Spesifikasi Suzuki Every 2004: Kabin Nyaman & AC Sampai Baris 3

15/03/2021| Abdul

1. PENGANTAR SUZUKI EVERY 2004

Mobil besutan Suzuki ini hadir sebelum mobil APV dihadirkan. Bisa dibilang mobil ini menjadi penyambung napas dari model andalan tersebut. Mobil ini merupakan versi dari pengembangan model Japan Domestic Market (JDM) yang mempunyai nama Suzuki Every landy. Tampilannya terbilang mungil dan juga unik, bahkan pada pintu penumpang sudah menggunakan model pintu geser. Seperti apakah sebenarnya spek dan fitur yang diberikan di dalamnya? mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR SUZUKI EVERY 2004

Sisi Depan Suzuki Every 2004

Gambar ini menunjukkan bagian kanan dan depan Suzuki Every 2004

Tampilan sederhana cikal bakal dari mobil Suzuki APV

Pada bagian depan akan didapatkan tampilan unik, dari mulai kaca depan cukup besar sampai desain kap mesin yang mempunyai kemiringan tajam ke depan. Pada bagian head lamp menggunakan mika buram yang mempunyai ukuran yang cukup besar. Di sisi tengah menggunakan grill yang mempunyai desain sederhana 3 baris sewarna bodi dengan logo Suzuki pada bagian tengahnya.

Untuk bumper dibuat agak menonjol yang terdapat grill bumper yang diapit oleh fog lamp yang sudah menggunakan crystal multi reflektor. Bagian depannya ini memang terlihat sederhana yang dibuat sewarna dengan bodi.

Sisi Samping Suzuki Every 2004

Gambar ini menunjukkan sisi depan dan samping kiri Suzuki Every 2004

Sisi samping telah mendapatkan pintu geser

Menuju ke sisi samping, ketikan melihat mobil ini akan tampak sebuah kendaraan yang sederhana. Meskipun begitu sudah mendapatkan pintu geser sehingga memudahkan akses keluar masuk kendaraan. Di bagian eksterior pilar A dekat pintu pengemudi ada antena model tarik berpadu dengan penggunaan spion yang bisa dilipat. Pada bagian fender depan di atas roda depan terdapat lampu sein untuk memberikan info kendaraan lain di samping saat akan berbelok.

Sisi Belakang Suzuki Every 2004

Gambar ini menunjukkan sisi belakang mobil Suzuki Every 2004

Desain mengkotan dan tampak sporty berkat desain spoiler yang diberikan

Menuju ke sisi belakang, Sobat akan menemukan desain mengkotak yang berpadu dengan penggunaan rear upper spoiler yang telah dibekali high mount stop lamp. Di sisi bawahnya terdapat kaca list hitam dengan wiper belakang. Kemewahan diberikan pada bagian belakangnya ini karena ada aksen krom cukup tebal di atas dudukan plat nomor yang panjang sampai ke bagian lampu belakang. Desain lampu belakang dibuat vertikal dengan cover warna merah dan ada 2 desain kotak menggunakan crystal multi reflector.

>>> Review terbaru Suzuki bisa Anda dapatkan di sini:

3. INTERIOR SUZUKI EVERY 2004

Kabin Depan Mobil Suzuki Every 2004

Gambar ini menunjukkan kabin depan mobil Suzuki Every 2004

Kabin nyaman dengan fitur mumpuni

Menuju ke bagian interior, saat masuk ke bagian depan mobil akan dihadapkan dengan door trim dengan bahan fabric cukup besar dipadukan dengan hard plastik. Di sisi ini terdapat armrest, door pocket, handle pintu krom dan power window yang sudah auto pada sisi driver.

Untuk sisi kanan kemudi mobil terdapat tuas pembuka kap depan. Di atasnya beberapa tombol untuk heater, rear defogger dan wiper serta washer belakang. Untuk panel speedometer memiliki tampilan sporty dengan odometer model digital.

Di sisi tengah dashboard terdapat kisi-kisi AC pada bagian atas dipadukan dengan pengaturan AC mobil yang terbilang lengkap dengan Double Blower. Head unit mengandalkan single Din yang dapat digunakan untuk mengoperasikan radio AM/FM dan juga CD Player. Pada sisi kiri dashboard terdapat ruang penyimpanan terbuka dan di bawahnya ruang penyimpanan tertutup.

Di sisi kemudi mobil sudah dibekali electric power steering. Pengaturan kemudi memakai model tilt 3 palang dan tampak polos. Menariknya lagi adalah pada kemudi mobil sudah mendapatkan SRS Airbag.

Jok Mobil Suzuki Every 2004

Gambar ini menunjukkan Jok mobil beris kedua Suzuki Every 2004

Jok nyaman dengan legroom dan headroom lega

Jok depan dapat diatur secara sliding, untuk reclining yang tuasnya berada di bagian tengah jok pengemudi dan penumpang depan. Bahan material jok mobil mengandalkan fabric yang nyaman saat diduduki. Untuk pengaturan kursi mengandalkan 3 baris sehingga dapat digunakan untuk 6-7 penumpang.

Di jok baris kedua terbilang lapang dengan lantai yang rata sehingga tampak lebih luas untuk leg roomnya. Jok baris kedua menggunakan headrest adjustable dan bisa merasakan kenyamanan lebih dengan adanya AC Double Blower dengan pengaturan sebelah kiri. Untuk baris ketiga kursinya dibuat tersambung sehingga saat melipatnya harus semua. Head rest yang diberikan ada 2 buah model adjustable dan mendapatkan kisi-kisi AC mobil.

 

4. FITUR SUZUKI EVERY 2004

Gambar ini menunjukkan panoramic sunroof pada mobil Suzuki Every 2004

Sunroof bikin kabin mobil terasa lebih lapang

Ketika membahas tentang fitur Suzuki Every 2004 maka akan melihat sesuatu yang cukup menarik. Fitur tersebut adalah panoramic sun roof yang dibuat sangat lebar hingga baris kedua yang mirip dengan panoramic roof. Ditambah lagi pengaturannya sudah electric dengan 2 tombol yakni sliding dan tilt. Berkat fitur tersebut membuat bagian kabin mobil terasa lebih lapang.

Untuk keselamatan, mobil ini telah diberikan single SRS Airbag yang posisinya di pengemudi mobil saja. Terdapat pula seatbelt yang diberikan untuk pengemudi dan penumpang bagian depan.

5. OPERASI SUZUKI EVERY 2004

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Suzuki Every 2004

Posisi mesin berada di bawah jok mobil sisi depan

Pada bagian mesin mobil Suzuki Every 2004 menggunakan model kolong. Jadi pada kap mesin tidak ada mesinnya namun diberikan radiator, air radiator, minyak rem dan air wiper serta menjadi penyimpanan dongkrak. Posisi mesin berada di bawah jok mobil depan, jadi harus membuka jok depan saat ingin melihatnya. Mesin yang diberikan berkode G13B 4 silinder SOHC dengan kapasitas 1.300 cc dan memakai 16 katup. Tenaga mesin yang dihasilkan adalah 32 Ps dan torsi puncaknya adalah 11 Nm. Yang mana untuk tenaga dan torsinya disalurkan ke bagian roda mobil dengan mengandalkan transmisi otomatis 4 speed.

6. SPESIFIKASI SUZUKI EVERY 2004

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Suzuki Every 2004:

DIMENSI

Panjang

3.675 mm

Lebar

1.505 mm

Tinggi

1.905 mm

Wheelbase

2.350 mm

MESIN

Tipe Mesin

G13B SOHC 4 silinder segaris 16 katup

Tenaga Maksimum

82 Ps

Torsi Maksimal

111 Nm

Transmisi

4-Speed A/T

Kapasitas

1.300 cc

Diameter x Langkah

74,0 x 75,5 mm

Sistem Bahan Bakar

Injeksi

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Disc Brake

Rem Belakang

Tromol

Pelek

Alloy 14 inci

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI EVERY 2004

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki Every 2004:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai fitur sangat lengkap untuk sebuah mobil tahun 2.000 an

Tersedia terbatas karena hanya dipasarkan tahun 2003-2004

Performa yang dimiliki mesin sangatlah baik

Saat pindah gigi transmisi terasa ada hentakan

Memiliki bild quality yang terbilang baik dan bisa dijadikan sebagai kendaraan keluarga

 

8. DAFTAR HARGA SUZUKI EVERY 2004

Sebagai mobil yang cukup langka harganya terbilang terjangkau. Ditambah lagi untuk umurnya lebih 15 tahun sehingga untuk mendapatkannya hanya dalam kondisi bekas. Harga bekas mobil Suzuki Every 2004 yang ditawarkan adalah berada di kisaran Rp. 50 juta hingga Rp 60 jutaan. Sedangkan pajak mobil per tahunnya berada di angka Rp. 1,1 jutaan. Dalam pembelian sebaiknya melakukan beberapa pengecekan seperti eksterior, interior dan mesin serta kelengkapan dokumennya. Jika ada bisa menanyakan riwayat servis sehingga bisa diketahui kondisi mobil yang dibeli.

9. VIDEO SUZUKI EVERY 2004

10. KESIMPULAN SUZUKI EVERY 2004

Mempunyai kapasitas yang cukup banyak, mobil Suzuki Every 2004 bisa menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan sebagai kendaraan keluarga. Hanya saja untuk mencari mobilnya cukup sulit karena unitnya yang dijual terbatas. Sebagai mobil JDM menjadikannya mempunyai fitur yang terbilang lengkap di zamannya apabila perbandingan dilakukan dengan mobil lain. Salah satunya adalah adanya fitur sunroof yang besar dan AC mobil hingga baris ketiga.

>>> Lanjut Baca Artikel Review Mobil Yang Menarik Lainnya Di Sini

Review mobil serupa