Review Honda Accord Turbo 2019: Mobil Mid-Size Sedan Dengan Teknologi Honda Sensing

15/02/2019 Abdul Review Honda

Honda Accord turbo rencananya akan dihadirkan di Indonesia pada tahun 2019. Begitu juga untuk pasar otomotif di Asia Tenggara. Sebelumnya mobil ini pernah diperkenalkan pada tahun 2018 lalu di Tanah Air. Lantas sebenarnya bagaimana sih mobil ini? untuk lebih jelasnya mari kita simak review Honda Accord Turbo 2019.

1. PENGANTAR HONDA ACCORD TURBO 2019

Review Honda Accord Turbo 2019 - Honda Accord merupakan mobil dalam segmen mid-size sedan yang telah masuk dalam generasi ke 10. Untuk debutnya sendiri sudah tidak diragukan lagi di pasar global dengan banyak peminat serta prestasi yang didapatkannya. Sinyal akan kedatangan mobil baru ke pasar Asia sudah tercium. Hal tersebut dikarenakan perkenalan yang telah dilakukan dari pihak Honda pada ajang bergengsi Thai Motor Expo 2018 yang berlokasi di Bangkok, Thailand.

Bagi masyarakat di Indonesia masih harus menunggu akan kepastian debut mobil Honda Accord 2019. Kali ini kami berikan informasi mengenai seluk beluk dari mobil mid-size sedan Honda tersebut yang dikemas dalam review Honda Accord Turbo 2019.

2. EKSTERIOR HONDA ACCORD TURBO 2019

Review Honda Accord Turbo 2019: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Honda Accord Turbo 2019 bagian depan  warna putih

Honda Accord Turbo 2019 masuk dalam segmen mid-size sedan dengan tampilan stylish dan sangat menarik

Sebelum merambah ke bagian lain, terlebih dahulu kita lihat di bagian depan Honda Accord Turbo 2019. Yang mana di bagian ini mempunyai tampilan yang sporty dan terlihat begitu stylish. Untuk menambah kesan menarik dan kekinian, mobil ini dibekali dengan headlight LED pipih seperti yang digunakan pada mobil Honda Civic Turbo. Sedangkan pada bagian grille didesain menggunakan kelir hitam dan juga krom yang membuatnya tampak lebih berkesan. Selain itu terdapat juga lekukan engine hood yang dibuat sedemikian rupa sehingga tampak lebih tegas dan membuat mobil ini lebih gahar.

Review Honda Accord Turbo 2019: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan Honda Accord Turbo 2019 warna putih tampak samping

Mobil Honda Accord Turbo 2019 memiliki bentuk layaknya mobil fastback

Berlanjut ke bagian samping, bentuknya terlihat gimana gitu. Jadi kalau dibilang bentuknya seperti mobil fastback dengan pilar C yang dibuat lebih kekar hingga menuju ke arah taillight. Ditambah lagi pada bagian kaca belakang dibuat melandai sehingga lebih tampak kesan menarik yang dimilikinya. Meskipun begitu, mobil Honda Accord Turbo 2019 ini masih three-box. Pada bagian atasnya terdapat detail krom dengan sedikit lekukan yang diberikan pada bagian sisi bawah pada kendaraan Honda ini. Sementara untuk menjalankan mobil mengandalkan velg bahan alloy wheel dengan ukuran 17 inci.

Review Honda Accord Turbo 2019: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Review Honda Accord Turbo 2019 warna putih

Bagian belakang terlihat dinamis dan sporty dengan adanya 2 buah knalpot kanan dan kiri

Berlanjut ke bagian eksterior belakang, pada bagian ini mempunyai lekukan yang terlihat begitu sensual. Lekukan tersebut  dibuat mengikuti garis bahu yang bermula dari titik engine hood hingga mencapai ke taillight. Sedangkan untuk teknologi yang digunakan pada taillight mengandalkan LED yang mempunyai format C-Shaped. Selain itu, untuk bagian bumper bawah memiliki dual-outlet exhaust. Honda Accord Turbo 2019 tampak lebih sporty berkat penggunaan 2 buah knalpot di bagian kanan dan kiri.

>>> Dapatkan review terbaru dari Honda hanya di sini

3. INTERIOR HONDA ACCORD TURBO 2019

Review Honda Accord Turbo 2019: Bagian Dashboard Dan Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan Bagian dashboard dan setir Honda Accord Turbo 2019

Dashboard dan kemudi mobil Honda Accord Turbo 2019 tampak mewah

Berlanjut ke bagian interior, yang mana di bagian dashboard mengandalkan panel wood dan juga aksen leather yang membuatnya tampak terlihat futuristik. Ditambah lagi pada bagian ini juga terkesan mewah layaknya mobil kelas premium. Untuk bagian pengemudi sendiri akan dihadapkan dengan fitur instrument cluster dengan mengandalkan layar digital ukuran 7 inci. Tentunya dengan adanya fitur ini pengemudi akan terasa lebih nyaman. Apalagi pada bagian pengemudi juga diberikan beberapa tombol multifungsi serta paddle shift yang lebih memudahkan pengendara untuk mengoperasikan fitur hiburan yang berada di dashboard mobil.

Sementara itu, pada bagian central cluster telah didesain menjadi lebih clean dengan diberikan tombol dual climate control dan juga Display Audio Touchscreen dengan ukuran 8 inci. Yang lebih menarik lagi adalah pada bagian transmisi yang sudah tidak memakai tuas. Akan tetapi sudah digantikan dengan penggunaan tombol transmisi dan juga mode berkendara yang lokasinya berada di bagian konsol tengah dan dibuat dalam satu area. Dengan adanya beragam fitur yang diberikan diharapkan dapat memberikan rasa nyaman bagi pengemudi ataupun penumpang bagian depan.

Review Honda Accord Turbo 2019: Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil Honda Accord Turbo 2019 dengan warna putih

Kapasitas Honda Accord Turbo 2019 hanya 5 orang penumpang saja

Pada bagian kursi mobil Honda Accord Turbo 2019 didesain untuk 5 penumpang. Bahan yang digunakan adalah material leather dan telah didukung dengan pengaturan elektrik pada bagian jok depan. Sementara itu, untuk jok bagian belakang didesain lebih melandai. Dengan desain tersebut menjadikan ruang headroom berlebih, mengingat bagian atapnya yang didesain dengan gaya fastback. Selain itu, terdapat fitur Heated and Ventilated Seat yang diberikan pada semua jok mobil.

>>> Baca juga:

4. FITUR HONDA ACCORD TURBO 2019

Review Honda Accord Turbo 2019: Fitur Hiburan

Untuk memberikan hiburan bagi pengendara terdapat Display Audio Touchscreen ukuran 8 inci yang mempunyai format yang cukup canggih. Jadi pada fitur tersebut memiliki navigasi, android Auto dan juga Apple CarPlay. Selain itu, agar perjalanan menjadi lebih nyaman fitur hiburan dihubungkan menggunakan 10 speaker audio plus subwoofer yang total outputnya mencapai 450 watt. Tentunya hal tersebut diharapkan dapat memberikan rasa nyaman selama berkendara baik perjalanan dekat ataupun jauh.

Gambar ini menunjukkan fitur pada mobil Honda Accord Turbo 2019

Fitur hiburan dapat memberikan suasana menyenangkan di dalam mobil selama perjalanan

Review Honda Accord Turbo 2019: Mode berkendara

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian interior, bahwa Honda Accord Turbo 2019 sudah tidak mengandalkan tuas transmisi lagi. Fungsinya telah digantikan dengan tombol P,R,N dan D serta ada tombol mode berkendara yang berupa ECON dan Sport. Tidak hanya itu saja, tombol lainnya yang terdapat pada mobil besutan Honda ini adalah untuk mengoperasikan Brake Hold dan juga Parking Brake.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi beberap mobil dengan warna berbeda

Fitur keselamatan yang diberikan untuk memberikan keamanan pada pengendara dan penumpangnya

>>> Masalah di Switch Door Mirror, Honda Odyssey Dan Accord Direcall

Review Honda Accord Turbo 2019: Fitur Keselamatan

Berlanjut soal keselamatan, yang mana honda Accord Turbo telah diberikan beberapa fitur Honda Sensing yang mumpuni berupa:

  • Road Departure Mitigation System (RDM) + Lane Departure Warning (LDW)
  • Lane Keeping Assist System (LKAS)
  • Collision Mitigation Braking System (CMBS) + Forward Collision Warning (FCW)
  • Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow
  • Traffic Sign Recognition

Dengan mengandalkan fitur tersebut diharapkan dapat memberikan rasa aman dan selamat sampai tujuan tanpa terjadi masalah apapun.

>>> Memahami Cara Kerja Honda LaneWatch Technology

5. OPERASI HONDA ACCORD TURBO 2019

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Honda Accord Turbo 2019

Honda Accord Turbo 2019 kemungkinan besar menggunakan mesin Mesin 1.5 liter 4-silinder VTEC Turbo

Pada bagian performa, kemungkinan besar dari pihak Honda memberikan mesin 1,5 Liter dengan 4 silinder VTEC Turbo untuk pasar otomotif Asia Tenggara. Kesimpulan tersebut diambil dari banyak informasi yang beredar mengenai masalah mesinnya. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat mencapai tenaga maksimal sebesar 192 Dk dan torsi puncaknya mencapai 260 Nm. Sedangkan perkiraan transmisi yang digunakan adalah CVT dengan sistem penggerak roda depan.

>>> Baca Juga, Honda Accord Terbaru Meluncur, Ada Perubahan Apa Saja?

6. SPESIFIKASI HONDA ACCORD TURBO 2019

Berikut ini merupakan spesifikasi Honda Accord Turbo 2019.

DIMENSI

Panjang

4.822 mm

Lebar

1.906 mm

Tinggi

1.450 mm

Wheelbase

2.830 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.5 liter 4-silinder VTEC Turbo

Kapasitas Silinder

1,498 cc

Daya Maksimum

192 dk @ 5500 rpm

Torsi Maksimum

260 Nm @ 1600-5000 rpm

Sistem Transmisi

CVT

HANDLING DAN SUSPENSI

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

Multi Link Coil Spring

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Solid Discs

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Electric Power-Assisted Steering (EPS)

Velg

17 Inci Alloy

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA ACCORD TURBO 2019

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Honda Accord Turbo 2019 yang bisa dijadikan pertimbangan.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai performa mesin turbo impresif di kelasnya

Teknologi Honda Sensing akan disunat atau tidak semua di aplikasikan ke mobil

Ruang kabin tampil dalam kelas premium

 

Desain eksterior cukup agresif dengan gaya fastback

 

8. DAFTAR HARGA HONDA ACCORD TURBO 2019

Berbicara soal harga, tentunya banyak yang penasaran. Mengingat mobilnya saja belum dihadirkan di Indonesia. Akan tetapi apabila mengacu padabocoran NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) yang menggunakan nama Honda Accord 1.5TC EL CVT, maka banderol yang diberikan adalah Rp. 538 jutaan.

9. VIDEO HONDA ACCORD TURBO 2019

10. KESIMPULAN HONDA ACCORD TURBO 2019

Apabila disuruh memilih antara Honda Accord versi Turbo dengan versi Hybrid saya kira mayoritas memilih versi Turbo. Hal tersebut dikarenakan dari segi fitur serta teknologi lebih menarik. Akan tetapi dari segi mesin, versi Turbo dirasa lebih rasional secara kemudahan dalam perawatan dan juga harganya. Dengan masuk dalam kategori mid-size sedan tentunya akan memberikan tambahan pilihan bagi masyarakat apabila sudah dihadirkan di Indonesia.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak review mobil yang menarik lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018
    Review Daihatsu Fatchur Sag

    Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018

    05/05/2019

    Salah satu mobil SUV yang populer dan diminati oleh para pecinta mobil di Indonesia adalah Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018. Lalu apa yang Anda pikirkan ketika melihat mobil Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 di jalanan? Anda pasti berpikir mobil ini memiliki kesan lebar, gagah, dan luas serta mendominasi benak Anda. Untuk lebih jelasnya, mari simak review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 berikut ini.

  • Review New Honda BR-V 2019
    Review Honda Arfian Alamsyah

    Review New Honda BR-V 2019

    04/05/2019

    Seakan tak ingin ketinggalan dengan rival-rivalnya yang semakin dewasa dan modern, PT Honda Prospect Motor meluncurkan New Honda BR-V 2019 di ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019.

  • Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Mobil Balap Dikembangkan Oleh Toyota Gazoo Racing

    Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Mobil Balap Dikembangkan Oleh Toyota Gazoo Racing

    28/04/2019

    Mobil terbagi dalam beberapa kelas yang memiliki kelebihan sendiri-sendiri, salah satunya adalah kelas GT4. Untuk meramaikan persaingan kelas tersebut, dari pihak TGR (Toyota Gazoo Racing) ikut menghadirkan mobil dalam varian balap yang merupakan generasi Supra teranyarnya yaitu Toyota GR Supra GT4 Concept 2019. Lantas bagaimana spesifikasi dan juga tampilan yang dimiliki, mari kita simak ulasannya.