Ford Fiesta 2010, Hatchback Mewah Yang Terlupakan

02/04/2018 Mobilmo.com Review Ford

Tahun 2008, Ford merilis generasi keenam dari Ford Fiesta dengan desain yang lebih sporty dibandingkan dengan versi sebelumnya. Kemudian di tahun 2010, mobil ini mulai memasuki pasar Indonesia dengan berbagai fitur yang cukup menggoda di pasar hatchback city car Indonesia.

Tahun 2008, Ford merilis generasi keenam dari Ford Fiesta dengan desain yang lebih sporty dibandingkan dengan versi sebelumnya. Kemudian di tahun 2010, mobil ini mulai memasuki pasar Indonesia dengan berbagai fitur yang cukup menggoda di pasar hatchback city car Indonesia. Model ini merupakan model pre faceliftyang dilakukan oleh Ford di tahun 2011. Mengingat usianya yang sudah hampir 8 tahun, bagaimanakan sebenarnya performa dari Ford Fiesta 2010 ini?

PENGANTAR  FORD FIESTA 2010

Desain Ford Fiesta yang compact dan sporty menjadikan mobil ini sebagai salah satu city car erbaik yang dimiliki oleh Ford. Dengan usia produksi yang sudah lebih dari 30 tahun, line Ford Fiesta bisa dibilang cukup lama berada di pasar otomotif dunia. Pada saat diluncurkan, mobil yang satu ini dibanderol dengan harga berada diabawah 200 jutaan dengan berbagai fitur dan desain yang lebih baik dibandingkan dengan city car buatan Jepang. Tetapi, walaupun begitu rupanya Fiesta masih kurang bisa mengalahkan city car hatchback saingannya seperti Jazz ataupun Yaris. Padahal secara performa, mobil ini bisa dibilang tidak terlalu mengecewakan bahkan berada diatas performa rata-rata city car yang ada di Indonesia.

 EKSTERIOR  FORD FIESTA 2010

  • Desain Sporty

Ford Fiestas 2010 menghadirkan gaya yang cukup sporty dan elegan. Memang bila dibandnigkan dengan varian faceliftnya yang keluar setelah tahun 2010, mobil ini masih bisa dibilang cukup sopan dengan grill yang masih cukup tertutup. Tetapi, desain headlampnya yang dinamis masih tetap dipertahankan bahkan utuk varian S dan juga EcoBoost yang hadir di tahun 2014.
  • Desain bagian depan

Untuk bagian headlamp, desain lampu yang tajam dan dinamis menjadi kekuatan utama di bagian depan yang dipertahankan hingga ke era facelift setelah tahun 2010. Sedangkan untuk bentuk gril, mobil ini masih menggunakan grill yang cukup tertutup dibandingkan dengan seri selanjutnya. Hal ini membuat mobil Ford Fiesta terlihat cukup sopan dan kurang garang tetapi sudah cukup aerodinamis.
  • Desain bagian samping

Bila dilihat dari bagian samping, desain hatchback mobil ini cukup aerodinamis dan mampu mengeluarkan sedikit aura sportynya melalui rear spoiler yang dimilikinya. Bentuk ini tidak terlalu banyak berubah di generasi setelah tahun 2010.
  • Desain Bagian belakang

Selain adanya rear spoiler, penggunaan rear guard dengan reflector di bagian belakang membuat kesan sporty di mobil ini tidak hilang. Sama seperti desain boy keseluruhan, bagian ini juga tidak mendapatkan banyak perubahan di generasi facelift setelah tahun 2010.

INTERIOR  FORD FIESTA 2010

  • Ruang kabin nyaman

Mobil buatan Amerika atau Eropa memang dikenal memiliki kualitas build yang rapih dan kuat. Ini juga berlaku untukFord Fiesta 2010 yang sudah memiliki kualitas build yang cukup baik dengan menggunakan bahan soft touch. Walaupun begitu, mobil ini masih memiliki keterbatasan runag gerak bagi penumpang dengan tinggi diatas 170 cm karena ruangan di kabin cukup sempit. Hal in dipengaruho oleh desain hatchback yang cukup memangkas ruang bagian kepala untuk penumpang di baris kedua.
  • Desain bagian dashboard

Untuk desain dashboard, bisa dibilang Ford Fiesta sudah cukup futuristik dan modern bila dibandingkan dengan pesaingnya di tahun 2010. Bentuk dashboard ini tetap dipertahankan untuk Ford Fiesta generasi selanjutnya. Memang terlihat rumit dengan banyaknya tombol di bagian konsol tengah, tetapi tombol-tombol tersebut di desain agar Anda mudah untuk mengatur AC dan juga pemutar musik.
  • Desain bagian setir

Desain setir cukup sederhana dengan mengandalkan aksen chrome di beberapa bagian dan dilengkapi dengan audio steering switch.
  • Desain kursi

Bagian kursi didesain sangat nyaman untuk pengemudi dengan desain ala bucket seat menggunakan bahan soft touch untuk varian tertinggi. Kekurangan terbesarnya memang terletak pada ruang gerak di dalam kabin yang sangat terbatas terutama bagian kepala.
  • Ruang bagasi

Bagasi mobil ini tidak terlalu luas dan hanya bisa digunakan untuk menyimpan barang berukuran sedang. Tetapi kursi baris kedua bisa dilipat untuk mendapatkan ruang yang lebih lega.

FITUR FORD FIESTA 2010

Dari sisi fitur sebuah mobil, Ford Fiesta 2010 memiliki fitur keselamatan dan hiburan sebagai berikut:
  • Fitur keselamatan

Mobil ini sudah menyediakan berbagai fitur keselamatan yang mumpuni seperti pyrotechnic seatbelt pretensioners, parking sensor, anti lock bracking, dan juga child safety lock. Fitur safety airbag dan juga pengereman ABS juga sudah tersedia untuk mobil ini sehingga Anda akan semakin aman untuk berkendara. Untuk keamanan, fitur immobilizer dan juga alarm sudah dimiliki oleh mobil ini tentunya.
  • Fitur hiburan

Di bagian hiburan terdapat sebuah head unit compatible dengan format MP3 dari CD. Bagian ini sepertinya memang perlu diupgrade karena sudah berusia cukup lama.

OPERASI  FORD FIESTA 2010

Untuk Ford Fiesta 2010 menggunakan mesin Duratec dengan dua pilihan spesifikasi 1.400 cc dan juga 1.600 cc. Untuk mesin 1.4 liter memiliki tenaga maksimal 96 ps dengan torsi maksimal 128 Nm. Sementara untuk pilihan mesin 1.600 cc memiliki tenaga maksimal hingga 90 ps dengan torsi maksimal 152 Nm. Tentunya dengan adanya perbedaan ini, Anda harus memastikan jenis mesin dari mobil yang akan Anda beli agar sesuai dengan kebutuhan berkendara. Sementara di bagian suspensi, mobil ini menggunakan sistem suspensi torsion beam dan front independent suspension. Sistem ini membuat Ford Fiesta cukup nyaman saat Anda kendarai di jalan raya yang rata maupun yang tidak.

SPESIFIKASI  FORD FIESTA 2010

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari  Ford Fiesta 2010.

Spesifikasi Ford Fiesta 2010
Mesin
Jenis Mesin Duratec Ti-VCT 1.6 4 silinder
Isi Silinder 1.600 cc
Bahan Bakar Pertamax
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi 6-percepatan otomatis
Torsi Maksimum 152 Nm@4.050 RPM
Daya Maksimum 120 HP@6.000 RPM
Dimensi
Panjang 4358 mm
Lebar 1823 mm
Tinggi 3950 mm
Bobot 1106 kg
Kapasitas Tempat Duduk 5 Orang
Sasis
Suspensi Belakang Torsion Beam
Suspensi Depan Front independent suspension
Sistem Rem Belakang Ventilated Disc Brake
Sistem Rem Depan Ventilated Disc Brake
Ukuran Ban Belakang 16” x 6” Alloy Wheels
Ukuran Ban Depan 16” x 6” Alloy Wheels

KELEBIHAN & KEKURANGAN  FORD FIESTA 2010

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dihiumpun dari berbagai review Ford Fiesta 2010.
Kelebihan Kekurangan
Desain lebih sporty Agen Pemegang Merk sudah tidak ada
Kualitas build kendaraan sangat baik dan rapih Spare part dan service kendaraan cukup  mahal

DAFTAR HARGA  FORD FIESTA 2010

Berikut ini adalah daftar harga dari mobil ini, dihimpun dari berbagai review mobil Ford Fiesta 2010 untuk wilayah Jakarta dan Sekitarnya :

Tipe Harga
Ford Fiesta 2010 Rp 90-110 juta

*) Harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu serta tergantung dari model yang dijual

VIDEO FORD FIESTA 2010

KESIMPULAN FORD FIESTA 2010

Untuk sebuah mobil yang berusia lebih dari 8 tahun, Ford Fiesta 2010 sebenarnya memberikan banyak fitur yang menarik dibandingkan dengan mobil lainnya dengan usia yang sama. Dari segi performa, mobli ini rasanya tidak perlu diragukan baik untuk fitur maupun mesin yang digunakan. Tetapi, dengan hilangnya APTM menjadikan mobil Ford yang ada di Indonesia sangat kesulitan untuk menaikan daya tariknya. Terlebih sulitnya mencari layanan purna jual yang mumpuni agar kita bisa tetap merawat mobil buatan Ford. Untuk mengetahui berbagai macam informasi lainnya mengenai mobil Ford Fiesta 2010, silahkan kunjungi situs cintamobil.com, untuk referensi informasi kendaraan terbaik.

Mungkin anda ingin baca

  • Review Jeep Gladiator 2019
    Review Jeep Padli Nurdin

    Review Jeep Gladiator 2019

    12/12/2018

    Tepat pada gelaran Los Angeles Auto Show 2018, Jeep membawa kembali Gladiator dari kematian. Setelah dimatikan selama 30 tahun, Jeep Gladiator 2019 akhirnya menyapa penggila off-road dengan berbagai peningkatan dan tampilan yang membuat mobil ini lebih modern.

  • Review Nissan Leaf Nismo RC 2019
    Review Nissan Padli Nurdin

    Review Nissan Leaf Nismo RC 2019

    10/12/2018

    Pada tahun 2011, Nissan meluncurkan apa yang disebut dengan Nissan Leaf Nismo RC, pembalap listrik yang terbuat dari serat karbon. Dengan sistem propulsi yang sebagian dipinjam dari produksi Nissan Leaf dan sentuhan eksterior mobil listrik Nissan, melaju cepat hingga hari ini, Nissan Leaf Nismo RC 2019 diperkenalkan di Jepang.

  • Review Chevrolet Blazer 2019
    Review Chevrolet Arfian Alamsyah

    Review Chevrolet Blazer 2019

    08/12/2018

    Nama Blazer bukan hanya besar di Indonesia saja, namun di berbagai belahan negara di dunia, nama Blazer memiliki reputasi yang harum. Dan inilah versi terbaru dari Chevrolet Blazer yang kami bungkus dalam bentuk sebuah review Chevrolet Blazer 2019.