Review Renault Triber 2019

01/09/2019| Fatchur Sag

1. PENGANTAR RENAULT TRIBER 2019

Renault Triber 2019 diciptakan dengan revolusioner, dan menyasar segmen bawah, karena berbekal atas pembuatannya dengan biaya yang rendah. Renault mengungkapkan bahwa Triber adalah kendaraan pertama di dunia yang dirancang dan diproduksi dari India dengan desain yang modern serta bisa dibawa pulang dengan pengeluaran uang yang tidak banyak. Triber didesain Compact (dengan panjang kurang dari 4 meter) dan menawarkan fleksibilitas yang bisa diadu dengan mobil berharga milyaran. Dikarenakan kapasitas yang bisa mengangkut 7 orang dalam konfigurasi tempat duduk yang bisa di atur menjadi 7 maupun 5.

Foto para pengunjung pameran GIIAS 2019 melihat-lihat Renault Triber 2019

Renault Triber 2019, ekspansi serius Renault di bawah PT Maxindo Renault Indonesia

Indonesia adalah pasar utama untuk mobil MPV, yang sebelumnya sudah di huni oleh muka-muka lama seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, hingga andalan dari brand Honda, yaitu Mobilio. Dan juga kita sudah mengetahui bahwa nama pertama (Avanza) adalah yang paling laris di negeri ini. Kedatangan Renault Triber 2019 menambah daftar panjang mobil murah yang menyasar ke penggunaan keluarga. Namun pihak Renault berbicara pada Auto Show New Delhi, “Kami masih muda dalam kelas ini, namun ambisi kami yang tinggi sejalan dengan rencana strategis kami: membawa Renault Triber, dengan konsep dan terobosan berbeda.”

Lantas apa yang membuatnya berbeda, dan apa yang membuatnya berani bertarung dengan lawan yang sudah punya nama di hati para pecinta MPV?

Renault merancang Triber dengan konsep modern, luas namun compact, ultra-modular, dan hemat akan bahan bakar. Triber adalah kendaraan serbaguna yang bisa mengakomodasi hingga tujuh orang dengan panjang mobil yang kurang dari 4 meter. Sedikit informasi di bawah ini yang akan menjadikan Renault Triber 2019 sebagai mimpi buruk bagi wajah lama.

2. EKSTERIOR RENAULT TRIBER 2019

Review Renault Triber 2019 : Bagian Depan

Foto bagian depan Renault Triber 2019 yang terlihat cukup menarik

Renault Triber 2019 tampak cantik dari depan

Bagian depan Renault Triber 2019 mengadopsi desain terbaru Renault, dengan Grill berbentuk U besar dengan logo Renault yang terpampang di atasnya. Bagian tersebut terkesan mirip dengan Renault Captur namun lebih dinamis, mengingat ukuran Triber yang lebih kecil. Di bagian depan samping, terdapat Headlamps dengan bentuk persegi panjang dan runcing yang dilengkapi dengan lampu balok proyektor, bagian depan di Finishing dengan modern dengan lampu DRL LED pada bumper yang berbentuk panah yang terletak di atas Fog Lamp.

Review Renault Triber 2019 : Bagian Samping

Foto bagian samping Renault Triber 2019

Dari samping terlihat desain kompaknya

Sementara itu, bagian samping Renault Triber 2019 tidak cukup untuk membuat perbedaan daripada mobil lainnya, hanya saja dilengkapi dengan Roof Rail yang biasanya terdapat di mobil SUV. Roof Rail ini bisa menahan beban seberat 50 KG. Pada bagian samping terlihat jarak sumbu roda yang berukuran 2636 mm, dengan panjang 3.990 mm. pada dimensi pelek, akan ada dua varian, yakni yang berukuran 14 inch, dan 15 inch.

Review Renault Triber 2019 : Bagian Belakang

Foto bagian belakang Renault Triber 2019

Desain lampu belakang Renault Triber 2019 mirip mata elang

Yang terakhir, terdapat ciri khas Renault dengan Eagle Beagle Tail Lamp pada bagian belakang, aksesoris seperti fender dan skirt juga melengkapi belakang mobil.

Keseluruhan penampilan luar Renault Triber 2019 mengadopsi gaya mobil keluaran Eropa, seperti lampu ekor, desain Grill, dan lampu depan. Overhang (jarak antara Wheelbase ke ujung bumper mobil) yang pendek pada bagian depan dan belakangnya, yang dimaksudkan untuk menambah ruang interiornya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR RENAULT TRIBER 2019

Interior pada Renault Triber 2019 ini terlihat seperti mobil premium dengan fitur-fitur kelas wahid, salah satunya dengan sistem multimedia yang terhubung dengan MediaNav sebagai bagian dari hiburan yang ditujukan untuk kendaraan.

Review Renault Triber 2019 : Kabin

Foto Kabin Renault Triber 2019 dengan kombinasi warna hitam dan krem

Ada usaha untuk tampil premium di bagian interior Renault Triber 2019

Kabin Triber di beri warna kombinasi antara hitam dan krem dengan garis-garis sederhana yang minimalis, dan membuatnya terkesan tajam dengan warna yang agak perak. Pada bagian kabin juga terdapat layar sentuh yang berukuran 8 inch dengan dukungan Apple Carplay dan Android Auto yang bisa berfungsi sebagai pemutar video. Instrumen pelengkap dengan tiga tombol yang salah satunya Keyless Entry juga terpasang. Sementara itu, terdapat ruang penyimpanan yang bisa menjaga suhu makanan maupun dingin pada bagian kabin

Review Renault Triber 2019 : Dashboard dan Setir

Foto menunjukkan Setir Renault Triber 2019

Tipe lain di bagian setir Renault Triber 2019 terdapat berbagai tombol pengaturan

Berkonsep Flat, bagian Dashboard tentunya terpasang Speedometer digital, dengan tombol Stap/Stop Engine, tombol penutup dan pembuka jendela, serta tombol ventilasi AC, keseluruhan tombol pengatur tersebut terpampang dalam tiga baris cluster instrumen. Dashboard penumpang juga dilengkapi dengan dua buah laci yang bermaterial plastik keras, layaknya mobil pada umumnya. Multi-fungsionalitias dalam kemudi atau setir juga terlihat sama seperti kebanyakan MPV lainnya.

Review Renault Triber 2019 : Kursi/Jok

Foto bagian kabin Renault Triber dengan konfigurasi 7 seater

Ada empat pilihan konfigurasi tempat duduk Renault Triber 2019

Renault Triber 2019 adalah satu-satunya mobil MPV yang mempunyai konfigurasi tempat duduk modular yang bisa diatur dari 5 hingga 7 tempat duduk. Kursi pada baris kedua bisa diatur dengan bentuk melipat, slide atau meluncur, dan berbaring atau direbahkan. Sedangkan pada baris ketiga juga bisa diatur persis dan memiliki fungsi tambahan untuk bisa dicopot.

Foto Jok Renault Triber 2019 baris kedua dan ketiga

Unik, kursi baris ketiga portable, bisa bongkar pasang dengan mudah

Untuk anda yang bergaya hidup dinamis, Triber menawarkan fasilitas Power Socket di semua baris kursi, power socket ini berukuran 12 volts, yang bisa digunakan sebagai pengisi ulang daya perangkat.

Review Renault Triber 2019 : Bagasi

Foto menunjukkan Bagasi Renault Triber 2019 dengan maksimal muatan

Bagasi Renault Triber 2019 paling luas di kelasnya

Sebelumnya telah disebutkan bahwa terdapat kursi pada baris ketiga yang bisa dilepas, ini memungkinkan untuk menambah kapasitas ruang bagasi hingga mencapai 625 liter. Untuk kapasitas bagasi jika kursi yang digunakan adalah 7, maka hanya menghasilkan kapasitas bagasi 84 liter, dan 320 liter jika 6 kursi digunakan. Begitu versatile-nya Triber dalam urusan kapasitas, hal ini membuat mobil Renault tersebut sangat praktis dan menjadi pilihan utama untuk mobil yang menyasar pada pasar mobil keluarga.

>>> Baca juga:

4. FITUR RENAULT TRIBER 2019

Ada yang menarik dari fitur Triber ini, yaitu fitur Renault Smart Card yang memungkinkan untuk penguncian kendaraan secara otomatis bila si pemilik menjauh dari kendaraan sekitar 1 meter. Fitur tersebut juga bisa membuka secara otomatis pada jarak yang sama. Triber juga dilengkapi dengan fitur Keyless yang biasanya terdapat pada mobil-mobil premium.

Review Renault Triber 2019 : Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan Fitur Keselamatan Renault Triber 2019

Fitur keselamatan Renault Triber 2019 yang cukup lengkap

Fitur keselamatan atau Safety pada Renault Triber 2019 memiliki kesamaan dengan mobil Renault lainnya, seperti 4 Airbag, ABS dengan EBD (sistem pengereman yang berfungsi untuk menghindarkan roda dari penguncian), Sensor parkir pada belakang lengkap dengan kameranya, pengingat sabuk pengaman. Triber juga memiliki tanda atau pemberitahuan yang penting, seperti tanda rem mendadak, dan tanda peringatan jika mobil dalam keadaan tinggi (Speed Alert). Renault bahkan mengklaim bahwa Triber melebihi semua peraturan keselamatan pada semua kendaraan.

Review Renault Triber 2019 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto menunjukkan Entertainment Renault Triber 2019

Tak perlu khawatir kesepian, ada banyak hiburan pada Renault Triber 2019

Triber menekankan kenyaman dan hiburan pada pemiliknya dengan tombol-tombol virtual pada bagian kabin sebesar 3 inch, termasuk Push-Button dan Keyless Entry. Layar sentuh entertainment sebesar 8 inch juga melengkapi bagian hiburan Renault Triber 2019 yang mendukung perangkat Android dan Apple. Fitur ini menambah pengalaman berkendara layaknya mobil berharga milyaran rupiah.

>>> Renault Triber 2019 Diklaim Punya Kenyamanan Dan Keamanan Tertinggi

5. OPERASI RENAULT TRIBER 2019

Renault Triber 2019 telah diproduksi dengan mesin berkapasitas 999 cc dengan tiga silinder yang bisa mengeluarkan 72 PS di 6.250 rpm, dan 96 Nm pada 3.500 rpm. Hal yang menarik dari Triber ini adalah dilengkapi dengan Dual VVT System yang membantu untuk proses pembakaran bahan bakar agar lebih efisien, sehingga akan lebih irit.

Foto Mesin Renault Triber 2019

Berkapasitas 7 penumpang, Renault Triber 2019 hanya dibekali mesin 999 cc

Menurut Renault, Triber sudah dilengkapi dengan mesin yang sama layaknya Renault Clio dan Sandero, yang merupakan standar model mobil-mobil internasional.

Triber diproduksi dengan kapasitas bahan bakar 1,0 bensin, dan diklaim sebagai mobil paling hemat di kelasnya. Namun mobil dengan berat 947 kg ini terbilang sebagai mobil yang jalannya paling lambat dan akselerasi yang kurang responsif, itu terlihat pada output torsi yang hanya 72 Ps pada putaran mesin 6.250 rpm. Namun, itu mungkin salah satu pengorbanan dari Renault yang ingin menciptakan mobil dengan bahan bakar yang efisien.

>>> Renault Triber Dipastikan Meluncur di Indonesia, Ancaman Buat Avanza?

6. SPESIFIKASI RENAULT TRIBER 2019

Dimensi

Panjang

3990 mm

Lebar

1739 mm

Tinggi

1643 mm (tanpa roof rail)

Jarak sumbu roda

2636 mm

Jarak terendah 182 mm

Mesin

Kapasitas Silinder 999 cc

Tenaga Maksimum

72 Ps

Torsi Maksimum 96 Nm

Bahan bakar

Bensin

Sistem bahan bakar Multi Point Fuel Injection

Transmisi

Manual 5 percepatan

Kaki-kaki

Sistem penggerak roda

Penggerak roda depan (Front Wheel Drive/FWD)

Sistem kemudi

Electric Power Steering (EPS)

Suspensi depan

Psudo MacPherson Strut with Lower Triangle & Coil Spring

Suspensi belakang

Torsion Beam Axle

Rem depan

Cakram

Rem belakang

Tromol

Ukuran Ban

185/80 R14

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN RENAULT TRIBER 2019

Kelebihan

Kekurangan

Desain dan penampilan yang mantap, modern, keren, dan mobil keluarga ini cocok untuk dikemudikan oleh pemuda sebagai gaya (family car seems like sporty car) Triber dibanderol dengan harga murah, sehingga material pembuatannya sangat sederhana. Dari mulai interior sampai eksterior.
Kursi modular modern, yang bisa diatur dan memperluas kapasitas bagasi Harga yang murah tersebut juga berdampak pada fitur mobil ini lebih sedikit dibandingkan dengan MPV lainnya.
Fitur keamanan dan hiburan yang lebih lengkap, bila dibandingkan dengan mobil sejenis dengan harga yang lebih tinggi. Inden lumayan lama karena mobil diproduksi dan di impor dari India.
Konsumsi bahan bakar yang efisien dan irit dengan dual VVT Kurang bertenaga, kapasitas penumpang banyak, mesin cuma 999 cc
Harga yang relatif murah  
Kapasitas penumpang hingga 7 orang  
Dengan Renault Smart Card, pengguna akan merasa dipermudah untuk mengunci dan membuka pintu.  

8. DAFTAR HARGA RENAULT TRIBER 2019

Foto Renault Triber 2019 di pameran GIIAS 2019

Di GIIAS 2019 Renault Triber terpesan lebih dari 1.000 unit

Sampai saat review ini ditulis (Agustus 2019), PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) selaku distributor dan Agen Pemegang Merek (APM) Renault di Indonesia belum mengumumkan berapa harga Renault Triber. Informasi yang beredar, harganya tidak akan sampai Rp 200 jutaan.

9. VIDEO RENAULT TRIBER 2019

10. KESIMPULAN RENAULT TRIBER 2019

Jelas bahwa Renault merupakan petarung baru untuk pasar MPV dengan harga murah. Dengan tampilan Triber yang modern dan minimalis, serta tata letak kursi yang didesain dengan baik akan dipastikan menarik para pembeli. Renault Triber 2019 bisa jadi merupakan ancaman nyata di kelas MPV untuk brand-brand lama yang berkuasa.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review Renault Kwid Climber (O) Easy R 2020

    18/11/2019| Fatchur Sag

    Review Renault Kwid Climber (O) Easy R 2020

    Dijuluki sebagai mini harrier, Renault Kwid Climber (O) Easy R 2020 adalah satu-satunya mobil jenis city car yang memiliki tampilan sporty, manly, gagah dan berkesan jantan nampak garang ini dijual dalam harga yang terjangkau.

  • Review Renault Triber 2019

    01/09/2019| Fatchur Sag

    Review Renault Triber 2019

    Renault Triber 2019 memberikan mimpi buruk bagi wajah lama di kelas MPV. Peluncuran perdananya di New Delhi India pada pergelaran Auto Show Juni 2019 lalu di Indonesia di pameran GIIAS 2019 sukses membuat banyak orang berdecak. Selain mobil ini dilengkapi fitur sederhana namun punya fungsionalitas tinggi, apa lagi yang membuat mobil ini menarik? Simak ulasan berikut!

  • Review Renault Duster 2019

    06/08/2019| Fatchur Sag

    Review Renault Duster 2019

    Membicarakan mobil Eropa di Indonesia, mungkin harga tinggi menjadi salah satu hal yang pertama terngiang dalam pikiran Anda. Namun bila anda melirik Renault Duster 2019, Anda akan berpikir sebaliknya. Mobil ini dilepaskan di Indonesia dengan harga sekitar 279 juta dan itu lebih murah dibanding compact SUV merek Jepang. Seperti apa luar dalam mobil ini, simak review Renault Duster 2019 berikut!

International