Review Honda Civic 2019

20/11/2018 Padli Nurdin Review Honda

Honda beberapa waktu lalu telah meluncurkan beberapa pembaruan untuk menyambut Honda Civic 2019 sedan dan coupé. Seiring dengan peningkatan styling yang diperlukan dan memberikan tampilan depan yang sedikit lebih bersih, Civic datang dengan trim sport baru, fitur keselamatan aktif standar baru, serta tombol volume yang ditambahkan pada kemudi untuk sistem infotainment.

1. PENGANTAR HONDA CIVIC 2019

Review Honda Civic 2019Honda Civic merupakan sederetan (memang dibuat lebih dari satu varian) mobil yang diproduksi Honda. Awalnya masuk ke dalam segmen subkompak, Civic telah mengalami beberapa perubahan generasi menjadi lebih besar hingga bergerak ke segmen mobil kompak. Hingga facelift terbaru dalam bentuk Honda Civic 2019 yang baru saja diperkenalkan beberapa bulan lalu.

Gambar generasi pertama Honda Civic

Generasi pertama Honda Civic yang dikeluarkan pada 1972

Bertahan hingga sepuluh generasi hingga saat ini, Civic pertama diperkenalkan pada bulan Juli 1972 sebagai model dua pintu, diikuti dengan hatchback tiga pintu pada bulan September di tahun yang sama. Dengan mesin transversal 1.169 cc dan penggerak roda depan, mobil ini menyediakan ruang interior yang baik meskipun dimensi keseluruhannya masih kecil.

Perubahan tidak hanya terjadi pada bentuk dan tampilan kendaraan. Saat pertama kali mendapatkan reputasi sebagai kendaraan ramah lingkungan yang efisien dan andal, iterasi selanjutnya dikenal dengan kinerja dan desain macho yang cocok untuk mereka yang bergaya sporty, terutama untuk Civic Type R, Civic VTi, Civic GTi, dan Civic SiR/Si.

Gambar Honda Civic 2019

Tampilan elegan dari facelift Honda Civic 2019

Civic yang dijual di Indonesia merupakan general model tahun 2016. Dan untuk tahun depan, facelift Honda Civic 2019 menerima eksterior yang lebih segar, penyempurnaan interior, serta teknologi bantuan pengemudian yang lebih banyak untuk trim standar. Untuk lebih lengkapnya, simak review Honda Civic 2019 dari Mobilmo.com berikut ini.

2. EKSTERIOR HONDA CIVIC 2019

Sebelumnya, generasi kesepuluh dari Civic memang sudah mendapatkan eksterior dengan kesan agresif dan sporty. Namun facelift baru ini memberikan perubahan pada eksterior Honda Civic 2019 jika diperhatikan lebih detail.

Review Honda Civic 2019: Eksterior Depan

Gambar tampilan depan Honda Civic 2019

Tampilan depan Honda Civic 2019

Pada eksterior depan Honda Civic 2019 mendapatkan sedikit perubahan pada area panel upper fascia sayap menjadi warna piano black yang sebelumnya memiliki aksen krom. Selain itu, bumper bawah mengalami perubahan, seperti tambahan front splitter, aksen chrome sidepod dan gril pada bumper bawah. Desain lampu halogen atau LED Headlight dirombak sehingga mampu menghasilkan pencahayaan optimal pada saat berkendara di malam hari.

Review Honda Civic 2019:  Eksterior Samping

Gambar tampilan samping Honda Civic 2019

Tampilan samping Honda Civic 2019

Eksterior samping Honda Civic 2019 masih terlihat mulus dengan kesan elegan tanpa ada perubahan yang terlihat. Dengan roofline melandari dari pilar B hingga buritan, velg menjadi pembeda dengan versi facelift ini. Dengan trim Sport, velg Honda Civic 2019 mendapatkan velg alloy 10 spoke 18 inci, sedangkan trim Touring menggunakan velg 18 inci dan desain serta warna yang beragam

Review Honda Civic 2019:  Eksterior Belakang

Gambar tampilan belakang Honda Civic 2019

Tampilan belakang Honda Civic 2019

Jika dilihat sekilas, seperti tidak ada perubahan pada eksterior belakang Honda Civic 2019 butuh mata yang jeli untuk melihat perubahannya, yaitu pintu bagasi yang sudah mendapatkan decklid spoiler. Bumper belakang juga mengadopsi splitter-style rear lower bumper beraksen krom pada sisi tengah belakang. Bahkan Honda juga sempat-sempatnya menyematkan chrome polygonal exhaust finisher pada area tengan bumper dengan aksen panel diffuser pada trim Sport.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR HONDA CIVIC 2019

Sesuai dengan namanya, facelift memang memberikan banyak perubahan pada bagian luar Civic. Meskipun tidak terlalu signifikan, tetapi Honda juga sudah memberikan sedikit peningkatan pada interior Honda Civic 2019. Lalu, seperti apa perubahan yang diberikan?

Review Honda Civic 2019 :  Dasbor

Gambar dasbor Honda Civic 2019

Dasbor Honda Civic 2019

Untuk dasbor Honda Civic 2019, terlihat tidak ada perbedaan yang signifikan dengan versi pra-facelift. Tetapi semua trim sudah mendapatkan peningkatan dengan sistem infotainment HondaLink yang menjadi standar pada semua level ditambah dengan tombol fisik serta pengaturan Apple CarPlay dan Android Auto.

Review Honda Civic 2019 :  Kemudi

Gambar kemudi Honda Civic 2019

Kemudi Honda Civic 2019

Seperti kebanyakan kendaraan penumpang Honda lainnya, kemudi Honda Civic 2019 masih mendapatkan kemudi tiga palang yang dibalut dengan kulit serta finishing beraksen krom. Pada bagian jempol kanan dan kiri sudah mendapatkan berbagai tombol tambahan untuk mengakses berbagai fitur, termasuk volume dan Hands-Free Call.

Review Honda Civic 2019 :  Kursi

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, format kursi Honda Civic 2019 masih sama dengan menggunakan material leather ditambah dengan pengaturan elektrik untuk kursi depan. Memberikan kenyaman apda 5 penumpang dewasa berkat kabin yang lebih lapang, kursi depan dan belakang yang bisa dipanaskan bisa memberikan kenyamanan, terutama untuk berkendara di musim hujan atau pada saat malam hari.

Gambar kursi Honda Civic 2019

Kursi Honda Civic 2019 

Review Honda Civic 2019 :  Bagasi

Masih sedikit keterangan yang bisa didapatkan dari bagasi Honda Civic 2019. Tetapi untuk ruang penyimpanan, Honda memberikan kompartemen sebesar 427 liter. Selain itu Anda juga bisa meningkatkan ruang penyimpanan dengan melipat kursi belakang 40/60, kecuali untuk versi dasar LX yang dilengkapi dengan kursi belakang satu bagian yang bisa dilipat.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR HONDA CIVIC 2019

Untuk menghadirkan pengalaman berkendara dengan semua fitur teknologi terbaru dari Honda, fitur Honda Civic 2019 dijejalkan dalam sebuah layar instrument TFT 7 inci yang menjadi standar untuk semua varian. Selain Honda Sensing standar, model LX dibuat lebih ‘polos’ dengan fitur standar seperti alloy wheel 16 inci, power window, power door locks, kontrol iklim otomatis, serta sistem suara empat speaker dengan streaming Bluetooth.

Gambar panoramic roof Honda Civic 2019

Panoramic roof Honda Civic 2019

Gambar fitur infotainment Honda Civic 2019

Fitur infotainment disematkan pada layar instrumen 7 inci

Semua Civic sudah mendapatkan versi terbaru dari sistem infotainment HondaLink yang menjadi standar pada semua trim level, kecuali basis LX. Apple CarPlay dan Android Auto juga dimasukan ke dalam layar sentuh yang sudah diperbarui dengan tambahan kenop volume yang ditawarkan pada semua trim, kecuali varian dasar.

Review Honda Civic 2019 :  Fitur Keselamatan Aktif

Semua fitur keselamatan aktif Honda Civic 2019 mendapatkan fitur standar yaitu fitur bantuan pengemudi Honda Sensing yang menggabungkan kontrol pelayaran adaptif berkecepatan penuh, pengereman mitigasi tabrakan, dan tak lupa automatic high-beams. Sistem bantuan pengemudian standar seperti ini membuat Honda Civic lebih kompetitif dibandingkan Toyota Corolla yang juga menawarkan paket standar sistem keamanan driver adaptif. Kebanyakan mobil lain pada kelas ini membuat Anda membayar ekstra untuk fitur-fitur seperti ini.

Gambar rangka Honda Civic 2019

Rangka besar yang sama dengan Civic 2018 diprediksi mendapatkan tingkat keselamatan bintang lima

Meskipun Civic 2019 belum pernah diuji coba oleh NHTSA dan IIHS, model 2018 menerima peringkat keseluruhan bintang lima dari NHTSA (dari maksimal lima bintang). Dalam pengujian IIHS, Honda Civic 2018 menerima peringkat “Baik: dalam uji kelayakan dan peringkat “Superior” dalam uji pencegahan tabrakan depan setelah menghindari tabrakan dalam tes 20 km/jam dan 40 km/jam. (“Superior” adalah skor tertinggi dalam uji pencegahan kecelakaan depan).

>>> Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Wonder SB3 – Mobil Klasik Murah

5. OPERASI HONDA CIVIC 2019

Untuk sistem operasi Honda Civic 2019, Honda menawarkan dua pilihan mesin dan dua transmisi. Trim yang lebih rendah mendapatkan mesin 2.0 liter empat silinder yang dapat menyatukan 158 daya kuda dengan torsi maksimal yang dihasilkan mencapai 187 Nm melalui transmisi manual enam kecepatan atau CVT.

Kekuatan trim terendahnya saja bisa dibilang lebih besar jika dibandingkan dengan rata-rata sedan kompak. Namun jika Anda ingin mendapatkan performa yang lebih besar lagi, varian yang lebih tinggi akan mendapatkan mesin 1.5L empat silinder turbocharged yang dipasangkan secara eksklusif pada transmisi CVT dengan keluaran output 174 daya kuda dengan 220 Nm torsi.

Gambar mesin Honda Civic 2019

Mesin Honda Civic 2019

Efisiensi bahan bakar juga tak main-main. Dengan catatan 25 mpg pada jalanan perkotaan dan 36 mpg pada jalan raya, basis Civic dengan manual enam kecepatan dan mesin 2.0 liter berada di bawah rata-rata ekonomi bahan bakar. Mesin yang sama dengan transmisi CVT akan meningkatkan ekonomi bahan bakar menjadi 30 dan 38 mpg, semakin kompetitif dengan pesaing Civic. Untuk yang paling tinggi, Anda bisa menggunakan mesin 1.5 liter dengan CVT yang mampu menghasilkan efisiensi 32/42 mpg.

>>> 7 Alasan Honda Civic Estilo Adalah Mobil Bekas Yang Cocok Untuk Anak Muda

6. SPESIFIKASI HONDA CIVIC 2019

Diperkenalkan beberapa bulan lalu, berikut spesifikasi Honda Civic 2019 dasar yang bisa menjadi acuan Anda untuk melihat detail kendaraan ini.

Dimensi Honda Civic 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.501 mm x 2.075 mm x 1.421 mm

Jarak Sumbu Roda

2.700 mm

Jarak Pijak Depan

1.547 mm

Jarak Pijak Depan

1.563

Mesin Honda Civic 2019

Tipe Mesin

4 silinder segaris 16 katup VTEC Turbo DOHC, DBW

Isi Silinder

1.498 cc

Suplai Bahan Bakar

PGM FI – Direct Injection

Rasio Kompresi

10,6:1

Tenaga Maksimal

174 dk

Torsi Maksimal

220 Nm

Transmisi

Otomatis CVT/Manual 6 Percepatan

Kaki-Kaki Honda Civic 2019

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi Link

Roda

Alloy Wheel 18 inci

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disc

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA CIVIC 2019

Memang mobil ini baru akan dikeluarkan tahun depan, namun Mobilmo.com mengungkapkan beberapa kelebihan dan kekurangan Honda Civic 2019, diantaranya yaitu:

Kelebihan

Kekurangan

Peningkatan pada kenyamanan mengendarai mobil

Peningkatan lebih banyak pada tampilan kendaraan

Efisiensi bahan bakar lebih hemat

Tidak ada perubahan pada performa berkendara

Sedan dan hatchback menawarkan interior yang lapang

 

>>> Simaklah kelebihan dan kekurangan mobil Honda lainnya di sini

8. DAFTAR HARGA HONDA CIVIC 2019

Dilansir dari Honda, harga Honda Civic 2019 yang ditawarkan dalam lima trim mendapatkan harga dasar mulai dari $ 19.450 hingga $ 27.300. Untuk lebih lengkapnya, berikut lima trim yang ditawarkan oleh Honda untuk Civic 2019.

Model

Harga

Dikonversikan ke Rupiah (Kurs $ 1 = Rp 14.750)

Honda Civic DX (Manual) 2019

$ 17.790

Rp 262 jutaan

Honda Civic LX (Manual/CVT) 2019

$ 20.690

Rp 305 jutaan

Honda Civic EX (CVT) 2019

$ 24.290

Rp 358 jutaan

Honda Civic Sport (CVT) 2019

$ 24.490

Rp 361 jutaan

Honda Civic Touring (CVT) 2019

$ 27.990

Rp 413 jutaan

9. VIDEO HONDA CIVIC 2019

Tampilan awal Honda Civic 2019 sudah dipamerkan beberapa bulan lalu. Nah, untuk lebih dekat dengan sedan terpopuler dari Honda ini, lihat kembali touring walkaround dari video Honda Civic 2019 yang diunggah oleh Honda Canada dalam akun YouTube resminya

10. KESIMPULAN HONDA CIVIC 2019

Sebagai kendaraan yang bersaing di segmen ‘sulit’, Honda Civic memang perlu sedikit dipersenjatai lebih lengkap mengingat beberapa pesaingnya juga sudah mengambil ancang-ancang untuk pembaruan. Dilihat dari perubahan yang diberikan Honda, bisa dibilang desain serta tampilan luar Honda Civic 2019 sudah cukup siap bersaing. Tak lupa teknologi dan sistem infotainment ditingkatkan, cocok untuk menggaet keluarga kecil serta eksekutif muda yang berkelas.

Gambar desain Honda Civic 2019

Desain facelift Honda Civic 2019

Kapan penyegaran juga ditemukan pada Honda Civic untuk pasar Indonesia? Sepertinya tahun depan menjadi waktu yang tepat untuk memperkenalkannya.

>>> Klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Review Jeep Gladiator 2019
    Review Jeep Padli Nurdin

    Review Jeep Gladiator 2019

    12/12/2018

    Tepat pada gelaran Los Angeles Auto Show 2018, Jeep membawa kembali Gladiator dari kematian. Setelah dimatikan selama 30 tahun, Jeep Gladiator 2019 akhirnya menyapa penggila off-road dengan berbagai peningkatan dan tampilan yang membuat mobil ini lebih modern.

  • Review Nissan Leaf Nismo RC 2019
    Review Nissan Padli Nurdin

    Review Nissan Leaf Nismo RC 2019

    10/12/2018

    Pada tahun 2011, Nissan meluncurkan apa yang disebut dengan Nissan Leaf Nismo RC, pembalap listrik yang terbuat dari serat karbon. Dengan sistem propulsi yang sebagian dipinjam dari produksi Nissan Leaf dan sentuhan eksterior mobil listrik Nissan, melaju cepat hingga hari ini, Nissan Leaf Nismo RC 2019 diperkenalkan di Jepang.

  • Review Chevrolet Blazer 2019
    Review Chevrolet Arfian Alamsyah

    Review Chevrolet Blazer 2019

    08/12/2018

    Nama Blazer bukan hanya besar di Indonesia saja, namun di berbagai belahan negara di dunia, nama Blazer memiliki reputasi yang harum. Dan inilah versi terbaru dari Chevrolet Blazer yang kami bungkus dalam bentuk sebuah review Chevrolet Blazer 2019.