Review Renault Duster 2019

06/08/2019| Fatchur Sag

1. PENGANTAR RENAULT DUSTER 2019

Renault, merek asal Prancis ini merupakan salah satu mobil pabrikan Eropa yang cukup terkenal pada ajang balapan jet darat. Namun untuk mobil penumpang atau komersial, nama Renault agak asing di telinga orang Indonesia, kalah bersaing dengan mobil buatan Jepang. Sejatinya mobil ini memiliki nama resmi Dacia Duster, sebagai hasil kerja sama antara Dacia dan Renault.

Foto menunjukkan Dacia Duster yang diproduksi tahun 2010

Dacia Duster, Renault Duster generasi pertama

Di beberapa negara, mobil ini diluncurkan dengan nama Renault Duster. SUV kompak yang satu ini telah mulai diproduksi sejak 2010 dan terus berkembang hingga sekarang.

Mengusung identitas sebagai compact SUV, Renault Duster 2019 menampilkan kesan yang jauh berbeda dari para kompetitornya yang saat ini banyak Anda temukan di jalanan Indonesia. Secara tampilan, mobil SUV ini mengusung tema  sporty dan kekinian yang futuristik dan cocok untuk berbagai segmen. Selain itu, dari segi harga, SUV yang satu ini termasuk dalam kategori menengah ke bawah. Renault Duster 2019 diluncurkan di India pada 8 Juli 2019, mobil ini kemudian dibawa ke Indonesia an dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

2. EKSTERIOR RENAULT DUSTER 2019

Tampilan mobil SUV Eropa yang satu ini tentu jauh berbeda dari SUV asia. Selain memberikan kesan “mahal” dan sporty yang lebih kuat, mobil ini juga sangat menarik mata siapapun yang melihatnya. Model ini lebih mirip dengan kosep SUV 4x4 yang diharapkan handal untuk segala medan. Kendati demikian, Renault Duster 2019 tetap memberikan kesan yang jauh lebih unik.  Meskipun tidak banyak perubahan secara tampilan dari edisi sebelumnya, sedikit perubahan ini cukup memberikan dampak positif.

Review Renault Duster 2019 : Bagian Depan

Foto Renault Duster 2019 dari arah samping depan

Facia Renault Duster 2019 beda jauh dengan mobil-mobil Jepang

Bagian depan dari Renault Duster 2019 menawarkan tampilan yang berbeda dari kebanyakan mobil di jalanan Indonesia. Motif trapezoidal dengan warna krom mendominasi grille depan yang tampil gahar. Logo Renault dengan motif diamond di tengahnya seakan melebur dalam grille depan. Bagian bumper depan juga lebih modern dan memberikan kesan garang dan macho pada mobil ini. Warna silver di bagian bawah membuat mobil semakin menarik. Lampu utamanya yang besar dengan bentuk hampir kotak dan cukup membulay namun memiliki desain yang kompleks dengan list garis crome yang elegan. Lampu utama menggunakan LED DRL dan dipadukan dengan lampu proyektor. Sementara lampu kabut berbentuk lingkaran yang agak besar tersemat di kedua ujung bawah mobil ini.

Bentuk bumper depan menjadi salah satu perubahan yang paling dipertimbangkan dalam mobil ini. Desain bumper depan disebutkan untuk meminimalkan dampak benturan dari mobil ini bila terjadi kecelakaan. Hal ini terutama ditujukan bila kecelakaan tersebut melibatkan pejalan kaki.

Review Renault Duster 2019 : Bagian Samping

Foto menunjukkan Tampilan Renault Duster 2019 dari arah samping

Dimensi Renault Duster 2019 ideal untuk sebuah compact SUV

Pada bagian samping ini anda bisa menemukan spion dan velg ban model baru yang berbeda dari model sebelumnya. Side Skirt, Roof Rail, dan antena masih sama seperti sebelumnya. Bagian jendela dibalur oleh garis berwarna hitam doff yang membuat kontras yang menarik dengan warna body nya.  Jangan lupakan juga bagian footstep di samping Renault Duster 2019 yang terkesan sangat kuat.

Review Renault Duster 2019 : Bagian Belakang

Foto menunjukkan Tampilan Renaut Duster dari arah belakang

Kaca belakang Renault Duster 2019 cukup besar untuk memberi visibilitas yang lebih baik

Bagian belakang juga tidak kalah gahar. Lampu belakang memiliki detail yang tidak kalah menarik dibanding bagian depannya. Sementara bagian bumper juga menawarkan kesan sporty dan tegas.  Dengan list hitam menyambung kedua lampu di sekitar pintu bagasi memberikan kesan menarik dan unik dari mobil SUV ini. Tidak lupa tulisan DUSTER tersemat di tengah list hitam.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR RENAULT DUSTER 2019

Begitu anda memasuki bagian kabin, anda akan menemukan perubahan yang sangat masif dibanding edisi sebelumnya. Interior Renault Duster 2019 tampak jauh lebih modern. Mari kita membahas satu persatu bagian dalam mobil ini :

Review Renault Duster 2019 : Kabin

Foto menunjukkan Kabin Renault Duster 2019

Penataan yang simpel namun fungsional

Untuk dimensi mobil yang menawarkan konsep compact SUV 5 seater, bagian dalam Renault Duster 2019 ini cukup luas dan lega bagi penumpang di bagian depan. Sementara untuk baris di belakang, tiga penumpang mungkin akan terasa sedikit berdesakan jika postur tubuh ketiganya besar-besar. Kendati demikian, head room-nya cukup tinggi sehingga kepala penumpang masih aman.

Review Renault Duster 2019 : Dashboard dan Setir

Tampilan dashboard Renault Duster 2019 tampil sangat modern dengan balutan hitam dan garis silver pada head unit serta pada lubang pendingin. Head unit 17,6 cm layar sentuh dengan basis Android berfungsi sebagai pusat multimedia bagi mobil ini. Sementara tiga unit indikator berbentuk lingkaran bisa anda temukan pada bagian speedometer dengan balutan silver.

Foto menunjukkan Dashboard Renault Duster 2019

Ada ruang penyimpanan di bagian atas dashboad Renault Duster 2019 sebelah kiri

Untuk tombol pengaturan sistem pendingin bisa anda temukan di bawah Head Unit. Yang menarik, pada bagian atas dashboard di depan penumpang terdapat list berwarna senada dengan body mobil. Tulisan Duster mempertegas identitas mobil ini bisa ditemukan di bawah list tersebut.

Bagian setir juga tidak kalah elegan dengan model tiga palang yang unik, dengan bagian tengah yang cukup besar. Setir ini dibalut warna hitam, dengan list silver pada bagian palangnya. Anda juga bisa menemukan panel-panel pengaturan / Cruiser Panel yang ada di palang setir. Setir ini sudah menggunakan teknologi Tilt, namun belum tersemat teknologi teleskopik.

Review Renault Duster 2019 : Kursi/Jok

Foto menunjukkan Jok Renault Duster 2019

Jok Renault Duster 2019 dengan jahitan warna senada bodi menambah kesan elegan

Renault Duster 2019 menawarkan kursi yang dibalut kulit yang menjamin kenyamanan pengemudi dan penumpang. Dilengkapi aksen 2 warna, pada kursi mobil ini Anda dapat menemukan ornamen diamond di bagian atas dan head rest.

Armrest di sisi kanan dan kiri pengemudi yang juga dilapisi material kulit memberikan rasa nyaman mengemudi di segala medan. Jarak antar kursinya memang cukup luas, namun bila dipaksakan untuk 3 orang di bagian belakang akan membuat penumpang menjadi merasa sesak.

Review Renault Duster 2019 : Bagasi

Foto menunjukkan Roof rack Renault Duster 2019

Bila kapasitas bagasi masih terasa kurang, barang bawaan bisa ditaruh pada roof rack

Bagian terakhir adalah bagasi. Seperti kebanyakan SUV, kapasitas bagasi yang ditawarkan oleh Renault Duster 2019 ini tidak terlalu besar jika dibanding dengan mobil-mobil MPV, namun lebih dari cukup untuk menampung barang bawaan anda. Bagasi yang cukup tinggi juga memungkinkan anda membawa perlengkapan outdoor. Mobil small SUV ini memang tidak dirancang untuk membawa banyak barang di bagasi. Namun anda bisa menambahkan bagasi tambahan di bagian atap mobil, bila hendak bepergian jauh atau bertualang ke daerah yang terpencil.

>>> Baca juga:

4. FITUR RENAULT DUSTER 2019

Renault Duster 2019 dilengkapi beragam fitur baik untuk keselamatan, keamanan maupun kenyamanan pengendara. Meski tidak selengkap mobil SUV premium, fitur-fitur yang ada sudah sangat sesuai dengan kebutuhan.

Review Renault Duster 2019 : Fitur keselamatan

Gambaran Fitur Electronic Stability Program pada Renault Duster 2019

Fitur keselamatan Renault Duster 2019 sesuai dengan kebutuhan

Di segi keselamatan tertanam dual airbags pada bagian depan, Break Assist, EBD (Electronic Brakeforce Distribution), serta Engine Break Sistem. Sementara ada tambahan Electronic Stability Program (ESP) dan Hill Start Assist (HSA) tersemat untuk varian mesin otomatis. Fitur seatbelt reminder juga ditemukan untuk mengingatkan agar penumpang maupun supir menggunakan sabuk pengaman sebelum memulai perjalanan.

Review Renault Duster 2019 : Fitur kenyamanan dan hiburan

Foto Head Unit Renault Duster 2019 dengan beragam fiturnya

Pengendara bisa memilih entertainmen yang dikehendaki

Fitur hiburan Renault Duster 2019 terpusat pada Head Unit layar sentuh berukuran 17,64 cm di bagian tengah dashboard. Sistem entertainment dapat diaplikasikan dengan menggunakan Apple CarPlay maupun Android Auto yang dapat dioperasikan remote dari smartphone. Ada pula sistem pengenal suara yang memungkinkan navigasi sistem dengan menggunakan suara. Untuk audionya, mobil ini menanamkan audio dari Arkamys dengan 4 speaker yang dipadukan dengan dua tweeter di depan untuk memberikan hasil suara yang jernih dan berkualitas.

Sistem navigasinya menggunakan keyless entry yang dipadukan dengan central locking. Dengan sistem ini anda dapat mudah mengunci dan membuka kunci mobil. Tombol central locking juga bisa ditemukan pada bagian samping kemudi. Sistem baru lain yang ditanamkan adalah fitur penghangat pada sistem pendinginnya. Sistem ini tentu akan sangat membantu dan membuat nyaman ketika mengemudi pada malam hari atau di daerah pegunungan yang memiliki suhu dingin.

>>> Review Renault Koleos 2.5 Signature 2019 : Mobil SUV Dengan Basis X-Trail

5. OPERASI RENAULT DUSTER 2019

Gambar menunjukkan Transmisi CVT Renault Duster 2019

Perpaduan mesin dengan transmisi memberikan performa yang cukup mumpuni

Untuk tenaga Renault Duster 2019 dibekali mesin yang tidak berbeda dari generasi sebelumnya, Mesin bensin berkapasitas 1,5 liter dengan 4 silinder ini mampu memancarkan tenaga 106 Ps dengan torsi maksimal mencapai 142 Nm. Untuk sistem transmisinya, pada varian manual tersedia dalam 5 percepatan. Untuk varian auto, girboks percepatannya menawarkan 6 percepatan CVT.

Ada pula varian diesel yang juga menggunakan mesin berkapasitas 1,5 liter dengan 4 silinder, dengan tambahan teknologi turbocharged. Tenaga yang dihasilkan mesin diesel ini hanya 85 Ps namun torsi nya mencapai 200 Nm. Varian ini menggunakan girbox manual 5 percepatan. Untuk versi diesel lebih tinggi, tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 110 Ps dan torsi mencapai 245 Nm. Girboks manual varian diesel menggunakan girbox AMT 6 percepatan. Sayang, Renault Duster 2019 ini sepertinya tidak dipasarkan di Indonesia.

>>> Review All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019: Mobil SUV Premium Dengan Fitur Berlimpah

6. SPESIFIKASI RENAULT DUSTER 2019

DIMENSI

Panjang

4360 mm

Lebar

1822 mm

Tinggi

1695 mm

Jarak sumbu roda

2673 mm

Ground Clearance 205 mm
Radius Putar 5,2 m

MESIN

Seri 1.5 H4K CVT

Tipe

4 silinder segaris

Isi silinder

1498 cc

Daya maksimum

106 PS @ 5600 rpm

Torsi maksimum

142 Nm @ 4000 rpm

Bahan bakar Bensin
Sistem bahan bakar Multipoint Fuel Injection

Transmisi

Otomatis CVT

SASIS DAN KAKI-KAKI
Penggerak roda Front Wheel Drive / Penggerak roda depan
Sistem kemudi Power Steering

Suspensi depan

Trailing arm with coil springs & double acting shock absorber

Suspensi belakang

Independent MacPherson strut with coil springs

Rem depan

Cakram

Rem belakang

Tromol

Ukuran ban

215/65 R16

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN RENAULT DUSTER 2019

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Pembaharuan yang dilakukan pada tampilan Renault Duster terbaru memberikan kesan yang lebih menarik perhatian dari model sebelumnya. Selain varian tertinggi, fitur keselamatan Renanult Duster terlalu standar membuatnya terkesan biasa.
Harga yang ditawarkan oleh mobil Eropa ini juga sangat masuk akal alias tidak terlalu mahal. Tidak lagi ditawarkan varian 4x4 Diesel Turbo untuk Indonesia
Tampilannya yang antimainstream membuatnya tampak jauh lebih menawan dibanding SUV sejenis. Bengkel resminya masih minim dan terbatas di kota-kota besar saja, ini cukup menyulitkan buat Anda yang tinggal di daerah saat ingin servis

8. DAFTAR HARGA RENAULT DUSTER 2019

Foto menunjukkan Renault Duster 2019 di pameran GIIAS 2019

Renault Duster 2019 siap dipasarkan di Indonesia

Renault Duster 2019 turut dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dijual dengan harga Rp 279.000.000 OTR Jakarta (Juli 2019)  Untuk wilayah dan waktu yang berbeda, harga bisa saja berbeda atau lebih mahal.

9. VIDEO RENAULT DUSTER 2019

10. KESIMPULAN RENAULT DUSTER 2019

Jika Anda menginginkan mobil Eropa dengan kesan elegan dan sporty serta anti mainstream, Renault Duster 2019 bisa menjadi pertimbangan Anda. Harga yang ditawarkan juga dapat bersaing dengan varian SUV yang jamak menguasai jalanan di Indonesia. Bentuknya yang elegan, menarik dan maskulin membuat mobil ini terasa lebih mewah dibanding mobil di kelas sejenis.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikle review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

  • Review Renault Kwid Climber (O) Easy R 2020

    18/11/2019| Fatchur Sag

    Review Renault Kwid Climber (O) Easy R 2020

    Dijuluki sebagai mini harrier, Renault Kwid Climber (O) Easy R 2020 adalah satu-satunya mobil jenis city car yang memiliki tampilan sporty, manly, gagah dan berkesan jantan nampak garang ini dijual dalam harga yang terjangkau.

  • Review Renault Triber 2019

    01/09/2019| Fatchur Sag

    Review Renault Triber 2019

    Renault Triber 2019 memberikan mimpi buruk bagi wajah lama di kelas MPV. Peluncuran perdananya di New Delhi India pada pergelaran Auto Show Juni 2019 lalu di Indonesia di pameran GIIAS 2019 sukses membuat banyak orang berdecak. Selain mobil ini dilengkapi fitur sederhana namun punya fungsionalitas tinggi, apa lagi yang membuat mobil ini menarik? Simak ulasan berikut!

  • Review Renault Duster 2019

    06/08/2019| Fatchur Sag

    Review Renault Duster 2019

    Membicarakan mobil Eropa di Indonesia, mungkin harga tinggi menjadi salah satu hal yang pertama terngiang dalam pikiran Anda. Namun bila anda melirik Renault Duster 2019, Anda akan berpikir sebaliknya. Mobil ini dilepaskan di Indonesia dengan harga sekitar 279 juta dan itu lebih murah dibanding compact SUV merek Jepang. Seperti apa luar dalam mobil ini, simak review Renault Duster 2019 berikut!

International