menarik

    21/04/2019

    Chevrolet Captiva 2019 merupakan sebuah mobil SUV yang mempunyai tampilan dan juga desain terbaru. Untuk perkenalannya dilakukan di ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) pada tanggal 26 Maret sampai 4 April 2019. Untuk lebih jelasnya bisa melihat spesifikasi All New Chevrolet Captiva 2019.