Nissan NP300 Hardbody Dapatkan Bintang Nol Pada Uji Keselamatan NCAP

08/11/2018 Padli Nurdin Pasar Mobil

Bisakah kendaraan mendapatkan bintang nol dalam uji keselamatan? Tentu saja. Seperti yang didapatkan oleh Nissan NP300 Hardbody saat diuji oleh Global NCAP.

Dalam evaluasi keselamatan terbaru dari Nissan NP300 Hardbody yang dilakukan oleh Global New Car Assessment Program (NCAP), ditemukan bahwa truk pikap menengah yang dijual di berbagai pasar di seluruh dunia ini tidak aman. Pasalnya pikap teranyar keluaran Nissan ini memperoleh peringkat keamanan atas kecelakaan bintang nol. Nol dari lima bintang. Kenapa bisa begitu?

Global NCAP menguji beberapa kendaraan, termasuk Toyota Yaris, Hyundai i20, Kia Picanto, dan Nissan Hardbody. Tetapi sementara tandingan Nissan yang lain meraih setidaknya bintang lima, Nissan jatuh ke lembah yang lebih dalam. NP300 Hardbody, versi terbaru dari Frontier generasi 1997 yang telah diperbarui terlihat lebih baik. Tetapi pengujian menunjukan hal yang sebaliknya.

Gambar yang menunjukan uji keselamatan Nissan NP300 Hardbody

Uji keselamatan Nissan NP300 Hardbody dalam Global NCAP

Ringkasan laporan Global NCAP menyebutkan, “NP300 Hardbody mencapai peringkat nol bintang yang mengkhawatirkan bagi perlindungan penumpang dewasa yang miskin terutama di kepala pengemudi dan area dada dalam uji tabrakan frontal pada [kecepatan] 64 km/jam.”

>>> Bukan Avanza atau Xpander, Ini Mobil MPV Paling Laris Di Dunia

Untungnya selama pengujian mobil ini tidak ada manusia yang terluka akibat tes uji tabrakan. Menggunakan boneka peraga, video yang dirilis secara resmi oleh NCAP tersebut menunjukan bagaimana penumpang terlempar dan ‘terluka parah’ hampir di setiap skenario kecelakaan.

Video uji keselamatan yang dilakukan oleh Global NCAP

"Struktur kendaraan runtuh selama uji tabrakan, dan dinilai tidak stabil. Kolom kemudi tidak runtuh, menembus kompartemen penumpang, menciptakan risiko tambahan bagi pengemudi saat bergerak langsung ke dada boneka. Performa ini menunjukkan risiko cedera yang signifikan bagi pengemudi kendati mobil dilengkapi dengan kantung udara frontal ganda.”

>>> Dapatkan beragam informasi unik pasar otomotif hanya di Mobilmo

“Probabilitas tinggi cedera yang mengancam jiwa pada kepala dan dada pengemudi menghasilkan rating perlindungan penumpang dewasa bintang nol. Bahkan dengan airbag, kepala dan dada pengemudi menunjukkan pembacaan biomekanik yang tinggi,” ungkap laporan tersebut.

Namun hal berbeda dijelaskan oleh juru bicara Nissan Afrika Selatan kepada Times SA, “Keamanan pelanggan kami adalah prioritas utama Nissan. Semua mobil kami memenuhi atau melampaui peraturan di semua negara tempat mereka dijual.”

Global NCAP percaya bahwa airbag depan dan samping harus menjadi peralatan keselamatan standar mobil, jelas Direktur Teknis NCAP, Alejandro Furas. “Konsumen Afrika Selatan tidak kurang penting daripada orang Eropa, Australia, Jepang, atau Amerika. Jadi mengapa mereka harus menerima fitur keamanan yang lebih rendah?”

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil lainnya

Gambar yang menunjukan Nissan NP300 Hardbody di Afrika Selatan

Nissan NP300 Hardtop yang dijual di pasar Afrika Selatan

Kendaraan yang diuji khusus untuk pasar Afrika Selatan, bukannya dijual secara global. Namun fakta yang menunjukan bahwa Afrika Selatan memiliki salah satu angka kematian kecelakaan mobil tertinggi di dunia – lebih dari 14.000 orang terbunuh di jalan tahun lalu – apakah tingkat keselamatan kendaraan yang buruk menjadi penyebabnya?

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca

  • Menjadi Rongsokan Selama 40 Tahun, Mini Cooper Ini Dijual Seharga Mobil Baru
    Pasar Mobil Padli Nurdin

    Menjadi Rongsokan Selama 40 Tahun, Mini Cooper Ini Dijual Seharga Mobil Baru

    07/11/2018

    Mini original sepertinya tak lekang oleh waktu. Tua-tua keladi, mobil ini sudah pantas dan berharga sebagai mobil klasik. Karena itu, tak salah jika seorang pecinta otomotif asal Inggris ini membayar hampir Rp 400 juta untuk sebuah mobil Mini Cooper rongsokan.

  • Bukan Avanza atau Xpander, Ini Mobil MPV Paling Laris Di Dunia
    Pasar Mobil Fatchur Sag

    Bukan Avanza atau Xpander, Ini Mobil MPV Paling Laris Di Dunia

    07/11/2018

    Untuk urusan mobil MPV paling laris di Indonesia, semua mengakui kalau Toyota Avanza adalah jagonya meski sekarang posisinya sedang di bawah Mitsubishi Xpander. Yang mungkin belum Anda tahu, mobil MPV paling laris di dunia ternyata bukan Avanza atau Xpander. Bahkan tidak disangka mobil MPV ini juga dijual di Indonesia yang hingga sekarang masih dipandang sebelah mata. Penasaran?

  • Perusahaan Jepang Menjadi Pabrikan Paling Sering Dicari di Google
    Pasar Mobil Padli Nurdin

    Perusahaan Jepang Menjadi Pabrikan Paling Sering Dicari di Google

    06/11/2018

    Sekarang ini, internet bisa menjadi salah satu indikator kepopuleran sebuah brand/merek. Perusahaan asuransi Veygo telah menerbitkan daftar merek mobil yang paling banyak dicari di Google di seluruh dunia. Dan hasilnya menunjukan bahwa produsen mobil Asia, Toyota, mendominasi pencarian.