Oh Ini Penyebab Velg Mobil Panas Yang Berlebih

15/07/2018| Abdul

Terjadinya velg Mobil panas yang terlalu berlebih bisa jadi karena terdapat masalah pada bagian sistem pengereman. Pada umumnya terjadi ketika kondisi dari piston rem terlambat kembali atau bisa juga tidak kembali setelah menekan kampas rem. Dengan begitu gesekan akan terjadi lebih sering sehingga velg Mobil menjadi panas.

Adapun kinerja dari sistem pengereman adalah, piston rem akan melakukan penekanan pada kampas rem ketika pengendara menekan pedal rem. Setelah itu kampas rem menjepit piringan  atau disc brake sehingga dapat memperlambat laju Mobil dan putaran roda berkurang. Setelah pedal rem dilepas maka kampas rem tidak akan menjepit piringan dan sudah tidak ada kontak lagi sebelum dilakukan penekanan pedal kembali.

Gambar ini menunjukkan Velg mobil warna krom dan bodi warna biru

Velg Mobil yang panas bisa berasal dari sistem pengereman Mobil

Oleh sebab itu apabila salah satu dari piston mengalami gangguan seperti macet, maka kamper akan terus menekan tromol atau piringan secara terus menerus. Jadi dalam hal ini dapat membuat piringan menjadi panas yang merambat dan menjadikan velg Mobil panas, jika sudah begitu perlu dilakukan pengecekan pada sistem pengereman dimana diduga mengalami kemacetan.

>>> Baca juga, Jangan lupa, Baut Roda Mobil Juga Membutuhkan Perawatan

Untuk cara melakukan pengecekan dapat dilakukan dengan mudah, yakni memegang keempat velg roda secara bergantian. Kemudian rasakan mana velg Mobil yang paling panas diantara keempat roda Mobil. Dengan begitu telah ditemukan, bahwa velg Mobil yang paling panas menandakan adanya masalah pada sistem pengeremannya.

Sebagai langkah untuk memastikan apakan benar bermasalah atau tidak karena velg Mobil panas. Dapat dilakukan dengan cara mendongkraknya di tempat yang dirasa mempunyai panas yang berlebih. Setelah itu putar roda dan lihatlah, apakah putarannya lancar atau malah seret dan terasa berat ketika diputar. Bahkan ada pula yang tidak bisa diputar sama sekali, sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem pengereman di bagian tersebut telah macet atau mengalami gangguan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

gambar ini menunjukkan ilustrasi sebuah kaki menginjak pedal rem pada Mobil

Saat velg Mobil panas berlebih sebaiknya mengurangi penggunaan rem sampai ke bengkel jika memungkinkan

Untuk mengatasi masalah velg Mobil panas dan mengatasi sistem pengereman yang macet dapat dilakukan dengan mendiamkannya terlebih dahulu selama 30 menit sampai 1 jam. Pemilik kendaraan bisa menghubungi bengkel terdekat atau mencarinya dengan menanyakan kepada warga sekitar apakah ada bengkel Mobil yang dekat dengan lokasi saat melakukan perjalanan.

Apabila tidak ada bengkel terdekat, pemilik bisa memacu lagi kendaraannya secara perlahan dan jika memungkinkan mengurangi penggunaan rem hingga menemui bengkel Mobil terdekat. Dengan mengurangi frekuensi pengereman bertujuan untuk menghindari sistem pengereman yang macet dan membuat Mobil tidak dapat dijalankan karena kampas rem yang mengunci pada piringan .

>>> Baca juga, Perbedaan Rem Non ABS Dan ABS Serta Kelebihan Dan Kekurangannya yang diulas oleh Cintamobil.com

Setelah sampai di bengkel tunjukkanlah bagian mana yang bermasalah atau macet. Selain itu, bisa juga dengan menyuruh melakukan pemeriksaan pada keempat roda untuk berjaga-jaga. Apabila terdapat kerusakan atau komponen yang telah aus dan sudah diganti, lebih baik melakukan pergantian agar tidak terjadi masalah yang sama saat menempuh perjalanan.

Gambar ini menunjukkan piringan pada sistem pengereman Mobil dan bodi warna merah

Merawat kondisi sistem pengereman pada kendaraan juga diperlukan

>>> Mungkin tertarik, Tanda Kampas Rem Mobil Habis Yang Perlu Diketahui

Jadi velg Mobil panas bisa dikarenakan sistem pengereman bermasalah. Namun jika roda dalam kondisi panas namun tidak mengalami masalah seperti rem macet ataupun saat diputar lancar, bisa juga karena terkena panas sinar matahari.

Demikianlah informasi mengenai beberapa hal tentang velg Mobil panas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Memiliki Budget tapi bingung mau beli Mobil di mana? Kunjungi situs cintamobil.com dan dapatkan harga yang menarik

Berita sama topik

  • Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    20/10/2020| Abdul

    Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    Priming pump pada mesin diesel merupakan salah satu komponen yang berguna untuk menyusun sistem BBM pada mesin. Alasan mengapa disebut priming adalah karena fungsinya yaitu menyediakan bbm yang dihubungkan ke bagian pompa injeksi.

  • Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    13/10/2020| Abdul

    Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    Karet wiper mobil berperan penting dalam meningkatkan visibilitas berkendara, terutama saat kondisi hujan. Oleh sebab itulah kondisinya perlu diperhatikan dengan melakukan pengecekan dan perawatan. Selain hal tersebut, terdapat beberapa tanda karet wiper sudah aus dan perlu dilakukan penggantian.

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

International