Perbandingan Toyota Sienta VS Honda Freed – Spesifikasi dan Harga

20/09/2017| Mobilmo.com

Perbandingan Toyota Sienta VS Honda Freed-Salah satu pesaing Honda Freed ditahun 2016 adalah Toyota Sienta. Mobil kelas MPV dari Toyota ini mulai debut diajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 tepatnya pada tanggal 7 April 2016. Pihak Toyota Indonesia mengklaim bahwa produksi terbarunya ini memiliki banyak kelebihan dan akan melengkapi Line up mobil MPV dari Toyota. Artinya mobil ini akan berada di antara Toyota Kijang Innova dan Toyota Grand New Avanza.

Selain mengisi kelas MPV untuk mobil Toyota di dalanm negeri, agaknya kemunculan Sienta juga akan sedikit menggangu mobil dari produsen sebelah yakni  Honda Freed yang sampai saat ini masih saja bertahan di pasaran dalam negeri meskipun sudah lama tidak mengalami perubahan atau penyegaran. Kabar yang beredar PT Honda Prospect akan menghadirkan generasi terbaru dari Honda Freed yang bukan hanya pada bagian penampilan saja namun juga akan dipersenjatai dengan mesin yang lebih bertenaga ketimbang dari saat ini masih beredar. Dilihat dari modelnya kedua mobil ini memang mempunyai gaya yang mirip yakni memiliki tubuh stylish dengan kombinasi pintu geser. Oleh sebab itu dipastikan keduanya bakal bersaing ketat dipasar otomotif dalam negeri di tahun 2016 ini. Nah buat anda yang masih penasaran bahkan bingng menentukan pilihan antara Honda freed VS Toyota Sienta, berikut ini kami berikan sekilas perbandingan Toyota Sienta Vs Honda freed  mulai dari desain dan dimensi, mesin, Fitur, dan harga.

Desain

Antara Honda Freed dan Toyota Sienta memiliki desain yang hampir sama yaitu menggunakan model kotak dengan tampilan depan yang rucing dan bentuk besar dibagian belakngnya. Bedanya desain Toyota Sienta tampak lebih stylist karena adanya garis tajam sehingga terkesan lebih elegan di bagian depanya. Lain halnya dengan Honda Freed yang terlihat sederhana. Namun meskipun begitu Honda Freed masih saja memeberikan kesan yang Sporty.

Jika kita perhatikan pada bagian eksteriornya, Toyota Sienta sedikit memiliki keunggulan yaitu memiliki desain bagian depan yang landai dengan kombinasi garis garis seperti ikan lele. Lain halnya dengan Honda Freed yang tampak lebih kotak disertai dengan kap mesin yang unik. Namun ini merupakan penilaian pribadi saya dan untuk penilaian lain tergantung pada selera anda masing masing khususnya bagi para calon konsumen.

Dimensi

Untuk dimensi dari kedua mobil ini bisa dikatakan nyaris memiliki kesamaan. Mobil Toyota Sienta mempunyai ukuran panjang sekitar 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dengan ukuran tinggi 1.675 mm. sedangkan Honda Freed memiliki ukuran panjang 4.215 mm, Lebar 1.700 mm dengan ukuran tinggi 1.740 mm. keduanya pun menyuguhkan ruang kabin yang nayaman serta lega. Hal tersebut dikarenakan dimensi keduanya yang cukup besar dan panjang. Namun, kali ini bagian ruang depan milik Honda Freed yang lebih diunggulkan karena memiliki dimensi yang lebih luas. Untuk Handlingnya Honda freed juga diunggulkan karena mempunyai jarak wheelbase sekitar 2.740 mm sedangkan milik Toyota Sienta 2.750 mm. Tak hanya sampai situ saja, Honda Freed juga diunggulakan dengan ukuran Ground clearance yang lebih tinggi yaitu mencapai 170 mm sehingga lebih mudah melumat jalan berlubang atau genangan air dijalan. Sedangkan Toyota Sienta hanya memiliki 133 mm sehingga sangat rawan sekali jika berjalan di medan yang berlubang ataupun genangan air. dalam hal ini Toyota Sienta hanya diunggulkan dengan nilai tampilan yang lebih keren karena mempunyai desain bagian bawah yang lebih ceper.

Dapur Pacu

Beralih ke bagian Dapur Pacu dimana kedua competitor ini sama sama dipersenjatai mesin dengan kapasitas 1.5 Liter, namun hasil tenaga yang didapatkan sangatlah berbeda. Dibanding dengan Toyota Sienta Honda freed masih diunggulkan dengan hasil tenaga yang mencapai 117 hp serta Torsi maksimal 146 Nm, sedangkan Toyota Sienta hanya memiliki daya 109 hp serta torsi maksimal 143 Nm. Untuk teknologi mesin, Toyota Sienta menggunakan mesin NR Series Dual VVT-i yang dipadukan dengan Transmisi CVT. Sementara Honda Freed masih menggunakan teknologi i-VTEC Transmisi otomatis lima percepatan. Kabar yang beredar, Honda Freed terbaru akan dipersenjatai mesin berkapasitas yang lebih kecil dari sekarang yaitu 1.0 liter namun didukung teknologi Turbocharged yang katanya sanggup menghasilkan tenaga yang lebih besar. Produksi baru yang telah menggunkan teknologi terbaru tersebut untuk saat ini adalah Honda All New Civic Turbo 2016. Berikut sekilas gambar mesin dari Mobil honda Freed dan Toyota Sienta

Fitur Keamanan dan Kenyamanan

Berbicara soal fitur Toyota Sienta jelas jauh memiliki keunggulan dibanding Honda Freed. Karena Toyota Sienta merupakan mobil besutan terbaru maka fitur didalamnya pun banyak mengusung teknologi yang lebih modern. Toyota Sienta melengkapi fitur berupa AC Double Blower, pintu Geser Otomatis sampai lampu LED pada bagian depan. Lain halnya dengan Honda Freed yang hanya masih mengandalkan lampu halogen saja. Namun yang cukup disayangkan mobil Toyota Sienta ternyata masih belum menggunakan Kaca spion lipat seperti halnya mobil mobil keluaran terbaru lainya. Padahal Honda Freed saja sudah mempunyai fitur tersebut. Keunggulan lain dari Toyota Sienta dibanding Honda Freed adalah sudah menerapkan teknologi menyalakan mesin dengan hanya menekan tombol saja. Sedangkan Honda Freed terlebih dahulu harus memasukkan kunci mobil. Meskipun berbeda pada fitur kenyamanan, namun anda tidak perlu ragu dengan urusan fitur keamananya. Kedua mobil ini sudah dilengkapi dengan Rem cakram, EBD, BA dan ABS.

Harga

Untuk masalah harga kedua mobil inipun tidak memiliki perbedaan yang ssignifikan. Toyota Sienta Dibanderol mulai dari Rp 230 juta hingga Rp 295 juta ( harga masih tentative dan dapat berubah sewaktu waktu) Sedangkan Honda Freed saat ini dijual mulai dari Rp 271 juta sampai Rp 293 juta. Berikut daftar harga Toyota Sienta 2017 lengkap dari Semua Varian :

  •   Sienta E MT: Rp 230 juta
  •   Sienta E CVT: Rp 245 juta
  •   Sienta G MT: Rp 245 juta
  •   Sienta G CVT: Rp 260 juta
  •   Sienta V MT: Rp 260 juta
  •   Sienta V CVT: Rp 275 juta
  •   Sienta Q CVT: Rp 295 juta

Berikut daftar harga Honda Freed baru saat ini

  • Honda Freed S : Rp. 271.000.000
  • Honda Freed E : Rp. 293.000.000

Review mobil serupa

  • Review Toyota Yaris 2013 Indonesia, Spesifikasi Dan Gambar Lengkap

    16/12/2017| Mobilmo.com

    Review Toyota Yaris 2013 Indonesia, Spesifikasi Dan Gambar Lengkap

    Mobil Toyota Yaris 2013 atau yang biasa disebut Toyota Yaris generasi ketiga merupakan mobil hatchback yang mengalami perombakan bentuk dari generasi kedua mobil ini. Kemunculan mobil generasi ketiga ini memang bisa dikatakan agak sedikit terlambat dibandingkan dengan pesaingnya seperti Honda Jazz.

  • Review Toyota Vellfire 2017, Spesifikasi dan Harga Lengkap

    14/12/2017| Mobilmo.com

    Review Toyota Vellfire 2017, Spesifikasi dan Harga Lengkap

    Toyota Vellfire 2017 adalah Mobil MPV  terbaru dari Toyota Astra Motor dengan konsep mobil kelas atas dan menyajikan fitur-fitur yang lengkap serta modern. Meskipun diluncurkan tak lama tetapi  mobil dengan tampil elegant dan premium ini telah  memberikan kontribusi terbesar pada  total penjualan Toyota yang mencapai hingga 3.

  • Harga New Fortuner TRD Sportivo 2016

    22/11/2017| Mobilmo.com

    Harga New Fortuner TRD Sportivo 2016

    All New Fortuner TRD Sportivo menjadi varian paling tinggi dari keluarga All New Fortuner 2016. Meskipun mobil ini belum dipasarkan di Indonesia namun belum lama ini Fortuner TRD Sportivo 2016 sudah mulai dipasarkan di negeri asalnya, yakni Thailand.

International