Tanda Kampas Rem Mobil Habis Yang Perlu Diketahui

06/02/2018| Mobilmo.com

Sistem pengereman merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam menjaga keselamatan dan keamanan berkendara. Salah satu kendaraan yang menggunakan komponen ini adalah Mobil yang merupakan kendaraan yang nyaman. Pada komponen pengereman terdapat kampas rem Mobil yang perlu diperhatikan, karena apabila sampai kehabisan bisa beresiko rem blong. Cara kerja dari kampas rem adalah menjepit cakram atau tromol Mobil yang berguna untuk mengurangi laju kendaraan. Apabila masih tebal maka akan nyaman saat direm dan pedal gas tidak terasa dalam saat diinjak. Namun bila sudah menipis maka akan terlalu dalam ketika menginjak pedal rem. Dengan melihat kinerja tersebut, tentunya kampas rem mobil akan terkikis dan semakin lama semakin habis. Jika sudah terjadi kondisi tersebut pastinya harus segera diganti karena jika tidak dapat membahayakan pengendara itu sendiri dan juga pengendara lain. Oleh sebab itulah jangan sampai terlambat supaya sistem pengereman bisa bekerja dengan maksimal dan berfungsi dengan semestinya. Nah dengan melihat keadaan tersebut bisa disimpulkan bahwa pemilik Mobil harus mengetahui ciri-ciri kampas rem Mobil habis supaya bisa tahu kapan rem habis dan juga melakukan pergantian.

  • Muncul getaran pada Mobil
  • Ciri selanjutnya yang menjadi tanda bahwa kampas rem Mobil habis adalah terdapat getaran pada Mobil. Jadi tanda ini terjadi ketika pedal rem ditekan dan terasa getaran pada Mobil saat Anda mengemudi. Selain itu getaran yang muncul juga terasa seperti ada yang melawan ketika menginjak pedal rem dan juga dirasa tidak nyaman ketika diinjak pedal rem.

  • Muncul serbuk pada velg
  • Untuk tanda yang terakhir adalah timbulnya serbuk kampas rem pada velg Mobil. Munculnya serbuk tersebut terdapat pada bagian dalam velg Mobil. Selain itu, jika pedal rem ditekan terasa begitu dalam juga bisa menjadi tanda bahwa kampas rem Mobil habis saat digunakan. Apabila pemilik Mobil menemui salah satu dari 3 masalah di atas, maka segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Apabila ditemukan sudah habis maka segera dilakukan pergantian supaya tidak terjadi masalah saat melakukan perjalanan.

    Mobilmo.com.

    International