Review Ford Everest 2016, Spesifikasi Dan Harga

09/01/2018 Mobilmo.com

Ford Everest 2016 atau yang lebih dikenal dengan Ford All-New Everest merupakan salah satu mobil baru Ford yang ditampilkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 2015 silam. Mobil Mid-Size SUV generasi ketiga ini diperkenalkan bersamaan dengan Ford Focus dan Ford Ranger.

Ford Everest 2016 atau yang lebih dikenal dengan Ford All-New Everest merupakan salah satu mobil baru Ford yang ditampilkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 2015 silam. Mobil Mid-Size SUV generasi ketiga ini diperkenalkan bersamaan dengan Ford Focus dan Ford Ranger. Selengkapnya bisa dibaca review Ford Everest 2016 di bawah ini.

PENGANTAR FORD EVEREST 2016

Di Indonesia, mobil bertipe SUV sudah begitu banyak menghiasi jalan raya yang selalu berusaha memberikan fitur-fitur terbaik bagi penggunanya. Seolah tidak mau kalah, Ford juga memperkenalkan mobil bertipe SUV agar dapat bersaing dengan kompetitornya di pasar otomotif Indonesia. Mobil Ford Everest ini telah lama diperkenalkan pada publik tanah air sejak tahun 2003 lalu. Memasuki tahun 2014, mobil yang sudah memasuki generasi ketiga ini mulai diperkenalkan di pasar otomotif dunia sebelum akhirnya diperkenalkan di Asia terutama di Indonesia pada 2015 silam. Dari tahun ke tahun Ford Everest telah mengalami banyak perubahan yang signifikan dimulai dari desain hingga perfoma mesin yang lebih bertenaga. Ulasan lengkap tentang Ford Everest 2016 oleh mobilmo.com bisa dibaca di bawah ini.

EKSTERIOR FORD EVEREST 2016

Eksterior Ford Everest 2016 ini mengalami perubahan yang cukup signifikan dari generasi ke generasi. Mengusung desain body-on-frame membuat All-New Everest memiliki kekuatan torsional yang diperlukan untuk medan menantang. Selain itu, penambahan fitur-fitur pada bagian luar membuat mobil ini terlihat begitu tangguh, kokoh, sporty, dan elegan.

  • Desain bagian depan

Bagian depan mobil ini memiliki grill yang tebal dengan beberapa lapisan beraksen silver yang membuat mobil ini nampak kuat dan kokoh. Ditambah dengan head lamp yang besar dan bumper yang memiliki fog lamp kecil semakin memberikan kesan tangguh dan sporty.

  • Desain bagian samping

Bagian samping mobil ini terlihat begitu simpel namun tetap modern karena bagian handle pintu dan bagian sisi samping atas mobil ini menggunakan aksen krom. Jika dilihat secara seksama, bagian atas kapnya memiliki tonjolan terstruktur yang membuat mobil ini semakin terlihat berotot dan gagah. Selain itu mobil ini memiliki Ground Clearance setinggi 225 mm yang mampu kemampuan mengarungi air setinggi hingga 800 mm sehingga mobil ini semakin memberikan kesan yang tangguh.

  • Desain bagian belakang

Bagian belakang mobil ini dirancang lebih dinamis dan lebih tinggi yang menonjolkan sisi tangguh mobil ini. Stop lamp LED yang menyatu dengan garis panjang beraksen silver di pintu bagasi mobil, adanya emblem Everest, dan bumper belakang yang kokoh membuat bagian belakang mobil ini semakin terlihat mewah, elegan, dan tangguh.

INTERIOR FORD EVEREST 2016

Lanjut ke bagian interior Ford Everest 2016. Desain interior pada mobil Ford ini didesain memiliki ukuran kabin yang sangat luas dan mampu menampung 7 orang penumpang di dalamnya. Penggunaan material yang berkualitas juga membuat pengendara dan penumpang di dalam Ford Everest merasa betah dan nyaman ketika berada dalam perjalanan.

  • Dashboard dan setir

Bagian dashboard mobil ini memiliki beberapa panel yang canggih dan modern seperti AC Control, perangkat hiburan dengan layar sentuh, dan fitur-fitur lainnya. Untuk perangkat hiburan, fitur SYNC 2 memungkinkan pengemudi menggunakan perintah suara untuk mengontrol sistem hiburan, kontrol suhu ruangan, serta menghubungkan perangkat smartphone secara mudah. Tidak lupa ada fitur Terrain Management System dimana fitur ini mengizinkan pengendara memilih empat pengaturan kendaraan sesuai lingkungan yaitu Normal, Snow/Gravel/Grass, Sand dan Rock. Pengaturan tersebut akan mengubah respon throttle, transmisi, sistem four-wheel drive dan kontrol traksi kendaraan. Untuk menambah kesan mewah, mobil ini juga memiliki Sun Roof yang mampu memberikan sensasi hangatnya sinar matahari yang masuk melalui bagian atap terbuka diatas kabin mobil. Bagian setir mobil ini pun terasa fungsional berkat tombol pengatur yang memudahkan pengemudi mengatur pilihannya tanpa harus melepas setir kemudi.

  • Kursi

Bagian kursi mobil ini memiliki desain yang harmonis dan mampu menampung tujuh penumpang. Menggunakan bahan yang berkualitas, sudah pasti akan memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penggunanya, ditambah lagi di sekitaran kursi mobil Ford ini memiliki 30 tempat penyimpanan yang memudahkan pengemudi dan penumpang untuk menaruh barang bawaannya.

  • Bagasi

Bagian bagasi belakang memiliki ruang yang cukup luas untuk menampung beberapa barang. Terlebih jika kursi baris kedua dan ketiga dilipat ketika tidak digunakan, mobil ini mampu menampung muatan barang hingga 2.010 liter.

FITUR FORD EVEREST 2016

Fitur keselamatan pada mobil ini cukup lengkap yang diantaranya berupa airbag, pengereman sistem ABS, dan Hill Launch Assist sebagai teknologi standar pada mobil ini. Beberapa fitur baru berupa teknologi Curve Control untuk mengontrol mobil saat menikung dengan kecepatan tinggi. Selain itu, ada Blind Spot Information System dengan Cross Traffic Alert untuk memberitahukan pengemudi ketika ada kendaraan di titik blind spot, seperti bagian belakang saat mundur keluar parkir. Tidak hanya itu, Everest juga dibekali dengan berbagai fitur canggih lainnya seperti Roll Stability Control dan Electronic Stability Program. Fitur keamanan pada mobil ini berupa Active Park Assist yang memungkinkan pengemudi untuk melakukan parkir paralel dengan hanya menginjak gas tanpa memainkan roda kemudi (hands free). Selain itu ada Immobilizer with Keyless Entry dimana mobil akan tetap terjaga dengan aman ketika kunci berada jauh dari mobil.

OPERASI FORD EVEREST 2016

Untuk di Indonesia, Mesin Ford Everest 2016 hanya diperkenalkan satu tipe saja. Mesin ini menggunakan mesin diesel Duratorq empat silinder berkapasitas 2.2 liter dan mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga 160 Ps pada putaran 2.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 385 Nm dalam rentang putaran 1.600 rpm. Transmisi yang digunakan memiliki enam percepatan dan mode manual Selectshift transmission yang disalurkan ke penggerak roda belakang.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN FORD RANGER 2016

Kelebihan dan kekurangan mobil Ford Everest 2016 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Berkendara lebih nyaman Harganya sangat mahal
Bagasi cukup lega walaupun semua kursi terisi penuh Hanya menggunakan bahan bakar diesel
Hemat bahan bakar Fitur terlengkap hanya pada tipe Titanium
Mampu menampung hingga 7 orang

SPESIFIKASI FORD EVEREST 2016

Spesifikasi Ford Everest 2016 bisa dilihat di tabel berikut.

Mesin Ford Ranger 2016

Type Mesin DURATORQ 2.0L Diesel, 4-Cyl., 16-Valve, DOHC, Direct Injection Commonrail Turbo with Intercooler
Sistem Suplay Bahan bakar Electrical Fuel Injection with Variable Geometry Turbo
Daya Maksimum 160 Ps / 2.500 rpm
Torsi Maksimum 385 Nm / 1.600 rpm

Dimensi Ford Everest 2016

P x L x T 5.060 x 1.788 x  1.826
Jarak Pijak depan/belakang 1.475 mm / 1.470 mm
Kapasitas Tangki 70 Liter

Suspensi / Kaki-Kaki Ford Everest 2016

Suspensi Depan Independent Double Wishbone
Suspensi Belakang Rigid Leaf Spring with Stabilizer
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum with LSPV
Ukuran Ban 245/ 70 R16
Ukuran Velg Alloy Wheel 16″

DAFTAR HARGA FORD EVEREST 2016

Harga mobil Ford Everest 2016 disesuaikan dengan fitur-fitur yang dimiliki di tiap tipenya. Untuk harganya bisa dilihat di tabel bawah ini.

Tipe

Harga

Ford Everest Trend 4 x 2 2.2L AT Rp 560.000.000
Ford Everest Titanium Plus 4 x 2 2.2L AT Rp 634.000.000
*Catatan: harga bisa berubah sewaktu-waktu

VIDEO FORD EVEREST 2016

Sebagai penutup ulasan mobil ini silahkan melihat video Ford Everest 2016 di bawah ini.

KESIMPULAN FORD EVEREST 2016

Mobil SUV ini memiliki fitur-fitur yang sangat canggih dan mumpuni sehingga mobil ini mampu menarik hati para peminatnya. Selain itu pengemudi dan penumpang juga dimanjakan oleh fitur-fitur penunjang dalam kabin yang begitu modern sehingga membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman ketika berada di dalam mobil ini. Untuk harganya memang sedikit mahal, namun apa yang diberikan oleh mobil ini sudah cukup sebanding dengan harganya.

Mungkin anda ingin baca

  • Review Jeep Gladiator 2019
    Review Jeep Padli Nurdin

    Review Jeep Gladiator 2019

    12/12/2018

    Tepat pada gelaran Los Angeles Auto Show 2018, Jeep membawa kembali Gladiator dari kematian. Setelah dimatikan selama 30 tahun, Jeep Gladiator 2019 akhirnya menyapa penggila off-road dengan berbagai peningkatan dan tampilan yang membuat mobil ini lebih modern.

  • Review Nissan Leaf Nismo RC 2019
    Review Nissan Padli Nurdin

    Review Nissan Leaf Nismo RC 2019

    10/12/2018

    Pada tahun 2011, Nissan meluncurkan apa yang disebut dengan Nissan Leaf Nismo RC, pembalap listrik yang terbuat dari serat karbon. Dengan sistem propulsi yang sebagian dipinjam dari produksi Nissan Leaf dan sentuhan eksterior mobil listrik Nissan, melaju cepat hingga hari ini, Nissan Leaf Nismo RC 2019 diperkenalkan di Jepang.

  • Review Chevrolet Blazer 2019
    Review Chevrolet Arfian Alamsyah

    Review Chevrolet Blazer 2019

    08/12/2018

    Nama Blazer bukan hanya besar di Indonesia saja, namun di berbagai belahan negara di dunia, nama Blazer memiliki reputasi yang harum. Dan inilah versi terbaru dari Chevrolet Blazer yang kami bungkus dalam bentuk sebuah review Chevrolet Blazer 2019.