Sun Roof, Moon Roof, Dan Panoramic Roof, Ini Bedanya!

31/08/2018| Fatchur Sag

Satu fitur modern yang banyak disematkan pada mobil-mobil zaman now adalah atap kaca yang bisa dibuka. Mobil dengan fitur ini nampak lebih modern dan tentu lebih mahal. Namun itu sebanding dengan kenikmatan yang didapat saat bisa melihat langsung pamandangan luar dari arah atas atau menikmati cahaya bulan di malam purnama.

Ada tiga jenis atap kaca pada mobil, yaitu Sun Roof, Moon Roof, Dan Panoramic Roof. Sekilas ketiganya nampak sama. Tapi bila diteliti dari cara kerjanya, akan terlihat perbedaan yang sangat jelas dan mencolok.

Berikut perbedaan Sun Roof, Moon Roof, Dan Panoramic Roof yang dikutip dari situs resmi Nissan Motor Indonesia.

1. Sun Roof

Gambar sun roof pada mobil sedang terbuka

Sun Roof, atap kaca membuka kearah atas secara tilt atau slide

Kinerja sun roof adalah mengangkat panel kaca ke arah atas hingga membentuk sudut tertentu. Mirip seperti kinerja ventilasi atap bus zaman dulu, namun sun roof dibikin lebih modern. Untuk membuka cukup dengan menekan tombol. Panel kaca bakal naik secara tilt hingga sudut tertentu atau secara slide sehingga udara dari bisa masuk mengalir dengan bebas.

>>> Baca juga: Ingin Membeli Ban Bekas? Perhatikan 3 Hal Berikut Ini

2. Moon Roof

Gambar Moon Roof di malam hari

Kaca moon roof masuk ke atap secara slide mengikuti rel

Atap kaca moon roof hampir sama dengan sun roof. Hanya saja untuk moon roof atap kaca tidak akan bergerak naik, namun masuk ke dalam atap secara slide. Tergantung rel mengarahkan kearah mana. Karena menggunakan rel, cara membuka moon roof tidak dilakukan secara manual agar tak mudah macet. Semua dilakukan secara otomatis dengan menekan tombil tertentu.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips jual beli di Mobilmo.com

3. Panoramic Roof

Gambar Panoramic Roof terbuka lebar

Panoramic Roof punya dimensi lebih lebar dari pada sun roof dan moon roof

Fitur atap kaca yang terakhir adalah panoramic roof. Ada juga yang menyebut dengan panorama roof. Perbedaannya dengan sun roof dan moon roof adalah dari dimensinya yang sangat besar lebih dari 50 persen porsi atap mobil itu sendiri.

Karena dimensinya yang besar, atap kaca panoramic roof ini bersifat paten. Tidak dibuka untuk mengalirkan udara dari atap dan hanya bisa dibuka untuk melihat pemandangan luar yang lebih luas.

Kaca panoramic roof umumnya sudah dilengkapi dengan penahan sinar UV sehingga penumpang di dalam kabin tidak akan merasa kepanasan.

Baik Sun Roof, Moon Roof, dan Panoramic Roof, ketiganya memberikan pengaruh pada harga jual. Mobil yang dilengkapi atap kaca sun roof lebih mahal dari pada yang polosan. Begitu pula mobil dengan atap kaca panoramic roof biasanya lebih mahal dari yang sekedar punya sun roof atau moon roof dikarenakan ada perbedaan dimensi.

>>> Mencari mobil baru? Silakan klik di sini untuk bacaa review mobil terlengkap hanya di Mobilmo​

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Berita sama topik

  • Tak Hanya Terlihat Mewah, Ini Fungsi Sunroof Pada Mobil

    29/07/2019| Fatchur Sag

    Tak Hanya Terlihat Mewah, Ini Fungsi Sunroof Pada Mobil

    Dengan Sunroof mobil tampak lebih mewah dan menarik. Namun bukan hanya itu, sunroof ternyata punya fungsi yang lebih penting dari sekadar penampilan.

  • Mengenali Jenis Speaker Mobil Yang Ada Pada Fitur Audio

    29/09/2018| Abdul Kosim

    Mengenali Jenis Speaker Mobil Yang Ada Pada Fitur Audio

    Speaker pada Mobil merupakan salah satu bagian penting pada audio. Yang mana fungsinya adalah untuk mengeluarkan nada, suara dan juga ritme. Bahkan suara yang dikeluarkan dapat disamakan dengan mulut seseorang. Jadi ketika head unit harganya mahal, kualitasnya bagus tapi tanpa adanya speaker bisa menjadi percuma karena tidak bisa didengarkan. Bagi pemilik kendaraan harus mengetahui beda jenis speaker Mobil, supaya dapat diketahui kualitas serta suara yang dihasilkan.

  • Sun Roof, Moon Roof, Dan Panoramic Roof, Ini Bedanya!

    31/08/2018| Fatchur Sag

    Sun Roof, Moon Roof, Dan Panoramic Roof, Ini Bedanya!

    Meski sama-sama atap kaca dan bisa dibuka antara Sun Roof, Moon Roof, Dan Panoramic Roof punya perbedaan mendasar.