Review Toyota Prius 2019: Ikon Hybrid dengan Wajah Baru

19/01/2019 Padli Nurdin Review Toyota

Toyota telah memperkenalkan penyegaran terbaru Toyota Prius 2019 dengan membawa penampilan yang lebih maskulin serta penggerak semua roda untuk mobil hybrid andalannya. Meskipun tidak secara signifikan menjadikannya lebih efisien atau lebih cepat, tetapi gaya yang agresif serta penggerak baru disebut akan menarik hati konsumen Prius di seluruh dunia.

1. PENGANTAR TOYOTA PRIUS 2019

Review Toyota Prius 2019 - Diperbarui untuk tahun ini, Toyota Prius 2019 terlihat berbeda dibandingkan ketika awal generasi keempat diperkenalkan 2015 lalu. Prius kembali disebut sebagai kendaraan hibrida praktis nan serba guna untuk sebagian besar pembeli, meskipun penghematan bahan bakar yang terkemuka di kelasnya telah dikalahkan oleh Honda Insight yang sedikit lebih efisien.

generasi pertama Toyota Prius 1997 berwarna hijau

Toyota Prius generasi pertama yang diperkenalkan 1997

Beberapa perubahan telah dialami Prius dari masa ke masa. Mulai dari tampilan lucu nan imut ketika diperkenalkan pertama kali pada 1997, ubahan eksterior pada versi 2019 membuat ‘muka’ Prius menjadi lebih marah bersama ubahan lampu depan dan bumper yang lebih lebar.

Pertama kali dijual di Jepang dan negara-negara lain, Prius merupakan kendaraan hibrida pertama yang diproduksi secara massal, kemudian diperkenalkan di seluruh dunia pada tahun 2000. Dikembangkan sebagai mobil listrik hibrida penuh yang dikembangkan Toyota, Prius awalnya ditawarkan sebagai sedan 4 pintu, dan akhirnya diproduksi sebagai liftback 5 pintu sejak 2003.

Toyota Prius dijual di lebih dar 90 pasar, dengan Jepang dan Amerika Serikat menjadi pasar terbesarnya. Disebut sebagai kendaraan populer dari Toyota, penjualan global liftback Prius secara kumulatif mencapai 1 juta unit pada Mei 2008. Dan pada Janurai 2017, Prius liftback merupakan mobil hibrida terlaris di dunia dengan hampir 4 juta unit terjual.

Toyota Prius 2019 berwarna biru di lingkungan salju

Tampilan terbaru Toyota Prius 2019 yang tangguh di lingkungan bersalju

Dan saat ini. selain penambahan teknologi penggerak pada semua roda pada generasi keempat Prius, masih banyak perubahan luar dan dalam yang diberikan pada Toyota Prius 2019. Untuk itu, mari kita lihat lebih lanjut review Toyota Prius 2019 dari tim Mobilmo.com berikut ini.

2. EKSTERIOR TOYOTA PRIUS 2019

Perubahan luar Prius tidak perlu dipertanyakan lagi. Dirancang oleh tim desainer muda Toyota, perubahan eksterior Toyota Prius 2019 diyakini mampu menarik kaum milenial di seluruh dunia. Dibandingkan bentuk rumit dari tampilan sebelumnya, desain facelift Prius menghadirkan wajah yang garang dan berani, serta cukup revolusioner untuk model ramah bahan bakar.

Review Toyota Prius 2019: Eksterior Depan

Jika diperhatikan, lampu depan dengan desain L memberikan wajah yang lebih marah pada Prius. Lampu depan LED yang lebih tipis dan terang memberikan perubahan yang cukup signifikan pada model pra-facelift. Perubahan lebih terasa pada lampu kabut yang mendapatkan tempatnya sendiri pada bagian bawah, meninggalkan sisi samping yang dibuat lebih tipis.

eksterior depan Toyota Prius 2019 berwarna biru

Tampilan depan Toyota Prius 2019

Tampilan desain eksterior depan Toyota Prius 2019 mengingatkan Anda pada Lexus dengan sedikit kemiripan pada jajaran mobil mewah Toyota tersebut, dengan lampu depan yang agak bulat serta bilah tebal dan lipatan pada bumper. Namun selain lampu depan, tidak ada yang benar-benar berubah dari desain ujung depan, hanya bentuk gril yang semakin rendah.

Review Toyota Prius 2019: Eksterior Samping

eksterior samping Toyota Prius 2019 berwarna biru

Tampilan samping Toyota Prius 2019

Dilihat dari samping, kurang terasa bahwa Prius mendapatkan perubahan, meskipun Anda bisa memperhatikan desain pelek baru yang lebih eksklusif untuk model penggerak semua roda. Semua sudut dan lekukan di samping masih dipertahankan, dengan Toyota menghilangkan aksen krom pada side skirt Prius. Selebihnya, eksterior samping Toyota Prius 2019 masih bisa Anda temukan pada generasi sebelumnya.

Review Toyota Prius 2019: Eksterior Belakang

eksterior belakang Toyota Prius 2019 berwarna biru

Tampilan belakang Toyota Prius 2019

Tidak begitu menarik, meskipun perubahan pada lampu belakang yang lebih tipis memberikan sedikit peningkatan tampilan dibandingkan desain kotak yang terlihat pada versi pra-facelift. Lampu belakang menampilkan desain horizontal baru dan pembaruan pada pintu bagasi. Perubahan bumper belakang yang dibuat lebih naik dan tepi bumper yang lebih tajam bisa sedikit menghilangkan desain jadul pada eksterior belakang Toyota Prius 2019.

>>> Dapatkan berita Toyota terbaru hanya di sini:

3. INTERIOR TOYOTA PRIUS 2019

Sebagian besar interior masih belum tersentuh perubahan, dirancang dengan menumpuk pada tengah dasbor, termasuk layar infotainment yang menunjukan kecepatan dan informasi sistem hybrid. Bisa dibilang, interior Toyota Prius 2019 masih terlihat futuristik dan sesuai dengan estetika eksterior yang berani. Ada pula tambahan pelapis interior baru dan sistem tampilan head-up yang ditingkatkan untuk menggabungkan instruksi navigasi.

Review Toyota Prius 2019: Dasbor

dasbor Toyota Prius 2019 berwarna hitam dan krom

Dasbor Toyota Prius 2019

Masuk ke dalam, Toyota mengatakan interior dan dasbor Toyota Prius 2019 telah diperbarui, tetapi dengan membandingkan foto-foto lama dan baru secara berdampingan, tidak ada yang benar-benar melihat adanya perubahan nyata. Yang menjadi pembeda hanyalah layar tengah 11,6 inci yang besar – meskipun hadir sebagai opsi tambahan – dimana sebelumnya hanya mendapatkan layar 6.1 inci.

Review Toyota Prius 2019: Kemudi

kemudi Toyota Prius 2019 berwarna hitam dengan layar infotainment

Kemudi Toyota Prius 2019

Memang dibuat berbeda dengan edisi terdahulu, roda kemudi juga tampak baru. Tetapi bukan desain yang sepenuhnya baru, kemudi Toyota Prius 2019 hanya mendapatkan evolusi dan variasi yang ditawarkan pada model pra-facelift. Kemudi tiga palang dibuat lebih elegan dengan menggunakan aksen logam pada tombol kemudi untuk memudahkan Anda dalam mengaktifkan beberapa fitur berkendara, termasuk tombol volume.

Review Toyota Prius 2019: Kursi

Tingkat kepraktisan Prius memang ditingkatkan, dengan membuat ruang yang sedikit lebih besar. Kursi Toyota Prius 2019 masih nyaman untuk ditempati. Walaupun seperti layaknya sedan yang menggunakan desain belakang menurun, penumpang dengan tinggi di atas rata-rata akan kesulitan karena ruang kepala yang kurang tinggi. Tetapi untuk sebagian besar penduduk Indonesia, ruang kepala masih nyaman. Bahkan Anda bisa menempatkan tiga orang di bangku belakang.

kursi Toyota Prius 2019 berwarna abu-abu dan hitam

Kursi Toyota Prius 2019

Namun jika dibandingkan dengan kendaraan lain, kualitas interior Prius tidak terlalu baik, meskipun tidak bisa dibilang terlalu buruk. Lebih banyak permukaan lembut, meskipun tidak sama seperti kendaraan premium lainnya. Tetapi bagian kabin Prius masih menjadi tempat yang menyenangkan untuk berkendara dan menghabiskan waktu.

Review Toyota Prius 2019: Bagasi

bagasi Toyota Prius 2019 berwarna hitam

Bagasi Toyota Prius 2019

Bagasi menawarkan volume kargo sebesar 775 liter, dan dengan pembukaan yang praktis, Anda bisa memuat barang masuk dan keluar dengan mudah. Meskipun ruang muat tidak rata sampai ke belakang dimana dudukan bagian belakang sedikit tinggi, ruang bagasi Toyota Prius 2019 cukup bermanfaat untuk membawa beberapa barang dengan ukuran yang cukup besar. Dan dengan kursi belakang diturunkan, Anda bisa mendapatkan ruang 1.840 liter.

>>> Dapatkan berita Toyota terbaru hanya di sini:

4. FITUR TOYOTA PRIUS 2019

Sebenarnya, perubahan yang paling nyata terletak pada peningkatan sistem infotainment dan beberapa fitur Toyota Prius 2019. Waktu pemuatan yang lebih cepat serta kemampuan untuk menggunakan gerakan “pinch and flick’ yang terinspirasi dari layar smartphone membuat sistem baru lebih intuitif untuk digunakan. Selain itu, Anda juga mendapatkan tempat pengisian nirkabel yang lebih besar untuk smartphone.

Semua model AWD-e mendapatkan fitur perintah suara Siri Eyes Free, kamera cadangan terintegrasi, Entune Multimedia Bundle yang dilengkapi dengan pengaturan suara enam speaker, dua port pengisian daya USB, serta kamera belakang yang terintegrasi. Sedangkan kelas teratas dilengkapi dengan layar infotainment yang lebih besar dan sistem audio yang lebih baik, Entune Premium JBL Audio.

pengendaraan Toyota Prius 2019 berwarna biru di salju

Fitur AWD baru membuat mobil ini tangguh di jalanan bersalju

Review Toyota Prius 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Setiap Prius akan mendapatkan Toyota Safety Sense P suite untuk fitur keselamatan yang lebih canggih. Tidak hanya itu, fitur keselamatan aktif Toyota Prius 2019 termasuk pengereman darurat otomatis dengan deteksi pejalan kaki, peringatan keberangkatan jalur, dan bantuan pemeliharaan jalur. Kontrol jelajah adaptif standar dapat menjaga jarak yang sama antara mobil selama berkendara di jalan raya. Sayangnya, sistem peringatan blind spot masih opsional.

5. OPERASI TOYOTA PRIUS 2019

Di bawah kap Prius 2019, Toyota tidak benar-benar mengubah apa pun untuk facelift baru. Masih mengandalkan mesin 1.8 liter non-turbo empat silinder dan peningkatan listrik dari dua motor listrik terpisah, sistem operasi Toyota Prius 2019 mendapatkan 221 daya kuda. Tidak terlalu cepat. Meskipun torsi ekstra dari dorongan listrik membuatnya terasa lebih bertenaga saat bepergian. Continuous Variable Transmission (CVT) memaksimalkan tenaga dan torsi yang ada.

mesin Toyota Prius 2019 berwarna abu-abu dan hitam

Bagian Mesin Toyota Prius 2019

Toyota mengatakan bahwa kemasa ringkas model AWD akan memiliki dampak minimal pada ruang boot, dan ‘baterai hibrida nikel-logam’ akan meningkatkan kinerja dalam cuaca dingin. Sedangkan versi penggerak roda depan Prius akan menggunakan baterai hybrid lithium-ion baru untuk meningkatkan efisiensi dan kekuatan kendaraan.

6. SPESIFIKASI TOYOTA PRIUS 2019

Sebagai salah satu andalan Toyota dari masa ke masa, perubahan Prius cukup signifikan. Mulai dari desain luar yang jadul hingga eksterior agresif saat ini, intip bagaimana spesifikasi Toyota Prius 2019 berikut ini.

Mesin Toyota Prius 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.646 mm x 1.760 mm x 1.471 mm

Jarak Poros Roda

2.700 mm

Bagasi

775 liter

Kaki-Kaki Toyota Prius 2019

Tipe Mesin

2ZR-FXE 1.8 liter 4 Silinder Segaris 16 Katup Single VVT-i

Isi Silinder

1.797 cc

Daya Maksmum

221 dk @ 5.200 rpm

Torsi Maksimum

142 Nm @ 3.600 rpm

Sistem Transmisi

Electronically Controlled Continuously Variable Transmission (E-CVT)

Kaki-Kaki Toyota Prius 2019

Suspensi Depan

Independent MacPherson Strut dan Double Wishbone Style dengan Stabilizer Bars

Suspensi Belakang

Multi-Link Rear dengan Stabilizer Bars

Rem Depan

Power-Assisted Ventilated Disc Brake

Rem Belakang

Solid Integrated Regenerative Braking

Tipe Ban

P195/65 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA PRIUS 2019

Perubahan yang baru memberikan tampilan lebih sangar serta berbagai tingkatan teknologi berkendara ditawarkan oleh Toyota. Tetapi layaknya semua kendaraan lainnya, tidak semua tepat sasaran. Apa saja kelebihan dan kekurangan Toyota Prius 2019 dibandingkan pendahulunya?

Kelebihan Kekurangan

Fitur keselamatan yang dipadukan dengan handling menjadi kekuatan terbesar Prius

Layaknya model sedan lainnya, Prius mengorbankan ruang kepala di belakang untuk desain

Perubahan tampilan, khususnya bagian depan yang lebih agresif

Kualitas interior masih belum sejajar dengan model lain di segmennya

Peningkatan teknologi terbaik yang dimiliki Toyota saat ini

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA PRIUS 2019

Toyota Prius memang bukan masuk ke dalam sedan mewah, namun tentu saja mobil legendaris ini membuktikan kenyamanannya ketika dibawa berkendara. Terlebih dengan semua pembaruan, Toyota mengungkapkan akan membawa mobil ini di pasar Amerika pada Januari 2019. Beberapa sumber mengungkapkan bahwa harga Toyota Prius 2019 mulai dari $ 27.300, atau sekitar Rp 385 jutaan.

9. VIDEO TOYOTA PRIUS 2019

Mendapatkan perubahan eksterior, Prius juga merupakan salah satu mobil dengan energi terbaik di jalanan. Toyota memang masih belum menayangkan video Toyota Prius 2019. Tetapi lihat kembali bagaimana penampilan pertama Prius 2019 pada Los Angeles Auto Show 2019 dari Consumer Reports berikut ini.

10. KESIMPULAN TOYOTA PRIUS 2019

Prius mungkin merupakan papan nama kendaraan hibrida dari pasar massal pertama, tetapi dewasa ini ada banyak pesaing yang beragam dan lebih baru, membuatnya sulit menonjol. Masuk akal kenapa Toyota memperkenalkan facelift Toyota Prius 2019 dengan menawarkan efisiensi yang hampir tak tertandingi, kesenangan berkendara, kepraktisan dan kenyamanan selama di perjalanan dan keandalan khas Toyota.

Toyota Prius 2019 berwarna biru di salju

Siap mendapatkan pengendaraan all-wheel-drive memberikan perubahan Prius baru

Penambahan all-wheel-drive tentu membuatnya lebih menarik dan menggoda, terutama bagi mereka yang tinggal di iklim dingin dimana penggerak empat roda merupakan kebutuhan bagi mobil-mobil yang berada di sana. Mendapatkan banyak peralatan standar, terutama sistem keselamatan yang ditingkatkan, Toyota Prius 2019 setidaknya masih memiliki pesona ditengah banyaknya model hybrid dan listrik yang diperkenalkan beberapa tahun belakangan.

Mungkin anda ingin baca

  • Review All New Honda Odyssey 2017
    Review Honda Fatchur Sag

    Review All New Honda Odyssey 2017

    22/04/2019

    Honda Odyssey generasi keempat pertama kali masuk ke Indonesia tahun 2010, walaupun telah dirilis sejak 2008. Generasi kelima hadir menggantikan generasi keempat yang dihentikan produksinya tahun 2013. Tahun 2014 Honda merilis mobil berjenis MPV ini dengan nama All New Honda Odyssey. Untuk menyegarkan Honda Odyssey generasi kelima, tahun 2017 kembali dirilis Facelift Honda Odyssey untuk mempertegas penampilan premium di mobil ini. Berikut review All New Honda Odyssey 2017!

  • Review All New Chevrolet Captiva 2019: Mobil SUV Dengan Desain Menarik

    Review All New Chevrolet Captiva 2019: Mobil SUV Dengan Desain Menarik

    21/04/2019

    Chevrolet Captiva 2019 merupakan sebuah mobil SUV yang mempunyai tampilan dan juga desain terbaru. Untuk perkenalannya dilakukan di ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) pada tanggal 26 Maret sampai 4 April 2019. Untuk lebih jelasnya bisa melihat spesifikasi All New Chevrolet Captiva 2019.

  • Review Volvo XC40 2019: Mobil Masa Depan Dengan Teknologi Full Electric
    Review Volvo Abdul

    Review Volvo XC40 2019: Mobil Masa Depan Dengan Teknologi Full Electric

    20/04/2019

    Kabar terbaru dari pihak Volvo, bahwa dalam waktu dekat akan hadir produk terbarunya yakni XC40. Yang mana mobil ini terbilang kental dengan nuansa mobil masa depan. Hal tersebut dikarenakan tenaga listrik yang digunakan. Untuk mengetahui mengenai spesifikasinya, mari kita simak ulasan tentang review Volvo XC40 2019.