Review All New Honda CR-V 2017

16/11/2018 Padli Nurdin Review Honda

Sebagai salah satu andalan Honda untuk segmen SUV di Indonesia, Honda CR-V merupakan salah satu lumbung uang Honda. Dari yang tertinggi hingga All New Honda CR-V 2017 yang menjadi varian terendah, Honda menancapkan kukunya lebih dalam pada segmen SUV di Tanah Air.

1. PENGANTAR ALL NEW HONDA CR-V 2017

Review All New Honda CR-V 2017 Sejak awal kemunculannya di Indonesia pada 2012 silam, Honda CR-V langsung mendapatkan perhatian yang diinginkannya. Dilihat dari sisi desain, CR-V awalnya menjadi pembeda dan pembaruan segar untuk mobil Sport Utility Vehicle (SUV). Untuk generasi kelima, varian terendah dikenal dengan All New Honda CR-V 2017.

Gambar Honda CR-V generasi pertama

Desain Honda CR-V generasi pertama

Ketenaran CR-V tidak hanya di negara asalnya. Honda bahkan menegaskan bahwa Honda CR-V adalah SUV dengan jumlah penjualan tertinggi sepanjang masa di Tanah Air. Dengan data yang dibeberkan tahun lalu, generasi kelima yang baru saja diperkenalkan mendapatkan reputasi yang sangat baik di seluruh dunia. Terlebih dengan dikeluarkannya All New Honda CR-V 2017, tak salah jika penjualan CR-V di Indonesia meroket selama semester I 2018 ini.

Memang Honda CR-V sudah mendapatkan asam garam serta naik turun penjualan di Indonesia. Pertama kali masuk ke Nusantara pada tahun 2000, CR-V telah mencatatkan penjualan lebih dari 200.000 unit. Dan sebagai model global, CR-V juga dikenal sebagai salah satu produk SUV terlaris di beberapa negara. Bahkan menguasai Negeri Paman Sam dan menjadi SUV dengan penjualan tertinggi selama 20 tahun berdasarkan total penjualan kumulatif sejak pertama kali SUV diperkenalkan.

Gambar All New Honda CR-V Prestige Turbo 2017

Generasi kelima dikenal dengan All New Honda CR-V Turbo

Di Indonesia, All New Honda CR-V dari generasi kelima dibagi menjadi tiga varian, yaitu Honda CR-V 2.0L, 1.5L Turbo serta 1.5L Prestige Turbo, Mobilmo.com akan memberikan review All New Honda CR-V 2017 untuk membantu Anda memilih SUV bagi keluarga nan bergaya sporty.

2. EKSTERIOR ALL NEW HONDA CR-V 2017

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang juga bergaya sporty, eksterior All New Honda CR-V 2017 memang diubah menjadi lebih gagah dan maskulin. Mendapatkan desain body yang lebih kompak, sporty dan elegan, terlihat beberapa perbedaan jika dibandingkan versi facelift tahun 2015. Apalagi pada bagian depan. Seperti apa perbedaannya?

Review All New Honda CR-V 2017: Eksterior Depan

Gambar lampu depan All New CR-V 2017Gambar bumper depan All New CR-V 2017

Tampilan depan All New Honda CR-V 2017

Dengan titel All New, bisa dipastikan eksterior depan All New Honda CR-V 2017 mendapatkan pembaruan yang menyenangkan. Headlamp sudah dilengkapi dengan LED DRL yang siap memberikan penerangan maksimal ketika dipacu pada malam hari. Kesan mewah terlihat dari desain panggangan yang rapat. Bumper yang menjorok ke bawah juga melengkapi tampilan front-end yang lebih kokoh. Bagian depan akhirnya dilengkapi dengan dua foglamp untuk membantu visibilitas pada saat cuaca buruk.

Review All New Honda CR-V 2017: Eksterior Samping

Gambar tampilan samping All New CR-V 2017

Tampilan samping All New Honda CR-V 2017

Lengkungan halus yang memberikan kesan elegan pada eksterior samping All New Honda CR-V 2017. Dipadukan dengan side skirt beraksen krom pada bagian tubuh bawah menegaskan keinginan Honda untuk menjadikan mobil ini mengikuti kesan sporty yang diberikan oleh kompetitornya di segmen SUV. Tampilan samping dipadukan dengan velg 18 inci dengan tipe ban 235/60 R18.

Review All New Honda CR-V 2017: Eksterior Belakang

Gambar tampilan belakang All New CR-V 2017

Tampilan samping All New Honda CR-V 2017

Beranjak ke bagian buritan, kombinasi lampu ekor LED dan Rear Combi Lamp yang dipenuhi LED Light Bar menguatkan desain sporty eksterior belakang All New Honda CR-V 2017. Lengkung tubuh yang dibuat lebih berkarakter dibandingkan generasi sebelumnya memberikan desain atraktif dan mewah. Double knalpot terhubung dengan bumper belakang yang kecil. Namun sayang, bumper kecil terlihat sangat kontras ketika dibandingkan dengan tubuh CR-V yang terkesan lebar.

>>> Dapatkan review Honda lainnya:

3. INTERIOR ALL NEW HONDA CR-V 2017

Masuk ke ruang kabin, terlihat jelas bagaimana Honda ingin memanjakan penumpang dan pengemudi dengan kemewahan pada interior All New Honda CR-V 2017. Kabin yang lapang berwarna Beige menghasilkan tampilan elegan bagi penggunanya. Ruang kaki cukup lapang mengingat CR-V didesain untuk menampung tujuh orang penumpang.

Review All New Honda CR-V 2017: Dasbor

Gambar dasbor All New CR-V 2017

Bagian dasbor All New Honda CR-V 2017

Panel premium menjadi titik eksklusif pada dasbor All New Honda CR-V 2017. Dipenuhi dengan layar sentuh 7 inci untuk Honda CR-V 2.0L dan 9 inci untuk CR-V Turbo 1.5L dan Prestige Turbo 1.5L, kelengkapan yang diberikan yaitu fitur navigasi, CD/DVD, MP3/WMA, port USB, HDMI port, koneksi Smartphone dan Bluetooth hingga radio.

Review All New Honda CR-V 2017: Kemudi

Semua varian generasi kelima sudah dilengkapi dengan paddle shift pada kemudi untuk mempermudah pemindahan gigi. Sedangkan kemudi All New Honda CR-V 2017 masih menggunakan kemudi tiga palang seperti pada generasi sebelumnya dilengkapi dengan aksen krom mempercantik tampilan.

Gambar teknologi tilt &  Telescopic Steering All New CR-V 2017

Teknologi Tilt & Telescopic Steering All New Honda CR-V 2017

CR-V sudah dilengkapi dengan fitur Tilt & Telescopic Steering yang memberikan kemudahan bagi pengendara untuk mengatur posisi kemudi setir. Untuk melengkapi fitur pada Tak lupa beberapa tombol disematkan pada bagian kiri dan kanan agar pengemudi bisa menjangkau beberapa fitur yang diberikan.

Review All New Honda CR-V 2017: Kursi

Kenyamanan bisa dilihat dari bagaimana tampilan kursi All New Honda CR-V 2017. Salah satunya dengan 8 Way Power Seat Adjustment with Lumbar Support pada varian 1.5L Turbo dan 1.5L Prestige Turbo pada pengemudi. Untuk varian tertinggi, kursi penumpang juga sudah mendapatkan 4 Way Power Seat Adjustment, meskipun varian lainnya masih menggunakan pengaturan manual. Terdapat Sun Visor with Vanity Mirror dan Seat Back Pocket pada setiap kursi pengemudi dan penumpang.

Gambar kursi dengan airbag pada All New CR-V 2017​

Kursi dengan airbag pada All New CR-V 2017​

Review All New Honda CR-V 2017: Bagasi

Kehadiran kursi baris ketiga memang memangkas ruang yang dijadikan sebagai bagasi All New CR-V 2017. Tetapi jika Anda menurunkan kursi baris ketiga, masih tersisa cukup banyak tambahan ruang untuk menyimpan semua barang bawaan. Tambahan jok di belakang membuat tinggi lantai ketika jok dilipat menjadi lebih tinggi. Untuk mengakalinya, Anda bisa menggunakan false floor yang bisa digeser ke bawah tanpa harus mengeluarkannya dari bagasi. Bahkan lower mode bisa memuat 3 galon air berukuran 19 liter.

>>> Baca juga berita terbaru Honda lainnya di sini:​

4. FITUR ALL NEW HONDA CR-V 2017

Sebagai SUV yang biasanya digunakan untuk mengangkut keluarga dengan penumpang lebih dari dua, tentunya banyak fitur All New Honda CR-V 2017 ditanamkan untuk mendukung hiburan serta keamanan ketika berkendara. Untuk fitur hiburan di dalam mobil, ada layar monitor 7 inci yang dilengkapi dengan pemutar CD/DVD, MP3/WMA, radio, SUB Port, serta koneksi smartphone dan Bluetooth.

Gambar head unit layar sentuh All New CR-V 2017​

Berbagai fitur terbaru dari All New Honda CR-V 2017

Mobil ini sudah dilengkapi dengan Remote Engine Start, One Push Ignition System, Rear Parking Camera dan Heat Rejecting Green Tinted Glass untuk kemudahan Anda selama mengemudi. Dan bagi Anda yang selalu disibukan oleh pekerjaan, Honda sudah menanamkan fitur Hands Free Telephone untuk menjawab telepon penting ketika sedang mengemudi.

Review All New Honda CR-V 2017: Fitur Keselamatan Aktif

Berbagai fitur keselamatan aktif All New Honda CR-V 2017 sudah ditanamkan untuk memberikan kenyamanan selama berkendara. Generasi kelima CR-V ini sudah dilengkapi dengan Seatbelt Reminder untuk mengingatkan Anda ketika ada penumpang yang belum memakai seatbelt. Ingat, jangan remehkan seatbelt ketika sedang berkendara, meskipun dalam jarak dekat. Karena tidak kecelakaan bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja.

Gambar fitur keselamatan All New CR-V 2017​

Fitur keamanan VSA terbaru All New Honda CR-V 2017

Seperti biasa, CR-V akan memberikan Dual Front i-SRS Airbags, serta tambahan side dan side curtain airbags untuk varian tertinggi. Sistem keamanan lainnya meliputi Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), dan Brake Override System pada semua varian. Untuk keamanan mobil, CR-V dilengkapi dengan sistem alarm, Auto Door Lock by Speed dan Immobilizer.

5. OPERASI ALL NEW HONDA CR-V 2017

Untuk sistem operasi All New Honda CR-V 2.0L, terdapat dua perbedaan, yaitu CR-V 2.0L yang mendapatkan mesin 2.0L 4 silinder segaris 16 katup dengan DBW dan sistem suplai bahan bakar PGM-FI dan mampu menghasilkan 153 daya kuda serta torsi maksimum 189 Nm. Sedangkan untuk varian 1.5L Turbo dan Prestige Turbo, Honda menanamkan 1.5L 4 silinder segaris VTEC Turbo DOHC 16 katup + DBW dengan keluaran 187 daya kuda dengan torsi 240 Nm.

Gambar mesin All New CR-V 2017​

Mesin All New Honda CR-V 2017

Dibandingkan dengan dua saudaranya yang lebih kuat dengan torsi yang lebih besar, mesin CR-V 2.0L memang terlihat tidak begitu bertenaga. Tetapi dengan menggunakan sistem PGM-FI, keunggulan dari CR-V 2.0L terdapat pada efisiensi bahan bakar yang sedikit lebih baik dibandingkan dua saudaranya. Meskipun perbedaannya terlihat lebih kecil, namun pada masa-masa dimana BBM mulai naik, sepertinya efisiensi ini menjadi salah satu alasan untuk memilih CR-V 2.0L.

Nah, salah satu alasan untuk membeli All New Honda CR-V 2017 adalah mesin yang sudah lulus uji standar emisi Euro4 Compliance. Dengan ini, Anda tidak perlu lagi mengganti mobil mengingat pemerintah sedang mengeluarkan peraturan untuk membuat semua kendaraan yang melaju di jalanan sudah lulus uji emisi Euro4 yang sudah dimulai pada September lalu.

6. SPESIFIKASI ALL NEW HONDA CR-V 2017

Spesifikasi All New Honda CR-V 2017 terbagi menjadi dua varian, karena 1.5L Turbo dan Prestige Turbo memiliki spesifikasi yang hampir sama. Berikut spesifikasi detail untuk pembaca sekalian.

Dimensi All New Honda CR-V 2017

Panjang x Lebar x Tinggi

4.584 mm x 1.855 mm x 1.679 mm

Jarak Sumbu Roda

2.660 mm

Jarak Pijak Depan

1.598 mm

Jarak Pijak Belakang

1.613 mm

Mesin All New Honda CR-V 2017

Varian

All New CR-V 2.0L

All New CR-V 1.5L Turbo dan Prestige Turbo

Tipe Mesin

2.0L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW

1.5L 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW

Sistem Suplai Bahan Bakar

PGM-FI

Direct Injection

Isi Silinder

1.997 cc

1.498 cc

Perbandingan Kompresi

10,6:1

10,3:1

Daya Maksimum

153 dk @ 6.500 rpm

187 dk @ 5.600 rpm

Torsi Maksimum

189 Nm @ 4.300 rpm

240 Nm @ 2.000 – 5.000 rpm

Transmisi

CVT

Kaki-Kaki All New Honda CR-V 2017

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Tipe Ban

235/60 R18

Tipe Velg

18x7,5J

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN ALL NEW HONDA CR-V 2017

Meskipun CR-V sudah memberikan kenyamanan serta pengendaraan yang baik, mari kita intip bagaimana kelebihan dan kekurangan All New CR-V 2017.

Kelebihan

Kekurangan

Kabin luas dan cukup lapang untuk tujuh orang penumpang

Harga yang cukup mahal jika dibandingkan kompetitornya

Berbagai fitur serta teknologi baru dari Honda

Meskipun efisien, namun konsumsi bahan bakar masih kalah

Tampilan maskulin dan elegan

 

Performa mesin baik dengan akselerasi mumpuni

 

8. DAFTAR HARGA ALL NEW HONDA CR-V 2017

Seperti yang dijelaskan di atas, harga All New Honda CR-V 2017 terbagi menjadi tiga bagian tergantung dari varian yang Anda inginkan. Berdasarkan laman resmi Honda saat ini, ini dia harga dari ketiga varian tersebut. (Harga per November 2018)

Varian

Harga

All New Honda CR-V 2.0L

Rp 437.000.000

All New Honda CR-V 1.5L Turbo

Rp 471.000.000

All New Honda CR-V 1.5L Prestige Turbo

Rp 511.000.000

9. VIDEO ALL NEW HONDA CR-V 2017

Honda memang sudah memperkenalkan mobil ini tahun lalu. Anda bisa melihat video All New Honda CR-V 2017 yang menjadi promo resmi Honda untuk mobil ini di sini.

10. KESIMPULAN ALL NEW HONDA CR-V 2017

Sebagai salah satu pemuncak dari segmen SUV di Indonesia, bukan rahasia lagi jika CR-V sudah memberikan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya. Dengan mengandalkan fitur-fitur canggih dan teknologi terbaru dari Honda, bisa dibilang All New Honda CR-V 2017 merupakan kendaraan yang cukup tangguh untuk dibawa ke mana saja.

Gambar mobil baru All new Honda CR-V 2017

All New Honda CR-V 2017 siap memberikan kenyamanan bagi seluruh keluarga

Lincah dan mampu menerobos berbagai medan, spesifikasi mesin serta efisiensi bahan bakar yang mumpuni mengimbangi desain sporty yang ditawarkan ketika melihat mobil ini. Meskipun CR-V memang ditawarkan untuk kalangan menengah ke atas, CR-V 2017 bisa dibilang masih cukup kompetitif bersaing pada kategori SUV premium.

Mungkin anda ingin baca

  • Review Jeep Gladiator 2019
    Review Jeep Padli Nurdin

    Review Jeep Gladiator 2019

    12/12/2018

    Tepat pada gelaran Los Angeles Auto Show 2018, Jeep membawa kembali Gladiator dari kematian. Setelah dimatikan selama 30 tahun, Jeep Gladiator 2019 akhirnya menyapa penggila off-road dengan berbagai peningkatan dan tampilan yang membuat mobil ini lebih modern.

  • Review Nissan Leaf Nismo RC 2019
    Review Nissan Padli Nurdin

    Review Nissan Leaf Nismo RC 2019

    10/12/2018

    Pada tahun 2011, Nissan meluncurkan apa yang disebut dengan Nissan Leaf Nismo RC, pembalap listrik yang terbuat dari serat karbon. Dengan sistem propulsi yang sebagian dipinjam dari produksi Nissan Leaf dan sentuhan eksterior mobil listrik Nissan, melaju cepat hingga hari ini, Nissan Leaf Nismo RC 2019 diperkenalkan di Jepang.

  • Review Chevrolet Blazer 2019
    Review Chevrolet Arfian Alamsyah

    Review Chevrolet Blazer 2019

    08/12/2018

    Nama Blazer bukan hanya besar di Indonesia saja, namun di berbagai belahan negara di dunia, nama Blazer memiliki reputasi yang harum. Dan inilah versi terbaru dari Chevrolet Blazer yang kami bungkus dalam bentuk sebuah review Chevrolet Blazer 2019.