Test Drive Honda New HR-V 1.5L E Special Edition 2018

03/09/2018 Arfian Alamsyah Review Honda

Banyak yang bilang, mempertahankan itu jauh lebih sulit ketimbang meraih. Dan hal inilah yang dilakukan oleh Honda New HR-V 2018. Dengan menambahkan satu varian yang bermesin 1500 cc dengan trim Special Edition. Mampukah ia mempertahankan kedigdayaannya diantara serangan sengit para pesaing?

1. PENGANTAR HONDA HR-V 1.5L SPECIAL EDITION 2018

Tampak dua Honda New HR-V 1.5L E Special Edition 2018

Honda HR-V berusaha mempertahankan posisinya di tengah gempuran rival.

Test Drive Honda New HR-V 1.5L E Special Edition 2018 - Pada hakikatnya, Honda HR-V diluncurkan di bumi Indonesia adalah untuk mengisi pilihan di celah pasar antara Honda BR-V dengan Honda CR-V yang selisih harganya terlalu jauh serta segmentasinya berbeda. Meski Honda HR-V hadir lebih dahulu di tahun 2014, dan BR-V baru pada tahun 2015. Tak pelak, saat itu Honda HR-V langsung melenggang sendirian menjadi primadona di kelas SUV kompak dan membuka kelas baru yang begitu diminati konsumen Indonesia. Sebelum akhirnya serangan dari rival-rivalnya yang begitu kuat seperti Mazda CX-3Chevrolet Trax, dan Suzuki SX4 S-Cross bermunculan.

Honda HR-V begitu penting bagi keberlangsungan hidup PT. Honda Prospect Motor (HPM) di Indonesia. Selain Honda Brio yang menjadi ujung tombak penjualan mereka di Indonesia, Honda HR-V juga menjadi salah satu andalan jualan mereka. Terbukti, penjualan di tahun 2018 semester I sebanyak 76.694 diraih oleh SUV kompak Honda ini. "Banyak juga konsumen kita yang ingin tampilan serta fitur Honda HR-V bermesin 1800 cc, namun dengan kemasan HR-V 1500 cc, kenapa tidak kita hadirkan yang sepertu itu," tukas Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT. Honda Prospect Motor eksklusif kepada Mobilmo.com di sela-sela test drive Honda HR-V 1.5L E Special Edition 2018.

2. EKSTERIOR HONDA HR-V 1.5L SPECIAL EDITION 2018

Tampak barisan Honda HR-V 1.5L E Special Edition siap di test drive

Honda New HR-V 1.5L E 2018  siap menyapa penggemar SUV kompak di Indonesia 

Tak kenal maka tak sayang, kalau udah kenal masih enggak sayang gimana dong? Nah, makanya untuk dapat menyayangi dan mengerti Honda New HR-V 1.5 Special Edition yang Mobilmo.com test drive langsung ini, mari kita bahas satu per satu dari sisi eksteriornya. Dan seperti biasa, kami akan melakukan tour 360 derajat seperti khasnya Mobilmo.com dan sister site di grup kami yaitu Cintamobil.com. So, untuk lebih jelasnya tentang mobil ini, mari simak review kami sampai habis.

Tampak depan Honda New HR-V 1.5L E Special Edition

Honda New HR-V 2018 1.5L E Special Edition bersolek lewat tampang depan 

Test Drive Honda New HR-V 1.5L E Special Edition 2018: Sisi depan

Pertama kita mulai dari sisi depan dahulu. Kami dari Mobilmo.com berani bilang, bahwa salah satu nilai pembaharuan yang utama ada pada tampilan depan dari mobil ini. Tidak hanya bumper depan dan rumah foglampnya yang mendapat penyegaran. Lihat saja penggunaan headlamp full LED (light emitting diode)-nya yang semakin menambah aura modern juga mewah dari mobil ini. Tidak hanya itu saja, grill depan berlapis krom yang memanjang seolah menyatu dengan lampu depan tadi juga menegaskan bahwa mobil ini adalah SUV kompak yang kekinian. Enggak heran, banyak dari mamah-mamah muda (ibu-ibu dengan usia pernikahan dibawah 5 tahun dan memiliki anak 1 hingga 2) yang mendambakan mobil ini menjadi besutan harian mereka. 

Tampak samping Honda New HR-V 1.5L E Special Edition

Sekilas tidak ada perbedaan pada Honda New HR-V ini bila dilihat dari samping

Test Drive Honda New HR-V 1.5L E Special Edition 2018: Sisi samping

Kalau dilihat sekilas, selain stiker 'nothing but outstanding' di mobil tes kami, memang nyaris enggak ada perbedaan yang signifikan antara Honda New HR-V 1.5L E Special Edition ini dengan generasi sebelumnya yang sudah hadir sejak tahun 2014. Namun jika Anda lihat lebih detail, kini varian bermesin 1500 cc ini menggunakan pelek bawaan dari Honda HR-V bermesin 1800 cc. Sedangkan untuk varian tertinggi dari New HR-V yakni tipe 1.8L Prestige menggunakan pelek alloy dengan desain baru. Meski hanya sentuhan kecil, namun cukup mampu mendongkrak tampilan dari mobil Honda New HR-V ini. Good job Honda!

Tampak sebuah mobil Honda New HR-V 1.5L E Special Edition warna dark olive mettalic

Demikian juga bagian belakangnya, seperti tidak ada beda di Honda New HR-V 

Test Drive Honda New HR-V 1.5L E Special Edition 2018: Sisi belakang

Sama seperti kita melihat mobil ini dari sisi samping, tidak terlalu kentara perbedaan antara HR-V baru dengan yang lama. Seolah Honda agak malas melakukan ubahan di andalan terbaru di segmen SUV kompak mereka ini, atau malah, jangan-jangan desain awal dari Honda HR-V ini sudah teralalu cantik sehingga butuh usaha ekstra untuk membuatnya lebih menarik? Namun Honda tidak kehabisan akal, mereka menyematkan rear license garnish atau semacam garis berlapis krom diatas pelat nomornya. Terbukti, ubahan ini membuat tampilannya sekilas tampak berbeda, padahal mobil ini adalah mobil yang sama dengan pendahulunya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR HONDA HR-V 1.5L SPECIAL EDITION 2018

Tampak layout interior Honda New HR-V 1.5L E Special Edition warna hitam

Sayang sekali, tidak ada ubahan signifikan pada interiornya 

Test Drive Honda New HR-V 1.5L E Special Edition 2018: Dashboard 

Sangat disayangkan tidak ada ubahan sama sekali dari layout interior mobil berharga Rp 329,5 juta ini. Paling, jika Anda detail seperti kami di Mobilmo.com, Anda hanya akan menemukan perbedaan pada tombol hazard yang sebelumnya berwarna merah, kini menggunakan warna hitam saja. Pun demikian dengan balutan setir yang kini dibungkus oleh kulit namun sayangnya ketika digenggam membuat setir terasa kurang mantab karena permukaannya terasa licin. Yang jelas, Honda butuh pembaharuan yang lebih dari saat ini untuk dapat lebih unjuk gigi dikelasnya. 

Tampak kursi depan baru dari mobil Honda New HR-V 1.5L E Special Edition

Desain kursi baru pada Honda New HR-V 1.5L E Special Edition bikin enggak cepat pegal 

Test Drive Honda New HR-V 1.5L E Special Edition 2018: Kursi

Satu yang kami suka dari Honda New HR-V terbaru ini, yaitu penggunaan kursi baru, namun sayangnya untuk postur tester Mobilmo.com kursi baru ini terasa kurang menyangga tubuh dengan baik saat bermanuver dikecepatan tinggi. Seharusnya kursi depan ini dapat dibuat agar lebih empuk lagi sehingga menambah kenyamanannya. Juga ditambahkan pengaturan lumbar support agar diperjalanan jauh mobil yang akhir-akhir ini menjadi idaman ibu-ibu muda ini lebih menyenangkan dan tidak membuat cepat lelah.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR HONDA HR-V 1.5L SPECIAL EDITION 2018

Tampak tombol multifungsi pada lingkar kemudi yang dapat mengatur head unit floating terbaru pada Honda New HR-V 1.5L E Special Edition

Head unit baru yang besarnya 8 inchi dapat diatur dari tombol pada kemudi 

Head unit yang digunakan kini lebih besar 2,8 inchi dibanding Honda HR-V sebelum facelift. Jika sebelumnya besar monitornya 6,2 inchi, maka kini besar layarnya adalah 8 inchi. Bukan hanya lebih besar, namun head unit berdesain floating ini juga membawa fitur lengkap yang kekinian. Sebut saja fitur AM/FM Radio, Bluetooth Connection, Smartphone Connection, Smartphone Connection, Handsfree Connection, dan USB Connection. Tidak ketinggalan multi angle view camera juga hadir di Honda New HR-V 1.5L E Special Edition ini. Asyiknya, fitur bejibun tersebut dapat Anda kendalikan dengan sentuhan ringan pada jempol Anda. Menarik bukan?

Tampak tombol pengaturan rem parkir elektrik dan juga brake hold di New Honda HR-V 1.5L E Special Edition

Meskipun kedua tombol ini bukan hal baru namun fitur ini sangat memudahkan 

Well, kami tahu electronic parking brake serta brake hold bukanlah fitur baru dan bukan kelengkapan yang disukai oleh semua orang. Termasuk kami dari Mobilmo.com. Well, memang kami terlihat agak kuno karena lebih menyukai rem parkir yang dioperasikan pakai otot atau dengan menggunakan tangan atau kaki langsung. Namun fitur rem parkir elektronik ini akan memudahkan para mamah-mamah muda yang lebih suka mengaktifkan fitur mobil dengan penuh perasaan. 

>>> Mari klik sini untuk simak review mobil Honda lainnya

5. OPERASI HONDA HR-V 1.5L SPECIAL EDITION 2018

Tampak sebuah Honda HR-V 1.5L E Special Edition berwarna dark olive mettalic sedang dipacu oleh tester kami

Honda New HR-V 1.5L E Special Edition sedang melaju dikendarai oleh tester kami 

Salah satu tester kami kebetulan ada yang memiliki Honda HR-V generasi sebelumnya. Dan kami menyerahkan kunci smart key mobil tes ini kepadanya untuk dicoba dan mengetahui. Secara akselerasi terasa perbedaan namun menurutnya sedikit sekali, "mungkin faktor mobil baru saja, dan kita tidak tahu bahan bakar jenis apa yang di isi ke mobil tes yang dipinjamkan ke kita ini," ujarnya. Berbicara soal transmisi, performanya tentunya halus karena mengadopsi CVT. Roda kemudinya juga tetap dibekali paddle shift cukup mampu memberikan sensasi berkendara sporty bagi pengemudinya. Dengan racikan tersebut, Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 terbilang mampu untuk digunakan dalam area perkotaan maupun luar kota yang butuh engine brake dan akselerasi keras. Sayangnya dapur pacu ini masih sama dengan model sebelum facelift. Dari sisi pengendaraan pun nyaris tidak berbeda. Meski ayunan suspensi terasa sedikit lembut saat Mobilmo.com mengetes Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018, "hal ini disinyalir ada sedikit perbedaan spring rate pada per belakang Honda HR-V terbaru ini", tutup tester kami.

Tampak sebuah eco indicator pada New Honda HR-V 1.5L E Special Edition

Eco indicator seakan mengajak pengemudi Honda HR-V untuk mengemudi hemat (Foto : Hondaisme)

6. SPESIFIKASI HONDA HR-V 1.5L SPECIAL EDITION 2018

Kini tiba saatnya Mobilmo.com memberikan review Honda HR-V 1.5L E Special Edition 2018 Indonesia khususnya pada aspek spesifikasi. 

SPESIFIKASI HONDA HR-V 1.5L E SPECIAL EDITION 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.294 mm x 1.772 mm x 1.580 mm

Jarak Poros Roda

2.610 mm

Jarak Pijak Depan

1.535 mm

Jarak Pijak Belakang

1.540 mm

Jarak Pijak Terendah

170 mm

Radius Putar Minimum

5,3 m

MESIN

Tipe Mesin

1.5 Liter SOHC 4 Silinder Segaris 16 Katup i-VTEC + Drive By Wire

Kapasitas Silinder

1.497 cc

Daya Maksimum

120 dk / 6.500 Rpm

Torsi Maksimum

145 Nm / 4.600 Rpm

Sistem Transmisi

CVT with Earth Dream Technology

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Electronic Power Steering (EPS)

Ukuran Ban

215/55 R17

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

PGM-FI

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

50 Liter

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA HR-V 1.5L SPECIAL EDITION 2018

Tak lupa, Mobilmo.com juga hendak memberikan opini tentang kelebihan dan kekurangan Honda HR-V Facelift 2018.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan eksterior terlihat lebih modis dan maskulin

Fitur keselamatan tidak selengkap model Thailand dan Malaysia

Audio baru lebih besar dan atraktif

Tidak terlalu terasa perubahan di performa mesin

8. DAFTAR HARGA HONDA HR-V 1.5L SPECIAL EDITION 2018

Test Drive Honda HR-V 1.5L E Special Edition - Mobil ini dijual dengan harga Rp 329,5 juta on-the-road. Lebih "murah" Rp 65,5 juta dibandingkan varian 1.8 Prestige. Saat ini Honda menawarkan lima varian dengan rentang harga Honda HR-V 2018 Rp 279,5 - 395 juta

9. VIDEO HONDA HR-V 1.5L SPECIAL EDITION 2018

10. KESIMPULAN HONDA HR-V 1.5L SPECIAL EDITION 2018

Tampak dua buah mobil Honda New HR-V 1.5L E Special Edition berwarna Dark Olive Mettalic dan White Orchid Pearl

Sebenarnya Honda New HR-V 1.5L E Special Edition ini lebih butuh banyak amunisi untuk menghantam Mazda CX-3 

Oke, kita masuk kepada kesimpulan terhadap review mobil ini. Is this car for you? Yes, jika Anda pria atau wanita yang enerjik dan suka pengemudi sendiri, maka mobil ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Apalagi harganya masih masuk akal dan tidak kemahalan. Ditambah lagi fiturnya pun layak dan pas untuk harganya.

>>> Simaklah review mobil lainnya di sini

Mungkin anda ingin baca

  • Review Tata Xenon XT 2018: Jawara Baru Penantang Hilux dan Mitsubishi Triton
    Review Tata Metodius Getan Plue

    Review Tata Xenon XT 2018: Jawara Baru Penantang Hilux dan Mitsubishi Triton

    21/09/2018

    Memasuki Indonesia sebagai pasar potensian, Tata Motors memilih untuk lebih fokus bukan kepada kendaraan penumpang. Kini Tata Motors memilih menjual pickup dan truck, mengenai hal ini, ada satu mobil yang menurut Mobilmo.com cukup menarik dan mampu menjadi daya tarik bagi pengguna truk kabin ganda di tanah air, yaitu Tata Xenon XT 2018.

  • Review McLaren Senna 2018: Warisan Sang Legenda Balap F1 Paling Populer
    Review Mclaren Metodius Getan Plue

    Review McLaren Senna 2018: Warisan Sang Legenda Balap F1 Paling Populer

    16/09/2018

    Melihat MPV, SUV atau sedan melintas dijalan raya itu sudah sering, namun apakah Anda pernah melihat hypercar? Ada salah satu model yang cukup menggugah selera para pecinta kecepatan, salah satunya adalah McLaren Senna. McLaren salah satu brand dunia yang identik dengan mobil cepat, banyak keluaran dari McLaren menjadi raja jalanan dan raja sirkuit balap.

  • Review Suzuki Ertiga GL 2018, Varian Menengah Dari Suzuki Ertiga
    Review Suzuki Handy Goeyana

    Review Suzuki Ertiga GL 2018, Varian Menengah Dari Suzuki Ertiga

    15/09/2018

    Suzuki Ertiga 2018 resmi memulai debutnya saat ajang IIMS pada bulan April 2018 kemarin. Sebagai varian menengah dari Suzuki Ertiga, Suzuki Ertiga GL jauh lebih lengkap dari varian GA meskipun masih kalah lengkap dengan varian GX. Review Suzuki Ertiga GL 2018 akan kami jabarkan di bawah ini.