Disebut Ajarkan Mengemudi Offensif, Iklan Ford Mustang di Inggris Dilarang

31/10/2018 Padli Nurdin Pasar Mobil

Iklan Ford Mustang yang baru saja dipertontonkan di Inggris beberapa waktu lalu langsung dilarang oleh badan pengawas iklan setempat. Alasan mereka, iklan tersebut mendorong “pengemudian yang tidak aman”.

Badan pengatur periklanan di Inggris, ASA, mengumumkan pada hari Rabu (24/10) lalu bahwa mereka melarang iklan Ford Mustang untuk ditampilkan di televisi. Advertising Standard Authority (ASA) mengumumkan pada hari yang sama bahwa mereka juga melarang iklan baru dari Nissan dan Fiat.

Dikritik karena mempertontonkan cara mengemudi yang agresif, badan nasional Inggris tersebut mengatakan kepada Fiat Chrysler untuk tidak “menggambarkan perilaku mengemudi, termasuk balapan, yang membenarkan atau mendorong [pengendara] untuk mengemudi ugal-ugalan dan tidak bertanggung jawab.

Video iklan Ford Mustang yang dipermasalahkan ASA

>>> Baru Saja Keluar Penjara, Pria Ini Langsung Mencuri Mobil di Parkiran Penjara

Namun larangan untuk Ford adalah yang paling menarik. Ford menggunakan bagian puisi yang ditulis oleh Dylan Thomas pada tahun 1947 pada iklan Mustang tersebut. “Kemarahan, kemarahan akibat hilangnya cahaya,” jelas iklan tersebut sebelum menunjukan Mustang berakselerasi keluar dari garasi parkir setelah hari yang panjang dari tempat kerja yang monoton.

Iklan tersebut diproduksi oleh raksasa periklanan WPP yang disebut Global Team Blue yang menyebutkan iklan tersebut menyindir mereka yang bekerja dibawah tekanan. Iklan tersebut menunjukan pekerja yang berlalu lalang, printer yang rusak, bos yang menyebalkan, lift yang penuh sesak, menyimbolkan rutinitas yang membelenggu.

>>> Dapatkan beragam informasi terbaru pasar otomotif hanya di Mobilmo

Baik Ford dan Cinema Advertising Association mengajukan banding dengan menyatakan bahwa iklan tersebut dimaksudkan untuk “membedakan frustasi kehidupan kerja sehari-hari dengan kebebasan mengendarai Ford Mustang baru. Istilah “rage” atau “kemarahan” dalam kata-kata puitis Dylan Thomas “tidak digunakan untuk mengkomunikasikan kemarahan atau agresivitas, tetapi semangat dan antusiasme”.

Pada Kamis (25/10) lalu, seorang juru bicara Ford Eropa mengatakan kepada Jalopnik melalui email bahwa maksud Ford adalah “tidak pernah mendorong untuk mengemudi tidak aman”. Bahkan mobil tersebut tidak pernah melebihi 25 km/jam selama pengambilan gambar.

>>> Baca juga: Review Ford Focus RS 2018: Siap Gerus Pasar Potensial Jazz RS​

Gambar yang menunjukan Ford Mustang

Ford menyebutkan iklan mobil mereka tak pernah melebihi 25 km/jam

"Kami mengatakan iklan tersebut mencerminkan hari kerja yang khas dan frustasi dari kehidupan kantor dan perjalanan [yang penuh dengan kemacetan], dengan bagian kedua dari iklan melambangkan akhir hari kerja dan rasa kebebasan untuk meninggalkan pekerjaan sehari-hari di belakang," kata juru bicara itu.

ASA tidak setuju dan mengeluarkan keputusan akhir pekan ini yang secara resmi melarang iklan tersebut ditampilkan dalam bentuk apapun dimanapun di Inggris. Pada dasarnya, ASA percaya bahwa iklan tersebut bisa menyuruh orang-orang untuk menginjak pedal Mustang mereka untuk menyalurkan kemarahan atau stress akibat pekerjaan mereka.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca