Review Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019

02/10/2019 | Fatchur Sag

1. PENGANTAR TOYOTA SIENTA Q CVT FACELIFT 2019

Pada tanggal 2 September lalu, PT Toyota Astra Motor telah resmi meluncurkan model mobil MPV Toyota Sienta versi 2019. Mobil ini tentu menjadi surprise tersendiri bagi para fans MPV dari Toyota.

Sebelumnya Toyota Sienta adalah anak bawang yang selalu disepelekan dibandingkan banyak MPV lainnya di pasaran. Coba Anda bandingkan mobil ini versi awal dengan Toyota Alphard ataupun Toyota Vellfire. Tampilan generasi sebelumnya tentu kalah jauh.

Foto Toyota Sienta 2003 - generasi pertama Sienta

Toyota Sienta 2003, generasi pertama yang diluncurkan di Jepang

Namun saat ini produksi Toyota Sienta lebih fokus memberikan fitur modern dan tampilan yang lebih baik. Meski demikian harga dari mobil ini tetap sama jadi bisa dibilang lebih memberikan value.

Pada saat melihat tampilan awalnya, banyak orang menduga Toyota mendesain mobil ini dengan sentuhan SUV sebagai konsep. Mulai dari tampilan depan, samping dan belakang, mobil ini tampak lebih mulus dibandingkan model bulky MPV yang sering digunakan pada generasi sebelumnya. Walaupun terlihat lebih slick, fungsinya sebagai MPV tetap jelas terlihat apalagi setelah membuka pintu geser yang tentu sudah menjadi ciri khas mobil ini.

Foto menunjukkan Toyota Sienta facelift 2019

Toyota Sienta 2003, generasi pertama yang diluncurkan di Jepang

Toyota Sienta facelift 2019 hadir tanpa seremoni besar-besaran. Begitu rilis resmi diterbitkan mobil langsung tersedia di diler resmi Toyota dan bisa diorder. Mobil ini hadir dalam tiga varian utama yaitu G, V dan Q. Dari ketiganya, model Q menjadi varian tertinggi dengan fitur paling lengkap. Jadi mari melihat review bersama seputar Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 berikut ini.

2. EKSTERIOR TOYOTA SIENTA Q CVT FACELIFT 2019

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tampilan mobil Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 bisa dibilang berbeda secara positif. Tampilannya yang tidak lagi kotak – kotak dan lebih mulus adalah sebuah sentuhan yang baik. Selain itu, tampilan ini tentu lebih cocok dengan trend modern yang saat ini diikuti banyak produsen mobil.

Mobil ini memiliki spesifikasi dimensi panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.695 mm. Ukuran ini mungkin sangat besar. Tapi jika Anda melihat mobil ini secara langsung, Anda tidak akan kaget dengan ukurannya, karena bentuknya dibuat lebih elegant dan tidak asal besar.

Untuk memastikan bisa melihat mobil ini dengan lebih detail, mari bahas bersama tampilannya dari berbagai sisi berikut ini!

Eksterior dari Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 : Bagian Depan

Foto Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 tampak samping depan

Tarikan blackout dari lampu utama tidak lagi menyambung ke fog lamp

Dari tampilan depan, Anda akan langsung bisa melihat bentuk Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 lebih sporty dibandingkan generasi Toyota Sienta yang lainnya. Hal yang paling mencolok dari perubahan ini adalah penggunaan aksen krom pada grill yang melengkung ke atas. Beda dibanding pendahulunya yang hanya lurus

Selain grill, Anda juga akan melihat penggunaan bumper yang lebih dominan terlihat. Bumper ini menjadi paduan yang cocok untuk grill yang sama – sama menggunakan garis horizontal besar. Tampilan depan ini diperlengkap dengan lampu utama yang lebih besar dengan bentuk yang lebih tajam.

Lampu yang digunakan ini merupakan single projector Bi-Beam LED. Tapi sepertinya lampu ini adalah versi khusus untuk Jepang saja. Versi yang akan dipasarkan di Indonesia akan dikombinasi dengan Projector Halogen with Manual Leveling dan juga fog lamp.

Eksterior dari Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 : Bagian Samping

Foto Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 tampak dari samping

Sayang ground clearance-nya pendek, kurang cocok untuk jalanan rusak

Untuk mendapatkan penampilan yang lebih menarik, Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 sengaja dibuat dengan detail bodi lebih jelas. Hal ini ditujukan untuk membuat corak unik yang tidak datar. Stripe yang terlihat jelas di pintu geser belakang sengaja didesain agar terlihat sebagai hiasan dan bukan hanya untuk fungsi. Stripe ini sangat menarik karena dikombinasi dengan warna hitam dari frame jendela dan juga area dekat ban belakang mobil.

Pada tampilan ban, Anda akan melihat velg besar dengan 5 ruas yang cukup unik dengan tampilan yang mencolok. Velg ini memiliki ukuran 16 inch Alloy dengan sentuhan chrome metal yang membuat tampilannya makin sporty.

Eksterior dari Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 : Bagian Belakang

Foto Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 tampak dari belakang

Dari belakang masih nampak bentuknya yang boxy

Nah, untuk tampilan belakang mobil bisa dibilang tidak banyak berubah kecuali ada tambahan spoiler atas dengan desain menarik. Hal yang berbeda lain yaitu tail lamp yang menggunakan teknologi LED dan mengikat kesamping mobil. Tampilan ini tentu memberi sentuhan fresh walaupun dirasa kurang memberi perbedaan signifikan pada tampilan belakang secara keseluruhan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA SIENTA Q CVT FACELIFT 2019

Walaupun pihak Toyota lebih mengedepankan tampilan luar pada mobil ini, Anda tidak boleh meremehkan tampilan dalamnya juga. Pada Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019, Anda akan menemukan sentuhan – sentuhan kecil yang tidak terlalu terlihat tapi sangat berpengaruh dari sisi fleksibilitas dan juga kenyamanan.

Mari melihat secara detail satu per satu bagian interior mobil ini untuk dapat menilainya dengan lebih baik. Berikut adalah bahasannya!

Interior dari Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 : Kabin

Foto kabin Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019

Kabin luas buat menampung banyak penumpang

Memasuki bagian kabin, nuansa yang ada kabin mobil ini lapang sama seperti model sebelumnya. Namun untuk warna lebih dominan warna baru burgundy atau keungu-unguan yang dikombinasi dengan warna hitam.

Interior dari Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 : Dashboard dan Setir

Foto Setir Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019

Setir Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 punya pengaturan tilt tapi belum teleskopik

Selanjutnya mari melihat area depan mobil dan area kemudi. Di bagian ini, Anda akan melihat hanya sedikit perbedaan. Semua bagian dari dashboard dan setir ini. Hal yang paling mencolok berbeda adalah sentuhan warna di setir dan transmisi.

Untuk versi Q, mobil ini lebih memiliki dominasi warna burgundy yang dikombinasikan dengan warna hitam. Untuk panel kemudi, Anda akan menemukan kombinasi tampilan digital dan juga manual. Walaupun sederhana, Anda akan mendapatkan informasi yang tepat dari mobil tersebut.

Interior dari Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 : Jok/Kursi

Foto jok Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019

Ada arm rest untuk kursi baris kedua

Sebagai mobil yang spesifik untuk keluarga muda, jok mobil ini bisa dipasangkan 5 seater sampai 7 seater tergantung jumlah anggota keluarga Anda. Penggunaan seater yang mudah di atur ini juga ditunjukan dengan fitur melipat kursi untuk membuat ruang bagasi yang lebih luas. Kursi – kursi ini didesain untuk mudah diatur tapi tetap nyaman. Yang baru dari Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 untuk kursi baris kedua terdapat arm rest di sisi kiri dan kanan.

Interior dari Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 : Bagasi

Foto Bagasi Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 yang bahkan bisa muat sepeda

Bagai lapang untuk menampung banyak barang

Bagian penyimpanan cukup tinggi dan bisa dibagi menjadi kompartement bertingkat. Di bagian ini Anda akan menemukan jaring – jaring pengaman yang bisa digunakan untuk memastikan tidak ada barang yang jatuh. Jaring ini bisa dilipat dan disingkirkan sesuai kebutuhan jadi Anda tidak akan ribet mengaturnya.

Ruang bagasi di sini juga cukup luas hingga Anda bisa memasukan 2 sepeda gunung jika melipat kursi paling belakang. Jika Anda ingin memiliki mobil yang cocok untuk mudik, tidak salah membeli Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR TOYOTA SIENTA Q CVT FACELIFT 2019

Dalam mobil ini, Anda tentu bisa mendapatkan banyak fitur yang modern baik itu dalam golongan keselamatan, kenyamanan dan hiburan. Fitur ini sebetulnya sudah ada di generasi sebelumnya tapi di versi 2019 ini, beberapa fitur menggunakan teknologi baru yang sebelumnya belum muncul di pasaran. Mari bersama melihat fitur – fitur ini dengan lebih jelas!

Fitur Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 : Fitur Keselamatan

Gambaran Fitur keselamatan Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 - Hill Start Assist

Dengan HSA, Anda tak perlu takut mobil melorot saat berhenti di tanjakan

Untuk alat – alat keselamatan, Anda bisa melihat beberapa airbag yang dipasang di 6 area termasuk di kemudi utama dan juga para penumpang. Selain alat pengaman darurat ini, Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 juga dilengkapi dengan Intelligent clearance sonar, Hill start assist control, laser radar dan monocular camera system, Lane Departure Alert (LDA), Automatic High Beam (AHB), serta Toyota Safety Sense dengan alat pendeteksi pejalan kaki.

Fitur Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Display kamera parkir Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019

Ada kamera parkir bikin parkir makin mudah

Dari fitur keamanan mari melihat pada fitur kenyamanan dan hiburan. Di sisi kenyamanan, Anda akan mendapatkan sistem pengatur AC yang baik. Selain itu Anda bisa akan mudah mengatur posisi kursi hingga nyaman bagi Anda yang memiliki kaki panjang hingga anak bayi.

Untuk fitur hiburan, Anda bisa menggunakan layar sentuh Navi 9 inch pada bagian depan mobil sebagai pengatur utama. Selain itu Anda juga bisa menggunakan display 12 inch full HD untuk kursi belakang.

>>> Toyota Sienta Kurang Laris Di Indonesia, Tapi Untuk Ekspor Masuk 10 Besar

5. OPERASI TOYOTA SIENTA Q CVT FACELIFT 2019

Foto mesin Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019

Mesin Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 masih sama dengan yang lain

Saat mengemudikan mobil ini, cukup mulus dan bertenaga. Hal ini berkat mesin 1,5 liter yang menjadi jantung mobil ini. Mobil ini juga tergolong irit karena memiliki efisiensi BBM sebesar 28.2 km/liter. Untuk Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019, Anda bisa menikmati transmisi CVT yang membuat pengoprasian mobil ini tetap baik nyaman.

Sayangnya karena ukurannya yang besar, mobil ini perlu radius putar yang cukup kesar. Anda yang mengendarai mobil ini harus bisa memahami range mobil ini, karena ukurannya cukup besar. Walaupun begitu, kemampuan kendalinya cukup baik dan Anda bisa mengaktifkan sensor untuk membantu Anda menavigasi di area – area sempit.

>>> Toyota Sienta Funbase 5 Penumpang Sangat Mungkin Di Bawa Ke Indonesia

6. SPESIFIKASI TOYOTA SIENTA Q CVT FACELIFT 2019

 

 

DIMENSI

Panjang

4235 mm

Lebar

1695 mm

Tinggi

1695 mm

Jarak sumbu roda

2750 mm

Ground Clearance

170 mm

Radius putar

5,2 m

MESIN

Tipe

2NR-FE, In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i

Kapasitas silinder

1797 cc

Tenaga maksimum

105,5 hp (10,7 PS) @ 6.000 rpm

Torsi maksimum

140 Nm @ 4.200 rpm

Bahan bakar

Bensin

Sistem bahan bakar

Fuel Injection

Transmisi

CVT with 7-Speed Sport Sequential Shiftmatic

KAKI-KAKI

Sistem penggerak roda

Penggerak roda depan / Front Drive (FWD)

Suspensi depan

MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer

Suspensi belakang

Torsion Beam with Coil Spring and Stabilizer

Rem depan

Cakram ventilasi

Rem belakang

Cakram solid

Ukuran ban

195/55R16

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA SIENTA Q CVT FACELIFT 2019

Kelebihan Kekurangan
Mesin bertenaga dan cukup mulus akselerasinya Tampilan belakang terasa biasa saja dan terlalu mirip generasi sebelumnya
Penampilan lebih menarik dan sporty Perlu kemampuan kendali yang baik karena range radius putar mobil cukup besar
Sangat irit bensin  
Fitur keamanan cukup lengkap dan membantu navigasi  

8. DAFTAR HARGA TOYOTA SIENTA Q CVT FACELIFT 2019

Foto Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 tampak dari samping depan

Tampilan baru pastinya lebih menarik

Toyota Sienta Q CVT adalah varian tertinggi Toyota Sienta yang dijual di Indonesia. Oleh Toyota Astra Motor (TAM) mobil ini dijual dengan harga Rp 302.850.000 On The Road DKI Jakarta (September 2019). Untuk wilayah dan waktu yang berbeda, harga bisa saja berbeda atau lebih mahal.

9. VIDEO TOYOTA SIENTA Q CVT FACELIFT 2019

10. KESIMPULAN TOYOTA SIENTA Q CVT FACELIFT 2019

Bisa ditarik kesimpulan Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019 mendapatkan upgrade dari segi penampilan yang cukup lumayan. Hanya saja karena karena rombakan yang diusung hanya facelift, Anda tetap mendpatkan mobil ini hampir mirip dari dengan generasi sebelumnya dari segi penampilan dan fitur.Apa mobil ini sesuai kebutuhan Anda, Anda sendiri yang bisa menjawab dan memutuskan.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

  • 20/09/2017 | Mobilmo.com

    Perbandingan Toyota Sienta VS Honda Freed – Spesifikasi dan Harga

    Perbandingan Toyota Sienta VS Honda Freed-Salah satu pesaing Honda Freed ditahun 2016 adalah Toyota Sienta. Mobil kelas MPV dari Toyota ini mulai debut diajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 tepatnya pada tanggal 7 April 2016.

  • 20/09/2017 | Mobilmo.com

    Inilah Fitur Unik Dan Khas Toyota Sienta, Pesaing Honda Freed

    Ada sebutan baru untuk mobil baru Toyota ini. PT Toyota Astra Motor menyebut Sienta sebagai Multi Activity Vehicle (MAV).

  • 20/09/2017 | Mobilmo.com

    Spesifikasi Harga Toyota Sienta di Indonesia

    Terbaru, Toyota Sienta siap meluncur di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) yang akan digelar pada tanggal 7 April 2016 yang bertempat di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Bahkan bukan hanya itu saja, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga akan membeberkan spesifikasi lengkap dan harga Toyota Sienta di Indonesia.