Seberapa Efektif Penambahan Gas HHO Di Mesin Mobil?

04/06/2019| Arfian Alamsyah

Gas Hydrogen-Oxyde atau yang lebih dikenal dengan gas HHO adalah sebuah gas hydrogen yang dipercaya akan membuat mesin semakin irit konsumsi BBM, menghilangkan kerak, dan juga membuat mesin lebih bertenaga. Sejumlah kelebihan ini membuat beberapa pemilik mobil dengan teknologi lawas memasangkan instalasi HHO ini untuk kemudian di inject kedalam mesin mobil mereka.

>>> Apa sih yang dimaksud dengan blow by gas? Ini penjelasan teknisnya

Instalasi akuarium HHO di mobil Toyota Kijang

Mobil Toyota Kijang dengan mesin K series menggunakan instalasi penghasil gas HHO

Gas HHO ini didapat dari sebuah sistem instalasi di mobil. Bentuknya seperti bak penampungan akuarium yang diberi arus listrik. Nah, ketika arus listrik masuk secara otomatis akan timbul gelombang HHO di dalam akuarium penampungan tadi. Lantas, gas HHO tersebut disalurkan ke mesin melalui pipa atau selang. Lantas apakah cara ini efektif menambah benefit ke mesin mobil?

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Instalasi Hydrogen-Oxyide (HHO)

Inilah alur instalasi bak akuarium penghasil gas HHO

Jawabannya sebenarnya berguna, namun kurang efektif. Karena, perangkat penghasil gas HHO ini membutuhkan ruang ekstra ketika akan di instal di mesin. Tidak hanya itu saja, meskipun akan membuat konsumsi BBM sedikit makin irit, namun penggunaan instalasi ini harus terpasang secara benar dan rapi. Karena, jika bocor akan menimbulkan bahaya tersendiri. Terlebih, jika penggunaan instalasi gas HHO ini bermanfaat, mengapa dari awal pabrikan mobil tidak menggunakannya? 

>>> Inilah 'gas ketawa' yang dapat membuat mesin mobil Anda punya lonjakan tenaga instan

Mesin L12 All New Honda Brio Satya

Mesin modern kini semakin padat dan agak mustahil diinstal akuarium penghasil gas HHO

So, seberapa efektif penambahan gas HHO ini di dalam mesin mobil? Jawabannya tergantung. Jika mesin teknologi lawas mungkin akan cukup terasa hasil pemasangan instalasi gas HHO ini, namun untuk mobil modern sepertinya tidak akan terlalu berpengaruh, mengingat mesin-mesin modern saat ini sudah canggih, bahkan untuk mobil di kelas LCGC saja sudah dilengkapi dengan teknologi pengaturan katup variabel.

>>> Dapatkan pembahasan tips dan trik teknis seputar mobil hanya di Mobilmo.com

Berita sama topik

  • Pandemi Belum Hilang, Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment Masih Berlaku

    29/07/2020| Fatchur Sag

    Pandemi Belum Hilang, Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment Masih Berlaku

    Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment masih berlaku di seluruh diler Suzuki untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pelanggan yang berkunjung.

  • Apakah Mobil Terbakar Karena Kejahatan Ditanggung Asuransi?

    14/07/2020| Abdul

    Apakah Mobil Terbakar Karena Kejahatan Ditanggung Asuransi?

    Asuransi merupakan lembaga yang menjaga dan melindungi nilai suatu kendaraan jika kendaraan tersebut mengalami kerusakan sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang berlaku. Di tengah kondisi yang tidak menentu seperti saat ini asuransi seperti menjadi kewajiban yang harus dimiliki oleh seseorang. Apalagi resiko mobil terbakar karena kejahatan bisa saja terjadi.

  • Beberapa Tanda Mobil Perlu Diservis Penting Untuk Diketahui

    13/07/2020| Abdul

    Beberapa Tanda Mobil Perlu Diservis Penting Untuk Diketahui

    Memastikan kondisi mobil tetap optimal merupakan salah satu kewajiban pemilik mobil. Jika kondisi kendaraan dalam keadaan baik, tentu saja segala aktivitas berkendara lebih terasa maksimal dan lebih aman di jalanan. Bayangkan jika kamu urung mengurus mobil sehingga rusak. Selain menghambat kegiatan, hal itu juga dapat menyebabkan kecelakaan yang mengancam jiwa. Oleh sebab itu mengetahui tanda mobil perlu diservis sangatlah diperlukan.

International