Isi Air Radiator Mending Pakai Air Biasa Atau Coolant? Ini Yang Terbaik

20/01/2019| Arfian Alamsyah

Radiator adalah salah satu alat pendinginan pada mesin kendaraan. Keberadaannya vital, karena jika ada kesalahan ataupun malfungsi pada radiator, nantinya akan membuat mesin kepanasan. Nah, sebaiknya jika hendak mengisi air radiator, mending pakai air biasa atau radiator coolant? Atau malah pakai air hasil kondensasi AC. Mana yang terbaik?

>>> Ini cara mengganti air radiator yang baik

Tampak Ilustrasi cara isi air radiator

Isi air radiator tidak boleh sembarangan, karena dapat berakibat korosi

Radiator coolant itu adalah memang sebuah cairan air radiator yang disiapkan untuk berada didalam radiator. Cairan tersebut umumnya sudah diformulasikan dengan bahan kimia tertentu, ada bahan kimia anti karat agar bagian dalam radiator enggak karat atau korosi. Bahan dasar dari radiator coolant sebenarnya adalah air radiator yang sudah didemineralisasi. Mengapa kandungan air air mineral tidak baik untuk radiator karena air minereal itu memiliki sifat untuk meninggalkan kerak. Ambil contoh kita masak air diwajan pasti akan berkerak lama kelamaan.

>>> Ini pendapat kami mengenai New Toyota Avanza Veloz 2019 yang baru saja diluncurkan di Indonesia

Tampak sebotol Air radiator Prestone

Lalu bagaimana dengan air AC? Air AC adalah air yang dikumpulkan melalui hasil kondensasi jadi tidak mengandung mineral, kalau hanya lumut saja mungkin masih ada, air AC ini juga baik digunakan untuk radiator mobil. Namun, alangkah baiknya jika untuk radiator mobil kesayangan Anda gunakanlah radiator coolant yang memiliki reputasi produk baik. Bagiamana sobat? Masih mau asal dalam memilih air radiator?

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International