Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Mobil MPV Dengan Beragam Fitur Menarik

14/03/2019 | Abdul

1. PENGANTAR ALL NEW NISSAN SERENA HIGHWAY STAR 2019

Review All New Nissan Serena Highway Star 2019 Baru-baru ini dari pihak Nissan mengeluarkan mobil terbarunya pada tanggal 19 Februari 2019. Yang mana mobil tersebut adalah All New Nissan Serena Highway Star (HWS) 2019. Konsep yang digunakan pada mobil tersebut adalah V-Motion yang menjadi salah satu ciri khas dari mobil Nissan. Mobil big MPV ini tampil dengan desain mewah dan lebih modern.

Dengan dihadirkan menjadi varian tertinggi, tipe HWS ini telah diberikan beragam fitur mumpuni di dalamnya. Salah satu yang menarik perhatian adalah Auto Sliding Door. Dengan adanya fitur tersebut pengendara hanya perlu mengayunkan kaki saja untuk membuka pintu geser.

2. EKSTERIOR ALL NEW NISSAN SERENA HIGHWAY STAR 2019

Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil All New Nissan Serena Highway Star 2019 warna merah tamak depan dan samping kanan

Grille menggunakan V-Motion yang merupakan ciri khas Nissan

Pada bagian depan menggunakan grille yang didesain besar dengan 3 tingkat. Di bagian ini menggunakan aksen krom dengan logo Nissan di tengahnya. Selain itu di area bawahnya terdapat nuansa carbon LUX. Tampak juga pada bumper yang dibuat dengan lekukan yang memancarkan aura sporty serta terdapat sensor. Untuk bagian foglamp masih mengandalkan halogen namun tetap bisa memberikan visibilitas pengemudi lebih baik. Pada bagian head lamp telah menggunakan DRL dan telah auto  levelling. Memang jika dilihat bagian depannya ini tampak lebih sporty dan berkesan elegan.

Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping dari mobil All New Nissan Serena Highway Star 2019

Pintu bagian samping mengandalkan pintu geser

Pada bagian samping All New Serena Highway Star 2019 terlihat mengkotak. Terdapat tarikan garis yang bermula dari lampu depan sampai ke bagian belakang. Kalau dilihat memang desainernya sangat cerdas, karena berkat adanya garis tersebut seakan menyembunyikan Rel Power Sliding Door. Di bagian kaca depan dibuatnya lebih rebah yang menjadikannya lebih efisien apabila dilihat dari sisi aerodinamika.

Selain itu terdapat kecanggihan pada bagian ini, yang mana untuk membuka pintu geser yang dimiliki dapat menggunakan sensor kaki. Dengan begitu akan mempermudah akses masuk ke dalam mobil terutama saat membawa barang atau menggendong sang buah hati.  Untuk ukuran velg dan ban mengandalkan 195/60 R16.

Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang All New Nissan Serena Highway Star 2019

Tampak belakang terlihat desain yang mengkotak

Berlanjut ke bagian belakang, yang mana pada lampu belakang di desain memanjang yang bermula dari pilar C menuju ke bagian Rel Sliding Door samping. Bahkan pada stoplamp juga dibuat lebih pendek sehingga saat terlihat dari arah samping  seperti menempel pada kaca mobil. Tentunya dengan hal ini menjadikannya tampak lebih menarik karena berbeda dengan yang lain. Untuk kaca belakang menggunakan desain besar dan terdapat pemisah antara kaca dan pintu bagian belakang yang dibuat lebih tebal. Akan tetapi hal tersebut terbilang wajar, mengingat terdapat fitur Dual Back Door yang disematkan pada All New Nissan Serena Highway Star 2019.

Dengan adanya fitur Dual Back Door membuat hati pemilik lebih senang. Karena saat ingin memasukkan barang yang lebih kecil ataupun mengambil barang yang di bagian atas tidak perlu membuka pintu belakang keseluruhan. Jadi cukup membukanya di bagian atas sudah bisa mengambil atau menaruh barang dengan lebih mudah.

>>> Mungkin Tertarik:

3. INTERIOR ALL NEW NISSAN SERENA HIGHWAY STAR 2019

Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi All New Nissan Serena Highway Star 2019

Desain dashboard tampak mewah dan terkesan berani

Berlanjut ke bagian interior, yang mana untuk dashboardnya menggunakan desain yang mewah dan terkesan berani. Terdapat desain panel speedometer yang terkesan menarik yakni dari tengah memanjang ke arah kanan depan pengemudi. Sedangkan untuk bagian setirnya telah menggunakan flat bottom yang didesain baru sehingga tampak kesan kemewahan yang dimiliki oleh All New Nissan Serena Highway Star 2019. Untuk menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang depan, terdapat ruang penyimpanan yang terbilang cukup banyak baik yang dalam keadaan terbuka ataupun tertutup.

Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil baris kedua All New Nissan Serena Highway Star 2019

Jok mobil menggunakan kulit dengan motif silang

Berlanjut ke bagian jok, bahan material yang digunakan adalah kulit berkualitas dan memiliki motif silang di bagian tengahnya. Pada kursi pengemudi di bagian samping kanan ada 2 tuas yang berfungsi untuk pengaturan naik turun dan reclining. Sementara untuk pengaturan maju mundur berada di jok bagian depan.

Berlanjut ke bagian tengah terdapat 2 jok  yang memiliki 3 pengaturan yakni reclining, maju mundur dan geser kanan kiri. Pada belakang jok depan terdapat tempat makanan dan juga cup holder untuk tempat minum. Headrest nya juga dapat dilakukan pengaturan untuk memberikan kenyamanan sesuai keinginan penumpangnya. Untuk jok belakang juga sama halnya dengan bagian tengah, hanya saja di bagian ini terdapat 3 buah headrest.

Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan Bagasi Mobil All New Nissan Serena Highway Star 2019

Bagasi yang dimiliki cukup luas

Di bagian bagasi  terbilang cukup luas yang dapat digunakan membawa barang lebih banyak. Bahkan saat kursi belakang tidak digunakan bisa dijadikan sebagai ruang bagasi tambahan. Yang lebih menarik adalah fitur Dual Back Door yang memudahkan dalam memasukkan barang atau menempatkan barang yang kecil di atas barang lainnya.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR ALL NEW NISSAN SERENA HIGHWAY STAR 2019

Untuk masalah fitur yang terdapat pada All New Nissan Serena Highway Star 2019 yang paling menonjol adalah Touchless Sliding Door dan Dual Back Door. Jadi pada pintu baris keduanya telah dilengkapi dengan Foot Sensor sehingga memungkinkan penggunanya untuk membuka pintu dengan hanya mengayunkan satu kaki saja di bawah pintu. Ditambah lagi pada pintu belakang terbagi jadi 2 bagian sehingga lebih memudahkan penggunanya memasukkan barang ketika parkir di tempat yang sempit.

Gambar ini menunjukkan All New Nissan Serena Highway Star 2019 warna putih dengan pintu belakang terbuka

Bagian pintu belakang mengandalkan Dual Back Door

Sementara untuk menunjang kebutuhan berkendara dari segi hiburan, All New Nissan Serena Highway Star 2019 dilengkapi dengan layar besar ukuran 11 inci yang terdapat pada plafon baris keduanya. Selain itu terdapat pula 7 USB Charging Ports yang membuat pengendara dan penumpang tidak rebutan dalam hal pengecasan ponsel yang dimiliki.

Tidak hanya itu saja, mobil ini juga memiliki fitur Intelligent Around View Monitor (I-AWM) yang bisa membuat pengendara mendapatkan pandangan jelas di sekitar dalam 360 derajat. Dengan diberikan kamera yang ditempatkan di bagian 4 sisi mobil membuat parkir jadi lebih mudah dan dapat melihat kondisi sekitar dengan lebih menyeluruh. Selain itu adapula Moving Object Detection (MOD) yang bertugas untuk memberitahu pengendara saat terdapat objek bergerak di belakang kendaraan. Adapula fitur Smartphone Connectivity in 7" Head Unit dan Digital Speedometer yang membuatnya lebih menarik.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur All New Nissan Serena Highway Star 2019

Hanya dengan mengayunkan kaki pintu geser sudah terbuka otomatis

Beberapa fitur lain yang diberikan pada All New Nissan Serena Highway Star 2019 untuk mendukung keamanan dan keselamatan berkendara adalah:

  • Safety Belt Front Seats Driver & Passenger: 3-Point ELR with pretensioner and load limiter
  • Safety Belt 2nd Row Seats 3-Point ELR x3
  • Safety Belt 3rd Row Seats 3-Point ELR x3
  • SRS Front Airbag Driver & Front passenger
  • SRS Side Airbag Driver & Front passenger
  • SRS Curtain Airbag 1st, 2nd & 3rd Row
  • Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA)
  • Vehicle Dynamic Control (VDC)

>>> Apa Saja Perbedaan Nissan Livina 2019 Dan Mitsubishi Xpander? Berikut Ulasan Lengkapnya

5. OPERASI ALL NEW NISSAN SERENA HIGHWAY STAR 2019

Gambar ini menunjukkan mesin All New Nissan Serena Highway Star 2019

Mesin yang digunakan masih sama dengan model sebelumnya

Pada bagian performa All New Serena Highway Star 2019 menggunakan mesin MW20 dengan 4 silinder Inline. Mesin tersebut berkonfigurasi dengan 16 katup dengan teknologi CVTC. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 150 Ps pada putaran 6.000 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimal yang dicapainya adalah 199 Nm pada putaran 4.400 Rpm. Tenaga yang dihasilkan disalurkan melalui transmisi XTRONIC CVT dengan Adaptive Shift Control, Front Wheel Drive.

>>> Perkembangan Mobil Listrik Kian Masif, Bisnis Oli Mesin Terancam Hilang

6. SPESIFIKASI ALL NEW NISSAN SERENA HIGHWAY STAR 2019

DIMENSI

Panjang

4.770 mm

Lebar

1.740 mm

Tinggi

1.865 mm

Wheelbase

2.860 mm

Berat

±1.660 kilogram

MESIN

Jenis

MR20 4 Silinder Inline, 16 Katup dengan CVTC

Isi silinder

1.997 cc

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Daya maksimum

150 Ps @ 6.000 rpm

Torsi maksimum

199 Nm @ 4.400 rpm

HANDLING & SUSPENSI

Transmisi

XTRONIC CVT dengan Adaptive Shift Control, Front Wheel Drive

Suspensi depan

Independent Strut, Single Action, Coil Spring with Stabilizer

Suspensi belakang

Torsion Beam, Single Action, Coil Spring with Stabilizer

Rem depan

Ventilated Disc

Rem belakang

Solid Disc

Ukuran ban

195/60 R16

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN ALL NEW NISSAN SERENA HIGHWAY STAR 2019

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Fitur yang diberikan semakin lengkap dan semakin mutakhir

Menggunakan mesin masih serupa tipe lama

Desain body lebih macho namun tetap elegan

Untuk versi hybrid belum tentu dibawa ke Indonesia

Interior menggunakan basis terbaru

Ground clearance yang dimiliki kurang tinggi

8. DAFTAR HARGA ALL NEW NISSAN SERENA HIGHWAY STAR 2019

Kalau berbicara soal harga, tentunya banyak yang penasaran bagi mereka yang belum tahu. Berdasarkan situs resmi Nissan, harga All New Nissan Serena Highway Star 2019 adalah Rp. 465.000.000 OTR Jabodetabek.

9. VIDEO ALL NEW NISSAN SERENA HIGHWAY STAR 2019

10. KESIMPULAN ALL NEW NISSAN SERENA HIGHWAY STAR 2019

All New Nissan Serena Highway Star 2019 merupakan kendaraan MPV yang cocok dijadikan sebagai mobil keluarga. Dengan bentuknya yang boxy membuat bagian kabin terasa lebih lega baik dari baris depan hingga belakang. Selain itu beragam fitur mumpuni diberikan untuk mendukung keamanan dan kenyamanan pengendara serta penumpang di dalamnya.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 02/10/2018 | Metodius Getan Plue

    Review Nissan Serena 2018

    Mobil dengan tampilan boxy ditambah fitur mewah seperti sliding door sudah banyak di Indonesia. Namun apakah Anda bisa membedakan mana yang benar-benar berkualitas dan mana yang biasa saja. Nissan Serena salah satu yang premium, dengan beragam kemewahan, mobil boxy ini bisa menjadi kendaraan penunjang utama serta membawa Anda pada tingkat yang lebih tinggi lagi.

  • 20/09/2017 | Mobilmo.com

    Mengenal Lebih Jauh MPV Nissan Serena Terbaru Serta Harga Serena Terbaru 2015

    Persaingan industry otomotif khususnya di segmen mobil MPV ditanah air makin menjanjikan. Dengan melihat makin larisnya mobil keluarga tersebut banyak para produsen mobil ternama berlomba lomba menciptakan MPV terbaru dengan keunggulan keunggulan masing masing.

  • 24/08/2019 | Abdul

    Review Nissan Navara Dakar 2019 : Modifikasi Untuk Medan Ekstrim

    Ajang Rally Dakar 2019 rupanya membuat Nissan mengembangkan modifikasi truk di kelas 4x4 ini. Nissan Navara 2019 memang sudah dirilis sejak hampir 1 tahun yang lalu. Perubahan besar di ajang balapan gurun tahunan terbesar di dunia itu tentu akan diusung kedalam versi on the road nya. Nah untuk kali ini kami akan memberikan informasi tentang review Nissan Navara Dakar 2019.