Pakai Mesin Ganjil, Renault Triber Tantang Avanza Cs

16/07/2019 | Fatchur Sag

Jadi headline di media-media otomotif nasional kalau Renault Triber tak lama lagi akan segera dirilis PT Maxindo Renault Indonesia (MRI), tepatnya pada saat acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 18 Juli 2019 mendatang. Salah satu yang jadi fokus, Triber dibekali dengan dapur pacu berupa mesin tiga silinder berkapasitas 1.000 cc, bukan empat silinder seperti yang umum digunakan.

Foto menunjukkan Renault Triber saat diperkenalkan ke media di Indonesia

Renault Triber mulai menggoda konsumen di Indonesia

Disampaikan oleh Chief Operations Officer Maxindo Renault Indonesia, Davy J Tuilan, MRI bakal meluncurkan empat varian sekaligus dan dua diantaranya merupakan varian tertinggi yang dibekali dengan fitur smart keyless. Varian teratas ini diproyeksi jadi penantang serius Toyota Avanza Cs.

Modal lainnya, Renault Triber dibekali mesin 1000 cc tiga silinder. Pembekalan mesin dengan jumlah silinder ganjil ini bukan tanpa alasan. Menurut Davy, Renault sudah melakukan banyak studi dan memiliki pertimbangan yang matang. Terbukti konfigurasi mesin tersebut hingga kini tidak ditemukan masalah bahkan mampu menjadi andalan di negara-negara Eropa.

"Itu adalah hasil dari semua studi. Mesin yang kami pakai, adalah mesin yang sudah terbukti di Eropa, mesin Clio," ujarnya di Tangerang, Sabtu 13 Juli 2019.

>>> Renault Triber 2019 Diklaim Punya Kenyamanan Dan Keamanan Tertinggi

Selain itu Davy menjelaskan, mesin yang perakitannya di India tersebut juga sudah dilengkapi dengan empat katup serta memiliki sistem pengabutan injeksi. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 72 Hp. Renault mengklaim, mesin yang dipakainya mampu menyemburkan tenaga yang lebih besar jika dibandingkan merek lain dengan kapasitas mesin 1.200 cc.

Gambaran pemakaian Smart Access pada Renault Triber

Bukan hanya mesin 3 silinder, teknologi canggih juga jadi modal Renault Triber buat bersaing di Indonesia

Lebih lanjut Davy mengatakan, mesin tiga silinder yang dipakai Renault Triber jelas memiliki kelebihan. Diantaranya, ketika mesin tersebut dipakai buat stop and go akan terasa lebih enak jika dibandingkan dengan mesin empat silinder.

>>> Review Renault Triber 2019: MPV Murah dari India untuk Dunia

Secara matematis hitung-hitungannya sangat sederhana, jika 1.000 cc dibagi empat silinder masing-masing silinder 250 cc. Sementara 1.000 cc yang digunakan Triber hanya dibagi tiga silinder sehingga masing-masing silinder memiliki luas penampang yang lebih besar, yakni 330 cc.

"Kalau Anda perhatikan, yang namanya mesin tiga silinder itu ada kelebihannya. Mesin ini kalau buat stop and go justru lebih enak, dibanding empat silinder," tuturnya. "1.000cc dibagi empat silinder, masing-masing 250cc. Kalau 1.000cc dibagi tiga silinder, masing-masing 330cc. Luas penampang diameter lebih besar 330cc, sehingga tenaga dan torsi lebih bagus," lanjutnya.

Pertanyaan yang timbul, akankah Renault Triber dengan mesin tiga silinder andalannya ini benar-benar bisa menggoyang Toyota Avanza Cs, waktu yang akan menjawab. So silahkan datang ke GIIAS di ICE BSD City Tangerang Banten 18 Juli 2019 mendatang dan kunjungi booth Renault untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang Triber dan beragam promo menarik.

>>> Triber Datang, Toyota Siap Menyambut

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik