Mengetahui Pilar A,B,C,D Pada Mobil Dan Fungsinya

12/06/2019 Abdul Perawatan mobil

Mobil memiliki beberapa komponen yang saling terhubung sehingga bisa membentuk menjadi sebuah kendaraan yang nyaman. Mungkin yang banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya adalah bodi, interior dan juga mesin. Jarang sekali yang mengetahui akan adanya pilar A,B,C,D pada mobil.

Pada semua jenis kendaraan memiliki beberapa pilar yang memiliki fungsi penting. Pastinya sobat pernah mendengar akan yang namanya pilar A,B,C,D pada mobil. Namun tahukah posisinya berada di mana?. Sobat tidak perlu khawatir, karena kali ini Mobilmo.com akan memberikan beberapa informasi mengenai masalah pilar yang terdapat pada mobil dengan fungsinya masing-masing.

Gambar ini menunjukkan mobil sedan dengan tanda 3 pilar dan 4 pilar

Mobil sedan dan SUV memiliki jumlah pilar berbeda

>>> Baca Juga, Waspada! Inilah Yang Akan Terjadi Jika CV Joint Atau As Roda Rusak Tidak Segera Diperbaiki

Mobil sendiri tidak semuanya menggunakan 4 pilar, akan tetapi ada juga yang hanya terdapat 3 saja. Adapun contoh yang memakai 3 pilar adalah mobil segmen sedan, sementara untuk mobil SUV mengandalkan 4 pilar. Tentunya terdapat alasan sendiri akan hal tersebut, apabila ingin lebih paham bisa melanjutkan membaca artikel kali ini.

Jadi pilar pada mobil terdapat pada rangka bodinya. Bagian ini menjadi penahan atap agar dapat dibentuk sedemikian rupa dan mobil dapat dikendarai dengan nyaman dan lebih aman.

Pilar A

Pembahasan yang pertama adalah pilar “A”, posisinya berada di bagian depan. Untuk fungsinya sebagai penyangga atap yang berada di bagian depan. Bahkan pada bagian ini juga menjadi tempat untuk meletakkan kaca depan agar dapat terpasang dengan kuat mengikuti modelnya. Spion mobil juga dipasangkan pada bagian ini.

Pilar B

Berlanjut menuju pilar “B”, yang mana untuk posisinya berada di tengah, lebih tepatnya adalah pada bagian belakang pintu depan. Pada umumnya dipakai untuk menempelkan sabuk pengaman depan. Adapun fungsinya selain tempat sabuk pengaman adalah menyambungkan atap dan juga pintu samping depan supaya tidak bergetar. Alhasil mobil terasa lebih aman dan nyaman saat dikendarai.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil sedan dengan 3 pilar

Setiap pilar memiliki fungsi masing-masing

Pilar C

Berkaitan dengan pembahasan pilar A,B,C,D pada mobil, selanjutnya adalah adalah pilar “C”. Untuk pilar ini posisinya berada di paling belakang. Fungsinya sendiri untuk menyangga atap belakang dan juga kaca belakang. Sementara jika mobil dalam segmen SUV, pilar “C” ini fungsinya sama seperti pilar “B” yakni menyangga atap dan juga tempat sabuk pengaman. Tentunya untuk masalah jumlah pilar pada mobil juga tergantung dimensi dan jenisnya.

Pilar D

Yang terakhir adalah pilar “D”, untuk posisinya berada pada bagian belakang. Pada pilar ini hanya terdapat pada mobil SUV. Posisi tepatnya berada pada sekitar bagasi mobil dan memiliki fungsi untuk menyangga atap belakang dan juga kaca bagian belakang. Apalagi mobil jenis ini memiliki desain yang kokoh, tentunya dengan pilar lebih banyak akan membuatnya lebih tangguh dan siap digunakan untuk melintasi segala medan jalan.

Tentunya dengan mengetahui pilar pada mobil dapat memberikan pengetahuan lebih. Tidak ada salahnya tahu akan beberapa komponen yang terdapat pada kendaraan. Siapa tahu suatu saat diperlukan untuk kepentingan informasi.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil SUV dengan 4 pilar

Mobil SUV memiliki 4 pilar yang memiliki fungsi cukup penting

Setelah membaca artikel tentang pilar A,B,C,D pada mobil tentunya sudah tahu bukan letak dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca