Waspada! Ada Banyak Faktor Penyebab Mobil Terbakar

14/04/2019 | Mahmudi Restyanto

1. Rembesan Oli Mesin

Hati-hati saat menambah atau mengganti oli mesin jangan berlebihan

Rembesan oli dan membuat genangan bisa menjadi penyebab mobil terbakar karena panas berlebih

Mungkin Anda bingung, mengapa oli bisa menjadi faktor penyebab mobil terbakar. Perlu diingat, oli adalah bahan yang bisa juga terbakar. Kejadian ini bisa terjadi ketika pemilik mobil mengisi oli terlalu banyak ke mesin dan tidak memperhatikan bahwa terdapat celah antara tutup silinder dengan cylinder head yang mengakibatkan oli berhamburan di ruang mesin. Akibatnya akan ada banyak genangan oli di seputar baut header dan bisa mengakibatkan kebakaran yang disebabkan panas berlebihan yang dihasilkan oleh header knalpot.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

2. Knalpot Bocor

Periksa dengan seksama pastikan tidak ada kebocoran dalam sistem knalpot

Pastikan tidak ada kebocoran pada sistem knalpot karena bisa menjadi faktor penyebab mobil terbakar

Berbicara tentang knalpot, pastinya berhubungan dengan api sisa pembakaran di dalam silinder. Untuk beberapa kasus yang pernah terjadi, header atau exhaust versi cor (header buatan dengan bahan dasar babet) yang sudah bolong setitik saja, bisa menyebabkan mobil terbakar. Paling krusial bila api yang meletup dari lubang tadi menyambar lapisan peredam di kap mesin atau material lain pada mobil yang mudah terbakar seperti bahan plastik pada bumper yang menjadi faktor penyebab mobil terbakar. Inilah alasan mengapa header keluaran pabrik pasti dilengkapi dengan sekat untuk menangkal kebocoran api.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

3. Kebocoran Bensin Mobil

Bensin yang bocor akibat selang aus atau getas bisa jadi masalah

Kebocoran pada jalur bensin juga menjadi salah satu faktor penyebab mobil terbakar

Tanpa disadari atau tidak, komponen pada mobil memiliki usia pakai yang terus menurun. Apalagi spare part dengan material karet seperti selang bensin. Meskipun bahan yang digunakan original atau kualitas yang paling baik sekalipun tetap saja memiliki usia pakai. Kondisi karet yang mulai getas bisa menyebabkan kebocoran bensin di sekitar bodi selang bensin dan di ujung sambungan. Bila tidak rutin diperiksa, maka kebocoran karena karet yang getas ini menjadi faktor penyebab mobil terbakar.

>>> Perhatikan 3 Hal Berikut Saat Memutuskan Ganti Audio Mobil

4. Kelistrikan Mobil Korslet

Ketika jumper bisa korslet akibat pemasangan aksesori kelistrikan yang tidak rapi

Korslet yang terjadi saat sedang jumper aki mobil juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab mobil terbakar

Diantara banyak faktor, 80% faktor penyebab mobil terbakar pada mobil adalah akibat masalah kelistrikan kendaraan. Semua pengerjaan yang berhubungan dengan kabel, memang tidak dapat sembarangan apalagi ingin men-jumper kabel. Sangat disarankan saat pemasangan aksesori yang berhubungan dengan listrik harus berhati-hati dan rapi agar tidak menyebabkan kebakaran. Selain itu pilih kabel yang berkualitas baik dan tidak murahan untuk menghindari korslet. Nah, jadi waspadai letak-letak penyebab mobil terbakar ini.

>>> Mungkin tertarik, Tips Mengganti Air Radiator Mobil dengan Mudah di Rumah

Berita sama topik

  • 10/10/2019 | Abdul

    Beresiko Putus, Begini Cara Merawat Fan Belt Agar Lebih Awet

    Mobil terdiri dari beberapa komponen yang sangat penting pada kendaraan. Salah satunya adalah fan belt yang mempunyai fungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju ke komponen pendukung lain seperti misalnya adalah kompresor AC mobil. Agar dapat bekerja dengan baik maka perlu dilakukan perawatan. Lantas bagaimana cara merawat fan belt pada mobil.

  • 08/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Masih Banyak Beredar, Begini Cara Mengenali Pelek Palsu Atau Asli

    Mengganti pelek merupakan cara termudah untuk mempercantik tampilan mobil. Para penjual pelek pun bisa ditemui dengan mudah, lengkap dengan berbagai model serta jenis peleknya. Namun hati-hati, masih ada pelek palsu beredar di pasaran. Berikut cara mengenali pelek palsu atau asli.

  • 07/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Ada 5 Kebiasaan Buruk Membuat Kopling Cepat Rusak

    Harga yang lebih murah, dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit menjadi beberapa alasan mobil manual tetap digemari. Bagi Anda pengemudi yang masih menggunakan mobil manual, keberadaan kopling tentu saja sangat penting. Ada 5 kebiasaan buruk yang kerap membuat kopling cepat rusak. Tentunya kelima kebiasaan ini harus ditinggalkan. Apa saja?