Kenali Sinyal Peringatan Kerusakan Kipas Radiator

28/11/2018| Fatchur Sag

Foto radiator mobil lengkap dengan kipasnya

Kipas mesin berfungsi menjaga radiator tetap dalam kondisi dingin

Kipas merupakan bagian penting dari radiator yang berfungsi sebagai pendingin. Kerusakan pada bagian kipas mesin bisa berakibat fatal karena mesin mengalami overheat atau suhu yang terlalu tinggi. Karenanya masalah pada kipas radiator sebaiknya dideteksi sedini mungkin agar tidak menyebabkan masalah baru yang lebih parah dan kompleks.

Ada beberapa cara mendeteksi masalah pada kipas radiator yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil sebagai cara deteksi dini terkait masalah pada bagian tersebut.

1. Lampu Indikator Peringatan Yang Menyala

Salah satu tanda yang bisa dikenali sebagai efek melemahnya kipas radiator atau adanya gangguan pada komponen tersebut adalah lampu indikator peringatan yang menyala menunjukkan mesin terlalu panas atau overheat saat mobil berjalan pelan atau berada di kemacetan. Tetapi kemudian menjadi normal kembali saat mobil digunakan untuk berjalan di kecepatan lebih dari 60 kilometer per jam.

>>> Ini Dia Panduan Singkat Memahami Lampu Indikator Peringatan Pada Mobil

Gambar indikator suhu mobil pada panel dashbord

Indikator suhu menyala pertanda suhu mesin terlalu panas

2. AC Menjadi Tidak Dingin Saat Mobil Berjalan Pelan Atau Berada Di Kemacetan

Jika terjadi hal tersebut; maka kemungkinan besar kipas radiator telah melemah atau mengalami masalah. Kipas radiator tidak hanya berperan sebagai pendingin mesin melalui sistem pendingin radiator; tetapi juga berfungsi untuk menjaga suhu kondensor AC tetap dingin. Letak kondensor AC ini umumnya berada di balik radiator. Jadi saat kipas meniupkan udara ke radiator maka pada saat yang sama udara juga ditiupkan pada kondensor AC.

3. Putaran Kipas Melemah

Gejala ini hanya bisa diketahui dengan mengamati secara langsung kinerja kipas radiator sebuah mesin. Putaran yang melemah bisa dideteksi dari kecepatan putaran yang rendah. Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengamati semburan udara yang tidak sekencang kipas yang masih normal. Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah mengamati daya sedot udara saat kipas berputar. Pengujian ini hanya bisa dilakukan oleh seseorang yang telah berpengalaman atau dilakukan dengan membandingkan putaran dua kipas dari mobil sejenis.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

4. Kemunculan Suara Asing Saat Kipas Berputar

Umumnya sebuah kipas radiator bekerja dengan kondisi yang cukup senyap. Dalam artian suara kipas akan tertutup oleh suara putaran mesin mobil. Tetapi jika kipas mengeluarkan suara yang dapat didengar karena lebih keras dari suara putaran mesin; maka kemungkinan besar ada masalah pada kipas tersebut.

AC tidak dingin, pengemudi jadi kepanasan dalam mobil

AC mobil aktif tapi tidak dingin, pertanda suhu mesin terlalu panas

Mengamati Petunjuk Temperatur

Cara ini dapat dilakukan pada jenis mobil yang masih menggunakan panel instrumen yang menunjukkan suhu mesin. Kipas yang melemah akan menyebabkan kinerja radiator sebagai sistem pendingin menjadi melemah. Efeknya adalah mesin yang lebih mudah panas atau terjadinya kondisi overheat. Suhu mesin dapat dipantau melalui indikator suhu pada panel instrumen. Jika suhu mesin sering naik di atas suhu normal; maka kemungkinan besar kipas telah melemah sehingga radiator tidak bekerja sempurna dalam mendinginkan mesin.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Ada Tanda Kipas Melemah?

Jika mobil menunjukkan kondisi kipas yang melemah; maka langkah yang paling bijaksana untuk dilakukan adalah mendatangi mekanik untuk memastikan kondisi kipas dan mencari solusi untuk masalah yang terjadi. Kipas yang melemah bisa menyebabkan masalah pada mesin karena suhu mesin yang terus menerus tinggi. Pada kasus yang ekstrim; kipas radiator dapat meleleh atau berubah bentuk akibat suhu mesin yang terlalu tinggi. Semakin cepat mengatasi masalah kipas yang melemah bisa mencegah munculnya beragam masalah baru pada mesin. Mengganti part atau komponen yang menyebabkan kipas melemah seperti dinamo dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

>>> Mengetahui Penyebab Temperatur Mobil Naik Yang Perlu Diwaspadai

>>> Ingin lebih pintar soal teknik? Baca ulasan teknik nomor satu di Indonesia hanya di sini

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International