Usai Diparkir, Begini Cara Mendinginkan Suhu Kabin Mobil Dengan Cepat

09/03/2019 Fatchur Sag Perawatan mobil

Paling tidak nyaman saat masuk mobil usai diparkir di pelataran adalah kabin yang panas, bahkan panas tidak cepat hilang meski AC mobil sudah dinyalakan. Walhasil di awal mobil berjalan pengemudi dan penumpang harus menahan panas sampai suhu kabin menjadi dingin. Bagaimana mendinginkan suhu kabin mobil dengan cepat?

Diantara alasan orang naik mobil saat bepergian baik menggunakan mobil adalah kenyamanan terhindar dari panasnya terik matahari dan hujan lebat. Sesampainya di lokasi tujuan mobil bisa diparkir dimana saja yang diizinkan. Paling bagus sih di tempat teduh yang terlindung dari terik sinar matahari langsung. Namun jika tidak kebagian tempat teduh, parkir di pelataran di bawah terik matahari juga tidak mengapa. Hanya saja kalau diparkir di bawah terik matahari langsung suhu kabin mobil bakal menjadi panas.

>>> Rahasia Mengatur AC Mobil Sejuk Saat Cuaca Panas

Foto deretan mobil diparkir di tempat terbuka

Mau bagaimana, tidak punya tempat parkir sendiri ya parkir berjamaah di lapangan

Ketidaknyamanan langsung terasa manakala penumpang atau pengemudi masuk ke dalam mobil ingin melanjutkan perjalanan, rasanya panas seperti dipanggang. Meski dengan segera pengemudi menyalakan AC begitu mesin dinyalakan, suhu kabin mobil juga tidak serta merta langsung dingin. Mau tidak mau di awal perjalanan penumpang harus menahan hawa panas untuk beberapa saat.

Cara mendinginkan suhu kabin mobil yang panas dengan cepat dan aman?

Dari beragam cara mendinginkan suhu kabin yang panas usai diparkir di bawah terik matahari, yang paling banyak dilakukan adalah seperti tersebut di atas, menyalakan AC dengan hembusan kencang. Wuling Motors dalam laman resminya menulis cara ini tidak direkomendasikan sebab kinerja AC menjadi lebih berat jika dinyalakan dalam kondisi suhu kabin mobil panas.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar terlengkap hanya di sini

Foto kabin mobil terpapar sinar matahari

Mobil diparkir di bawah terik matahari, suhu kabin menjadi panas

Yang terbaik adalah buang dulu hawa panas dan beri sirkulasi udara dengan membuka semua jendela. Setelah beberapa saat baru penumpang masuk, nyalakan AC saat mobil sudah bergerak dan jendela boleh ditutup begitu suhu kabin mobil dirasa sudah nyaman. Alasan mengapa menunggu mobil bergerak untuk menyalakan AC tidak lain supaya kondensor yang terletak di depan radiator bisa terpapar udara segar sehigga proses pendinginan lebih maksimal.

Bagi pengguna Wuling Confero S ada satu fitur yang sangat bermanfaat untuk mendinginkan suhu kabin mobil panas usai diparkir, yaitu Open Window Remote atau membuka jendela dari luar menggunakan remote. Dengan menekan tombol Open pada kunci remote selama 2 detik, semua jendela bakal turun secara berturut-turut. Hawa panas kabin bakal terbuang seiring dengan sirkulasi udara yang masuk sehingga saat penumpang masuk ke dalam mobil tidak akan lagi merasakan hawa panas seperti dipanggang dalam microwave.

>>> Kabin Tetap Sejuk dan Sehat, Yuk Perhatikan Komponen Ini

Foto seseorang sedang membuka jendela Wuling Confero S menggunakan remote

Dengan fitur Open Window Remote, pengguna Wuling Confero bisa membuka jendela dari jauh untuk mendinginkan suhu kabin mobil

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Mudik Lebaran: Yuk Servis Kendaraan Dulu
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Mudik Lebaran: Yuk Servis Kendaraan Dulu

    15/05/2019

    Mau mudik pakai mobil atau sepeda motor, Anda bebas memilih. Namun satu yang tak boleh diabaikan Anda harus memastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi prima. So servis kendaraan sebelum mudik adalah kebutuhan.

  • Jenis-Jenis Kerusakan Turbo
    Perawatan mobil Arfian Alamsyah

    Jenis-Jenis Kerusakan Turbo

    30/04/2019

    Memasang sistem induksi udara paksa kedalam mesin memang menjadi salah satu cara oleh pabrikan mobil untuk dapat menggapai tenaga dengan instan. Namun, tak ada gading yang tak retak, semua buatan manusia tidak akan sempurna. Berikut ini kami beberkan beberapa jenis-jenis kerusakan turbo.

  • Mobil Dengan Sistem Power Steering Elektrik Lebih Lemah Dari Hidrolik? Ini Penjelasan Teknisnya
    Perawatan mobil Arfian Alamsyah

    Mobil Dengan Sistem Power Steering Elektrik Lebih Lemah Dari Hidrolik? Ini Penjelasan Teknisnya

    25/04/2019

    Power Steering Elektrik atau yang akrab disebut EPS memang meringankan kerja mesin, namun sudah menjadi rahasia umum juga jika mobil dengan sistem power steering elektrik itu lebih lemah dari power steering hidrolik. Mengapa demikian? Ini penjelasan teknisnya