Spesifikasi Mobil Suzuki Ertiga Dreza 2016 : MPV Untuk Kendaraan Keluarga Dengan Desain Mewah

31/03/2021| Abdul

1. PENGANTAR SUZUKI ERTIGA DREZA 2016

Pada kala itu kehadiran mobil ini sudah ramai dibincangkan pada tahun 2015 akhir. Akan tetapi pengenalannya baru dilakukan di bulan Januari 2016. Kala itu mobil ini dihadirkan untuk melakukan persaingan dengan Honda Mobilio RS dan Toyota New Avanza Veloz yang sama-sama masuk dalam kelas low MPV dan jadi termewah.

Dari pihak PT SIS (Suzuki Indomobil Sales) kala itu mengungkapkan, bahwasanya mobil ini adalah dandanan dari mobil New Ertiga generasi terbaru. Terdapat perubahan yang terjadi seperti di bagian depan sehingga tampilannya jadi lebih segar baik dari segi eksterior maupun sisi interiornya. Tidak sampai disitu, teknologi dan fitur juga tidak luput dari penambahan.

Daripada penasaran, mari kita simak ulasannya terkait spesifikasi dan fitur yang dimiliki Ertiga Dreza 2016.

2. EKSTERIOR SUZUKI ERTIGA DREZA 2016

Sisi Depan Suzuki Ertiga Dreza 2016

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Suzuki Ertiga Dreza 2016

Banyak aksen krom di bagian depan

Kita mulai pembahasan dari bagian depan, yang mana akan dihadapkan aksen krom pada sisi ini untuk menunjukkan kemewahannya. Untuk posisi grille posisinya agak diturunkan dan menggunakan ukuran yang besar dikelilingi aksen warna krom. Di tengahnya terdapat logo Suzuki yang juga memakai aksen krom. Menariknya lagi, ujung kap mesin yang sebelumnya menjadi tempat grill diberi aksen krom juga sehingga tidak tampak polos.

Di sisi kanan dan kiri mempunyai headlamp dengan ujung cukup runcing. Yang mana di bagian ini mengandalkan crystal multi reflector. Dimana di bawahnya juga terdapat LED lampu senja yang berada pada aksen krom yang melintang dari sisi kanan sampai kiri. Meskipun ada lampu senja, tapi pihak Suzuki masih memberikan foglamp dengan crystal multi reflector model bulat. Aksen krom yang melintang dibuat meliuk  melewati bagian bumper tepat di bawah lubang udara sehingga tampak terlihat meramaikan bagian depannya ini.

Sisi Samping Suzuki Ertiga Dreza 2016

Gambar ini menunjukkan bagian samping Suzuki Ertiga Dreza 2016

Aksen krom diberikan pada side skirt nya

Ketika melihat bagian samping maka akan nampak juga desain headlamp yang tampak dengan ukuran cukup besar. Di atas fender depan terdapat emblem tulisan VVT dengan aksen krom. Sementara spion menggunakan sewarna bodi yang telah diberikan lampu sein. Handle juga dibuat sewarna bodi dan di bagian ini juga terdapat garis lekukan yang melewatinya dari bagian lampu belakang menuju ke fender depan.

Di bagian bawah terdapat side skirt yang mendapatkan aksen krom sehingga berpadu dengan bagian depan mobil ini. Pelek mengandalkan two tone polis yang mempunyai ukuran 15 inci. Desain peleknya ini model kipas yang membuat tampilannya lebih sporty.

Sisi belakang Suzuki Ertiga Dreza 2016

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Suzuki Ertiga Dreza 2016

Tampilan sporty dengan spoiler belakang yang diberikan

Untuk sisi belakang juga tampak sporty dengan pemberian rear spoiler yang dipadukan dengan LED stop lamp pada bagian tengahnya. Di sisi belakang ini juga akan menemukan aksen krom yang cukup banyak seperti lis. Seperti di bawah kacanya yang dibekali lis krom berpadu dengan wiper belakang.

Pada sisi lampu belakang mempunyai ukuran yang cukup besar dengan bagian dalam ada tambahan garnish warna merah. Yang mana pada lampunya ini antara sisi kanan dan kiri terhubung dengan aksen krom yang di tengahnya terdapat tulisan ERTIGA. Terdapat juga emblem tulisan DREZA dengan aksen krom pada sisi kanan bawah pintu belakang. Bumpernya juga mendapatkan aksen krom yang dipadukan dengan pemberian reflektor di sisi kanan dan kiri.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR SUZUKI ERTIGA DREZA 2016

Sisi Dashboard Dan Kemudi Mobil Suzuki Ertiga Dreza 2016

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Suzuki Ertiga Dreza 2016

Interior cukup minimalis namun tetap keren

Menuju ke bagian interiornya, dashboard mobil sebelah kanan terdapat laci penyimpanan terbuka dengan di atasnya ada aksen wood panel meskipun hanya sedikit. Kemudian ada kisi-kisi AC mobil yang dapat dibuka tutup. Menuju ke sisi tengah, di mana di bagian atas sendiri ada kisi-kisi AC mobil dengan dikelilingi list silver. Sementara untuk head unit mengandalkan layar sentuh 9 inci dengan sistem operasi Android. Ada juga pengaturan AC mobil 3 buah menggunakan knop putar dengan pengatur arah semburan yang lengkap.

Pada bagian kiri terdapat Airbag, cup holder yang bisa disembunyikan dan wood panel. Pada sisi ini ada laci penyimpanan terbuka dan tertutup. Kemudi mobil menggunakan 3 palang dengan palang sebelah kiri ada tombol audio steering switch. Pengaturan yang diberikan hanya tilt saja dan belum diberikan pengaturan telescopic.

Jok Mobil Suzuki Ertiga Dreza 2016

Gambar ini menunjukkan jok mobil Suzuki Ertiga Dreza 2016

Jok nyaman dengan pengaturan jok baris kedua bisa digeser cukup jauh

Menuju ke sektor jok mobil, dimana terdapat kemewahan di bagian ini dengan penggunaan warna yang berbeda. Pada sisi pengemudi mempunyai pengaturan kursi yang lengkap dengan height adjuster. Untuk head rest bagian depan ini dapat diatur ketinggiannya sehingga dapat memberikan kenyamanan dan menyesuaikan sesuai postur.

Menuju ke baris kedua, dimana pada baris kedua terbilang lapang. Apalagi saat jok belakang tidak ada penumpang maka bisa dimundurkan dengan jarak cukup jauh. Jadi pengaturan baris kedua dan ketiga harus tepat jika ada penumpangnya semua supaya mendapatkan ruang kaki yang lega. Jok baris kedua mendapatkan 2 headrest dengan bagian tengah bisa dibuat sebagai armrest. Pada baris ketiga juga mendapatkan headrest 2 buah pada sisi kanan dan kiri.

Bagasi Mobil Suzuki Ertiga Dreza 2016

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Suzuki Ertiga Dreza 2016

Bagasi bisa luas saat jok belakang dilipat

Pada saat mobil dalam kondisi penuh dengan penumpang maka bagasinya mempunyai ruang yang terbatas. Namun jika sedang kosong bisa dilakukan pelipatan jok baris ketiga ataupun sampai baris kedua. Dalam pelipatan bisa dilakukan 50:50 sehingga memungkinkan melipat 1 jok saja. Dengan jok baris kedua dan ketiga dilipat maka luas bagasi mobil akan menjadi sangat lega.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR SUZUKI ERTIGA DREZA 2016

Dalam memberikan fitur hiburan mobil Suzuki Ertiga Dreza 2016 terdapat head unit layar sentuh dengan ukuran 9 inci. Dimana dengan menggunakan Sistem Operasi Android dan iOS memungkinkan untuk mengoperasikan beragam fitur di dalamnya. Bahkan browsing atau mengakses youtube juga bisa dilakukan pada mobil ini. Menariknya lagi adalah penggunaan yang mudah dan dalam menggeser di layar sangat responsif. Mengandalkan head unit tersebut bisa untuk mengoperasikan USB, Radio, Bluetooth dan masih banyak lagi.

Gambar ini menunjukkan head unit mobil Suzuki Ertiga Dreza 2016

Fitur mumpuni seperti head unit sudah memakai sistem operasi Android

Hal tersebut didukung dengan adanya fitur audio steering switch. Sehingga pengoperasian head unit bisa dilakukan dengan melalui tombol di kemudi mobil. Untuk menambah kenyamanan selama berkendara mendapatkan AC dengan pengaturan arah semburan yang lengkap. Penumpang juga bisa merasakan dengan maksimal karena di atas jok baris kedua terdapat double blower dengan 4 buah kisi-kisi AC dengan pengaturan model putar dan speedfan sampai 3 step.

Menuju ke bagian keselamatan, pihak Suzuki memberikan sistem pengereman ABS dan EBD. Sementara itu, supaya pengemudi dan penumpang depan terlindung ketika terjadi benturan pihak Suzuki memberikan dual SRS Airbags. Tidak lupa pula beberapa fitur lain di dalamnya seperti keyless entry, immobilizer, child proof rear door lock dan side impact beam. Ruang penyimpanan juga cukup banyak di dalam kabin mobil Ertiga Dreza 2016.

>>> Review Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019 : Varian Baru Dengan Tampilan Sporty

5. OPERASI SUZUKI ERTIGA DREZA 2016

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Suzuki Ertiga Dreza 2016

Mesin masih menggunakan mesin lama yakni K14B

Menuju ke sektor performa mobil Suzuki Ertiga Dreza 2016. Dimana mesin yang diberikan berkode K14B. Kapasitas mesin yang diberikan yakani 1.373 cc. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 90 Dk dan torsi puncaknya mencapai 130 Nm. Sistem transmisi yang digunakan di dalamnya adalah manual 5 speed dan otomatis 4 speed. Konsumsi bahan bakar terbilang hemat berkat penggunaan teknologi VVT (Variable Valve Timing) di dalamnya. Bahkan didukung juga dengan MPI (Multi Point Injection) yang berpadu dengan penggunaan teknologi Metal Chain dan juga Drive Wire Technology. Berkat hal tersebut membuat tenaga yang dimiliki mumpuni namun mempunyai tarikan yang halus.

>>> Sobat Mencari Suzuki Ertiga Bekas, Silahkan Cari Disini Dan Dapatkan Harga Yang Terbaik

6. SPESIFIKASI SUZUKI ERTIGA DREZA 2016

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Suzuki Ertiga Dreza 2016 :

DIMENSI

Panjang

4.325 mm

Lebar

1.685 mm

Tinggi

1.698 mm

Ground Clearance

185 mm

Jarak Pijakan Depan

1.480 mm

Jarak Pijakan Belakang

1.490 mm

Jarak Sumbu Roda

2.740 mm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Leading / Training Drum

Suspensi Depan

McPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam with Coil Spring

Sistem Kemudi

Rack and Pinion Power Steering

Ukuran Ban

185/65 R15

MESIN

Tipe Mesin

K14B

Tenaga Maksimal

90 dk @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

130 Nm @ 4.000 rpm

Kapasitas Silinder

1.373 cc

Sistem Bahan Bakar

Multipoint Injection

Transmisi

Manual 5 Percepatan atau Otomatis 4 Percepatan

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI ERTIGA DREZA 2016

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki Ertiga Dreza 2016:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Dibekali dengan fitur hiburan yang terbilang lengkap mendukung kenyamanan dan kesan menyenangkan selama berkendara

Bagasi kurang lega saat terisi dengan penumpang penuh

Desain yang diberikan di bagian eksterior dan interior tampak mewah

Mesin yang diberikan masih model lama namun tetap dapat diandalkan

Dalam kondisi bekas harganya cukup terjangkau dan sudah mendapatkan kenyamanan yang unggul

 

8. DAFTAR HARGA SUZUKI ERTIGA DREZA 2016

Sebagai keluaran mobil tahun 2016 dan sudah ada beberapa pembaruan yang dilakukan, tentu untuk unitnya dalam kondisi bekas. Di situs jual beli online, untuk harga Suzuki Ertiga Dreza 2016 berada pada kisaran Rp. 145 juta sampai Rp. 165 jutaan. Tentunya untuk harga tersebut juga masih melihat kondisi dan juga wilayah pembelian sehingga bisa ada perbedaan.

9. VIDEO SUZUKI ERTIGA DREZA 2016

10. KESIMPULAN 

Sebuah mobil MPV dengan desain yang merah dan menjadi varian tertinggi. Suzuki Ertiga Dreza 2016 bisa digunakan untuk kendaraan keluarga dan menemani perjalanan bersama keluarga ke tempat yang diinginkan. Kenyamanan didapatkan dengan beragam fitur yang diberikan di dalamnya. Dari desain eksteriornya menurut kami terbilang mewah dengan aksen krom yang diberikan pada semua bagian.  Sedangkan di sisi interior juga ada aksen krom dan juga wood panel menambah kemewahan di dalamnya.

>>> Lanjut Baca Artikel Review Mobil Yang Menarik Lainnya Di Sini

Review mobil serupa

International