Tips Mengatasi Masalah Rem Tidak Pakem Setelah Melewati Genangan Air

21/03/2018| Mobilmo.com

Sistem pengereman merupakan salah satu yang terpenting pada kendaraan. Seperti yang kita tahu, apabila Mobil tidak ada alat untuk memberhentikan laju kendaraan maka bisa menabrak apapun yang di depannya. Oleh sebab itu sistem pengereman harus dirawat dengan sebaik-baiknya. Masalah yang sering terjadi pada Mobil adalah rem tidak pakem setelah melewati genangan.

Genangan air di jalan dapat mengganggu kinerja sistem pengereman

Genangan air di jalanan memang tidak bisa diprediksi letaknya di mana. Setelah usai hujan turun biasanya terdapat jalanan yang dapat menimbun air. Masalahnya terdapat pada jalanan tersebut yang tidak rata atau cekung. Dengan begitu maka mau tidak mau Anda harus menerjang genangan tersebut, apalagi jalanan yang menuju arah yang Anda tuju hanya satu. Namun masalah yang sering terjadi adalah rem tidak pakem setelah melewati genangan. Apakah ada solusinya? Tenang, karena setiap masalah pasti ada pemecahannya. Masalah tersebut berasal dari sistem pengereman yang meliputi kaliper, kampas rem dan tromol rem yang ikut terendam saat melintasi genangan. Akibatnya kinerja pengereman jadi terganggu dan daya cengkram kampas rem juga mengalami penurunan.

Dari pihak produsen Mobil sebenarnya sudah meminimalisir hal tersebut. Pihaknya memberikan karet atau seal yang melindungi kaliper dan bagian lain agar tidak kemasukan air. Dengan begitu saat hujan mengguyur jalanan, sistem pengereman Mobil Anda tetap berfungsi dengan baik. Namun ternyata hal tersebut berbeda dengan air yang menggenang atau banjir.

Efek melintasi genangan air ada 2 yakni jangka pendek dan jangka panjang

Efek yang dihasilkan oleh genangan air di jalan bisa saja jangka pendek ataupun jangka panjang. Untuk efek jangka pendeknya meliputi rem terasa blong sesaat. Apalagi bagi Mobil yang sistem pengeremannya masih menggunakan tromol. Tentu resikonya lebih bedar dibandingkan dengan sistem pengereman lainnya.

>>> Mungkin tertarik, Tips Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Berkendara Jarak Jauh

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah dan simpel. Hanya saja pengendara sering panik terlebih dahulu setelah terjadi hal tersebut. Untuk solusi yang tepat adalah menekan pedal rem setengah dengan keadaan Mobil masih berjalan. Tujuannya adalah agar kondisi kampas rem dan tromol serta rotor disc lebih cepat mengering. Setelah hal tersebut dilakukan, maka pengereman selanjutnya akan kembali normal. Itu untuk mengatasi rem tidak pakem setelah melewati genangan dalam jangka pendeknya.

Sedangkan efek jangka panjang yang dihasilkan adalah sistem pengereman mengalami kemacetan atau lengket. Dalam kondisi ini kampas rem Mobil akan berhimpitan dengan rotor disc dan juga tromol dan tidak bisa lepas. Akibat hal ini maka laju Mobil menjadi tertahan dan tidak akan dapat berjalan normal. Penyebabnya adalah piston yang letaknya berada di kaliper menekan secara terus menerus pada kampas rem.

Jika mengalami hal tersebut dapat membuat velg Mobil menjadi lebih cepat panas akibat gesekan yang terjadi secara terus menerus. Hal yang sangat dikhawatirkan saat mengalami masalah tersebut adalah sistem pengereman terkunci sepenuhnya sehingga Mobil tidak bisa berjalan. Misalkan hal tersebut terjadi di tengah jalan yang jauh dari bengkel dan pemukiman warga, pastinya akan sangat merepotkan bukan.

>>> Klik di sini untuk mengeupdate tips pengemudian lainnya

Segera periksakan Mobil anda setelah melintasi genangan air

Jadi sebelum terkunci sebaiknya segeralah membawa ke bengkel untuk segera dilakukan pengecekan. di bengkel air akan dihilangkan secara sepenuhnya sehingga sistem pengereman dapat bekerja secara normal. Jadi begitulah mengatasi rem tidak pakem setelah melewati genangan air di jalanan.

Penanganan memang berbeda antara efek jangka pendek dan jangka panjang. Hanya saja untuk solusi yang terbaik adalah setelah melewati genangan air atau banjir, sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan ke bengkel langganan atau kepercayaan Anda. Supaya tidak terjadi rem tidak pakem setelah melewati genangan air.

>>>Klik di sini untuk mengeupdate tips dan trik lainnya

Jika anda ingin membeli sebuah Mobil bisa mengunjungi situs jual beli terpercaya yaitu Cintamobil.com.

International