Mobil Habis Kebanjiran, Ini 3 Masalah Yang Bakal Muncul

07/01/2020| Fatchur Sag

Banyak mobil terendam saat banjir melanda Jakarta awal tahun 2020. Ada yang sebatas ban, ada separoh bodi, tapi ada juga yang sampai tenggelam hingga satu mobil penuh. Sudah pasti seluruh bagian mobil juga turut terendam air dari interior hingga mesin.

Foto menunjukkan Mobil terendam banjir hingga setengah bodi

Habis kebanjiran banyak masalah akan muncul

Masalah lain menyusul setelah banjir surut, tidak hanya mobil terlihat kotor. Menurut CEO Makko Group, Christopher Sabastian, setidaknya ada tiga masalah muncul pada mobil habis kebanjiran.

1. Bau interior tidak sedap

Bau tidak sedap disebabkan ada bagian interior yang masih basah alias belum kering sepenuhnya atau belum tuntas saat membersihkan.

>>> Jangan Anggap Remeh, Ini Dia Manfaat Mesin Mobil Bersih Yang Didapat Pemilik

2. Kerusakan sistem elektrikal

Sedikit atau banyak mobil memiliki sistem elektrikal untuk menghidupkan beberapa perangkat. Misalnya lampu-lampu, lampu, wiper, Air Conditioner (AC), dan komponen elektrik lainnya. Untuk mobil-mobil terkini sistem elektrik malah lebih banyak lagi seperti audio dan speedometer digital.

Foto menunjukkan kondisi mesin mobil yang kotor usai kebanjiran

Air banjir merusak sistem kelistrikan mobil

3. Korosi atau karat

Banjir membawa lumpur dan banyak kotoran ke bagian-bagian mobil baik eksterior, interior hingga mesin. Sesedikit apapun sisa kotoran yang tertinggal saat pembersihan bakal menimbulkan dampak, misalnya karat.

So, bagi Anda yang memiliki mobil habis kebanjiran sebaiknya perhatikan 3 hal di atas. Pastikan saat membersihkan benar-benar tuntas dan interior benar-benar kering agar tidak memunculkan bau tak sedap. Bawa mobil ke salon mobil spesialis agar penanganan lebih maksimal. Sedangkan untuk sistem elektrikal mobil serahkan pada ahlinya atau bengkel resmi agar tidak terjadi kekeliruan.

>>> Mobil Matic Kebanjiran, Cukup 3 Hal Ini Yang Boleh Dilakukan Pemilik

Foto menunjukkan mobil-mobil berkarat di parkir di tanah lapang

Jika penanganan tidak benar-benar maksimal, kondisi mobil yang kebanjiran bisa lebih buruk

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Beberapa Cara Memperbaiki Bumper Mobil Rusak Dapat Dicoba

    05/08/2020| Abdul

    Beberapa Cara Memperbaiki Bumper Mobil Rusak Dapat Dicoba

    Bumper mobil memiliki beragam fungsi dan terdapat beberapa jenis dengan bahan berbeda. Bumper mobil merupakan salah satu komponen mobil yang kerap kali rusak karena tersenggol batu atau aspal saat melewati jalan yang rusak. Jika begitu maka memperbaiki bumper mobil rusak perlu dilakukan.

  • Pandemi Belum Hilang, Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment Masih Berlaku

    29/07/2020| Fatchur Sag

    Pandemi Belum Hilang, Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment Masih Berlaku

    Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment masih berlaku di seluruh diler Suzuki untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pelanggan yang berkunjung.

  • Apakah Mobil Terbakar Karena Kejahatan Ditanggung Asuransi?

    14/07/2020| Abdul

    Apakah Mobil Terbakar Karena Kejahatan Ditanggung Asuransi?

    Asuransi merupakan lembaga yang menjaga dan melindungi nilai suatu kendaraan jika kendaraan tersebut mengalami kerusakan sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang berlaku. Di tengah kondisi yang tidak menentu seperti saat ini asuransi seperti menjadi kewajiban yang harus dimiliki oleh seseorang. Apalagi resiko mobil terbakar karena kejahatan bisa saja terjadi.

International