Kabin Tetap Sejuk dan Sehat, Yuk Perhatikan Komponen Ini

15/11/2018 Mahmudi Restyanto Perawatan mobil

Menjaga AC tetap sejuk dan kabin sehat bisa dilakukan berbagai cara. Tetapi ada komponen yang ternyata punya dampak lebih besar, yakni merawat filter AC. Komponen ini menentukan kondisi AC dan kabin Anda dalam jangka panjang.

Komponen-komponen kecil yang sering diabaikan oleh pemilik mobil ternyata punya dampak besar terhadap kinerjanya. Sebagai contoh, ketika ingin merawat mobil, komponen seperti filter udara atau filter AC terabaikan hingga akhirnya rusak dan harus diganti. Padahal bila Anda merawatnya bisa memperpanjang usia komponen tersebut sekaligus menjaga kinerja AC dan mesin. Tidak hanya itu, komponen tersebut juga berkaitan langsung dengan kesehatan di dalam kabin serta daya tahun AC.

>>> Lihat juga, Tips Merawat AC Mobil Saat Musim Panas Agar tetap Dingin

Contoh kasus ketika filter AC mobil Anda dalam keadaan kotor, maka sirkulasi udara dalam kabin juga akan kotor. Sehingga berdampak pada udara yang dihirup penumpang selama berada di dalam mobil. Untuk beberapa orang yang mempunyai alergi pernapasan, bisa membuat penyakitnya kambuh. Untuk sistem AC sendiri ketika kotoran menumpuk di filter, akan membuat aliran udara tertahan sehingga sirkulasi tidak lancar dengan dampak AC kurang sejuk.

Filter AC harus diganti ketika sudah kotor

Bila filter AC sudah dalam keadaan kotor, sebaiknya diganti dengan yang baru

Adapun fungsi filter AC cukup vital karena melindungi penumpang dari kontaminasi udara dari kotoran luar seperti bakteri, asap knalpot, dan debu yang bertebaran diluar mobil. Filter akan menjaga kualitas udara didalam kabin tetap bersih. Penyebab AC kurang sejuk pun bisa ari filter AC yang terlalu kotor.

Untuk menghemat biaya, Anda bisa membersihkannya walaupun tidak terlalu optimal karena akan ada sisa kotoran yang menempel. Cara membersihkanya pun bukan dengan air dan sabun karena justru bisa merubah bentuk sehingga merusak filter. Idealnya filter AC dibersihkan menggunakan kompresor angin untuk membuang kotoran-kotoran yang terlihat saja.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil lainnya

Ketika filter ac kotor, membuat ac kurang dingin

Salah satu penyebab AC kurang dingin adalah filter AC yang sudah kotor

Sedangkan untuk penggantian filter AC, setiap pabrikan mobil mempunyai rekomendasi yang berbeda-beda. Waktu yang disarankan adalah ketika mobil menempuh jarak maksimal 19.000 Km hingga 24.000 Km. Periode penggantiannya juga tergantung dari jalur yang sering Anda lewati, jika mengemudi di dalam kota dengan tingkat polusi tinggi, maka penggantian akan lebih cepat antara setahun atau sekitar 20.000 Km.

Mengingat filter AC masuk dalam kategori fast moving, maka tidak heran bila di pasar aftermarket ada banyak opsi merek yang  bisa Anda pilih selain OEM (original equipment manufacturer). Harga yang dibanderol bervariasi, tergantung dari kualitasnya. Tetapi bila Anda ragu dengan kualitas produk aftermarket, cara paling aman adalah membeli filter AC OEM di bengkel resmi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Mudik Lebaran: Yuk Servis Kendaraan Dulu
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Mudik Lebaran: Yuk Servis Kendaraan Dulu

    15/05/2019

    Mau mudik pakai mobil atau sepeda motor, Anda bebas memilih. Namun satu yang tak boleh diabaikan Anda harus memastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi prima. So servis kendaraan sebelum mudik adalah kebutuhan.

  • Jenis-Jenis Kerusakan Turbo
    Perawatan mobil Arfian Alamsyah

    Jenis-Jenis Kerusakan Turbo

    30/04/2019

    Memasang sistem induksi udara paksa kedalam mesin memang menjadi salah satu cara oleh pabrikan mobil untuk dapat menggapai tenaga dengan instan. Namun, tak ada gading yang tak retak, semua buatan manusia tidak akan sempurna. Berikut ini kami beberkan beberapa jenis-jenis kerusakan turbo.

  • Mobil Dengan Sistem Power Steering Elektrik Lebih Lemah Dari Hidrolik? Ini Penjelasan Teknisnya
    Perawatan mobil Arfian Alamsyah

    Mobil Dengan Sistem Power Steering Elektrik Lebih Lemah Dari Hidrolik? Ini Penjelasan Teknisnya

    25/04/2019

    Power Steering Elektrik atau yang akrab disebut EPS memang meringankan kerja mesin, namun sudah menjadi rahasia umum juga jika mobil dengan sistem power steering elektrik itu lebih lemah dari power steering hidrolik. Mengapa demikian? Ini penjelasan teknisnya