Review All New Ford Fiesta R2 2019

07/01/2019 Arfian Alamsyah Review Ford

Ini adalah mobil terbaik yang dibuat oleh M-Sport selaku divisi teknik yang biasa mengembangkan mobil reli dan balap turing. Berikut ini pendapat kami mengenai review All New Ford Fiesta R2 2019

1. PENGANTAR ALL NEW FORD FIESTA R2 2019

Tampak Ford Fiesta R2 Generasi Pertama

Ford Fiesta R2 sebenarnya adalah mobil Ford Fiesta standar yang dipasang banyak parts untuk keperluan reli

Review All New Ford Fiesta R2 2019 - Jika Anda suka dunia balap garuk tanah (reli, red) ini adalah mobil yang tepat dalam memulai karir balap Anda. Karena, nyaris semua pereli top dunia pasti pernah merasakan asyiknya menggunakan mobil reli berbasis penggerak dua roda depan saja (Front Wheel Drive). Sebut saja Sebastian Loeb, Jari-Mati Latvala, Ott Tanak, Terry Neuville, dan lainnya. Karena, memang dasar pengendalian mobil reli dunia dapat dipelajari dari mobil reli kelas JWRC (Junior World Rally Championship) atau yang dulu marak disebut kelas WRC3 ini. Ford Fiesta R2 termasuk salah satu mobil yang banyak digunakan oleh peserta dikelas JWRC ini.

Tampak All New Ford Fiesta R2 2019 berwarna abu-abu

Akhir tahun 2018 lalu Ford bekerja sama dengan M-Sport meracik generasi terbaru dari Ford Fiesta R2

Kelas ini kian ramai dan diminati oleh para pereli di seluruh dunia. Tak ayal, cukup banyak kompetitor yang meracik mobil serupa, namun posisi Ford tetaplah yang paling kuat di kelas ini. Nah, akhir tahun 2018 lalu Ford yang bekerja sama dengan M-Sport selaku divisi teknik asal Polandia, meluncurkan generasi terbaru dari Ford Fiesta R2 ini. Mereka mengklaim mobil ini benar-benar dikembangkan secara total, makanya namanya menjadi All New Ford Fiesta R2 2019. Pengembangan difokuskan pada, rangka, suspensi, roll bar, mesin, dan juga posisi mengemudi. Lalu bagaimana pendapat kami mengenai All New Ford Fiesta R2 2019? Berikut ini ulasannya dari kami.

2. EKSTERIOR ALL NEW FORD FIESTA R2 2019

Review All New Ford Fiesta R2 2019: Tampilan Depan

Tampilan depan sebuah All New Ford Fiesta WRC R2 2019 berwarna abu-abu

Secara umum tampilan depan tak ubahnya dengan Ford Fiesta versi jalan raya

Secara umum, tampilan depannya tidak berbeda dengan Ford Fiesta versi jalan raya, All New Ford Fiesta R2 2019 ini tetap dilengkapi dengan lampu LED serta daytime running light-nya. Teknis aerodinamika Ford Fiesta versi road legal yang sudah sangat baik, tetap dipertahankan di mobil spesial ini. All New Ford Fiesta R2 2019 tetap mengandalkan model grill, airdam serta bumper bawaan pabrik. Bedanya, part ini menggunakan material FRP (Fiber Reinforced Plastic) yang punya bobot lebih ringan namun kekuatannya sama dengan bumper standar. Spion yang digunakan juga sama persis dengan Ford Fiesta versi produksi masal.

Review All New Ford Fiesta R2 2019: Tampilan Samping

Tampilan samping sebuah All New Ford Fiesta R2 2019 berwarna abu-abu

Tampilan samping All New Ford Fiesta R2 2019 ini lagi-lagi sama dengan versi jalan raya-nya

Sama seperti tampilan depan All New Ford Fiesta R2 2019 ini tidak ada bedanya dengan versi jalan raya. Perbedaan mencolok hanya terdapat pada pelek yang digunakan oleh All New Ford Fiesta R2 2019 ini keluaran dari OZ Racing berwana graphite grey dengan diameter sesuai kebutuhan, jika di aspal menggunakan pelek dengan diameter 16 inchi dengan lebar 6,5 inchi, jika penggunaan Fiesta R2 ini di trek gravel menggunakan diameter 15 inchi dengan lebar 6 inchi. Kaliper rem keluaran Alcon competition juga disematkan di keempat rodanya. Satu lagi hal mencolok dari All New Ford Fiesta R2 2019 ini adalah penggunaan air scoop diatas atapnya.

Review All New Ford Fiesta R2 2019: Tampilan Belakang

Tampilan Belakang sebuah All New Ford Fiesta 2019 berwarna abu-abu

Tidak ada foto resmi untuk tampilan belakang All New Ford Fiesta R2 2019, namun dari video presentasi yang kami lihat, bagian belakangnya seperti ini

Sebelumnya kami dari situs teknik nomor satu di Indonesia Mobilmo.com minta maaf, karena tim kami tidak mendapatkan foto resmi untuk All New Ford Fiesta R2 2019 ini. Namun, dari video presentasi yang dibuat M-Sport racing development dan FIA World Rally Championship, kami meyakini bahwa bentuk belakangnya sama dengan Ford Fiesta yang dijual secara masal. Lampu belakangnya masih dibuat mode memanjang horizontal dengan dilengkapi dengan bohlam tipe LED. Selain itu bentuk bumper dari All New Ford Fiesta R2 2019 ini juga sama persis dengan Ford Fiesta ST 2019 seperti yang ada difoto.

>>> Lihat juga Review Mobil Ford Lainnya :

3. INTERIOR ALL NEW FORD FIESTA R2 2019

Review All New Ford Fiesta R2 2019: Layout Interior

Tampak Layout Interior All New Ford Fiesta R2 2019

Layout interior dari Ford Fiesta reli ini amat simpel dan lebih mengutamakan fungsi

Layout interior dari All Ford Fiesta R2 2019 ini juga lebih mengutamakan fungsi bila dibandingkan dengan layout interior Ford Fiesta versi produksi masal. Semua tampil clean dan hanya ada beberapa ornamen serta indikator yang berfungsi memberikan informasi seputar putaran mesin, posisi gigi, serta indikator tekanan oli, serta temperatur. Juga terdapat pelapis dasbor dengan bahan khusus yang lembut semacam suade yang berfungsi untuk mengurangi pantulan cahaya dari sinar matahari yang berpotensi membuat silau driver maupun co-driver.

Review All New Ford Fiesta R2 2019: Setir

Tampak Setir All New Ford Fiesta R2 2019

Setir yang digunakan adalah produk Spacro asal Italia dan memiliki rasa grip yang baik ketika digenggam

Berbeda dengan setir mobil kebanyakan yang sudah kami ulas, setir mobil balap seperti mobil Ford Fiesta R2 ini menggunakan setir khusus keluaran produk aftermarket. All New Ford Fiesta R2 2019 ini menggunakan produk Sparco yang asli dari Italia. Setir ini menggunakan material kombinasi kain dengan suade yang membuat rasa grip ketika digenggam menjadi sangat baik dan bahannya juga enggak gampang licin ketika terkena debu ataupun tanah. Syaratnya, ketika Anda memegang setir 'racing' ini, harus menggunakan sarung tangan balap.

Review All New Ford Fiesta R2 2019: Kursi & Posisi Duduk

Tampak Kursi Dan Posisi Duduk All New Ford Fiesta R2 2019

Posisi driver mobil reli lebih tinggi, dibandingkan dengan co-driver

Posisi duduk mobil All New Ford Fiesta R2 2019 ini berbeda bila dibandingkan dengan Ford Fiesta versi produksi masal. Posisi duduk driver di-set lebih tinggi bila dibandingkan dengan co-driver. Hal ini disebabkan demi mengejar titik gravitasi yang lebih rendah, sehingga bobot mobil bisa diset lebih seimbang antara bagian depan dan belakang. Bila dibandingkan dengan mobil reli tempo dulu seperti Mitsubishi Lancer Evolution, maupun Subaru Impreza WRC memang posisi duduk dari All New Ford Fiesta R2 2019 ini sedikit lebih mundur dan lebih rendah. Oh ya, kursi lansiran Recaro ini dipasangkan dengan seatbelt 4 titik keluaran Sparco.

>>> Baca juga berita tentang Ford disini :

4. FITUR ALL NEW FORD FIESTA R2 2019

Review All New Ford Fiesta R2 2019: Transmisi Sadev 5 Speed

Tampak Reparasi girboks Sadev di All New Ford Fiesta R2 2019

All New Ford Fiesta R2 2019 ini menggunakan transmisi keluaran Sadev dengan 5 percepatan

Mesin kecilnya mampu menyemburkan tenaga hingga 200 Hp dengan torsi 290 Nm, tentunya tenaga sebesar itu membutuhkan saluran tenaga yang baik agar tersalur sempurna ke ban. Maka divisi teknik M-Sport menggunakan transmisi keluaran Sadev, transmisi mungil dan presisi ini mempunyai perbandingan rasio yang cukup rapat. Sehingga, akselerasi mobil ini dapat dengan cepat dilakukan. Sengaja dipilih 'hanya' 5 percepatan skuensial karena tenaga serta torsi yang dihasilkan oleh mesin 999 cc EcoBoost bersilinder ganjilnya tidak sebesar mesin WRC.

Review All New Ford Fiesta R2 2019: Rem Tangan Hidrolik Dan Transmisi Dog Drive

Gambar Rem Tangan Hidrolik Dan Transmisi Dog Drive Sadev di All New Ford Fiesta R2 2019

Penggunaan rem tangan hidrolik dan sistem perpindahan gigi skuensial akan sangat memudahkan driver dalam mengendalikan mobil ini

Seperti umumnya mobil reli, All New Ford Fiesta R2 2019 ini juga menggunakan rem tangan yang cara kerjanya dibantu dengan sistem hidrolik. Rem tangan yang dibantu dengan sistem hidrolik akan bekerja lebih presisi, lebih cepat responnya, dan juga meminimalkan resiko malfungsi. Karena, rem tangan pada mobil reli juga digunakan oleh rally driver sebagai alat untuk membantu mobil kala berbelok dengan cepat serta memancing mobil untuk membuat 'pantat' sehingga pereli dapat melibas tikungan dengan lebih presisi. Sementara girboks yang digunakan juga bersistem dog-drive sehingga membuat pereli lebih mudah untuk menaik dan turunkan gigi.

Review All New Ford Fiesta R2 2019: Roll Bar

Tampak Roll Bar All New Ford Fiesta R2 2019

Rollbar yang dipasang di All New Ford Fiesta R2 2019 ini menggunakan bahan chromoly yang sudah berhomologasi dari FIA

Mobil dengan peruntukan khusus, tentunya memerlukan peranti yang khusus pula, tidak terkecuali dengan All New Ford Fiesta R2 2019 yang sedang Mobilmo.com ulas ini. Guna menahan benturan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan juga tuntutan regulasi reli maka All New Ford Fiesta R2 2019 ini dilengkapi dengan rollbar dengan bahan chromoly yang sudah berhomologasi FIA. Rollbar ini akan melindungi isi kabin ketika terjadi kecelakaan hebat. Dan rollbar yang didevelop oleh M-Sport ini sudah terbukti kekuatannya ketika menahan benturan saat terjadi kecelakaan.

5. OPERASI ALL NEW FORD FIESTA R2 2019

Review All New Ford Fiesta R2 2019: Performa

Gambar bagian Mesin 1,0 liter EcoBoost di All New Ford Fiesta RS R2 2019

Mesin All New Ford Fiesta R2 2019 berkapasitas 999 cc dilengkapi dengan teknologi EcoBoost turbocharger

Mesin All New Ford Fiesta R2 2019 ditenagai oleh unit dengan kapasitas 999 cc 3 silinder DOHC yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 200 Hp pada putaran 6.500 rpm serta torsi sebesar 290 Nm di kitiran 4.000 rpm. Tenaga ini meningkat 20 Hp bila dibandingkan dengan Ford Fiesta R2 generasi sebelumnya. Tenaga bisa dikail lebih tinggi berkat penyempurnaan EcoBoost Turbocharger dan penyempurnaan pada ruang bakarnya, sehingga efisiensi volumetriknya meningkat dan pada akhirnya tenaga serta torsi mobil dapat diraih lebih besar. Tentunya hal ini akan sangat membantu pereli dalam mengejar waktu per SS (Special Stages) sehingga dapat menjadi pemenang.

Tampak sebuah All New Ford Fiesta R2 2019 berwarna putih sedang dites

Ford All New Ford Fiesta R2 2019 ini sudah dites oleh pereli berpengalaman dan berpotensi menjadi jawara di kelas JWRC

Suspensi dari mobil All New Ford Fiesta R2 2019 ini juga menggunakan keluaran Reiger yang sudah sangat berpengalaman dalam membangun suspensi mobil reli. Suspensi bertipe adjustable damper ini dipasangkan dengan per keluaran Eibach. Untuk bagian depan suspensinya dapat diatur 3 arah (3 way), artinya suspensi saat rebound, high speed bump dan low speed bump dapat diatur, sementara pada bagian belakangnya suspensi menggunakan model 2 way, yang dapat diatur hanya compress dan rebound suspensinya saja. Settingan ini membuat mobil menjadi kapabel di segala medan.

Tampak Sebuah Ford Fiesta R2 2017 sedang berlaga di kejuaraan dunia reli WRC kelas R2 atau WRC3

Ford Fiesta R2 banyak diandalkan sebagai mobil reli oleh peserta dikelas JWRC

6. SPESIFIKASI ALL NEW FORD FIESTA R2 2019

Mesin All New Ford Fiesta R2 2019

Seri mesin

EcoBoost, 3 Silinder segaris, Direct Injection

Bahan Bakar

Bensin Oktan Tinggi

Tenaga Maksimum

200 Hp @ 6.500 rpm

Torsi Maksimum

290 Nm @ 4.000 rpm

Sistem Penggerak

Front Wheel Drive

Kubikasi

999 cc

Transmisi Tipe

5 Percepatan Skuensial by Sadev Transmision

Suspensi/Kaki-Kaki All New Ford Fiesta R2 2019

Suspensi

MacPherson struts with Reiger adjustable dampers

Power Steering

EPS with Rack And Pinion

Ukuran Pelek

16 Inci (Aspal) & 15 Inchi (Gravel) OZ racing

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN ALL NEW FORD FIESTA R2 2019

Tidak ada produk yang sempurna jadi untuk All New Ford Fiesta R2 2019 juga punya beberapa kelebihan dan kelemahannya. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan All New Ford Fiesta R2 2019 menurut Mobilmo.com.

Kelebihan

Kekurangan

Pengembangan dilakukan serius

Tidak Dijual Bebas

Terbukti Kencang dan Durabel

Closed Track Use Only

Transmisi Superior

Harganya Mahal

8. DAFTAR HARGA ALL NEW FORD FIESTA R2 2019

Mobil All New Ford Fiesta R2 2019 ini dijual hanya untuk kalangan tertentu saja, dan tidak diproduksi masal karena dibuat berdasarkan pesanan. Harga yang harus dibayarkan untuk dapat meminang All New Ford Fiesta R2 2019 ini lebih dari 1,7 milliar rupiah, dan itu belum termasuk pajak serta biaya masuk ke Indonesia.

9. VIDEO ALL NEW FORD FIESTA R2 2019

10. KESIMPULAN ALL NEW FORD FIESTA R2 2019

Gambar menunjukkan Brochure The All New Ford Fiesta R2 2019

All New Ford Fiesta R2 2019 sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai dunia reli

So, is this car for you?  Bagi Anda yang memiliki uang banyak, serta suka dengan dunia reli All New Ford Fiesta R2 2019 ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai dunia reli.

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Mobil MPV Dengan Beragam Fitur Menarik

    Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Mobil MPV Dengan Beragam Fitur Menarik

    14/03/2019

    Nissan merupakan salah satu pabrikan yang memiliki nama di Indonesia. Produknya banyak diminati dan mampu bersaing dengan para rivalnya. Salah satu mobil yang baru dirilis adalah Nissan Serena terbaru. Perlu diketahui bahwa mobil ini memiliki 2 tipe yakni All New Nissan Serena X-Grade dan All New Nissan Serena Highway Star. Untuk kali ini kami akan memberikan informasi tentang review All New Nissan Serena Highway Star 2019.

  • Review All New Honda CR-V 2019 Varian 2.0L Non Turbo
    Review Honda Abdul

    Review All New Honda CR-V 2019 Varian 2.0L Non Turbo

    28/02/2019

    Mobil SUV mempunyai peminatnya tersendiri, meskipun di Indonesia masih banyak penyuka mobil segmen MPV. Umumnya mobil kelas SUV diminati oleh kalangan kelas atas. Nah kali ini kami akan membahas salah satu kendaraan dalam segmen tersebut dan kami rangkum dalam Review All New Honda CR-V 2019 Varian 2.0L Non Turbo.

  • Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019
    Review Hyundai Arfian Alamsyah

    Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019

    25/02/2019

    Inilah salah satu mobil juara World Rally Championship 2019, yaitu sebuah mobil Hyundai i20 Coupe WRC 2019. Mobil yang sama tahun lalu gagal meraih gelar juara dunia. Akankah mobil Hyundai i20 WRC 2019 akan jadi juara tahun ini?