Beberapa Alasan Kemudi Mobil Berbentuk Lingkaran Dan Penggantian Model Racing

08/02/2020| Abdul

Kemudi atau setir mobil merupakan sebuah komponen utama untuk mengendalikan gerak mobil. Pada umumnya bentuknya lingkaran atau sejenisnya, jadi hal tersebut bukan merupakan sesuatu yang asing bagi para pengemudi mobil. Tetapi banyak yang tidak tahu beberapa alasan kemudi mobil berbentuk lingkaran.

Tahukah Sobat, bahwasanya setir mobil terdapat perubahan yang dilakukan dari zaman ke zaman. Adapun sejarah berkaitan dengan sejarah otomotif dimulai pada tahun 1885 yang kemudinya tidak berbentuk lingkaran seperti saat ini. Untuk mobil zaman dulu pergerakannya mengandalkan sebuah tuas untuk mengendalikan dan menggerakkannya.

Gambar ini menunjukkan kemudi mobil warna hitam dan putih

Kemudi mobil berperan penting pada kendaraan

>>> Lihat Juga, Bolehkah Memutar Setir Sampai Mentok?

Lantas mengapa bentuk kemudi berubah? Ini beberapa alasannya :

1. Parkir Jadi Lebih Mudah

Pada kemudi yang menggunakan model tuas sebenarnya tidak rumit, hanya saja hal tersebut diperuntukkan untuk mengatur kendaraan dalam kondisi melaju di jalan lurus. Akan tetapi berbeda saat ingin melakukan parkir, saat ingin menentukan posisi yang sejajar dan juga mengarahkan rodanya tidak akurat. Sangat berbeda dengan penggunaan kemudi berbentuk lingkaran yang bisa menentukan titik putarnya dengan lebih mudah.

2. Lebih Mudah Saat Berputar

Selanjutnya alasan kemudi mobil berbentuk lingkaran adalah lebih mudah saat berputar. Jadi gerakan berputar memang identik dengan pola melingkar, sehingga setir model lingkaran akan sangat mendukung hal tersebut. Begitupun saat ingin mengatur arah ban bisa lebih leluasa dan juga presisi.

3. Aman Digunakan

Model lingkaran tidak mempunyai sudut, jadi ketika digunakan akan lebih aman karena potensi benturan akan dikurangi. Dengan begitu maka akan terhindar potensi melukai tubuh pengemudi mobil. Oleh sebab itulah model lingkaran dijadikan standar di dunia dan masih dipakai sampai saat ini. Jadi dengan mengandalkan model tersebut bisa membuat pengemudi siap untuk melibas jalanan di depannya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan 2 tangan memegang kemudi mobil

Setir model lingkaran mempunyai banyak keunggulan

>>> Baca Juga, Kemudi Mobil Bergetar, Bisa Saja Karena 2 Komponen Ini Mengalami

Selain soal alasan kemudi mobil berbentuk lingkaran, hal lain yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya berhati-hati saat  ingin mengganti kemudi bawaan dengan model racing. Memang dengan menggantinya maka tampilan interior jadi lebih menarik dan terasa mempunyai nuansa balap. Bahkan sekarang sudah banyak dijual dipasaran dengan beragam bentuk dan juga bahannya. Hanya saja terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum menggantinya.

Adapun hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ukuran kemudi mobil. Pastikan setir racing ukurannya tidak terlalu berbeda dengan bawaan, karena hal tersebut bisa mempengaruhi radius putar. Pada umumnya untuk ukuran kemudi bawaan adalah 14-15 inci, sedangkan diameter kemudi model racing 12,6-13,8 inci. Jadi Sobat bisa memilih yang ukurannya sama atau hampir mendekati.

Selain itu, bahan material juga bisa mempengaruhi kenyamanan selama berkendara. Umumnya yang paling banyak bahan yang dipakai adalah kulit asli, kulit imitasi, kayu  ataupun suede. Dalam hal ini Sobat bisa memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. Kalau bisa memilih kemudi dengan bahan yang tidak licin agar berkendara lebih aman dan juga nyaman.

Jangan lupa memperhatikan juga respon kemudi mobil, yang perlu diingat adalah rasio dari lingkar setir dan efek putar roda. Apabila tidak seimbang maka dapat berbahaya ketika berkendara. Oleh sebab itulah sebelum memutuskan melakukan penggantian sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu modelnya agar resiko bahaya dapat diminimalisir.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan salah satu kemudi mobil model racing

Jangan mengorbankan kenyamanan dan keamanan saat ganti kemudi mobil

Hal lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah airbag, karena saat mengganti setir racing maka airbag akan hilang jika pada kemudi standar memilikinya. Tentunya hal tersebut bisa menambah resiko untuk pengemudi saat terjadi masalah di jalan. Begitupun tombol yang ada pada kemudi jika memilikinya.

Oleh sebab itulah selain soal tampilan jangan melupakan keamanan dan juga kenyamanannya serta sesuaikan dengan kebutuhan. Demikianlah informasi mengenai alasan kemudi mobil berbentuk lingkaran dan juga mengenai pertimbangan mengganti kemudi racing. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Beberapa Penyebab Kemudi Mobil Berat Butuh Perhatian

    07/10/2020| Abdul

    Beberapa Penyebab Kemudi Mobil Berat Butuh Perhatian

    Terdapat penyebab kemudi mobil berat yang perlu diperhatikan oleh pengendara. Jadi mobil dengan Power Steering bisa saja tiba-tiba berat pada bagian kemudinya saat digerakkan. Hal tersebut bisa terjadi kapan saja dan tentu ada penyebabnya.

  • Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    18/09/2020| Abdul

    Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    Saat berada di jalan raya didapati lampu lalu lintas saat berada di perempatan atau tempat penyeberangan. Dalam hal ini pengguna mobil matik disarankan untuk menempatkan posisi tuas persneling di posisi netral. Lantas bagaimana jika menempatkan tuas persneling di posisi D saat lampu merah?

  • Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    17/08/2020| Fatchur Sag

    Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    Mengemudi sambil makan bisa mengurangi konsentrasi dan fokus pengemudi, sama bahayanya dengan mengemudi sambil menggunakan hp.

International