Bolehkah Memutar Setir Sampai Mentok?

20/02/2019 Arfian Alamsyah Perawatan mobil

Tidak semua mobil didesain dengan radius putar yang memadai, beberapa pengemudi terpaksa memutar kemudi sampai mentok, namun bolehkah memutar setir sampai mentok?

Ilustrasi Radius putar mobil dengan warna merah

Radius putar pada setiap kendaraan tidak sama

Ada beberapa pertanyaan yang masuk ke redaksi Mobilmo, diantaranya yang cukup menarik adalah sebenarnya bolehkah memutar setir sampai mentok habis? Mengingat tidak semua mobil didesain dengan radius putar yang memadai, ambil contoh Toyota Sienta, Toyota Yaris yang radius putarnya lebih dari 5 meter, padahal bentukya kompak. Sebenarnya bolehkah memutar setir sampai mentok?

>>> Ini dia masalah pada power steering yang suatu saat bisa datang

Putar setir sampai mentok

Memutar setir sampai mentok berpotensi membuat kerusakan pada rumah setir

"Memutar setir sampai mentok untuk mobil yang masih menganut hydraulic power assited itu sangat tidak disarankan, karena berpotensi membuat rumah power steering menjadi rusak," papar Yongki Prioutomo atau yang lebih akrab disapa dengan panggilan Om Yongki atau Om Turbo. Pria yang sempat menjadi sales manager sebuah perusahaan ini juga menambahkan sebaiknya kalau setir diputar sudah mentok dikembalikan sedikit agar tidak mentok.

>>> Ini cara mengetahui kondisi mesin bekas, jangan sampai tertipu ya!

Rack Steer House dalam mobil

Rack steering house berpotensi rusak jika setir dipaksa belok sampai mentok

Masih kata om Yongki di acara VLOG Bengkel Motomobi, menurutnya jika terus menerus dipaksakan setir mobil diputar sampai mentok, maka yang akan kalah duluan atau rusak adalah rumah power steeringnya. "Kalau mobil yang sudah menganut Electronic Power Steering sistemnya sudah berbeda dengan hidrolik," tutup pria ramah berkacamata ini. So, jangan memutar setir sampai mentok ya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca