Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

17/02/2021| Abdul

Adapun pengertian water hammer pada mobil yaitu salah satu kondisi dimana terdapat kandungan air dengan jumlahnya yang cukup banyak menuju ke bagian ruang bakar dan kompresi tidak bisa dilakukan yang membuat terganggunya sistem pembakaran pada mesin mobil. Nah untuk lebih jelas terkait water hammer bisa menyimak di bawah ini.

Gambar ini menunjukkan mobil hitam menerjang banjir cukup dalam

Usahakan untuk menghindari banjir demi keamanan

>>> Mobil Habis Kebanjiran, Ini 3 Masalah Yang Bakal Muncul

Kenapa Bisa Terjadi Water Hammer

Pada saat musim penghujan dan kerap terjadi banjir akan muncul istilah water hammer. Dimana air ikut terhisap menuju ke bagian mesin mobil. Biasanya hal tersebut terjadi saat jalanan dalam kondisi banjir dan mobil memaksa untuk melewatinya. Kompresi tidak dapat dilakukan antara air dengan bahan bakar sehingga dapat beresiko membuat mesin jadi tidak menyala. Resiko lain yang lebih besar adalah blok mesin retak atau kepala silinder dan piston yang bengkok.

Meskipun begitu, water hammer pada mobil tidak hanya karena banjir saja. Akan tetapi saat proses pencucian dilakukan dengan tidak benar juga bisa saja mengalaminya. Jika melihat inti dari masalah tersebut, jika kandungan air masuk ke bagian dalam mesin mobil bisa berakibat hal yang tidak baik bagi mesin.

Langkah Pencegahan

Bagaimana? sudah tahu bukan terjadinya water hammer. Nah berikut ini kami juga memberikan informasi mengenai langkah pencegahan yang dapat dilakukan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan mobil melaju saat jalanan banjir

Pilih yang paling dangkal saat melintasi genangan air

>>> Mobil Matic Kebanjiran, Cukup 3 Hal Ini Yang Boleh Dilakukan Pemilik

1. Menghindari Melintasi Genangan Air

Pada saat ditemui genangan air dengan kedalaman cukup tinggi maka sebaiknya tidak melewatinya. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah supaya air tidak masuk ke bagian mesin mobil yang beresiko terjadi water hammer. Apabila terpaksa melewatinya sebaiknya memilih yang paling dangkal, Sobat bisa melihat kendaraan yang lebih dulu melintas untuk mengetahui kedalaman genangan air. Selain itu, melaju dengan perlahan untuk langkah mencegah air masuk.

2. Menghindari Air Yang Mengalir Dengan Deras

Pada saat turun hujan deras dengan waktu yang lama biasanya akan terdapat genangan air di beberapa daerah. Nah bila Sobat sedang melintasi daerah tersebut dan menghadapi genangan air, sebaiknya menghindari yang berarus. Arus air sendiri bisa disebabkan oleh derasnya air hujan dengan kondisi jalanan yang agak miring atau tidak rata, bisa juga karena ada mobil besar melintas sehingga menimbulkan arus. Lebih baik menghindari hal tersebut karena air deras bisa membuat water hammer pada mobil.

3. Memperhatikan Kecepatan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya water hammer adalah cara mengatur pedal gasnya. Jadi injak pedal gas dengan baik dan buat kecepatan mobil tetap stabil. Hal ini bertujuan supaya knalpot tidak kemasukan air. Jika melakukannya maka akan mempunyai kesempatan besar untuk tidak mengalami water hammer.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

gambar ini menunjukkan perawatan di bengkel resmi

Saat sudah mengalami water hammer segera bawa ke bengkel resmi atau terpercaya

Apabila mobil sudah terlanjur mengalami water hammer. Maka solusinya adalah membawanya ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya untuk dilakukan pengecekan. Sehingga masalah yang lebih besar bisa dihindari. Demikianlah informasi mengenai water hammer pada mobil, baik itu pengertian dan langkah pencegahannya. Semoga bermanfaat dan selalu berhati-hati di jalan terutama musim penghujan, ingat bahwa keluarga sedang menunggu di rumah.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International