Review Suzuki APV Arena 2018: Mobil Penumpang dengan Kenyamanan VIP

30/12/2018 Padli Nurdin Review Suzuki

Dikenal sebagai kendaraan pengangkut penumpang yang banyak, Suzuki APV Arena 2018 memiliki desain minimalis nan simpel. Namun kekuatan mobil ini bukan pada tampilannya, tetapi kenyamanan yang diberikan kepada penumpang selama perjalanan.

1. PENGANTAR SUZUKI APV ARENA 2018

Review Suzuki APV Arena 2018 Suzuki APV Arena 2018 merupakan MPV kompak yang dirancang oleh Suzuki di Jepang dan dirakit dan dipasarkan di Indonesia oleh PT. Indomobil Suzuki International. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2004, mobil ini mendapatkan facelift dengan perubahan nama menjadi APV Arena (atau disebut juga APV Type II di beberapa pasar luar negeri) pada November 2007.

Gambar generasi pertama Suzuki APV Arena

Generasi pertama Suzuki APV 2004

Dirakit di Indonesia, tepatnya di pabrik perakitan Suzuki di Bekasi, APV juga dijual di beberapa negara tetangga seperti Australia, Malaysia, Singapura, Brunei, hingga Thailand dan Filipina. Mulai diekspor pada 2005 oleh Suzuki Indomobil Motor, versi pikap yang bernama Suzuki Mega Carry dipasarkan di Indonesia pada 2011 lalu.

Jika dibandingkan dengan pesaing lain di segmen ini, Suzuki APV Arena 2018 sudah lama tidak mendapatkan pembaruan dengan facelift tahun 2007 adalah satu-satunya perubahan desain yang dilakukan Suzuki. Meskipun tahun lalu Suzuki sudah menambahkan beberapa komponen keselamatan untuk mobil ini, tetapi sayangnya tidak ada pembaruan untuk interior maupun tampilan luar.

Gambar Suzuki APV Arena 2018

Tampilan terbaru Suzuki APV Arena 2018

Terhitung sudah lebih dari 10 tahun Suzuki belum memberikan perubahan yang berarti bagi MPV mereka ini. Namun ada yang ditambahkan untuk pasar Indonesia beberapa waktu lalu. Apa saja? Ikuti terus review Suzuki APV Arena 2018 berikut ini.

2. EKSTERIOR SUZUKI APV ARENA 2018

Sebagai salah satu mobil andalan Suzuki, tampilan yang menawan, namun tetap dibuat sederhana menjadi keunggulan mobil ini. Terlihat jelas eksterior Suzuki APV Arena 2018 tidak memberikan garis-garis yang tak perlu, meskipun masih mempertahankan kesan premium pada tampilan luar.

Review Suzuki APV Arena 2018: Eksterior Depan

Gambar tampilan depan Suzuki APV Arena 2018

Tampilan depan Suzuki APV Arena 2018

Paduan aksen krom dengan lampu depan yang menyatu dengan gril memberikan tampilan eksterior depan Suzuki APV Arena 2018 terlihat bergaya. Bagian front-end didominasi oleh gril radiator yang berukuran cukup besar, serta dipadukan dengan bumper depan yang terintegrasi dengan fog lamp pada sisi, memberikan kesan mewah.

Review Suzuki APV Arena 2018: Eksterior Samping

Gambar tampilan samping Suzuki APV Arena 2018

Tampilan samping Suzuki APV Arena 2018

APV merupakan salah satu mobil dari Suzuki yang sudah mendapatkan lampu sein pada bagian spion yang menunjukan desain modern. Praktis, tidak ada banyak garis atau lekukan pada eksterior samping Suzuki APV Arena 2018 untuk mempertahankan desain minimalis elegan. Sedangkan garis lekukan terlihat di atas fender dan side skirt untuk memberikan sedikit gaya pada bagian samping.

Review Suzuki APV Arena 2018: Eksterior Belakang

Gambar tampilan belakang Suzuki APV Arena 2018

Tampilan belakang Suzuki APV Arena 2018

Beralih ke buritan belakang dimana kesan sporty terlihat dengan adanya spoiler belakang berukuran sedang serta lampu belakang yang meluber ke bagian samping. Lampu belakang yang menarik, namun tidak begitu stylish dengan tambahan lampu di sisi samping kendaraan. Desain kotak jelas terlihat dari eksterior belakang Suzuki APV Arena 2018 yang sudah dilengkapi dengan wiper belakang untuk membantu visibilitas ke arah belakang selama berkendara.

>>> Review terbaru Suzuki bisa Anda dapatkan di sini:

3. INTERIOR SUZUKI APV ARENA 2018

Kenyamanan maksimal bisa Anda dapatkan dengan kelegaan ruang dari interior Suzuki APV Arena 2018. Beberapa pilihan aksen kabin bisa Anda dapatkan, namun yang menarik adalah tampilan dual warna yang elegan dan menenangkan.

Review Suzuki APV Arena 2018: Dasbor

Gambar dasbor Suzuki APV Arena 2018

Dasbor Suzuki APV Arena 2018

Aksen kayu bisa langsung terlihat pada dasbor Suzuki APV Arena 2018. Terdapat beberapa ruang penyimpanan, dengan beberapa tombol masih terlihat mengikuti gaya lama. Salah satu kelemahan mobil ini adalah belum adanya layar infotainment. Jadi Anda hanya bisa mendapatkan hiburan dengan radio serta pemutar CD/DVD untuk memberikan hiburan selama berkendara. Jelas saja, pasalnya mobil ini belum mendapatkan perubahan sejak mendapatkan facelift lebih dari 10 tahun yang lalu,

Review Suzuki APV Arena 2018: Kemudi

Gambar kemudi Suzuki APV Arena 2018

Kemudi Suzuki APV Arena 2018

Sama seperti kendaraan andalan Suzuki lainnya, sistem kemudi Suzuki APV Arena 2018 adalah sistem Rack & Pinion. Untuk kemudahan mengendarai mobil ini, kemudi tiga palang dengan logo Suzuki di tengah sudah mendapatkan teknologi power steering. Tapi jika dibandingkan dengan tampilan dan fitur dari kendaraan modern, kemudi APV terlihat polos tanpa adanya tombol untuk kemudahan pemakaian.

Review Suzuki APV Arena 2018: Kursi

Gambar kursi Suzuki APV Arena 2018

Kursi Suzuki APV Arena 2018

Untuk kenyamanan selama berkendara, Suzuki sudah memberikan bahan yang berkualitas pada kursi Suzuki APV Arena 2018. Tempat duduk dengan desain ‘Captain Seat’ memberikan kenyamanan serta keleluasaan, terlebih ketika Anda berada dalam perjalanan jauh. Kelegaan ruang juga diberikan, mengingat mobil ini memiliki panjang yang cukup untuk memberikan ruang kaki yang lega bagi penumpang di dalam.

>>> Berita teranyar Suzuki bisa Anda temukan di sini:

4. FITUR SUZUKI APV ARENA 2018

Tidak terlalu banyak teknologi yang diberikan pada mobil ini mengingat pembaruan yang sudah melewati 10 tahun dibandingkan pesaing dengan beragam pilihan teknologi dan fitur. Untuk saat ini, kenyamanan diberikan dengan AC Double Blower serta hiburan audio bagi penumpangnya. Fitur Suzuki APV Arena 2018 yang ‘kekinian’ hanya sistem Stop and Go, power window, serta power steering yang sudah dijelaskan sebelumnya

Review Suzuki APV Arena 2018: Fitur Keamanan Aktif

Pilihan fitur yang lebih banyak terlihat pada sistem keamanan mobil ini yang sudah mendapatkan berbagai teknologi – meskipun sudah lama – dari Suzuki untuk meningkatkan sistem keselamatan selama berkendara. Dilihat dari laman resmi Suzuki Indonesia, fitur keselamatan aktif Suzuki APV Arena 2018 termasuk Side Impact Beam yang melindungi penumpang ketika terjadi benturan dari samping kendaraan, serta Tect Body yang dapat meredam energi benturan sehingga meningkatkan keamanan saat terjadi kecelakaan.

Gambar dual airbag Suzuki APV Arena 2018

Dual airbag yang ditambahkan pada pembaruan tahun lalu

Facelift tahun lalu memberikan tambahan dual airbag untuk pasar Indonesia. Peningkatan keamanan yang diperlukan, meskipun mengingat mobil masih belum mendapatkan sistem pengereman ABS dan dual airbags untuk varian Mega Carry yang hanya memberikan seat belts untuk pengemudi dan penumpang di baris depan.

5. OPERASI SUZUKI APV ARENA 2018

Nah, meskipun untuk fitur mobil ini masih ketinggalan dari kompetitor lainnya, sistem operasi Suzuki APV Arena 2018 tidak bisa dipandang sebelah mata. Sektor mesin menjadi salah satu kekuatan mobil ini dibandingkan minibus lain di kelasnya. Dibekali mesin G15A 4 silinder dan 16 katup berkapasitas 1.5 liter, Anda bisa melaju dengan kekuatan 103 daya kuda serta torsi maksimal pada angka 126 Nm.

Gambar mesin Suzuki APV Arena 2018

Mesin Suzuki APV Arena 2018

Keunggulan mobil ini juga terdapat pada rasio kompresi pembakaran 9.5:1 dengan sistem penyuplai bahan bakar berbasis Multipoint Injection, memberikan bahan bakar yang stabil ke ruang pembakaran. Tangguh untuk membawa hingga delapan orang dengan semua barang bawaannya, APV Arena memiliki dua pilihan transmisi, yaitu 5 percepatan manual serta transmisi otomatis 4 percepatan.

>>> Benarkah Sunroof Bisa Meledak, Berikut Penjelasannya!

6. SPESIFIKASI SUZUKI APV ARENA 2018

Dalam perkembangannya, tidak ada perubahan yang signifikan dari spesifikasi Suzuki APV Arena 2018 di Indonesia. Namun untuk lebih lengkapnya, mari kita lihat apa saja yang ditawarkan oleh mobil ini bagi konsumen Indonesia.

Dimensi Suzuki APV Arena 2018

Panjang x Lebar x Tinggi

4.225 mm x 1.655 mm x 1.855 mm

Jarak Poros Depan

2.625 mm

Ground Clearance

175 mm

Radius Putar Minimum

4.9 m

Mesin Suzuki APV Arena 2018

Tipe Mesin

G15A 4 Silinder 16 Katup

Isi Silinder

1.493 cc

Tenaga Maksimal

103 dk @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

126 Nm @ 3.000 rpm

Sistem Bahan Bakar

Multipoint Injection

Transmisi

5 Kecepatan atau Otomatis 4 Kecepatan

Kaki-Kaki Suzuki APV Arena 2018

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

3-Link Rigid Axle with Coil Springs

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Leading & Trailing Drums

Tipe Ban

185/80 R14 dengan pilihan 15 dan 17 inci untuk SGX Lux

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI APV ARENA 2018

Masih banyak kelebihan dan kekurangan Suzuki APV Arena 2018 yang bisa Anda pertimbangkan ketika akan membeli mobil ini. Mobilmo.com merangkum beberapa hal yang patut Anda perhitungkan.

Kelebihan

Kekurangan

Kabin yang luas dan lega, serta leg room yang nyaman

Akselerasi masih belum bisa diandalkan

Konsumsi bahan bakar cukup irit

Suspensi cukup membantu, meskipun terlihat limbung saat digunakan pada kecepatan menengah

Harga spare part murah dan terjangkau

 

8. DAFTAR HARGA SUZUKI APV ARENA 2018

Sebagai salah satu mobil paling diminati oleh masyarakat Indonesia, Suzuki mengirimkan lima varian APV Arena untuk mengakomodasi semua kebutuhan konsumen Indonesia yang bergam. Berikut perbandingan harga Suzuki APV Arena 2018 dari laman resmi Suzuki di Indonesia untuk harga on the road Jabodetabek 2018.

Tipe Mobil

Harga

Suzuki APV Arena Blind Van

Rp 147,000,000

Suzuki APV Arena GE2 PS

Rp 177,500,000

Suzuki APV Arena GL

Rp 185,000,000

Suzuki APV Arena GX

Rp 198,000,000

Suzuki APV Arena SGX

Rp 200,500,000

9. VIDEO SUZUKI APV ARENA 2018

Dengan tidak ada perubahan atau peningkatan mobil ini, tidak ada video Suzuki APV Arena 2018 terbaru beredar di dunia maya. Meskipun banyak review-review yang bertebaran, tapi video asli yang dikeluarkan oleh Suzuki merupakan video lama. Salah satunya iklan APV Arena yang ditayangkan di berbagai stasiun televisi Indonesia beberapa tahun lalu.

10. KESIMPULAN SUZUKI APV ARENA 2018

Jika dibandingkan dengan pesaing yang baru diluncurkan, bisa dibilang Suzuki APV Arena 2018 tertinggal cukup jauh dalam hal teknologi serta fitur yang diberikan selama berkendara. Namun jika Anda mencari kenyamanan selama di perjalanan dengan ruang yang lapang, mobil ini adalah salah satu pilihan paling realistis untuk Anda. Termasuk dengan harga yang masih terjangkau.

Gambar tampilan baru Suzuki APV Arena 2018

Meskipun tidak memiliki fitur banyak, Suzuki APV Arena 2018 nyaman dikendarai

Sistem keselamatan juga bisa Anda pertimbangkan ketika memilih mobil ini. Dengan teknologi Tect Body serta Side Impact Beam yang memberikan perlindungan maksimal ketika terjadi benturan, Suzuki APV Arena 2018 juga dilengkapi dengan Monocuque Body dengan Ladder Frame, menghasilkan desain bodi yang kokoh, kuat, dan aman saat terjadi benturan.

Mungkin anda ingin baca

  • Review Renault Kwid 2016
    Review Renault Arfian Alamsyah

    Review Renault Kwid 2016

    12/06/2019

    Bisa dibilang inilah mobil dengan merek Eropa yang paling murah di Indonesia, harganya juga enggak sampai Rp 120 jutaan, lantas apakah dengan hargannya yang murah sekali membuat Renault Kwid model 2016 ini layak untuk dimiliki.

  • Review Lexus UX 250H 2019 : Mobil Crossover Kelas Premium
    Review Lexus Abdul

    Review Lexus UX 250H 2019 : Mobil Crossover Kelas Premium

    10/06/2019

    Sudah setahun lebih sejak debut pertamanya di New York Auto Show 2018. Mobil ini masuk dalam segmen kompak crossover yang ditujukan pada anak-anak muda. Untuk UX 250h merupakan varian tertinggi, berikut review Lexus UX 250h 2019 lebih lengkap.

  • Review Renault Koleos 2.5 Signature 2019 : Mobil SUV Dengan Basis X-Trail

    Review Renault Koleos 2.5 Signature 2019 : Mobil SUV Dengan Basis X-Trail

    09/06/2019

    Renault Koleos 2.5 Signature 2019 merupakan mobil yang baru saja dihadirkan di Indonesia. Mobil ini merupakan hasil perpaduan antara kemewahan khas Eropa dan ketangguhan khas Jepang. Sehingga menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Daripada penasaran, berikut ini merupakan review Renault Koleos 2.5 Signature 2019.