Hobi Berduit, Model Skala Ford GT 2006 Dijual Seharga 500 Jutaan

04/12/2018 Padli Nurdin Pasar Mobil

Tidak hanya mobil asli, mobil skala merupakan salah satu koleksi yang berkaitan dengan otomotif. Dan seperti biasanya, ketika mobil tersebut memiliki desain langka atau penampilan unik, harganya pasti mahal. Sama seperti model skala Ford GT 2006 ini.

Ford memang menjadi salah satu pabrikan terkenal dan bersejarah. Tidak hanya dari Amerika, penggemarnya pun datang dari berbagai belahan dunia. Karena itu, bukan tidak mungkin jika pernak-perniknya dihargai setinggi langit. Terlebih ketika benda langka, layaknya model skala Ford GT dari emas yang dihargai $ 40.000, atau sekitar Rp 570 jutaan.

Gambar model skala Ford GT

Mobil skala 1/25 Ford GT dari emas

Ford GT yang dimaksud merupakan model skala 1/25 yang dibuat sepenuhnya dari emas 18 karat. Dengan panjang 18.41 cm dan lebar 8.255 cm, GT kecil ini memiliki berat 1.474 kilogram. Mobil ini juga dilengkapi dengan casing pelindung untuk menjaga emas bersinar terang.

>>> Layaknya Novel 1984, Kendaraan Listrik Terus Menerus 'Berbicara' dengan Pemerintah Cina

Menurut daftar online, mobil kecil yang menawan tersebut sedang ditawarkan oleh keturunan langsung Henry Ford, meskipun tidak ada informasi atau nama terperinci yang disebutkan oleh rumah lelang.

Gambar model skala Ford GT 2006

Koleksi mahal ini bahkan seharga mobil baru

Koleksi mahal ini dibuat oleh Ahee Jewellers of Grosse Point, di Michigan dengan dua nada, emas dan utilitas, karena semua bukaan mobil benar-benar bisa digerakkan. Mulai dari pintu, bagasi, hingga kap bisa dibuka untuk mengungkapkan detail yang lebih lanjut, seperti interior dan bagian menarik lainnya.

>>> Dapatkan beragam informasi unik pasar otomotif hanya di Mobilmo

Clamshell belakang bisa dibuka untuk mengungkapkan detail mesin, suspensi, serta bagian komponen lainnya, sementara kabin yang sangat detail juga memiliki pedal, roda kemudi, ventilasi, persneling, hingga rem tangan. Bahkan roda GT dibuat dari emas dan dibalut dengan karet asli. Dan bisa diputar.

Gambar mobil skala 1/25 Ford GT

Tidak sempurna, mobil ini juga memiliki masalah kecil

Namun seperti mobil sport yang sudah berkelana jauh, Ford GT emas ini tidak sempurna. Sotheby melaporkan beberapa masalah kecil dengan mobil ini. Seperti goresan permukaan yang ditemukan di seluruh kap mesin serta engsel pintu telah aus yang membuatnya bergesekan dengan tubuh mobil ketika dibuka.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca