Cara Mencuci Mobil Dengan Waterless, Solusi Perawatan Tanpa Air

07/07/2018| Abdul

Mencuci Mobil dengan waterless bisa dilakukan dengan mudah dan tidak perlu tempat khusus, dimana saja bisa. Prosesnya juga bisa dilakukan dengan singkat, sangat berbeda dengan mencuci menggunakan sabun dan air yang harus pada tempat khusus. Seperti misalnya dekat dengan saluran air.

"Metode dry wash merupakan pencucian mobil dengan cairan khusus dengan kandungan wax yang akan membersihkan dan mengkilapkan mobil dalam waktu singkat," buka Stephen Setyadi, Marketing Manager, Autoglaze Indonesia.

Gambar ini menunjukkan 3 produk waterless dengan model yang berbeda

Cairan waterless memungkinkan mencuci Mobil tanpa air

Yang lebih menarik lagi adalah, kandungan dalam cairan khusus waterless berbeda dengan air tanah. Untuk cairan ini diklaim tidak ada kandungan mineral, dengan begitu jamur tidak akan hinggap pada bodi kendaraan.

Akan tetapi terdapat hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan pencucian menggunakan waterless. Pada saat prosesnya, bagian yang akan dibersihkan atau dicuci tidak terkontaminasi dengan tanah. Maksudnya adalah tidak ada noda tanah yang menempel pada bodi Mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips perawatan lainnya

Seperti yang telah diketahui, bahwa noda tanah ataupun lumpur biasanya mengering. Sehingga saat dilakukan pencucian tanpa terlebih dahulu membersihkan noda tersebut dapat beresiko menimbulkan baret. Oleh sebab itu sebaiknya menghilangkannya terlebih dahulu baru dilakukan pencucian menggunakan waterless.

Pada umumnya noda yang sering menempel pada bodi Mobil adalah debu ataupun noda setelah hujan. Jadi bisa langsung dieksekusi supaya kembali kinclong.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang cairan waterless disemprotkan pada kaca Mobil

Cairan waterlas diklaim tidak ada kandungan mineral, jadi tidak meninggalkan jamur

"Cuci waterless bisa dilakukan di parkiran kantor ataupun di basement mall yang biasanya dilarang untuk mencuci mobil menggunakan air dalam jumlah banyak," tambah Stephen.

Dalam melakukan hal tersebut bisa mengunjungi tempat perawatan Mobil. bahkan cairan tersebut yang menggunakan metode dry wash sudah banyak dijual di pasaran dengan harga cukup terjangkau.

Dalam prosesnya diperlukan beberapa teknik untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bahkan untuk melakukannya bisa dilakukan di rumah ataupun tempat kerja.

>>> Baca juga, Tips Membersihkan Mobil yang Jarang Diketahui Pemilik Kendaraan yang diulas oleh Cintamobil.com

Berikut ini merupakan cara mencuci Mobil dengan waterless yang bisa dipraktekkan.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan persiapan seperti menyediakan lap microfiber dan juga cairan waterless. Lap ini dapat dilipat supaya dapat digunakan beberapa kali dalam tahapannya. Selanjutnya melakukan penyemprotan pada bidang bodi Mobil yang akan dilakukan pencucian.

Tahapan selanjutnya adalah melakukan pengelapan yang telah disemprot tadi dengan cara satu arah dengan menggunakan lap microfiber. Setelah itu dilanjutkan dengan pengelapan lagi menggunakan bidang yang lainĀ  supaya kotoran yang menempel saat pengelapan pertama tidak menimbulkan baret pada bodi Mobil.

>>> Mungkin tertarik, Ini Dia 3 Kain Pencuci Mobil Yang Bagus Dan Tidak Merusak Bodi

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kain lap untuk mengelap kaca Mobil bagian depan

Pengelapan cairan yang terdapat pada kaca Mobil dilakukan secara satu arah

Dalam melakukan prosesnya sebaiknya dilakukan per panel. Tujuannya adalah agar hasil yang didapat lebih maksimal. Setelah bagian yang sudah dilakukan pengelapan setengah kering, maka tahapan terakhir adalah melakukan pengelapan kembali sampai kering dengan kain microfiber lain atau bagian lain yang telah dilipat sebelumnya.

Jika dalam mencuci Mobil dengan waterless telah selesai seperti tahapan di atas, maka bodi Mobil akan terlihat bersih dan mengkilap. Anda juga bisa memanfaatkan cairan tersebut untuk membersihkan kaca jendela dan lainnya pada Mobil serta bagian lampu-lampu kendaraan agar tampilannya tetap bersih dan mengkilap. Selain itu, cahaya yang dipancarkan ke jalan lebih maksimal apabila kondisinya bersih.

>>> Bingung cari Mobil yang berkualitas dan sesuai kebutuhan? Kunjungi dulu cintamobil.com, siapa tau ada yang cocok !

Berita sama topik

  • Rekomendasi Bengkel Sarung Jok Mobil Bekasi Terbaik

    31/08/2021| Anna

    Rekomendasi Bengkel Sarung Jok Mobil Bekasi Terbaik

    Banyak pengguna mobil bertanya-tanya apakah mereka harus membeli sarung jok mobil. Apa kerugian tidak menggunakan sarung jok dan manfaat yang dibawa sarung jok ke mobil. Nah, jika Anda lagi tinggal di Bekasi dan sekitarnya, silahkan bersama Mobilmo.com menjawab beberapa pertanyaan tersebut serta check out daftar bengkel sarung jok mobil Bekasi terbaik saat ini.

  • Charger Aki Mobil 100 Ampere Harganya Berapa?

    31/08/2021| Anna

    Charger Aki Mobil 100 Ampere Harganya Berapa?

    Saat mobil Anda mogok di tengah jalan karena kehabisan listrik aki, charger aki mobil adalah penyelamat Anda. Pada artikel di bawah ini, Mobilmo.com akan memberikan beberapa informasi serta harga charger aki mobil 100 ampere bagi yang berminat.

  • Kutipan Harga Accu Kering Mobil Terbaru dan Terlengkap

    26/08/2021| Anna

    Kutipan Harga Accu Kering Mobil Terbaru dan Terlengkap

    Berapa harga accu kering mobil ? Apa bedanya dengan accu basah? Apa kelebihan dan kekurangan accu kering? Semua pertanyaan tersebut akan dijawab secara detail oleh Mobilmo.com melalui artikel di bawah ini.