Review Daihatsu Copen 2016, Kemewahan Roadster Dalam Sebuah Keicar

09/04/2018 Mobilmo.com Review Daihatsu

Nama Daihatsu Copen memang bukan sebuah nama mobil yang familiar di Indonesia. Bahkan bisa dibilang, mobil ini memiliki angka penjualan yang cukup rendah dibandingkan dengan mobil buatan Daihatsu lainnya.

Nama Daihatsu Copen memang bukan sebuah nama mobil yang familiar di Indonesia. Bahkan bisa dibilang, mobil ini memiliki angka penjualan yang cukup rendah dibandingkan dengan mobil buatan Daihatsu lainnya. Tetapi, sebagai sebuah keicar yang mungil dengan konsep roadster, Copen bisa dibilang memiliki berbagai keunggulan yang unik mulai dari bentuknya yang mungil hingga mesinnya. Seperti apa sebenarnya mobil yang hanya memiliki silinder mesin 600 cc ini? Berikut ini adalah review dari Daihatsu Copen 2016 yang ada di Indonesia.

PENGANTAR  DAIHATSU COPEN 2016

Resmi diluncurkan di Bali pada tahun 2015, Daihatsu Copen tidak terlalu menarik minat orag Indonesia untuk memilikinya. Hal ini memang cukup wajar karena pangsa pasar di Indonesia lebih tertarik dengan mobil yang bisa memuat banyak penumpang dan tangguh di jalan. Konsep roadster mungil yang diusung oleh Daihatsu Copen memang lebih cocok untuk dijadikan sebuah mobil koleksi daripada digunakan sebagai kendaraan sehari-hari. Walaupun begtu, konsep Copen sendiri bisa dibilang tidak main-main karena menawarkan kemewahan selayaknya sebuah mobil roadster.

EKSTERIOR  DAIHATSU COPEN 2016

  • Desain Roadster Mungil

Daihatsu Copen memang menggunakan konsep keicar yang mungil ala Jepang. Tetapi, bentuk dari mobil ini masih terlihat sporty dengan berbagai tampilan layaknya sebuah roadster hanya saja dimensinya yang diperkecil. Bentuk yang aerodinamis dengan berbagai fitur pilihan yang sporty bisa kita temukan di mobil ini.
  • Desain bagian depan

Di bagian depan, mobil ini memiliki tampilan yang cukup garang dan modern untuk sebuah mobil dengan ukuran kecil. Bentuk grill yang sporty dengan headlamp dan fog lamp yang dinamis sangat menunjang mobil ini untuk terlihat stand out ketika berada di jalan.
  • Desain bagian samping

Dari bagian samping, mobil ini memiliki desain yang sangat aerodinamis dengan lekukan body yang halus. Walaupun dimensinya kecil, tetapi kita harus apresiasi desainer Daihatsu yang membuat mobil ini bisa terlihat sangat garang.
  • Desain Bagian belakang

Bagian belakang mobil ini sangat stylish dan juga sporty ala sebuah sedan raodster mewah. Dengan rear lamp yang cukup menyala, mobil ini pasti akan menarik perhatian di jalan saat digunakan oleh Anda

INTERIOR  DAIHATSU COPEN 2016

  • Ruang Standar ala Roadster

Konsep roadster keicar yang diusung oleh Daihatsu Copen memang benar-benar membuatnya sangat irit ruangan di bagian kabin. Mobil ini hanya memiliki dua buah kursi untuk pengemudi dan penmpang depan. Walaupun begitu dari sisi kemewahan, mobil in sama sekali tidak mengecewakan Anda. Mulai dari penggunaan bahan interior terbaik serta desain sporty ala roadster mewah jua Anda dapatkan di mobil ini.
  • Desain bagian dashboard

Dashboard mobil ini dibuat sangat berkelas menggunakan warna single tone dengan aksen chrome di beberapa bagian untuk membuat mobil ini terlihat berkelas. Desain panel untuk pengauran headunit dan juga AC sangat sederhana, tetapi hal ini malh meningkatkan kesan berkelas dari mobil ini.
  • Desain bagian setir

Bagian setir dibuat membulat ala mobil sport dengan menggunakan aksen chrome di beberapa bagian. Di bagian ini juga sudah memiliki audio steering switch untk memudahkan pengemudi mengatur suara audio dari headunit.
  • Desain kursi

Walaupun ruangan dari mobil ini bisa dibilang sangat terbatas, tetapi soal kenyamanan dari kursi sama sekali tidak perlu diragukan. Dengan menggunakan bucket seat agar penumpang merasa nyaman di dalam kabin. Bahan yang digunakanpun menggunakan bahan soft touch sehingga bagian dalam dari mobil ini benar-benar terlihat mewah.
  • Ruang bagasi

Ruang bagasi mobil tidak terlalu luas dan lebih berfungsi untuk menyimpan atas mobil pada saat sedang dilipat.

FITUR DAIHATSU COPEN 2016

Dari sisi fitur sebuah mobil, Daihatsu Copen 2016 memiliki fitur keselamatan dan hiburan sebagai berikut:
  • Fitur keselamatan

Untuk bagian keselamatan, mobil Daihatsu Copen 2016 ini bisa kita acungi jempol karena fitur yang diberikan benar-benar lengkap untuk sebuah mobil yang mini. Mobil ini sudah memiliki safety airbag untuk penumpang di bagian depan, pengereman dengan menggunakan ABS + EBD, Vehicle Stability Control, dan menggunakan TAF body dengan side impact beam untuk meredam benturan.
  • Fitur hiburan

Untuk bagian hiburan, mobil ini memiliki 2din touchscreen head unit yang bisa memberikan hiburan dari CD, koneksi bluetooth dan juga radio.

OPERASI  DAIHATSU COPEN 2016

Harap diingat bahwa Daihatsu Copen 2016 ini masih termasuk ke dalam kategori mobil keicar dengan isi silinder yang tidak terlalu besar. Mobil ini hanya memiliki isi silinder sebesar 658 cc dengan tenaga maksimal 64 ps dan torsi maksimal 9.4 Nm. Tenaga ini bisa dibilang sangat kecil bahkan bila dibandingkan dengan mobil LCGC sekalipun. Tetapi untuk mengatasi hal ini rupanya Daihatsu sudah menyiasatinya dengan memberikan turbo pada mobil ini sehingga bisa melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 11 detik. Untuk bagian suspensinya, mobil ini menggunakan sistem suspensi McPherson Strut di bagian depan dan Torsion beam untuk suspensi bagian belakang. Untuk bagian velgnya sendiri,mobil ini menggunakan ban dengan ring 16 inci.

SPESIFIKASI  DAIHATSU COPEN 2016

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari  Daihatsu Copen 2016.

SPESIFIKASI TEKNIS

DIMENSI
Length x Width x Height 3.395 x 1.475 x 1.280
Wheelbase 2.230
Minimum Turning Radius 4.6
Ground Clearance 115
Curb Weight 850
Gross Vehicle Weight 1.040
Mesin
Model KF
Type DOHC with intercooler turbo
Engine Displacement 658
No of Cylinder 3
No of Valve 12
Bore x Stroke 63.0 x 70.4
Maximum Output 64/6.400
Maximum Torque 9.4/3.200
Fuel Supply System EFI (Electronic Fuel Injection)
Fuel Type Unleaded Gasoline
Tank Capacity 30
Kaki-Kaki
Front Mc Pherson Struts Coil Spring
Rear Torsion Beam Coil Spring
Size

165 / 50 R16 with Alloy Wheel

KELEBIHAN & KEKURANGAN  DAIHATSU COPEN 2016

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dihiumpun dari berbagai review Daihatsu Copen 2016 :
Kelebihan Kekurangan
Desain lebih sporty Harga relatif mahal untuk sebuah keicar
Interior mewah Ruang gerak dalam kabin benar-benar terbatas
Mesin menggunakan turbo

DAFTAR HARGA  DAIHATSU COPEN 2016

Berikut ini adalah daftar harga dari mobil ini, dihimpun dari berbagai review mobil Daihatsu Copen 2016 untuk wilayah Jakarta dan Sekitarnya :
Tipe Harga
Daihatsu Copen 2016 Rp 430 juta
*) Harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu serta tergantung dari model yang dijual

KESIMPULAN DAIHATSU COPEN 2016

Mobil Daihatsu Copen 2016 bisa dibilang merupakan sebuah miniatur mobil roadster. Anda bisa menemukan kesan sporty dan juga kemewahan tetapi dalam bentuk yang sangat kecil. Dengan bentuk yang kecil, mobil ini mampu memberikan berbagai kemewahan kepada Anda secara ringkas. Bila Anda berpikir untuk menggunakan kendaraan ini sebagai kendaraan harian maka sebaiknya Anda berpikir dua kali. Tetapi, bila tujuan Anda hanya untuk memiliki sebuah kendaraan yang stylish dan sporty sebagai sebuah kendaraan koleksi maka Anda tidak salah bila membeli mobil ini. Jangan lupa untuk selalu update berita seputar informasi mengenai mobil Daihatsu serta harga terbaru untuk mobil Daihatsu di situs cintamobil.com, situs jual beli mobil terpercaya di Indonesia! https://www.youtube.com/watch?v=wKn0rcQEW_0

Mungkin anda ingin baca

  • Review McLaren Senna 2018: Warisan Sang Legenda Balap F1 Paling Populer
    Review Mclaren Metodius Getan Plue

    Review McLaren Senna 2018: Warisan Sang Legenda Balap F1 Paling Populer

    16/09/2018

    Melihat MPV, SUV atau sedan melintas dijalan raya itu sudah sering, namun apakah Anda pernah melihat hypercar? Ada salah satu model yang cukup menggugah selera para pecinta kecepatan, salah satunya adalah McLaren Senna. McLaren salah satu brand dunia yang identik dengan mobil cepat, banyak keluaran dari McLaren menjadi raja jalanan dan raja sirkuit balap.

  • Review Suzuki Ertiga GL 2018, Varian Menengah Dari Suzuki Ertiga
    Review Suzuki Handy Goeyana

    Review Suzuki Ertiga GL 2018, Varian Menengah Dari Suzuki Ertiga

    15/09/2018

    Suzuki Ertiga 2018 resmi memulai debutnya saat ajang IIMS pada bulan April 2018 kemarin. Sebagai varian menengah dari Suzuki Ertiga, Suzuki Ertiga GL jauh lebih lengkap dari varian GA meskipun masih kalah lengkap dengan varian GX. Review Suzuki Ertiga GL 2018 akan kami jabarkan di bawah ini.

  • Review Mitsubishi Xpander Sport M/T 2018: Ancaman Nyata Duet Avanza Xenia
    Review Mitsubishi Metodius Getan Plue

    Review Mitsubishi Xpander Sport M/T 2018: Ancaman Nyata Duet Avanza Xenia

    14/09/2018

    Dari awal 2000an kita dijejali dengan MPV yang itu-itu saja, harus ada perubahan jika ingin merasakan sensasi MPV yang baru. Mungkin masyarakat tanah air akan lebih mengenal Avanza di segmen MPV, tetapi Mitsubishi sudah mempersiapkan senjata untuk menggantikan kekuasaan Avanza dengan Mitsubishi Xpandernya.