Seberapa Efektif Penambahan Gas HHO Di Mesin Mobil?

04/06/2019 | Arfian Alamsyah

Gas Hydrogen-Oxyde atau yang lebih dikenal dengan gas HHO adalah sebuah gas hydrogen yang dipercaya akan membuat mesin semakin irit konsumsi BBM, menghilangkan kerak, dan juga membuat mesin lebih bertenaga. Sejumlah kelebihan ini membuat beberapa pemilik mobil dengan teknologi lawas memasangkan instalasi HHO ini untuk kemudian di inject kedalam mesin mobil mereka.

>>> Apa sih yang dimaksud dengan blow by gas? Ini penjelasan teknisnya

Instalasi akuarium HHO di mobil Toyota Kijang

Mobil Toyota Kijang dengan mesin K series menggunakan instalasi penghasil gas HHO

Gas HHO ini didapat dari sebuah sistem instalasi di mobil. Bentuknya seperti bak penampungan akuarium yang diberi arus listrik. Nah, ketika arus listrik masuk secara otomatis akan timbul gelombang HHO di dalam akuarium penampungan tadi. Lantas, gas HHO tersebut disalurkan ke mesin melalui pipa atau selang. Lantas apakah cara ini efektif menambah benefit ke mesin mobil?

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Instalasi Hydrogen-Oxyide (HHO)

Inilah alur instalasi bak akuarium penghasil gas HHO

Jawabannya sebenarnya berguna, namun kurang efektif. Karena, perangkat penghasil gas HHO ini membutuhkan ruang ekstra ketika akan di instal di mesin. Tidak hanya itu saja, meskipun akan membuat konsumsi BBM sedikit makin irit, namun penggunaan instalasi ini harus terpasang secara benar dan rapi. Karena, jika bocor akan menimbulkan bahaya tersendiri. Terlebih, jika penggunaan instalasi gas HHO ini bermanfaat, mengapa dari awal pabrikan mobil tidak menggunakannya? 

>>> Inilah 'gas ketawa' yang dapat membuat mesin mobil Anda punya lonjakan tenaga instan

Mesin L12 All New Honda Brio Satya

Mesin modern kini semakin padat dan agak mustahil diinstal akuarium penghasil gas HHO

So, seberapa efektif penambahan gas HHO ini di dalam mesin mobil? Jawabannya tergantung. Jika mesin teknologi lawas mungkin akan cukup terasa hasil pemasangan instalasi gas HHO ini, namun untuk mobil modern sepertinya tidak akan terlalu berpengaruh, mengingat mesin-mesin modern saat ini sudah canggih, bahkan untuk mobil di kelas LCGC saja sudah dilengkapi dengan teknologi pengaturan katup variabel.

>>> Dapatkan pembahasan tips dan trik teknis seputar mobil hanya di Mobilmo.com

Berita sama topik

  • 18/09/2019 | Abdul

    Beberapa Tanda Kompresor AC Mobil Lemah Yang Perlu Diperhatikan

    AC mobil memiliki tugas yang cukup penting untuk mendukung kenyamanan berkendara baik pengemudi ataupun penumpang. Bahkan fitur ini sekarang menjadi salah satu fitur standar yang harus diberikan pada mobil baru. Di dalamnya ada komponen yang bernama kompresor AC mobil. Fungsinya tergolong penting, karena jika kompresor AC mobil lemah maka kinerja AC jadi terganggu saat menyalurkan udara ke dalam kabin mobil.

  • 13/09/2019 | Abdul

    Penyebab & Cara Mencegah Timbulnya Korosi Pada Evaporator AC Mobil

    Beragam fitur dipasangkan pada kendaraan untuk membuat kabin mobil terasa nyaman saat dikendarai. Selain hal tersebut, pemberian fitur unggulan juga bisa menarik lebih banyak konsumen. Salah satu fitur pendukung kenyamanan dan membuat seseorang lebih betah di dalam kendaraan adalah AC mobil. Dalam komponennya terdapat evaporator yang mendukung kinerja dari AC mobil. Bisa saja terjadi korosi pada evaporator AC mobil yang dapat mengganggu kinerjanya.

  • 05/09/2019 | Abdul

    Apakah Bisa Modifikasi Mobil Mesin Bakar Internal Ke Mobil Listrik?

    Perkembangan mobil listrik semakin kesini semakin banyak peminat. Apakah sobat menjadi salah satunya?. Seperti yang kita tahu, bahwa kendaraan listrik sangat ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi. Dengan dipadukan desain yang menarik membuat mobil jenis tersebut banyak digandrungi oleh masyarakat terutama di Indonesia. Yang jadi pertanyaan adalah apakah bisa modifikasi mobil mesin bakar internal ke mobil listrik?