Salah Instalasi Audio Bisa Picu Mobil Terbakar, Begini Mengantisipasinya

29/01/2019 Fatchur Sag Perawatan mobil

Mobil terbakar karena hubungan arus pendek bukan terjadi satu dua kali saja, tapi berkali-kali. Salah satu pemicunya dikarenakan terjadi kesalahan instalasi audio mobil yang dimodifikasi. Bagaimana cara mengantisipasi hal tersebut?

Modifikasi mobil seperti modifikasi audio tidak hanya sekedar mengganti audio standar pabrik dengan produk after market yang bermerek dan mahal, tapi juga soal kesesuaian antara satu komponen dengan komponen lain serta tuning yang pas untuk mendapatkan sistem audio yang benar-benar berkualitas. Dalam proses pemasangannya, ada satu hal yang wajib diperhatikan modifikator yaitu instalasi yang baik. Bagaimanapun juga sistem audio mobil tidak bisa dipisahkan dengan sistem kelistrikan, salah dalam proses instalasi berpotensi membuat mobil terbakar.

>>> Perhatikan 3 Hal Berikut Saat Memutuskan Ganti Audio Mobil

Gambar sebauh mobil terbakar habis

Korsleting jadi salah satu terbesar mobil terbakar

Hal tersebut jadi perhatian utama CEO PT Audio Plus Indonesia, Andreas Tjahjadi yang mengatakan kesalahan instalasi sistem audio berpotensi besar membuat mobil terbakar. "Kalau itu berkaitan dengan instalasi. Contohnya, kalau kita main di audio rumah itu voltnya gede, ampere di rumah kita misalnya 5 ampere saja sudah 1000 watt. Kalau di mobil itu 12 volt, untuk menghasilan 1000 watt butuh puluhan hingga ratusan ampere. Memang di mobil itu gede, minimal 100, umumnya kita main 200, 400 ampere. Kalau barang 400 ampere ya mudah terbakar," tutur Andreas seperti dikutip dari Liputan6 (24/1/2019).

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Mengantisipasi hal tersebut, Andreas menyarakan para modifikator baik pemilik atau tukang modifikasi audio mobil memperhatikan benar-benar soal instalasi. Salah satunya dengan memasang sekring yang benar-benar bagus sehingga kalau terjadi hubungan arus pendek listrik langsung terputus dan tidak menimbulkan kebakaran. Jangan berspekulasi menggunakan sekring abal-abal atau bermutu rendah demi mengejar harga murah, sementara kualitas pengamanannya sangat meragukan.

"Jadi, instalasi sangat menentukan. Umumnya dari instalasi. Tapi meskipun bisa menyebabkan kebakaran, ada pengamannya. Itu namanya sekring, jadi kalau kebakaran harus langsung putus, kalau tidak putus ya otomatis merembet dan membakar seluruh mobil. Tapi kalau langsung putus ya enggak kebakaran," tutur Andreas. "Pasti ada sekring kalau pasang audio tambahan. Harus ada karena itu pengamanan. Cuma kalau yg abal-abal ya enggak dipasang biar murah. Atau dipasang yang kaleng-kaleng juga, jadi saat kebakar enggak putus," lanjutnya.

>>> Ternyata Ini Alasan Mengapa Modifikasi Berat Sulit Menyaingi Durabilitas Rakitan Pabrik

Foto sistem audio mobil yang telah dimodifikasi

Memodifikasi sistem audio mobil membutuhkan instalasi yang tepat

Bagi pemilik mobil yang sudah memutuskan ingin memodifikasi sistem audio dan tidak memiliki keahlian sebaiknya tidak coba-coba. Serahkan pada dealer modifikasi yang benar-benar memiliki reputasi bagus dan sudah sangat terbukti. Soal harga memang jadi pertimbangan, tapi soal keselamatan itu yang utama. Jadi sekali lagi, jangan menggadaikan keselamatan dengan hanya mengejar harga murah.

>>> Tips dan trik seputar kendaraan hanya ada di sini

Mungkin anda ingin baca