Review Suzuki SX4 X-Over 2007 : Mobil Hatchback Pertama Di Indonesia

14/11/2019| Abdul

1. PENGANTAR SUZUKI SX4 X-OVER 2007

Mobil ini pertama kali diluncurkan di Geneva Motor Show 2006 dengan menggunakan bodi yang compact ala Hatchback. Tidak hanya itu, mobil ini dikemas dengan gaya Crossover namun tetap sporty. Tahun 2006 mobil ini diproduksi di India dan Hungaria untuk dipasarkan di India, Indonesia dan juga benua Eropa.

Sementara untuk Indonesia sendiri perkenalannya dilakukan di tahun 2007 dengan impor secara CBU dari India. Desainnya yang unik dan masih tampak asing di Indonesia menjadikan banyak konsumen Tanah Air tertarik. Mempertimbangkan respon positif pasar otomotif Tanah Air, akhirnya pihak Suzuki melakukan perakitan lokal CKD (Completely Knock Down) pada 2008. Penasaran? Mari kita simak review Suzuki SX4 X-Over 2007.

2. EKSTERIOR SUZUKI SX4 X-OVER 2007

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Suzuki SX4 X-Over 2007

Bagian depan terlihat minimalis dengan lampu utama dibuat besar

Karena di desain juga untuk pasar benua Eropa, desain SX4 tampil dengan gaya yang disukai konsumen Eropa. Untuk bagian Grille menggunakan desain tipis dengan latar hitam yang membuatnya tampak minimalis. Ditambah lagi pada bagian tengah terdapat logo kebanggaan Suzuki.

Di bagian lampu Suzuki SX4 X-Over 2007 mengandalkan Halogen dengan ukuran yang besar dipadukan dengan lampu kabut yang terletak pada bumper ujung kanan dan kiri. Penerangan di malam hari sangat baik berkat ukurannya yang besar.

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping kanan mobil Suzuki SX4 X-Over 2007

Desain bagian samping tampak mungil

Sebelumnya untuk masalah versi CBU kenapa dibahas adalah karena untuk versi lokal rakitan tahun 2008 telah dihadirkan Roof Rail. Kalau boleh jujur, untuk versi lokal telah dilakukan pemangkasan beberapa fitur, hal ini menjadikan SX4 versi CBU lebih banyak dicari.

Penempatan Roof Rail pada atap Suzuki SX4 X-Over semakin membuat tampilannya tampak gagah dari samping. Untuk Ground Clearance yang dimiliki adalah 175 mm dipadukan dengan penggunaan ban Bridgestone Turanza ukuran 204/60 R16. Dengan perpaduan beberapa bagian tersebut membuatnya tampil lebih sporty.

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian samping kiri dan belakang mobil Suzuki SX4 X-Over 2007

Bagian belakang tampak maskulin dengan desain yang diberikan

Berlanjut ke bagian buritan Suzuki SX4 X-Over 2007. Yang mana di bagian ini terdapat lampu Rear Combination yang terintegrasi dengan lampu sein dan stop lamp. Pada bagian Rear Bumper Guard menggunakan aksen warna silver yang menjadikannya tampak maskulin. Hanya saja di bagian atap tidak diberikan Rear Spoiler sehingga tampak ada sesuatu yang hilang di bagian belakangnya ini.

>>> Review teranyar mobil Suzuki bisa Sobat dapatkan di sini

3. INTERIOR SUZUKI SX4 X-OVER 2007

Review Suzuki SX4 X-Over 2007 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Suzuki SX4 X-Over 2007

Dashboard tampak sederhana dan terlihat cukup menarik

Bagian dashboard menggunakan kombinasi antara warna silver dan hitam di beberapa bagian sehingga membuatnya tampil minimalis. Meskipun begitu desainnya tampak sederhana dan terbilang nyaman karena fitur yang diberikan terbilang lengkap. Terdapat sesuatu yang menarik untuk versi impor, dengan head unit yang terintegrasi yang memiliki kemampuan memutar radio dan CD. Sayang, di masanya slot koneksi USB masih belum menjadi hal yang mudah ditemui.

Berlanjut ke bagian kemudi, yang mana modelnya adalah 3 palang dengan beberapa tombol pengaturan sistem audio. Dengan mengandalkan tombol tersebut maka pemilik dapat menambah dan mengurangi volume dan melakukan pemindahan judul sesuai yang diinginkan. Selain itu, pada panel instrumen telah dibekali dengan layar MID yang bisa memberi informasi berkendara pada konsumen seperti informasi suhu, konsumsi bahan bakar dan lainnya.

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil depan Suzuki SX4 X-Over 2007

Jok nyaman saat dikendarai

Mobil Suzuki SX4 X-Over 2007 mempunyai kapasitas sampai 5 penumpang. Untuk ruang kakinya tergolong sangat baik untuk penumpang belakang maupun depan. Akan tetapi terdapat kekurangan pada bagian ini, tepatnya jok belakang yang dibuat terlalu tegak. Yah cukup dimaklumi karena namanya saja impor, tentunya jok yang dipasangkan tidak diperuntukkan hanya untuk masyarakat di Tanah Air.

>>> Baca Juga:

4. FITUR SUZUKI SX4 X-OVER 2007

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Fitur Keselamatan

Sebagai penunjang keselamatan, Suzuki SX X-Over 2007 versi CBU mengandalkan sistem pengereman ABS dan EBD. Dengan mengandalkan fitur tersebut membuat mobil ini mempunyai keselamatan yang terbilang cukup mumpuni. Ditambah lagi ditunjang dengan suspensi yang handal yakni MacPherson Strut dengan Coil Spring untuk suspensi depan dan Suspensi Belakang menggunakan Torsion Beam.

Gambar ini menunjukkan fitur pada head unit dan kemudi mobil Suzuki SX4 X-Over 2007

Fitur hiburan terbilang cukup mumpuni di jamannya

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Fitur Hiburan

Berlanjut ke bagian hiburan, yang mana didalamnya terdapat panel Head Unit yang dapat dioperasikan dengan mudah. Sobat dapat mengamati tombolnya dan terdapat keterangan yang jelas. Hanya saja untuk panel audio belum ada slot USB-nya.

>>> Review Suzuki SX4 S-Cross 2018: Jangan Lihat Semua dari Tampangnya!

5. OPERASI SUZUKI SX4 X-OVER 2007

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Suzuki SX4 X-Over 2007

Performa yang dimiliki saat kecepatan menengah dan tinggi  mengasyikkan

Pada saat kehadirannya, Suzuki SX4 memngusung mesin 1.500 cc dengan teknologi VVT. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 100 Hp dan torsi puncak 133 Nm. Mobil ini saat digunakan di jalanan perkotaan akan terasa nyaman.

>>> Sobat Mencari Suzuki SX4 Bekas, Silahkan Cari Disini Dan Dapatkan Harga Yang Terbaik

6. SPESIFIKASI SUZUKI SX4 X-OVER 2007

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Suzuki SX4 X-Over 2007.

DIMENSI

Panjang

4.135 mm

Lebar

1.755 mm

Tinggi

1.650 mm

Jarak Pijak Terendah

165 mm

Jarak Poros Roda

2.500 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.5 Liter M15A 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VVT

Tenaga Maksimal

100 HP / 6.000 Rpm

Torsi Maksimal

133 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual / 4 Tingkat Percepatan Otomatis

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drums

Ukuran Ban

204/60 R16

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI SX4 X-OVER 2007

Review Suzuki SX4 X-Over 2007 : Kelebihan

Kelebihan pertama terletak pada desainnya yang kompak sehingga sangat cocok untuk melaju di jalanan perkotaan. Selain itu untuk ruang interiornya juga sangat lega dan telah diberikan Head Unit yang cukup mumpuni. Pada saat berada di kecepatan menengah dan tinggi mobil besutan Suzuki ini terasa mengasyikkan.

Review Suzuki SX4 X-Over 2007 : Kekurangan

Kekurangan Suzuki SX4 X-Over 2007 mempunyai bangku bagian belakang yang tegak, mengingat mobil tersebut dalam kondisi impor sehingga diperuntukkan orang Jepang. Sementara untuk perputaran kemudi mobil kurang begitu responsif dan terasa berat.

8. DAFTAR HARGA SUZUKI SX4 X-OVER 2007

Harga Suzuki SX4 X-Over 2007 dalam kondisi bekas tergolong terjangkau. Adapun harga bekasnya adalah Rp. 85 juta sampai Rp. 108 jutaan. Harga tersebut bisa saja bervariasi tergantung kondisi dan wilayah tempat menjualnya.

9. VIDEO SUZUKI SX4 X-OVER 2007

10. KESIMPULAN SUZUKI SX4 X-OVER 2007

Walaupun mobil Suzuki SX4 X-Over 2007 telah berhenti diproduksi, namun untuk generasi pertamanya terlihat menarik. Untuk fitur juga tergolong lengkap dan tidak ada pemangkasan pada versi CBU nya, sehingga saat dikendarai akan terasa sangat nyaman. Sebagai sebuah Hatchback Crossover pertama, tentunya banyak orang yang penasaran dengan mobil satu ini.

>>> Lanjut Baca Artikel Review Mobil Yang Menarik Lainnya Di Sini

Review mobil serupa

  • Review Suzuki Ertiga GL AT 2016: Mobil Low MPV Hemat BBM Dan Performa Mumpuni

    28/12/2019| Abdul

    Review Suzuki Ertiga GL AT 2016: Mobil Low MPV Hemat BBM Dan Performa Mumpuni

    Salah satu pilihan mobil dalam segmen Low MPV yang dapat dijadikan sebagai kendaraan keluarga yang nyaman adalah Ertiga GL AT 2016. Untuk kabinnya cukup lapang dan dapat menampung hingga 7 orang penumpang. Mobil ini memang sangat cocok untuk diajak bepergian terutama di perkotaan yang terkenal mempunyai lalu lintas yang padat. Untuk lebih jelasnya berikut Review Suzuki Ertiga GL AT 2016.

  • Review Suzuki SX4 X-Over 2007 : Mobil Hatchback Pertama Di Indonesia

    14/11/2019| Abdul

    Review Suzuki SX4 X-Over 2007 : Mobil Hatchback Pertama Di Indonesia

    Sekarang sudah banyak mobil keluaran terbaru dengan fitur dan teknologi modern. Sehingga lupa dengan keluaran dahulu yang tentunya banyak yang menarik, seperti misalnya mobil Suzuki SX4 X-Over 2007. Mobil ini merupakan kendaraan Hatchback pertama di Indonesia. Lantas bagaimana sosoknya, mari kita simak ulasannya tentang spesifikasi Suzuki SX4 X-Over 2007.

  • Review Suzuki Splash 2010 : Rasakan Kenyamanan Seperti Naik Kendaraan MPV

    19/10/2019| Abdul

    Review Suzuki Splash 2010 : Rasakan Kenyamanan Seperti Naik Kendaraan MPV

    Suzuki Splash merupakan sebuah kendaraan yang tampak mungil dengan kabin yang berkapasitas cukup lega. Apabila dilihat dari segi dimensi memang cocok dikatakan sebagai sebuah City Car. Namun untuk kenyamanan lebih sejajar dengan segmen MPV (Multi Purpose Vehicle). Bagi Sobat yang ingin membelinya, simak terlebih dahulu spesifikasi Suzuki Splash 2010.

International