Toyota Sienta Model Baru Diluncurkan, Yuk Intip Penjualan Sienta Model Lama

09/09/2019 | Fatchur Sag

Yang ditunggu akhirnya datang juga, PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota Sienta model baru dengan tampilan yang lebih segar. Ini adalah perubahan pertama sejak mobil medium MPV pintu geser tersebut diluncurkan tahun 2016 silam. Meski bukan perubahan total dengan embel-embel All New, perubahan pada Toyota Sienta facelift ini membuat penampilannya beda dengan Sienta lama.

Foto menunjukkan Toyota Sienta 2019 tampak dari samping depan

Setelah tiga tahun mengaspal, Toyota Sienta facelift akhirnya diluncurkan

Dari depan perubahan mencolok terlihat di bagian bumper yang kini lebih stylish dan sporty dengan ada tambahan spoiler. Aksen hitam chrome yang menghubungkan bumper dengan headlamp tidak lagi mirip air mata, tapi terpisah dari fog lamp. Kemudian ada Bi-Beam LED Projector Headlamp dengan LED Clearance Lamp.

Di bagian interior Toyota Sienta model baru menggunakan warna baru Burgundy, lalu ada penambahan armrest untuk kursi baris pertama dan kedua. Di bagian dashboard ada head unit premium berukuran 6.8 inchi dengan tampilan baru. Sedangkan untuk setir dibungkus dengan cover berbahan kulit sehingga tampak lebih mewah.

Overall dari sisi penampilan Toyota Sienta model baru lebih baik dibanding Sienta lama. Pertanyaannya, apakah ubahan ini bakal berdampak pada penjualan?

>>> Toyota Sienta Kurang Laris Di Indonesia, Tapi Untuk Ekspor Masuk 10 Besar

Foto menunjukkan Interior Toyota Sienta 2019 dengan warna baru, burgundy

Sentuhan perubahan Toyota Sienta facelift merambah ke bagian interior

Seperti diketahui penjualan Sienta lama dari sejak diluncurkan tahun 2016 cenderung menurun. Data di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) tercatat tahun 2016 penjualan Sienta mencapai 17.931 unit, tahun 2017 sebanyak 14.968 unit, dan tahun 2018 terjual sebanyak 5.113 unit. Di tahun 2019 ini dari Januari hingga Juli Toyota baru menjual sebanyak 412 unit Sienta.

Meski terus menurun, TAM menolak untuk menyerah sebagaimana kompetitor, dan Sienta tetap ada dalam line up Toyota di Indonesia. Dengan hadirnya Toyota Sienta facelift ini TAM berharap dan yakin penjualan juga bakal terdongkrak.

"Di kota-kota besar kita bisa melihat profil konsumen yang masih ingin membeli mobil yang sliding door, key point yang dimiliki Sienta adalah sliding door yang tidak dimiliki Avanza, Rush, atau Innova, jadi masih ada konsumen yang membutuhkan di segmen itu," tutur Direktur Marketing PT TAM, Anton Jimmi Suwandy belum lama ini.

So, ditunggu saja bagaimana kenyataannya, kita akan mengetahui dalam beberapa bulan mendatang.

>>> Begini Cara Mengusir Aroma Mobil Baru Jika Tidak Suka Dengan Baunya

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik