Spesifikasi Nissan Magnite Upper MT 2021 : SUV Dimensi Kecil Dengan Fitur Mumpuni

07/09/2021| Abdul

1. PENGANTAR NISSAN MAGNITE 2021

Nissan Magnite pertama kali debut di Indonesia pada 21 Desember 2020. Desainnya terbilang mungil untuk sebuah SUV yang menjadi pesaing dari KIA Sonet. Terdapat 3 varian yang dimiliki yakni Upper yang jadi varian terendah. Kemudian di atasnya ada Premium transmisi manual diikuti Magnite Premium transmisi CVT.

Kehadiran mobil ini tentunya membuat tambahan pilihan bagi masyarakat di Tanah Air yang menginginkan kendaraan SUV untuk menemani mobilitas sehari-hari. Lantas seperti apakah spesifikasi dan juga fitur yang diberikan di dalamnya? Mari kita simak informasinya terkait Magnite Upper MT.

2. EKSTERIOR NISSAN MAGNITE 2021

Sisi Depan Nissan Magnite Upper MT 2021

Gambar ini menunjukkan bagian depan Nissan Magnite Upper MT 2021

Desain menarik dengan aksen krom dan lekukan yang diberikan

Ketika melihat tampilan dari bagian luar, antara varian Upper dan Premium perbedaannya tidak terlalu mencolok. Di sisi depan mengandalkan grille lebar dengan aksen krom di sisi samping dan bawahnya. Logo kebanggan Nissan diposisikan pada bagian tengah.

Kemudian untuk headlamp menggunakan lampu utama halogen dipadukan dengan fog lamp LED. Bagian atas foglamp ada DRL yang akan menyala ketika mesin dinyalakan. Perpaduan lampunya terlihat sangat kontras namun hal tersebut tidaklah masalah. Di bagian bumper bawah diberikan underguard yang bisa melindungi bagian depan kendaraan.

Sisi Samping Nissan Magnite Upper MT 2021

Gambar ini menunjukkan sisi samping Nissan Magnite Upper MT 2021

Tampilan futuristik terpancar di bodi mobil yang dipadukan dengan velg two tone

Terlihat dari arah samping mempunyai desain futuristik dengan perpaduan bodi dan velgnya yang begitu menarik. Velg mobil menggunakan ukuran 16 inci menggunakan warna two tone. Over fender juga diberikan yang merupakan ciri khas SUV. Kemudian untuk samping bawah ada list menggunakan warna grey.

Spion mobil sewarna bodi dipadukan dengan emblem tulisan Magnite di depannya. Handle pintu menggunakan aksen warna krom yang telah dilengkapi dengan Smart Key model pencet. Bagian atas sendiri juga terdapat roof rail yang semakin menambah kegagahan mobil besutan Nissan.

Sisi Belakang Nissan Magnite Upper MT 2021

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Nissan Magnite Upper MT 2021

Desain belakang sporty dan juga tampak gagah

Berpindah ke bagian belakang, jika dibandingkan dengan varian Premium tidak memiliki perbedaan. Pada bagian stop lamp ala-ala LED bar namun masih menggunakan bohlam, hanya desainnya saja yang dibuat mirip. Tampilan sporty terpancar pada sisi belakang berkat penggunaan antena model shark fin dan rear spoiler.

Kemudian untuk kaca belakang sudah mendapatkan defogger dan wiper yang menjadikan visibilitas ke arah belakang menjadi lebih baik. Di bagian bawah kaca ada logo Nissan dan emblem tulisan Magnite. Ujung bawah pintu sebelah kiri juga diberikan emblem tulisan turbo sebagai penunjuk mesinnya. Sementara di bumper ada reflektor dan juga aksen warna silver yang tebal.

>>> Akhirnya Konsumen Pertama Nissan Magnite Mendapatkan Mobil Yang Diinginkannya

 

3. INTERIOR NISSAN MAGNITE 2021

Dashboard & Kemudi Nissan Magnite Upper MT 2021

Gambar ini menunjukkan dashboard Nissan Magnite Upper MT 2021

Interior tampil menarik dan enak dipandang

Di bagian interior terlihat menarik dan untuk dashboard sebelah kanan terdapat 3 tombol yakni Stability Control, Cruise Control dan headlamp leveling. Bagian ini juga mendapatkan kisi-kisi AC dan untuk bahan dashboard menggunakan hard plastik. Sedangkan di bagian tengah diberikan 2 kisi-kisi AC dipadukan dengan head unit monitor ukuran 8 inci layar sentuh.

Pengaturan AC menggunakan model digital Auto Climate dengan pengaturan arah semburan yang lengkap sampai kaca depan. Tombol Engine Start Stop berada di bagian tengah dengan dengan tuas transmisi. Kemudian di sebelah kiri terdapat airbags penumpang depan dan laci penyimpanan tertutup tapi masih belum soft opening.

Kemudi mobil menggunakan warna hitam dipadukan dengan silver. Setirnya ini telah dilapisi dengan kulit menggunakan jahitan warna putih. Palang sebelah kiri terdapat tombol audio steering switch dan sebelah kanan tombol cruise control serta tombol pengatur layar MID. Sedangkan pengaturan kemudinya hanya Tilt saja belum Telescopic.

Jok Nissan Magnite Upper MT 2021

Gambar ini menunjukkan jok mobil Nissan Magnite Upper MT 2021

Jok fabric nyaman saat diduduki pengemudi dan penumpang

Bahan material jok menggunakan fabric yang dapat memberikan kenyamanan selama di dalam mobil. Pengaturan jok mobil sangat lengkap karena telah diberikan height adjuster. Pengemudi dan penumpang depan mendapatkan headrest adjustable yang bisa memberikan kenyamanan kepada pengemudi dan penumpang depan.

Masuk ke baris kedua, belakang jok pengemudi dan penumpang depan dibekali dengan seat back pocket yang dapat digunakan untuk menaruh barang ukuran tipis. Bagian tengah jok baris kedua bisa digunakan sebagai armrest yang memiliki 2 buah cup holder. Pelipatan kursi belakang 60:40 dipadukan dengan headrest 2 buah sisi kanan dan kiri yang dapat diatur ketinggiannya.

>>> Pesanan Banyak, Beli Nissan Magnite Harus Tunggu 6 Bulan Lebih Setelah Pemesanan

 

4. FITUR NISSAN MAGNITE 2021

Fitur Kenyamanan Nissan Magnite Upper MT 2021

Gambar ini menunjukkan head unit mobil Nissan Magnite Upper MT 2021

Fitur hiburan mumpuni buat perjalanan lebih menyenangkan

Menuju ke sektor fitur, pada bagian speedometer sudah diberikan full TFT yang menjadikan tampilannya lebih keren. Di dalamnya terdapat informasi tentang data-data berkendara, Trips A, Trip B, setting dimmer, Fuel Economy, speedometer digital dan tachometer. Informasi lainnya juga diberikan di sini seperti indikator-indikator, sisa bahan bakar dan lainnya.

Kemudian untuk memberikan hiburan diberikan head unit monitor layar sentuh ukuran 8 inci. Pada bagian mesin terdapat Radio, Media, Phone, Vehicle, Setting dan Smartphone Integration. Menariknya head unit ini sudah support USB, Android Auto dan Apple CarPlay. Untuk Bluetooth dan Wifi berada pada menu setting.

Kamera mundur juga ditampilkan melalui layar head unit, bahkan terdapat tips-tips untuk mengemudi supaya hemat juga bisa ditampilkan melalui head unit Nissan Magnite.

Fitur Keselamatan Nissan Magnite Upper MT 2021

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur VDC pada Nissan Magnite Upper MT 2021

Fitur keselamatan terbilang cukup lengkap

Fitur yang diberikan untuk mendukung keselamatan juga terbilang lengkap. Dimana terdapat Dual front airbags, 3P Seat Belts with Pretensioner & Load limiter Driver, 3P Seat Belts with Pretensioner dan Load limiter Passenger.

Sistem pengereman mengandalkan ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution) yang menjadikan pengemudi dapat melakukan pengereman lebih maksimal.

Pemberian fitur di dalamnya memang dapat memberikan rasa aman terhadap pengendara. Bahkan ada pula fitur Hill Start Assist yang dapat berguna di tanjakan kemudian Cruise Control, Vehicle Dynamic Control dan Traction Control.

5. OPERASI NISSAN MAGNITE 2021

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Nissan Magnite Upper MT 2021

Mesin pada varian Upper ada juga yang pakai transmisi CVT

Berlanjut ke sektor performa mobil, pihak Nissan memberikan mesin Nissan Magnite Upper MT dengan tipe 1.0L Turbo Petrol yang mempunyai kapasitas 999 cc. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 100 Ps dan torsi puncaknya mencapai 160 Nm.

Torsi dan tenaga mesin disalurkan ke bagian roda dengan mengandalkan transmisi manual 5 speed. Untuk radius putar yang dimiliki mobil ini adalah 5.0 m yang dapat membuat pengemudi lebih lincah dalam mengemudikan mobil SUV besutan Nissan satu ini.

6. SPESIFIKASI NISSAN MAGNITE 2021

Berikut ini adalah tabel spesifikasi Nissan Magnite Upper MT 2021:

DIMENSI

Panjang

3994 mm

Lebar

1758 mm

Tinggi

1572 mm

Wheelbase

2501 mm

Ground Clearance

186 mm

Kapasitas Tangki

40 L

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

Mac Pherson strut with Lower Transverse link

Suspensi Belakang

Twin tube telescopic shock absorber

Ukuran Ban

195/60R16

System Kemudi

Electronic Power Steering

Radius Putar

5.0 m

MESIN

Tipe

1.0L Turbo Petrol

Kapasitas Silinder

999 cc

Bore x Stroke

72.2 x 81.3 mm

Tenaga Maksimal

100 Ps/5000 Rpm

Torsi Maksimal

160 Nm/2800-3600 Rpm

Transmisi

Manual 5 speed

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN MAGNITE 2021

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Nissan Magnite Upper MT 2021:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai dimensi yang mungil layaknya sebuah city car

Dibandingkan versi India fiturnya terdapat pengurangan

Dibekali dengan fitur yang terbilang cukup lengkap

 

Ground clearance tinggi yang pas digunakan untuk jalanan di Indonesia

 

8. DAFTAR HARGA NISSAN MAGNITE 2021

Setelah membahas tentang spesifikasi dan fitur tentunya kurang lengkap jika tidak membahas harga. Adapun harga Nissan Magnite Upper MT 2021 berada di angka Rp 219.900.000. Harga tersebut bisa saja terdapat perbedaan dengan dealer di daerah Sobat karena wilayah pembelian juga mempengaruhi harganya.

9. VIDEO NISSAN MAGNITE 2021

10. KESIMPULAN NISSAN MAGNITE 2021

Nissan Magnite menjadi salah satu SUV kecil yang dihadirkan di Indonesia. Dalam segmen ini perkembangannya cukup baik karena mempunyai daya tarik tersendiri dan dapat menemani aktivitas sehari-hari dengan nyaman. Mobil Nissan Magnite Upper MT 2021 dihadirkan dengan 3 pilihan warna yaitu Onyx Black, Blade Silver dan Storm White.

Jika menginginkan warna lain perlu memilih varian Premium baik transmisi manual atau CVT. Bahkan ada warna two tone meliputi Flare Garnet Red - Onyx Black Dan Pearl White - Onyx Black. Hanya saja perlu menyiapkan budget lebih jika menyukai varian di atas Upper.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Spesifikasi Nissan Magnite Upper MT 2021 : SUV Dimensi Kecil Dengan Fitur Mumpuni

    07/09/2021| Abdul

    Spesifikasi Nissan Magnite Upper MT 2021 : SUV Dimensi Kecil Dengan Fitur Mumpuni

    Nissan Magnite Upper MT merupakan trim termurah yang bisa dijadikan salah satu pilihan buat Sobat. Dibandingkan dengan trim Premium hargaya terpat Rp 17 jutaan. Meskipun begitu, tentunya dari segi kelengkapan masih di bawah trim Premium.

  • Spesifikasi Nissan Serena Highway Star 2013 : Mobil MPV Mewah Dan Nyaman

    20/07/2021| Abdul

    Spesifikasi Nissan Serena Highway Star 2013 : Mobil MPV Mewah Dan Nyaman

    Salah satu mobil mewah dengan dimensi besar yang dapat digunakan untuk perjalanan bersama keluarga adalah Nissan Serena. Pembahasan kali ini mengenai Nissan Serena Highway Star 2013 yang merupakan model C26 dan telah mendapatkan pembaruan sehingga lebih menarik dibandingkan dengan model sebelumnya.

  • Spesifikasi Mobil Nissan X-Trail XT Facelift 2013 : SUV Gagah Bagasi Luas

    29/04/2021| Abdul

    Spesifikasi Mobil Nissan X-Trail XT Facelift 2013 : SUV Gagah Bagasi Luas

    Nissan X-Trail XT Facelift 2013 merupakan mobil SUV dari Nissan yang siap menemani pemiliknya untuk menempuh perjalanan yang diinginkan. Salah satu ciri khas yang dimiliki adalah desainnya yang mengkotak. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan serta spesifikasi mobil besutan Nissan satu ini? mari kita simak informasinya.