Waspada, Berikut Komponen Penyebab Radiator Mobil Bocor Yang Perlu Diketahui

12/04/2019 | Abdul

Penyebab radiator mobil terdapat beberapa macam, seperti karena masalah pada radiator atau bisa juga pada komponen pendukung. Dari beberapa macam, berikut ini merupakan 5 komponen yang biasanya menjadi penyebab radiator mobil bocor.

1. Selang Radiator

Gambar ini menunjukkan selang radiator mobil dan terlihat tutup radiator

Selang radiator tempat untuk mengalir air radiator

Terjadinya kebocoran pada bagian air radiator bisa disebabkan karena selangnya yang bocor. Dalam hal ini perlu dilakukan pengecekan yang terbilang mudah. Caranya adalah dengan melihat alur dari selang dan cek apakah ada masalah atau tidak. Jika terdapat tanda-tanda air yang menetes pada bagian selang maka perlu dilakukan penggantian.

>>> Lihat Juga, Kenali Sinyal Peringatan Kerusakan Kipas Radiator

2. Pengikat Selang Radiator

gambar ini menunjukkan selang radiator dan terdapat pengikat selang

Pengikat selang radiator berperan penting untuk menghubungkan selang

Masalah pengikat selang radiator bocor biasanya terjadi karena kurang kencangnya dari pihak yang memasangnya atau sudah rusak. Karena hal tersebut terjadi disebabkan kurang pengikat selang tidak terkait dengan maksimal yang berakibat kebocoran air radiator. Untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan mengencangkan baut pengikat selang. Akan tetapi ternyata pengikat selang ini sudah rusak maka untuk solusinya adalah dengan melakukan penggantian yang baru.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

3. Tutup Radiator

Gambar ini menunjukkan tutup radiator yang dipegang dengan tangan

Tutup radiator mempunyai katup dan pengait

Komponen selanjutnya yang menjadi penyebab radiator mobil bocor adalah tutup radiator. Jadi komponen ini terdapat pengait dan katup yang berada di dalamnya. Fungsinya adalah untuk mencegah kebocoran ketika radiator mobil dalam kondisi panas. Namun bagian tersebut juga bisa menjadikan air radiator berkurang yang diakibatkan oleh tekanan tutup yang mulai melemah. Hal tersebut terjadi karena karet yang terdapat pada bagian tutup sudah rusak. Untuk mengatasinya adalah dengan melakukan penggantian dengan yang baru sehingga kinerjanya dapat kembali maksimal.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

4. Kompresi Mesin

Gambar ini menunjukkan ruang kompresi pada mesin mobil

Pengecekan masalah kompresi dapat dilakukan dengan mudah

Saat terjadi kebocoran pada bagian radiator maka bisa membuat air dalam radiator berkurang. Hal tersebut juga berkaitan dengan kompresi mesin yang bocor. Untuk melakukan pengecekan terbilang sangat mudah yaitu dengan membuka tutup radiator dan air dimasukkan sampai penuh. Apabila saat mesin di gas air radiator menyembur keluar dengan keras, maka hal tersebut menunjukan adanya kebocoran kompresi.

>>> Baca Juga, Isi Air Radiator Mending Pakai Air Biasa Atau Coolant? Ini Yang Terbaik

5. Thermostat Mengalami Kerusakan

Gambar ini menunjukkan Thermostat pada mesin mobil

Thermostat yang rusak berakibat perbedaan suhu pada radiator

Pada saat thermostat mengalami kerusakan maka dapat membuat air radiator kurang baik dalam sirkulasi untuk menjaga temperatur mesin. Apabila perbedaan suhu pada bagian radiator sangat jauh maka hal tersebut menandakan bahwa thermostat mengalami kerusakan. Sebagai contoh pada sisi kanan radiator dalam kondisi sangat panas, namun ternyata di sisi sebaliknya ternyata dalam kondisi dingin. Jika begitu maka sobat perlu berkonsultasi dengan mekanik terpercaya untuk melakukan pengecekan agar dapat segera dilakukan perbaikan.

Masalah pada radiator mobil perlu dilakukan penanganan dengan segera. Tujuannya adalah supaya tidak terjadi overheat dan kerusakan dapat merambat ke komponen mesin lainnya. Jika sudah begitu maka biaya perbaikan menjadi jauh lebih mahal.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab radiator mobil bocor. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 10/10/2019 | Abdul

    Beresiko Putus, Begini Cara Merawat Fan Belt Agar Lebih Awet

    Mobil terdiri dari beberapa komponen yang sangat penting pada kendaraan. Salah satunya adalah fan belt yang mempunyai fungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju ke komponen pendukung lain seperti misalnya adalah kompresor AC mobil. Agar dapat bekerja dengan baik maka perlu dilakukan perawatan. Lantas bagaimana cara merawat fan belt pada mobil.

  • 08/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Masih Banyak Beredar, Begini Cara Mengenali Pelek Palsu Atau Asli

    Mengganti pelek merupakan cara termudah untuk mempercantik tampilan mobil. Para penjual pelek pun bisa ditemui dengan mudah, lengkap dengan berbagai model serta jenis peleknya. Namun hati-hati, masih ada pelek palsu beredar di pasaran. Berikut cara mengenali pelek palsu atau asli.

  • 07/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Ada 5 Kebiasaan Buruk Membuat Kopling Cepat Rusak

    Harga yang lebih murah, dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit menjadi beberapa alasan mobil manual tetap digemari. Bagi Anda pengemudi yang masih menggunakan mobil manual, keberadaan kopling tentu saja sangat penting. Ada 5 kebiasaan buruk yang kerap membuat kopling cepat rusak. Tentunya kelima kebiasaan ini harus ditinggalkan. Apa saja?